Apa Itu Game Mode Windows 10 Update dan Cara Mengaktifkannya

game mode

Apa Itu Game Mode Windows 10 Update – Di update terbarunya, yaitu” Windows 10 Creators Update” yang bisa didapatkan otomatis lewat update resmi Windows 10 ataupun lewat aplikasi windows 10 Update Assistant. Microsoft menyuntikkan satu fitur baru yakni “Game Mode” yang berfokus untuk membuat performa dalam menjalankan game di Windows menjadi lebih baik lagi.

Banyak gamer yang membicarakan tentang fitur ini jauh-jauh hari sebelum perilisannya, tapi microsoft masih bungkam tentang apa saja yang ada di game mode ini. Game mode secara teknis akan mengangkat performa game yang sobat mainkan di Windows 10. Fitur yang diangkat ini adalah soal konsistensi serta kemampuan windows 10 dalam menjalankan game, bukan mengangkat performa untuk mendapatkan frame per second yang lebih baik.

Ketika sobat menjalankan game dengan menggunakan game mode, maka windows akan fokus dalam mengalihkan dayanya ke game tersebut. Jika sobat memiliki aplikasi yang cukup rakus dalam memakan RAM seperti Chrome yang berjalan di belakang layar, maka aplikasi tersebut tidak akan mendapat prioritas oleh Windows karena Windows sendiri sudah memfokuskan dayanya ke game.

Patut garisbawahi bahwasanya Game Mode bukanlah opsi untuk menturbokan game Windows yang sobat miliki. Kenyataanya, tes yang dijalankan menggunakan PC kelas atas menunjukkan bahwa Game Mode memiliki dampak yang sangat sedikit terhadap performa game, tes yang sama juga digunakan di PC kelas menengah ke bawah dan hasilnya pun sama, Game Mode hanya memberikan dampak sangat sedikit terhadap performa suatu game

Game Mode memang didesain untuk menjaga stabilitas suatu game, tidak untuk menguras segala detail daya yang ada dari CPU dan GPU yang sobat miliki. Jadi untuk saat ini Game Mode bukanlah sesuatu yang menakjubkan karena Game Mode ini bekerja, sama halnya dengan aplikasi tweak game lainnya yang banyak tersebar di dunia maya.

Game mode secara dinamis akan berjalan atau berhenti dengan sendirinya untuk game yang dibeli dari Windows Store. Akan tetapi daftar game yang ada di Windows Store bisa dikatan sangatlah buruk jika dibandingkan dengan Steam, Origin atau Battle.net. Untungnya Game Mode juga bisa diaktifkan secara manual dengan cara yang mudah

Caranya adalah ketika game mulai terbuka, secara default kita harus menekan tombol Windows key + G untuk membuka jendela Game Mode. Sobat juga bisa menekan tombol Xbox logo jIka sobat mempunyai kontroler Xbox. Ketika bar sudah muncul, klik setting (tombol dengan logo gear) di sebelah kanan. Jika sobat tidak bisa melihat Game Modenya, maka  sobat harus membuat layar game menjadi lebih kecil, tidak dalam full screen.

Kemudian, cek kotak di sebelah kata “Use Game Mode for this Game” untuk mengaktifkannya, dan begitulah semua hal yang sobat perlu ketahui dari Game Mode Windows 10 ini, tidak ada opsi lainnya untuk diatur. Setelah selesai sobat bisa langsung menutup Game Mode dan kembali bermain game.

Setelah itu, game yang sudah sobat atur dengan Game Mode tersebut akan menjalankan Game Mode secara default ketika dijalankan. Semoga tulisan saya yang satu ini bermanfaat bagi sobat yang ingin mengetahui apa itu Game Mode di Creators Update Windows 10. Sampai Jumpa di artikel selanjutnya

Apa Itu Game Mode Windows 10 Update dan Cara Mengaktifkannya | Firza | 4.5
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: