Cara Root Infinix Hot 4 Pro X556 (Sukses 100%) Dan Install TWRP Dengan Mudah

Cara Root Infinix Hot 4 Pro X556 (Sukses 100%) Dan Install TWRP Dengan Mudah

Cara Root Infinix Hot 4 Pro X556 – Nama Infinix semakin dikenal di Indonesia, aplagi setelah mereka kerap mengeluarkan ponsel murah dengan spesifikasi mumpuni seperti Infinix Hot 4 Pro ini. Ponsel ini sebenarnya sudah dirilis sejak akhir bulan November 2016 lalu dengan dua varian yakni Hot 4 (X557) dan Hot 4 Pro (X556).

Ada beberapa perbedaan dari seri Infinix Hot terdahulu, terutama dari sisi desain. Kali ini, Infinix Hot 4 kembali mengusung desain yang tidak unibody, maknanya cover belakang ponsel dapat dibuka seperti Hot 2 dan Hot 3.

Walaupun seri Hot bukan diperuntukkan bagi kelas atas, Infinix Mobility tetap menghadirkan bodi ponsel dengan kualitas yang baik. Dan menilik dari harganya, sudah pasti material yang dipakai adalah plastik, namun walupun begitu, bodi ponsel ini terlihat cukup kokoh saat digenggam.

Selain itu, bodi ponsel juga tidak cepat kotor ketika digenggam. Ponsel Infinix Hot 4 Pro ini memiliki bentang layar selebar 5.5 inchi dengan resolusi HD (720 x 1280). Seperti pendahulunya, Hot S, Infnix Hot 4 Pro juga memiliki fitur fingerprint yang terletak di bagian belkang ponsel, tepatnya dibawah kamera utama.

Selain sebagai fingerprint, Infinix juga mmemberikan fungsi lebih seperti untuk menerima panggilan, navigasi di galeri atau shutter trigger kamera. Di bagian kanan ponsel terdapat tombol volume dan power, sedangkan bagian bawah diisi dengan konektor USB dan lubang mic dan bagian atas terdapat jack audio 3.5 mm.

Prosesor yang dipilih oleh Infinix untuk ditanam di ponsel ini adalah seri MediaTek MT6737 quad-core dengan kecepatan maksimal 1.3 GHz. Sedangkan GPU yang dipakai adalah Mali-T720 MP2. Infinix Hot 4 Pro dibekali oleh RAM sebesar 2 GB dan memori internal 16 GB, walaupun 16 GB akan dirasa oleh penggunanya cukup kecil untuk kebutuhan sehari – hari.

Kamera belakang ponsel Hot 4 Pro ini memakai sensor 13 MP dengan fitur auto focus, selain itu juga terdapat LED Flash untuk membantu memotret dalam keadaan minim cahaya. Sedangkan kamera depannya menggunakan sensor 5 MP tanpa kehadiran auto focus dan LED Flash.

Ponsel Infinix Hot 4 Pro ini menggunakan baterai dengan kapasitas cukup besar, yakni 4000 mAh yang non-removable. Dengan kapasitas yang besar ini, tentunya diharapkan ponsel Hot 4 Pro ini dapat berjalan untuk waktu yang lama tanpa charger.

Yang menjadi nilai plus lagi bagi ponsel ini adalah kelenngkapan sonsor yang dimilikinya. Selain fingerprint yang sudah disebutkan diatas, ponsel ini juga memiliki sensor accelerometer, gyroscope, light sensor, magnetometer dan proximity. Hadirnya sensor – sensor tersebut tent saja dianggap sangat baik bagi pengguna.

Infinix Hot 4 Pro ini sudah mendukung konektifitas 4G LTE di Indonesia sehingga sobat dapat langsung merasakan kecepatan tinggi dari koneksi 4G di ponsel ini. Untuk sistem operasinya sendiri, ponsel ini menggunakan UI XSOS yang berjalan di Android 6.0 Marsmallow.

Note: Baca sampai akhir terlebih dahulu setiap kalimat atau setiap cara sebelum menerapkannya di  Infinix Hot 4 Pro X556 sobat karena saya tidak bertanggung jawab atas segala sesuatu yang mungkin terjadi di smartphone milik sobat. Do With Your Own Risk.

Cara Flash / Install TWRP Infinix Hot 4 Pro X556

Sebelum melakukan proses flashing Infinix Hot 4 Pro, maka perhatikan beberapa persyaratan dibawah ini.

  • Saya sarankan untuk melakukan proses Backup data terlebih dahulu untuk berjaga – jaga jika proses ini akan menghapus data miliki sobat di dalam ponsel.
  • Baterai ponsel harus lebih dari 50% agar proses bisa berjalan dengan lancar.
  • Download semua bahan – bahan di bawah ini.
  • Cara ini hanya digunakan untuk ponsel Infinix Hot 4 Pro X556, jangan gunakan cara ini jika ponsel yang sobat miliki bukan Infinix Hot 4 Pro X556.
  • SDcard atau USB OTG.
Nama File Link Download
MTK USB Driver Download
SP Flashtool Download
TWRP Infinix Hot 4 Pro X556 Download
SuperSU.zip Download
Noverity.zip Download

Note: Cara ini akan menghapus semua data yang ada di ponsel sobat, jadi saya sarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu pada data yang penting.

Pertama, copy file Noverity.zip dan SUperSU ke dalam sdcard atau USB OTG sobat dan jika semua persyaratan diatas berhasil sobat penuhi, sekarang saatnya untuk melakukan proses flashing TWRP.

Langkah ke-1. Install MTK USB Driver dalam PC kemudian aktifkan USB Debugging di dalam ponsel, caranya adalah.

  • Buka Settings, dan didalam Settings, scroll kebawah hingga menemukan “About Device (Tentang Ponsel)”.
  • Kemudian cari “Build Number (Nomer Bentukan)” dan tekan sebanyak 7 kali hingga ada notifikasi yang menandakan bahwa Developer mode telah aktif.
  • Kembali lagi ke Settings.
  • Kali ini di dalam Settings, cari “Developer mode”.
  • Kemudian centang / aktifkan “USB Debugging Mode”.

Langkah ke-2. Copy file SUperSU.zip yang sudah didownload ke dalam memori ponsel, baik itu internal atau ekternal tidak masalah.

Langkah ke-3. Ektrak file TWRP dan SP Flashtool yang sudah didownload diatas.

Langkah ke-4. Buka aplikasi SP Flashtool dengan cara klik kanan flashtool.exe dan pilih Run As Administrator.

Langkah ke-5. Setelah aplikasi terbuka, pilih scatter loading dan pilih file scatter.txt di dalam folder TWRP yang sudah didownload dan diekstrak tadi.

Cara Flash Oppo F1s Selfie Expert (A1601) Sukses 100% dan Download Firmware

Memilih Firmware

Langkah ke-6. Pastikan semua file tidak dicentang kecuali hanya Recovery.

Langkah ke-7. Kemudian di mode ‘Download’, pilih yang Download Only dan klik ikon Download.

Cara Flash Oppo F1s Selfie Expert (A1601) Sukses 100% dan Download Firmware

Memilih mode ‘Download Only’

Langkah ke-8. Seteelah itu, matikan ponsel Infinix Hot 4 Pro milik sobat dan colokkan dengan kabel USB ke komputer.

Langkah ke-9. Ponsel Infinix sobat secara otomatis akan terdeteksi jika sobat melakukan tutorial ini dengan benar dan SP Flashtool secara otomatis juga melakukan proses flashing TWRP.

Langkah ke-10. Setelah proses flashing selesai dan sukses, maka akan ada notifikasi ‘Download OK’ seperti yang nampak di gambar bawah ini.

Cara Flash Oppo F1s Selfie Expert (A1601) Sukses 100% dan Download Firmware

Proses flashing sukses

Langkah ke-11. Cabut ponsel setelah proses flashing selesai dan jangan nyalakan ponsel terlebih dahulu.

Cara Root Infinix Hot 4 Pro X556

Seperti yang sudah disebutkan diatas, jika sobat sudah melakukan segala sesuatunya dengan benar, maka saat ini maka saat ini TWRP sudah terinstal dan ponsel masih belum menyala, untuk melakukan proses root, ponsel harus masuk ke mode TWRP terlebih dahulu.

Langkah #1. Untuk masuk ke mode recovery, dengan ponsel yang mati tersebut, tekan dan tahan tombol volume atas dan power selama kurang lebih 5 detik.

Langkah #2. Saat pertama masuk ke mode TWRP, kemungkinan ponsel Infinix Hot 4 Pro akan meminta password, jangan gelisah terlebih dahulu. Klik saja cancel, nanti TWRP akan membuka secara sendiri.

Langkah #3. Kemudian TWRP akan meminta ijin untuk memodifikasi sistem, jadi berikan ijin dengan cara swipe layar.

Langkah #4. Kemudian pilih menu “Install”, disana memori internal sobat akan menjadi 0, oleh karena itu pilih “Select Storage” dan pilih memori SD Card atau USB OTG sobat.

Langkah #5. Kemudian pilih file Noverity yang sudah dicopy tadi. Setelah selesai flash file noverity, kembali lagi ke menu awal TWRP dan pilih “Rebbot” > “Recovery”.

Langkah #6. Setelah ponsel reboot dan masuk ke mode TWRP lagi, kali ini coba pilih “Install” dan cek apakah memori internal Infinix Hot 4 Pro sudah kembali normal.

Jika masih 0, maka pilih Wipe > Data untuk menghapus semua data dalam memori internal sobat agar dapat digunakan lagi.

Note: Untuk berjaga – jaga, lebih baik untuk kembali flash file Noverity namun kali ini tanpa reboot, tapi langsung menuju langkah selanjutnya.

Langkah #7. Setelah memori internal kembali normal, kali ini pilih “Install” dan pilih file SuperSU yang sudah sobat download dan copy di SD Card tadi.

Setelah proses flash selesai, maka sobat akan diarahkan untuk reboot ponsel. Pilih untuk mereboot atau restart ponsel dan tunggu hingga Infinix Hot 4 Pro kembali menyala.

Untuk membuat sobat lebih yakin lagi, sobat dapat mendownload aplikasi Root Checker di Play Store untuk kembali mengecek apakah Infinix Hot 4 Pro milik sobat sudah berhasil di root. Namun jika sobat ingin mengembalikan ponsel seperti sedia kala, silahkan ikuti tutorial flash Infinix Hot 4 Pro (X556).

Cara Root Infinix Hot 4 Pro X556 (Sukses 100%) Dan Install TWRP Dengan Mudah | Firza | 4.5
error: Content is protected !!