Cara Flash Xiaomi Redmi 6 Pro (Hanya 10 Menit) Sukses 100%

Cara Flash Xiaomi Redmi 6 Pro

Cara Flash Xiaomi Redmi 6 Pro – Proses flash adalah suatu proses yang biasa dilakukan oleh user / pengguna saat ponsel mereka tidak dapat berjalan sesuai dengan semestinya. Misalnya saja, ponsel yang matot, tidak bisa menyala atau ponsel yang bootloop. Disini akan saya jelaskan secara rinci langkah – langkah untuk flash Xiaomi Redmi 6 Pro. Saya juga sudah menyediakan link untuk download ROM serta peralatan untuk flash dibawah.

Tidak lama setelah merilis dua seri Redmi dengan nama Redmi 6 dan Redmi 6A, Xiaomi kembali memperkenalkan saudara barunya dengan nama Redmi 6 Pro. Dengan embel – embel Pro, tentunya smartphone ini menjadi seri Redmi 6 yang lebih tinggi daripada Redmi 6 dan 6A.

Selain menawarkan spesifikasi yang lebih tinggi, Xiaomi juga menawarkan desain yang berbeda daripada seri Redmi – Redmi sebelumnya, ya kali ini Xiaomi memberikan desain Notch alias poni pada Redmi 6 Pro, menjadikannya seri Redmi pertama yang memiliki poni.

Dipadukan dengan dua kamera belakang yang terletak di tepi, maka smartphone ini sekilas sangat mirip dengan iPhone X milik Apple. Selain itu, aspek rasio layar yang diusung juga cukup berbeda, jika kebanyakan smartphone sekarang menggunakan rasio 18:9, maka Xiaomi Redmi 6 Pro menggunakan rasio 19:9.

Namun untung saja, dengan rasio lebar begitu, Xiaomi memutuskan untuk menggunakan resolusi layar yang cukup tinggi juga, yakni 1080 x 2280 piksel. Bentang layarnya sendiri berada diantara Redmi 5 Plus dan Redmi 5, yakni sebesar 5,84 inci. Namun sayang, walaupun prosesor yang digunakan adalah versi yang lebih tinggi daripada Redmi 6 dan Redmi 6A, namun tidak berbeda daripada Redmi 5 Plus.

Smartphone ini masih memakai prosesor paling populer dari Qualcomm untuk smartphone menengah, yakni seri Snapdragon 625 (Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53) yang dipadukan dengan Adreno 506. Xiaomi menyediakan tiga varian sekaligus sewaktu peluncurannya yang dipisahkan antara kapasitas RAM dan ROM, yakni varian 3GB/32GB, 4GB/32GB dan 4GB/64GB.

Redmi 6 Pro juga sudah meakai MIUI 9 yang berbasis pada Android 8.1 Oreo dan kabarnya akan mendapat update MIUI 10 dalam waktu dekat. Untuk sektor kamera, Xiaomi kembali memakai setup dual camera dibagian belakangnya. Kamera – kamera tersebut memiliki resolusi 12 MP dan 5 MP serta LED Flash, sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 5 MP yang dapat digunakan untuk merekam video 1080p.

Namun sayang sekali, sensor infrared kembali absen di Redmi 6 Pro ini seperti halnya di Redmi 6 dan 6A. Walaupun jarang digunakan, tapi fitur infrared ini saya rasa sangat berguna dalam keadaan tertentu.

Smartphone dengan baterai 4000 mAh ini dirilis dengan varian pilihan 5 warna standar seperti Black, Blue, Red, Gold dan Rose Gold. Untuk sementara ini, Xiaomi Redmi 6 Pro dibandrol dengan harga 999 Yuan atau sekitar 2,1 juta Rupiah untuk varian 3GB/32GB, tentu sangat dinantikan berapa harga yang akan dipatok XIaomi untuk pasar Indonesia nantinya.

Note: Baca sampai akhir terlebih dahulu setiap kalimat atau setiap cara sebelum menerapkannya di Xiaomi Redmi 6 Pro sobat karena saya tidak bertanggung jawab atas segala sesuatu yang mungkin terjadi di smartphone milik sobat. Do it at your own risk.

