Cara Flash Oppo A75 dan A75s (Sukses 100%) Hanya 10 Menit Saja

Cara Flash Oppo A75 (Sukses 100%) Hanya 10 Menit Saja

Cara Flash Oppo A75 (Sukses 100%)  – Sebenarnya, selain dapat memperbaiki beragam masalah software dalam ponsel Oppo A75, flashing juga dapat digunakan untuk hal lain. Contohnya adalah mengupdate sistem operasi menjadi lebih baru atau sekedar mencoba custom ROM baru yang berbeda dari ROM / Firmware aslinya. Disini juga sudah saya sediakan link download untuk ROM / firmware Oppo A75 yang terdapat dibawah ini.

Oppo A75 dan A75s merupakan dua smartphone Oppo yang dirilis pada Desember 2017 lalu di Taiwan bersamaan dengan Oppo A83. Dan sama halnya dengan Oppo A83, Oppo A75 dan A75s juga mengusung layar smartphone kekinian, yakni dengan rasio 18:9 bezel-less.

Kedua smartphone ini sebenarnya memiliki spesifikasi yang sama, namun yang membedakannya hanyalah kapasitas memori internal. Jika pada Oppo A75 tersedia memori internal 32 GB, maka pada varian Oppo A75s, memori internal yang disediakan adalah sebesar 64 GB. Kedua smartphone ini juga masih bisa ditambahkan memori microSD dengan kapasitas maksimal 256 GB.

Prosesor yang terpasang pada kedua Oppo ini adalah MediaTek Helio P23 octa-core 2.5 GHz yang ditunjang GPU Mali-G71. Untuk kamera utama atau kamera belakang, Oppo A75 menggunakan kamera dengan resolusi 16 MP, sedangkan kamera selfie yang menjadi daya tarik utama ponsel Oppo, menggunakan resolusi yang lebih besar, yakni 20 MP.

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, Oppo A75 mengadopsi layar bezel-less dengan bentang layar selebar 6 inci beresolusi 1.080 x 2.160 piksel alias Full HD. Sedangkan sistem operasi yang digunakan adalah ColorOS 3.2 yang berbasis pada Android 7.1 Nougat.

Untuk menunjang kegiatan sehari – hari, kedua smartphone Oppo tersebut menggunakan baterai berkapasitas 3.200 mAh. Ponsel Oppo A75 ini dibandrol sebesar 10.900 dollar Taiwan atau sekitar Rp 4.9 juta, sedangakan versi Oppo A75s dibandrol agak mahal yakni 11.990 dollar Taiwan atau sekitar Rp 5.4 juta. Mari kita tunggu saja berapa harga yang dipatok oleh Oppo untuk kedua smartphone ini di Indonesia.

Walaupun sebenarnya proses flashing Oppo  A75 sendiri tidaklah sulit, sobat yang ingin mencobanya harus lebih teliti lagi karena jika salah memilih firmware bisa jadi ponsel sobat tidak bisa dinyalakan lagi, atau biasa disebut dengan istilah bootloop.

Sedangkan proses flashing Android sendiri dapat diartikan sebagai install ulang jika diterapkan pada komputer atau laptop. Flashing ini biasa digunakan untuk memperbaiki berbagai masalah seperti

  • Ponsel Oppo A75 bootloop.
  • Ponsel Oppo A75 lupa kata sandi.
  • Ponsel Oppo A75 restart sendiri.
  • Ponsel Oppo A75 hank atau
  • Ponsel Oppo A75 matot / mati total alias hardbrick.

Sebenarnya berbagai masalah diatas bisa disebabkan oleh penggunanya sendiri atau dan sebagian kecil saja karena kesalahan sistem. Dan jika terjadi masalah seperti yang disebutkan diatas, maka flashing diperlukan untuk memperbaikinya.

Sebelum melakukan proses flashing Oppo A75  maka perhatikan beberapa persyaratan dibawah ini.

  • Saya sarankan untuk melakukan proses Backup data terlebih dahulu karena proses ini akan menghilangkan semua data di dalam ponsel.
  • Baterai ponsel harus lebih dari 50% agar proses bisa berjalan dengan lancar.
  • Download semua file dibawah ini.

ROM diatas merupakan ROM versi global, jadi sudah terdapat Bahasa Indonesia di dalamnya.

Jika semua persyaratan diatas berhasil sobat penuhi, sekarang saatnya untuk melakukan proses flashing.

Langkah ke-1. Ekstrak file yang sudah didownload diatas dan install USB Drivernya ke dalam komputer sobat dengan cara klik kanan > Run as Administrator.

Cara flash Oppo terbaru

Klik kanan, run as administrator

Pilih “Install this driver anyway” untuk melanjutkan proses install

cara flash oppo terbaru

Pilih “Install Anyway”

Proses Install Driver USB MTK berhasil jika ada pemberitahuan di jendela CMD seperti di bawah ini.

cara flash oppo

Proses instal usb telah sukses

Langkah ke-2. Ekstrak file “Tool Flash Oppo” yang sudah didownload tadi, kemudian install PDAnet.exe dan CodeMeterRuntime.exe

Langkah ke-3. Kemudian buka CodeMeter Control Center dan pilih File > Import License > kemudian pilih file OPPOMsmDownloadToolNoneLic_2001.WibuCmRau di dalam folder Oppo all tool.

cara flash oppo

Langkah ke-4. Jika sudah benar, maka aplikasi CodeMeter Control Center akan terlihat seperti ini.

cara flash oppo

Langkah ke-5. Setelah itu, ekstrak firmware yang didownload dan klik kanan > run as administrator pada aplikasi DownloadTool.exe, jika aplikasi DownloadTool tidak terdapat dalam hasil ekstrak file firmware, maka silahkan download aplikasi DownloadTool dan tempatkan di dalam satu folder yang sama dengan firmware sebelum menjalankannya.

Proses memasukkan lisence diatas berguna untuk menghindari peringatan error “sistem runtime CmDongle” yang dapat terjadi saat pertama kali membuka aplikasi DownloadTool. Berikut ini tampilan aplikasi DownloadTool ketika pertama kali dibuka.

cara flash oppo

DownloadTool sedang mengakses file Firmware

Langkah ke-6. Kemudian tekan Start All dan tunggu hingga prosesnya selesai seperti yang terlihat dibawah ini.

cara flash oppo

Firmware sudah siap untuk di flash ke dalam ponsel

Langkah ke-7. Sekarang dalam keadaan ponsel mati, tekan dan tahan tombol volume keatas dan kebawah secara bersamaan lalu colokkan ke PC menggunakan kabel USB.

Langkah ke-8. Jika semua proses sudah dilakukan dengan benar, maka aplikasi DownloadTool akan memulai proses flashing ROM atau Firmware terbaru Oppo A75.

cara flash oppo

Proses flash berjalan

Langkah ke-9. Tunggu hingga proses flash berakhir, setelah proses flash sudah sukses secara 100%, maka tampilan dari DownloadTool akan seperti ini.

cara flash oppo

Proses flash sukses

Langkah ke-10. Ponsel Oppo A75 sobat akan reboot dengan sendirinya ketika proses flash selesai, tunggu saja hingga ponsel kembali menyala. Namun ingat, proses reboot ini akan memakan waktu yang agak lama, jadi mohon bersabar.

Jika proses flashing terhenti di bar warna kuning, maka coba untuk mengulangi lagi menginstal USB Driver atau coba untuk melakukan proses restart PC terlebih dahulu.

Setelah sobat selesai melakukan proses flashing, maka sobat dapat mencoba melakukan proses root Oppo A75 atau Oppo A75s. Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.

Cara Flash Oppo A75 dan A75s (Sukses 100%) Hanya 10 Menit Saja | Firza | 4.5
error: Content is protected !!