Cara Flash Oppo A57 (Sukses 100%) Hanya 10 Menit Saja

Cara Flash Oppo A57 (Sukses 100%) Hanya 10 Menit Saja

Cara Flash Oppo A57 – Sebenarnya, selain dapat memperbaiki beragam masalah software dalam ponsel Oppo A57 (CPH1701), flashing juga dapat digunakan untuk hal lain. Contohnya adalah mengupdate sistem operasi menjadi lebih baru atau sekedar mencoba custom ROM baru yang berbeda dari ROM / Firmware aslinya. Disini juga sudah saya sediakan link download untuk ROM / firmware Oppo A57.

Walaupun sebenarnya proses flashing Oppo  A57 (CPH1701) sendiri tidaklah sulit, sobat yang ingin mencobanya harus lebih teliti lagi karena jika salah memilih firmware bisa jadi ponsel sobat tidak bisa dinyalakan lagi, atau biasa disebut dengan istilah bootloop.

Untuk itulah, sobat harus teliti dalam memilih firmware, perhatikan tipe ponsel milik sobat dan sesuaikan dengan firmware yang akan didownload untuk diflash. Serta jika sobat mencoba custom ROM, maka perhatikan dulu komentar orang – orang di dalam forum yang sudah mencobanya, apakah komentarnya positif atau justru negatif.

Oppo A57, seperti halnya smartphone Oppo lainnya, masih mengandalkan selfie sebagai nilai jual utamanya. Bahkan smartphone ini juga mendapatkan julukan “Unstoppable Selfie”. Harga yang dipatok oleh Oppo memang tidak semahal F1 ataupun F3, namun diklaim oleh Oppo bahwa kualitasnya tidak akan terpaut beda jauh.

Desain dari A57 ini terkesan monoton, itu – itu saja, sepertinya tim desainer dari Oppo tidak memiliki ide lain, hanya mencaplok desain dari pabrikan smartphone lain lalu menggabungkannya menJadi satu. Jika dilihat sepintas saja, orang tidak akan bisa membedakan mana yang merupakan Oppo A57 atau seri smartphone Oppo lainnya karena desain yang memang sangat mirip, hampir seperti copy paste.

Walaupun masih sama, namun kualitas dari tampilan smartphone ini memang menawan untuk dilihat, mungkin itulah sebab pihak Oppo masih bersikeras untuk tetap mempertahankan desain yang menurut mereka terbaik ini. Oppo A57 menggunakan bahan magnesium-alluminium alloy dengan finishing yang memukau dari pihak Oppo.

Dengan material yang dipakai, smartphone ini terasa kokoh dan solid, permukaan smartphone pun terasa nyaman untuk dipegang. Oppo A57 menggunakan layar 2.5D berukuran 5.2 inci namun resolusinya hanya HD (720p). Padahal dengan harga yang dipatoknya, seharusnya ponsel ini sudah mengadopsi layar Full HD (1080p).

Namun ada satu keunggulan layar Oppo, yakni sudah dibekali teknologi Eye protection display dan layarnya yang masih bisa dioperasikan dengan lancar menggunakan jari yang basah atau dengan sarung tangan. Smartphone Oppo A57 juga sudah mendukung fingerprint yang mana menjadi smartphone seri A pertama dari Oppo yang mendapatkan fitur fingerprint.

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, Oppo A57 mengandalkan selfie sebagai kekuatan utamanya, kamera depan smartphone ini berukuran 16 MP dengan aperture f/2.0 dan juga fitur Beautify 4.0. Selain fitur Beautify, kamera Oppo A57 ini juga dilengkapi dengan fitur – fitur yang sebelumnya hanya ada di smartphone premium Oppo seperti fitur “Palm Shutter” dan “Bokeh”.

Karena mengusung smartphone selfie, kamera belakang smartphone ini memiliki resolusi yang lebih kecil, yakni 13 MP dengan aperture f/2.2. dan juga dilengkapi oleh LED Flash. Di sisi prosesor, Oppo A57 menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 435 Octa-core 1.4 GHz dan RAM sebesar 3 GB, kombinasi keduanya mampu membuat Oppo A57 lacar dalam menjalankan beragam fungsi dalam ponsel.

Sedangkan memori internal smartphone ini menggunakan kapasitas sebesar 32 GB dan dukungan microSD hingga 256 GB. Dari segi antarmuka, Oppo A57 menggunakan custom OS miliknya sendiri yang bernama ColorOS 3.0 dengan basis Android 6.0 Marsmallow.

Ada beragam fitur yang tersedia dalam ColorOS ini, seperti Security yang sudah terinstal AntiVirus secara otomatis. Baterai dari Oppo A57 ini tergolong biasa saja, hanya sebesar 2900 mAh. Selain itu, smartphone ini juga tidak mendukung teknologi fast charging.

Sedangkan proses flashing Android sendiri dapat diartikan sebagai install ulang jika diterapkan pada komputer atau laptop. Flashing ini biasa digunakan untuk memperbaiki berbagai masalah seperti

  • Ponsel Oppo A57 (CPH1701) yang bootloop.
  • Ponsel Oppo A57 (CPH1701) yang lupa kata sandi.
  • Ponsel Oppo A57 (CPH1701) yang restart sendiri.
  • Ponsel Oppo A57 (CPH1701) yang hank atau
  • Ponsel Oppo A57 (CPH1701) yang mati total alias hardbrick.

Sebenarnya berbagai masalah diatas bisa disebabkan oleh penggunanya sendiri atau dan sebagian kecil saja karena kesalahan sistem. Dan jika terjadi masalah seperti yang disebutkan diatas, maka flashing diperlukan untuk memperbaikinya.

Sebelum melakukan proses flashing Oppo A57 (CPH1701), maka perhatikan beberapa persyaratan dibawah ini.

  • Saya sarankan untuk melakukan proses Backup data terlebih dahulu karena proses ini akan menghilangkan semua data di dalam ponsel.
  • Baterai ponsel harus lebih dari 50% agar proses bisa berjalan dengan lancar.
  • Download semua file dibawah ini.
Nama File Link Download
MTK USB Driver Download
SP Flashtool Download
Stock ROM Oppo A57 (CPH1701) Terbaru Download

ROM diatas merupakan ROM versi global, jadi sudah terdapat Bahasa Indonesia di dalamnya.

Jika semua persyaratan diatas berhasil sobat penuhi, sekarang saatnya untuk melakukan proses flashing.

Langkah ke-1. Ektrak file yang sudah didownload diatas dan install USB Drivernya ke dalam komputer sobat.

Langkah ke-2. Buka aplikasi SP Flashtool dengan cara klik kanan flashtool.exe dan pilih Run As Administrator.

Langkah ke-3. Setelah aplikasi terbuka, pilih scatter loading dan pilih file firmware yang sudah didownload dan diekstrak tadi.

Cara Flash Oppo dan Download Firmware

Memilih Firmware

Langkah ke-4. Kemudian di mode ‘Download’, pilih yang Download Only dan klik ikon Download.

Cara Flash Oppo dan Download Firmware

Memilih mode ‘Download Only’

Langkah ke-5. Seteelah itu, matikan ponsel Oppo A57 milik sobat dan colokkan dengan kabel USB ke komputer.

Langkah ke-6. Ponsel Oppo sobat secara otomatis akan terdeteksi jika sobat melakukan tutorial ini dengan benar dan SP Flashtool secara otomatis juga melakukan proses flashing.

Langkah ke-7. Setelah proses flashing selesai dan sukses, maka akan ada notifikasi ‘Download OK’ seperti yang nampak di gambar bawah ini.

Cara Flash Oppo dan Download Firmware

Proses flashing sukses

Langkah ke-8. Cabut ponsel setelah proses flashing selesai dan tunggu ponsel Oppo A57 milik sobat untuk menyala kembali. Sewaktu menyalakan ini, biasanya agak lama, jadi mohon bersabar sejenak.

Setelah sobat selesai melakukan proses flashing, maka sobat dapat mencoba melakukan proses root ponsel Oppo A57 ini disini. Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.

Cara Flash Oppo A57 (Sukses 100%) Hanya 10 Menit Saja | Firza | 4.5
error: Content is protected !!