Sedangkan proses flashing Android sendiri dapat diartikan sebagai install ulang jika diterapkan pada komputer atau laptop. Flashing ini biasa digunakan untuk memperbaiki berbagai masalah seperti

  • Ponsel Xiaomi Redmi 6 Pro bootloop.
  • Ponsel Xiaomi Redmi 6 Pro lupa kata sandi.
  • Ponsel Xiaomi Redmi 6 Pro restart sendiri.
  • Ponsel Xiaomi Redmi 6 Pro hank atau.
  • Ponsel Xiaomi Redmi 6 Pro mati total alias hardbrick.

Sebenarnya berbagai masalah diatas dapat disebabkan oleh penggunanya sendiri dan sebagian kecil saja karena kesalahan sistem. Jika terjadi masalah seperti yang disebutkan diatas, maka flashing diperlukan untuk memperbaiki ponsel sobat.

Selain dapat memperbaiki beragam masalah software dalam ponsel Xiaomi Redmi 6 Pro, flashing juga dapat digunakan untuk hal lain. Contohnya adalah mengupdate sistem operasi menjadi lebih baru atau sekedar mencoba custom ROM baru yang berbeda dari ROM / Firmware aslinya.

Walaupun sebenarnya proses flashing Xiaomi Redmi 6 Pro sendiri tidaklah sulit, sobat yang ingin mencobanya harus teliti lagi karena jika salah memilih ROM / firmware, bisa jadi ponsel sobat tidak bisa dinyalakan lagi.

Sebelum sobat melakukan flashing Xiaomi Redmi 6 Pro, lebih baik siapkan dulu bahan – bahan berikut untuk didownload.

Nama File Link
Stock ROM MIUI Xiaomi Redmi 6 Pro Download
USB Driver Xiaomi Redmi 6 Pro (adb) Download
Mi Flash Tool Download
Tutorial Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 6 Pro

Note: Pilih Stock ROM yang memang ditujukan untuk Xiaomi Redmi 6 Pro versi Global agar terdapat Bahasa Indonesia dalam ROM tersebut.

Selain bahan – bahan yang didownload di atas, agar proses flash dapat berjalan dengan sukses, ponsel Redmi 6 Pro sobat harus dalam keadaan Bootloader yang terbuka. Sobat dapat mengeceknya dengan cara sangat mudah jika saat ini berada di MIUI 8 atau 9.

Cara Cek Status Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 6 Pro

Caranya adalah dengan membuka “Settings” terlebih dahulu lalu buka “About Phone”. Di dalam menu About Phone, tekan sebanyak tujuh kali pada “MIUI version” hingga muncul notifikasi yang menandakan bahwa sobat sekarang menjadi Developer dan berhasil membuka Developers options.

Cara Flash Xiaomi Terbaru

Mengaktifkan Developer options

Kemudian kembali ke Setting dan pilih Additional settings lalu pilih Developer options. Di dalam Developer options, pilih Mi Unlock status, jika terdapat notifikasi bahwa “This device is locked” dan ditandai dengan gembok, maka ponsel Redmi 6 Pro sobat masih terkunci bootloadernya, begitupun sebaliknya.

Cara Flash Xiaomi Terbaru

Mengecek status bootloader

Namun jika ponsel tidak menggunakan MIUI 8, maka cara untuk mengecek status bootloader harus menggunakan bantuan PC, yakni dengan menginstal terlebih dahulu driver ADB yang bisa sobat download melalui link diatas.

Setelah terinstal, buka c:adb kemudian tekan dan tahan tombol SHIFT + klik kanan pada bagian yang kosong dalam folder adb tersebut dan pilih “Open command window here”.

Cara Flash Xiaomi Terbaru

Membuka CMD dari folder adb

Sesaat kemudian jendela CMD akan muncul dan matikan ponsel Xiaomi Redmi 6 Pro sobat lalu masuk ke mode fastboot (tekan dan tahan tombol volume kebawah + power). Tahan hingga muncul logo fastboot mode Xiaomi dan lepaskan.

Cara root Xiaomi terbaru

Logo Fastboot Xiaomi

Setelah masuk ke fastboot mode, koneksikan ponsel Xiaomi Redmi 6 Pro dan ketik perintah berikut dalam jendela CMD.

fastboot oem device-info

Kemudian lihat hasil yang tertera di CMD, jika Device unlocked: true maka bootloader sudah terbuka, namun jika hasilnya false, maka bootloader Xiaomi Redmi 6 Pro masih terkunci.

Cara flash xiaomi terbaru

Mengecek status bootloader dengan PC

Dan seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, jika akan melakukan proses flash, maka bootloader harus dibuka. Bagi sobat pemilik ponsel yang mau membuka / unlock bootloader Xiaomi Redmi 6 Pro, dapat dilihat cara membuka bootloader melalui link di tabel diatas.

Ada baiknya sebelum melakukan proses flash untuk membackup data penting yang terdapat di dalam ponsel.

Cara Flash Xiaomi Redmi 6 Pro

Jika sudah yakin akan bootloader yang terbuka, maka sobat dapat mengikuti langkah – langkah dibawah untuk melakukan proses flashing Xiaomi Redmi 6 Pro.

Langkah #1. Install driver Xiaomi Redmi 6 Pro dan Mi Flash Tool yang sudah didownload tadi.

Langkah #2. Ekstrak file Stock ROM Redmi 6 Pro ke dalam PC. Usahakan membuat folder baru terlebih dahulu sebelum ekstrak untuk tempat hasil ekstrak nantinya.

Langkah #3. Buka Mi Flash Tool, lalu pilih lokasi hasil ekstrak ROM dengan cara klik tombol “select” yang berada di bagian kiri aplikasi Mi Flash Tool.

Cara Mudah Flash Xiaomi Redmi Note 5A "Ugg Lite" (Sukses 100%)

Memilih folder hasil ekstrak ROM

Langkah #4. Pada bagian kanan bawah aplikasi Mi Flash Tool klik menu dropdown yang terdapat beberapa pilihan tipe flash.

  • Pilih “flash_all” jika ingin proses flash yang clean, alias semua data dan memori internal akan terhapus.
  • Pilih “flash_all_except_data_storage jika ingin melakukan proses flash tanpa menghapus data yang terdapat di memori internal.
  • Pilih “flash_all_lock” jika ingin clean install kemudian bootloader akan terkunci kembali.
Cara Mudah Flash Xiaomi Redmi Note 5A "Ugg Lite" (Sukses 100%)

Memilih tipe flash

Langkah #5. Silahkan pilih salah satu, tapi saya rekomendasikan untuk memilih “flash_all” agar ponsel Xiaomi Redmi 6 Pro sobat kembali bersih seperti waktu pertama kali beli, apalagi sebelum melakukan proses flash sudah saya ingatkan agar membackup data penting yang terdapat di dalam ponsel.

Langkah #6. Sekarang untuk ponsel, matikan Xiaomi Redmi 6 Pro sobat dan masuk ke mode fastboot (tekan dan tahan tombol volume bawah + power) sampai logo fastboot Xiaomi muncul. Jika sudah muncul, maka segera lepaskan tombol tadi.

Langkah #7.  Kemudian koneksikan ponsel ke PC.

Langkah #8. Lalu pada aplikasi Mi Flash Tool, klik tombol “refresh” agar aplikasi mendeteksi ponsel Xiaomi Redmi 6 Pro sobat yang sudah terhubung ke PC tadi.

Cara Mudah Flash Xiaomi Redmi Note 5A "Ugg Lite" (Sukses 100%)

Klik “refresh” agar aplikasi mendeteksi ponsel sobat

Langkah #9. Setelah ponsel terdeteksi, klik tombol “flash” untuk memulai proses flashing.
Tunggu hingga proses berakhir dan setelah flashing ROM selesai, maka ponsel Xiaomi Redmi 6 Pro akan restart sendiri.

Cara Mudah Flash Xiaomi Redmi Note 5A "Ugg Lite" (Sukses 100%)

Melakukan proses flash

Langkah #10. Tunggu proses restart ini, biasanya agak lama dari biasanya.

Ponsel Xiaomi Redmi 6 Pro sobat kali ini sudah berhasil diflash dan sobat dapat mencoba untuk melakukan proses root dengan cara mengikuti cara root Xiaomi Redmi 6 Pro. Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.

Cara Flash Xiaomi Redmi 6 Pro (Hanya 10 Menit) Sukses 100% | Firza | 4.5
error: Content is protected !!