Cara Merekam Telepon di Android dan iPhone Dengan Mudah

Cara Merekam Telepon di Android dan iPhone Termudah

Cara Merekam Telepon di Android dan iPhone Termudah

Cara Merekam Telepon di Android dan iPhone – Ada banyak alasan kenapa orang melakukan ini, ada yang ditujukan untuk mengenang suatu memori, atau sebagai barang bukti suatu kasus atau yang lain lain. Apapun alasan itu, merekam telepon terkadang memang dibutuhkan.

Apakah kegiatan ini legal atau ilegal, belum ada kepastian untuk saat ini karena memang belum ada hukum yang mengatur itu, akan tetapi jika sobat melakukan ini dengan tujuan baik maka sejatinya hal ini sudah terlihat legal di mata orang lain

Merekam telepon ini dapat dilakukan di Android maupun Iphone tapi keduanya memiliki metode yang berbeda, dengan tingkat kesulitan yang berbeda pula. Bagaimanapun juga, merekam telepon di Android sangatlah mudah dibandingkan dengan iPhone

Cara Merekam Telepon di Android

Ada banyak cara melakukan ini di Android, tapi kali ini saya akan berfokus pada dua cara yakni dengan menggunakan Google Voice, aplikasi yang bernama Call Recorder – ACR serta di ROM MIUI milik Xiaomi.

1. Cara Merekam Telepon dengan Google Voice

Jika sobat sudah menjadi pengguna Google Voice, maka hal yang selanjutnya sobat lakukan sangat mudah, dan jika belum maka sobat harus daftar dulu menjadi pengguna Google Voice, caranya yakni

Sobat langsung menuju ke laman resmi google voice, yaitu voice.google.com untuk mendaftar

Google Voice

Google Voice

Setelah sobat selesai mendaftar, maka kita bisa menuju langkah selanjutnya yaitu dengan mengaktifkan fitur Call Recording, sobat bisa melakukannya di web Google Voice atau aplikasinya di Android, langkah yang ditempuh bakalan sama jadi sobat tidak perlu kuatir jIka saya melakukan ini dengan cara lewat web.

  • Langkah pertama, sobat bisa langsung menuju web resmi Google Voice lalu buka settings dari menu yang ada di sebelah kiri monitor, lalu pilih “Settings”.
Google Voice

Google Voice

  • Di web, sobat klik “Calls” setelah settings, sementara di Android sobat hanya perlu scroll ke bawah sampai menemukan calls.
Google Voice

Google Voice

  • Lalu sobat aktifkan “Incoming Call Options” yang berarti sobat akan mengaktifkan fitur untuk merekam telepon . Sementara di Android, sobat mesti memilih “Advanced Call Setting” dulu baru bisa mengaktifkan Incoming Call Options.
Google Voice

Google Voice Web

Google Voice Android

Google Voice Android

Patut digarisbawahi juga bahwa fitur ini langsung aktif untuk semua perangkat yang dimiliki oleh akun sobat, jadi sobat hanya perlu mengaktifkan ini di satu perangkat, maka perangkat lainnya yang menggunakan akun Google sobat akan otomatis mengaktifkan fitur ini juga.

Setelah sobat mengaktifkan fiturnya, maka sobat bisa menekan keypad nomer 4 untuk merekam telepon saat telepon sedang aktif. Kemudian file audio dari telepon tadi akan tersimpan di akun Google Voice sobat.

2. Cara Merekam Telepon dengan Aplikasi ACR

Walaupun menggunakan Google Voice sangatlah mudah dan langsung bisa diterapkan, banyak fitur yang hilang seperti merekam otomatis saat ada panggilan. Oleh akrena itu didinal peran dari ACR, tidak hanya menawarkan fitur yang lebih banyak, tapi ACR juga tidak menampilkan notifikasi ketika sedang merekam.

Jadi jika sobat ingin merekam panggilan telepon secara diam diam, maka aplikasi inilah yang sobat butuhkan. Ada dua versi dari aplikasi ini, yakni versi gratis dan berbayar. Versi berbayar sendiri menghilangkan semua iklan yang ada di dalam ACR serta sobat akan disuguhi beberapa fitur tambahan seperti opsi untuk merekam di beberapa kontak saja, mulai merekam saat sobat menelfon, menyimpan hasil rekaman ke Dropbox atau Google Drive serta banyak fitur fitur lainnya, saya rekomendasikan sobat untuk mencoba versi gratisnya terlebih dahulu sebelum membeli versi berbayarnya.

Ketika ACR dibuka pertama kalinya, maka ACR akan meminta sobat untuk menyetujui beberapa persyaratan yang diberikan oleh ACR. Seteleh sobat menyetujui berbagai persyaratan tersebut, maka sobat harus memberi ijin lagi kepada ACR kali ini untuk mengakses beberapa bagian dalam perangkat sobat seperti akses ke kontak, telefon, microphone dan memori agar ACR bisa berjalan secara maksimal.

