Cara Mudah Flash Lenovo A7700 (Sukses 100%) Hanya 10 Menit

 

Cara Mudah Flash Lenovo A7700 (Sukses 100%) Hanya 10 Menit

Cara Flash Lenovo A7700 – Sebenarnya, selain dapat memperbaiki beragam masalah software dalam ponsel Lenovo A7700, flashing juga dapat digunakan untuk hal lain. Contohnya adalah mengupdate sistem operasi menjadi lebih baru atau sekedar mencoba custom ROM baru yang berbeda dari ROM / Firmware aslinya. Disini juga sudah saya sediakan link download untuk ROM / firmware Lenovo A7700 yang terdapat dibawah ini.

Lenovo A7700 merupakan ponsel penerus dari Lenovo A7000 yang diluncurkan pada tahun 2014. Ponsel ini sudah memenuhi aturan TKDN di Indonesia sehingga Lenovo dapat mengintegrasikan  4G LTE di ponsel mereka.

Desain dari Lenovo A7700 sendiri tidak terlalu berbeda dari pendahulunya, material yang dipakai masih polycarbonat yang kini dipadukan dengan frame metal yang membuatnya terlihat lebih menarik. Baterai ponsel juga tipe removable yang berarti dapat dicopot untuk diganti atau sekedar untuk memasukkan kartu SIM.

Namun jika dibandingkan dengan pendahulunya, ponsel ini terlihat lebih besar namun juga lebih tipis dan ringan untuk ukuran ponsel 5.5 inchi. Walaupun tidak terdapat keterangan resminya apakah ada pelindungnya atau tidak, namun dalam beberapa pengujian ternyata layar ini cukup tahan dengan goresan.

Dan beruntung juga karena menggunakan material polycarbonat, layar yang lebar tadi lebih mudah untuk digenggam karena material polycarbonat tersebut tidak memberikan efek licin terhadap ponsel.

Bagian atasnya terdapat microUSB dan lubang jack audio 3.5mm untuk penggunaan headset. Sedangkan sisi kiri dan bawah ponsel tidak terdapat apa – apa. Namun sayang sekali dari segi spesifikasi, Lenovo A7700 malah memiliki spesifikasi yang bisa dibilang tidak begitu berbeda daripada seri pendahulunya.

Kali ini, Lenovo memberikan prosesor MediaTek MT6752 yang memiliki performa lebih tinggi daripada prosesor yang dipakai oleh Lenovo A7000 namun manajemen dayanya lebih rendah. Sedangkan untuk urusan kapasitas RAM dan memori internal, keduanya masih memiliki kapasitas yang sama yakni 2 GB dan 16 GB.

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, Lenovo A7700 memilik layar sebesar 5.5 inchi dengan resolusi HD (720p) dan kepadatan pixel 268 PPI. Untuk urusan kamera, Lenovo A7700 memiliki kamera utama dengan resolusi 8MP yang dilengkapi dengan lampu LED Flash, sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 2MP.

Lenovo A7700 berjalan pada Vibe UI khas Lenovo dengan basis Android 6.0 Marshmallow. Baterainya sendiri berkpasitas 2900 mAh. Sedangkan slot SIM terdapat dua buah dan kedua – duanya dapat digunakan untuk memaksimalkan kecepatan jaringan 4G di Indonesia.

Namun sayangnya, sensor yang dibenamkan Lenovo dalam ponsel ini cenderung masih minim, sebut saja hanya terdapat sensor accelerometer, proximity dan light tanpa adanya sensor compass dan gyroscope. Walaupun sensor yang dimiliki terhitung minim, Lenovo A7700 memiliki keunggulan tersendiri yang terletak pada audionya.

Ponsel ini menggunakan dua buah speaker stereo yang terletak di bagian belakang ponsel. Untuk mendukung hardware audio tersebut, Lenovo juga membenamkan software pendukung berupa Waves MaxxAudio yang memungkinkan pengguna dapat lebih puas saat memutar musik dengan menggunakan speaker.

Di paket penjualan, Lenovo memberikan kelengkapan berupa kabel USB, charger, kartu garansi, buku panduan dan tambahan pelindung layar.

Sedangkan proses flashing Android sendiri dapat diartikan sebagai install ulang jika diterapkan pada komputer atau laptop. Flashing ini biasa digunakan untuk memperbaiki berbagai masalah seperti

  • Ponsel Lenovo A7700 yang bootloop.
  • Ponsel Lenovo A7700 yang lupa kata sandi.
  • Ponsel Lenovo A7700 yang restart sendiri.
  • Ponsel Lenovo A7700 yang hank atau
  • Ponsel Lenovo A7700 yang mati total alias hardbrick.

Sebenarnya berbagai masalah diatas bisa disebabkan oleh penggunanya sendiri atau dan sebagian kecil saja karena kesalahan sistem. Dan jika terjadi masalah seperti yang disebutkan diatas, maka flashing diperlukan untuk memperbaikinya.

Sebelum melakukan proses flashing Lenovo A7700, maka perhatikan beberapa persyaratan dibawah ini.

  • Saya sarankan untuk melakukan proses Backup data terlebih dahulu karena proses ini akan menghilangkan semua data di dalam ponsel.
  • Baterai ponsel harus lebih dari 50% agar proses bisa berjalan dengan lancar.
  • Download semua file dibawah ini.
Nama File Link Download
MTK USB Driver Download
SP Flashtool Download
Stock ROM Lenovo A7700 Terbaru Download

ROM diatas merupakan ROM versi global, jadi sudah terdapat Bahasa Indonesia di dalamnya.

Jika semua persyaratan diatas berhasil sobat penuhi, sekarang saatnya untuk melakukan proses flashing.

Langkah ke-1. Ektrak file yang sudah didownload diatas dan install USB Drivernya ke dalam komputer sobat.

Langkah ke-2. Buka aplikasi SP Flashtool dengan cara klik kanan flashtool.exe dan pilih Run As Administrator.

Langkah ke-3. Setelah aplikasi terbuka, pilih scatter loading dan pilih file firmware yang sudah didownload dan diekstrak tadi.

Cara Flash Oppo dan Download Firmware

Memilih Firmware

Langkah ke-4. Kemudian di mode ‘Download’, pilih yang Download Only dan klik ikon Download.

Cara Flash Oppo dan Download Firmware

Memilih mode ‘Download Only’

Langkah ke-5. Seteelah itu, matikan ponsel Lenovo A7700 milik sobat dan colokkan dengan kabel USB ke komputer.

Langkah ke-6. Ponsel Lenovo sobat secara otomatis akan terdeteksi jika sobat melakukan tutorial ini dengan benar dan SP Flashtool secara otomatis juga melakukan proses flashing.

Langkah ke-7. Setelah proses flashing selesai dan sukses, maka akan ada notifikasi ‘Download OK’ seperti yang nampak di gambar bawah ini.

Cara Flash Oppo dan Download Firmware

Proses flashing sukses

Langkah ke-8. Cabut ponsel setelah proses flashing selesai dan tunggu ponsel Lenovo A7700 milik sobat untuk menyala kembali. Sewaktu menyalakan ini, biasanya agak lama, jadi mohon bersabar sejenak.

Setelah sobat selesai melakukan proses flashing, maka sobat dapat mencoba melakukan proses root ponsel Lenovo A7700 ini disini. Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.

Cara Mudah Flash Lenovo A7700 (Sukses 100%) Hanya 10 Menit | Firza | 4.5
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: