Cara Mematikan Cortana Secara Permanen di Windows 10 Paling Ampuh

Cortana Windows 10

Cortana Windows 10

Cara Mematikan Cortana di Windows Paling Ampuh – Cortana merupakan asisten pribadi kita saat menjalankan Windows 8 maupun 10, dikembangkan mulai tahun 2009 oleh manajer umun Microfot Speech Product Team yang dikepalai oleh Zig Serafin. Fitur – fitur yang ada di Cortana antara lain adalah mampu mengenali suara serta bisa menjawab pertanyaan menggunakan informasi yang didapatkannya dari Bing. Nama Cortana sendiri sepertinya terinspirasi dari salah satu tokoh fiktif di game populer buatan Microsoft yakni dalam seri HALO.

Walaupun terdengar modern, tidak semua orang menginginkan Cortana, Microsoft sendiri tidak ingin sobat untuk menonaktifkan Cortana ini. Sobat seharusnya bisa mematikan Cortana ini secara mudah lewat tombol sekali klik, akan tetapi Microsoft sudah menghapus tombol itu sejak Anniversary Update.

Tetapi sobat masih bisa mematikan Cortana ini melalui “registry” atau “group policy”. Cortana sendiri merupakan asisten pribadi sobat di Windows 10, akan tetapi si “asisten” tidak terlalu banyak yang menyukai. Bagi orang yang membencinya mungkin mereka merasa bahwa Cortana ini fitur yang tidak berguna atau mungkin Cortana ini hanyalah memperlambat komputer kita. Sangat jarang saya melihat ada orang yang menyukai Cortana.

Cara Mematikan Cortana di Windows 10

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, ada dua cara yang bisa sobat pakai untuk mematikan atau menonaktifkan Cortana ini, yakni

Cara Mematikan Cortana dengan Registry

Jika sobat pengguna Windows 10 Home, sobat mesti mengedit Windows Registry untuk dapat menonaktifkan Cortana. Bagi sobat pengguna Windows 10 Proffesional atau Enterprise juga bisa menggunakan cara ini walaupun sebenarnya saya lebih merekomendasikan cara yang kedua bagi pengguna kedua versi Windows tadi.

Seperti tutorial – tutorial saya sebelumnya yang berkaitan dengan Registry Editor, akan saya ingatkan lagi bahwa mengedit registry bisa mengakibatkan sistem dalam komputer sobat menjadi tidak dapat digunakan atau tidak dapat dioperasikan.

Oleh karena itu, sobat mesti sangat teliti ketika menerapkan cara ini dan tetap perhatikan tutorial saya dengan seksama agar tidak ada masalah yang terjadi nantinya. Sobat mungkin bisa mempertimbangkan untuk membuat Restore Point sebelumnya untuk berjaga jaga.

Mungkin Windows akan melakukan Restore Point ini secara otomatis jIka sobat sebelumnya sudah pernah mengaktifkan “Protection” dari partisi sistem (C:). Setelah sobat sudah yakin dengan ini, selanjutnya tekan tombol Windows + R di keyboard. Lalu ketik “regedit” dan tekan Enter

Mmebuka Registry Editor

Mmebuka Registry Editor

Lalu pilih HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > Policies > Microsoft > Windows > Windows Search. Jika sobat tidak menemukan Windows Search, maka sobat bisa membuatnya sendiri dengan cara klik kanan pada folder Windows > pilih New > Key > Beri nama Windows Search.

Membuat Windows Search

Membuat Windows Search

Klik kanan pada “Windows Search” dan pilih New > DWORD (32-bit) Value.

Membuat Windows Search

Membuat Windows Search

Namai value tadi dengan AllowCortana. Lalu Double klik AllowCortana tadi dan set value datanya ke 0.

Membuat Windows Search

Mematikan Cortana

Selanjutnya sobat bisa menutup registry editor dan untuk membuat perubahan terjadi, sobat mesti sign out dan kembali sign in lagi atau bisa juga dengan cara restart komputer sobat. Untuk mengembalikan Cortana seperti semula lagi, sobat ganti value data yang 0 tadi menjadi 1.

Jika sobat tidak ingin repot repot dalam melakukan hal tadi, sobat bisa download Ini, ekstrak lalu double klik file “Disable Cortana.reg” dan pilih “Agree” untuk mendisable atau mematikan Cortana. Disana juga ada file “Enable Cortana.reg” untuk mengaktifkan kembali Cortana. Sobat juga diharuskan untuk restart komputer agar bisa menerapkan perubahannya.

Cara Mematikan Cortana dengan Group Policy

Jika sobat pengguna Windows 10 Proffsional dan Enterprise, cara termudah yang bisa dilakukan untuk menonaktifkan Cortana adalah memalui Group Policy. Sama seperti sebelumnya, saya sarankan sobat untuk membuat Restore Point terlebih dahulu.

Setelah sudah, maka sobat harus membuka Group Policy terlebih dahulu dengan cara tekan tombol Windows + R dan ketik gpedit.msc lalu tekan Enter.

Membuka Group Policy

Membuka Group Policy

Pilih Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Search. Cari Allow Cortana di panel sebelah kiri lalu double klik.

Mematikan Cortana

Mematikan Cortana

Set opsi Allow Cortana ke “Disable” dan klik OK. Setelah selesai, sobat bisa menutup group policy editor. Dan sama seperti sebelumnya, sobat mesti sign out lalu sign ini atau restart komputer sobat jika ingin menerapkan perubahannya.

Mematikan Cortana

Mematikan Cortana

Untuk kembali mengaktifkannya kembali, sobat ganti “Disable” tadi menjadi “Not Configured” atau “Enabled”.

 

Seperti itulah cara mematikan atau menonaktifkan Cortana di Windows paling ampuh, disana juga sudah saya beritahu bagaimana cara mengembalikan Cortana untuk berjaga jaga jika sobat menginginkannya kembali. Sampai jumpa di artikel selanjutnya

Cara Mematikan Cortana Secara Permanen di Windows 10 Paling Ampuh | Firza | 4.5
error: Content is protected !!