ACR

ACR

Setelah itu, sobat akan mendapat notofikasi bahwasanya ACR telah aktif dan dapat digunakan secara langsung tanpa perlu melakukan pengaturan lainnya.

Notifikasi ACR

ACR Notification

Dengan membayar versi premiumnya, sobat akan mendapat fitur lainnya yang bisa diakses dari Settings dalam aplikasi ACR, salah satunya ada di menu Recording, di menu Recording ini sobat bisa membuat proses perekaman menjadi manual, tidak otomatis seperti default. Ada banyak lagi fitur yang tersedia di versi berbayar ini.

ACR Settings Recording

ACR Settings Recording

ACR Manual Recording

ACR Manual/Auto Recording

3. Cara Merekam Telepon di Xiaomi

Selain menggunakan aplikasi serta Google Voice, pengguna MIUI dari Xiaomi sudah punya fitur merekam otomatis ini secara default di ROMnya, jika sobat mengingkan perekaman secara otomatis, maka sobat bisa melakukan langkah berikut

  • Buka aplikasi Phone
MIUI Phone

MIUI Phone

  • Tekan menu yang berada di sebelah kiri bawah
MIUI Phone

MIUI Phone

  • Pilih Settings
MIUI Phone

MIUI Phone

  • Pilih Call record settings
MIUI Phone

MIUI Phone

  • Pastikan Record calls automatically aktif untuk proses perekaman secara otomatis, disana sobat juga bisa mengatur kontak mana saja yang direkam atau semua kontak, bahkan ada juga opsi untuk menampilkan proses perekaman ditampilkan atau tidak, fitur fitur di MIUI ini hampir sama persis seperti fitur dari ACR versi berbayar.

Selain cara otomatis di atas, sobat juga bisa menggunakan cara manual untuk merekam telepon di MIUI yakni pada saat saat sobat melakukan panggilan, sobat tinggal tekan record dari layar ponsel dan telepon pun akan direkam.

MIUI Phone

MIUI Phone

Cara Merekam Telepon di iPhone

Tidak seperti Android yang proses merekam teleponnya sangat mudah, di iOS hal itu sedikit lebih rumit. Di beberapa kasus, aplikasi pihak ketiga di iOS tidak bisa memiliki akses ke telepon dan microphone secara bersamaan yang membuat proses merekam telepon membutuhkan trik khusus. Apalagi Apple juga tidak menyediakan fitur merekam telepon ini di perangkat iPhone mereka.

Ada beberapa aplikasi di App Store yang bisa sobat gunakan untuk merekam telepon, seperti Google Voice atau aplikasi yang bernama TapeACall, kedua aplikasi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing.

1. Cara Merekam Menggunakan Google Voice

Merekam dengan Google Voice ini prosesnya sama persis dengan yang sudah saya jelaskan di atas tadi, sobat tinggal buat akun Google Voice jika belum punya, lalu tinggal mengaktifkan “Incoming Call Options”

2. Cara Merekam Telepon Menggunakan Aplikasi TapeACall

TapeACall memiliki dua versi, seperti halnya ACR di Android  yakni Lite dan Pro, versi lite sendiri saya rasa sangat tidak berguna karena sobat hanya bisa merekam pada 60 detik atau menit pertama, jadi versi pro lah yang layak digunakan.

Untuk harga sekitar 130k per tahun di versi pro, sobat bisa mendapatkan fasilitas merekam secara unlimited dari TapeACall, tapi cara menjalankan aplikasi mungkin akan membuat sobat merasa kesal karena memang prosesnya agak rumit.

Begini mekanismenya, pertama ketika sobat menerima panggilan, sobat langsung buka aplikasi TapeACall dan tekan record, lalu sobat akan dihungkan dengan jaringan yang merekam milik TapeACall. Setelah itu sobat tekan “Merge Call” untuk membuat jaringan telepon tiga arah antara sobat, si penelfon dan jaringan perekam milik TapeACall.

TapeACall

TapeACall

Segalanya menjadi agak mudah Jika sobat melakukan panggilan keluar, pertama sobat buka aplikasi TapeACall lalu tekan record. Maka aplikasi TapeACall akan menghubungkan sobat ke jaringan perekam milik mereka. Setelah itu sobat tinggal tekan “Add Call” dan tinggal telepon saja seseorang yang ingin sobat hubungi, lalu sobat tinggal tekan tekan “Merge Call” untuk mulai proses merekam.

Aplikasi ini memang berguna dan berhasil merekam, tapi sobat pasti merasa ini bukan cara yang ideal, terutama ketika sobat dalam keadaan penting ketika menelfon seseorang. Dan mungkin cara termudah dalam merekam telepon di iPhone adalah dengan menggunakan alat perekam suara terpisah.

Iphone Recording Call

Iphone Recording Call

Begitulah cara yang digunakan untuk merekam telepon di Android dan iPhone, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya

Loading...
Cara Merekam Telepon di Android dan iPhone Dengan Mudah | Firza | 4.5
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: