Cara Root Oppo A57 (Sukses 100%) Dan Install TWRP Recovery

Cara Root Oppo A57 (Sukses 100%) Dan Install TWRP Recovery

Cara Root Oppo A57 CPH1701 – Proses Root digunakan bagi pengguna ponsel yang ingin memiliki akses yang lebih pada ponselnya. Dan tentu saja untuk melakukan root ada cara tersendiri yang dilakukan, entah itu dengan PC atau tanpa PC. Di artikel ini sudah saya sediakan tutorial dan download root untuk Oppo A57, jadi tolong baca sampai akhir artikel.

Oppo A57, seperti halnya ponsel Oppo lainnya, masih mengandalkan selfie sebagai nilai jual utamanya. Bahkan ponsel ini juga mendapatkan julukan “Unstoppable Selfie”. Harga yang dipatok oleh Oppo memang tidak semahal F1 ataupun F3, namun diklaim oleh Oppo bahwa kualitasnya tidak akan terpaut beda jauh.

Desain dari A57 ini terkesan monoton, itu – itu saja, sepertinya tim desainer ponsel dari Oppo tidak memiliki ide lain, hanya mencaplok desain dari ponsel – ponsel lain lalu menggabungkannya menJadi satu. Jika dilihat sepintas saja, orang tidak akan bisa membedakan mana yang merupakan Oppo A57 atau seri ponsel Oppo lainnya karena desain yang memang sangat mirip, hampir seperti copy paste.

Walaupun masih sama, namun kualitas dari tampilan ponsel ini memang menawan untuk dilihat, mungkin itulah sebab pihak Oppo masih bersikeras untuk tetap mempertahankan desain yang menurut mereka terbaik ini. Oppo A57 menggunakan bahan magnesium-alluminium alloy dengan finishing yang memukau dari pihak Oppo.

Dengan material yang dipakai, ponsel ini terasa kokoh dan solid, permukaan ponsel pun terasa nyaman untuk dipegang. Oppo A57 menggunakan layar 2.5D berukuran 5.2 inci namun resolusinya hanya HD (720p). Padahal dengan harga yang dipatoknya, seharusnya ponsel ini sudah mengadopsi layar Full HD (1080p).

Namun ada satu keunggulan layar Oppo, yakni sudah dibekali teknologi Eye protection display dan layarnya yang masih bisa dioperasikan dengan lancar menggunakan jari yang basah atau dengan sarung tangan. Ponsel Oppo A57 juga sudah mendukung fingerprint yang mana menjadi ponsel seri A pertama dari Oppo yang mendapatkan fitur fingerprint.

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, Oppo A57 mengandalkan selfie sebagai kekuatan utamanya, kamera depan ponsel ini berukuran 16 MP dengan aperture f/2.0 dan juga fitur Beautify 4.0. Selain fitur Beautify, kamera Oppo A57 ini juga dilengkapi dengan fitur – fitur yang sebelumnya hanya ada di ponsel premium Oppo seperti fitur “Palm Shutter” dan “Bokeh”.

Karena mengusung ponsel selfie, kamera belakang ponsel ini memiliki resolusi yang lebih kecil, yakni 13 MP dengan aperture f/2.2. dan juga dilengkapi oleh LED Flash. Di sisi prosesor, Oppo A57 menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 435 Octa-core 1.4 GHz dan RAM sebesar 3 GB, kombinasi keduanya mampu membuat Oppo A57 lacar dalam menjalankan beragam fungsi dalam ponsel.

Sedangkan memori internal ponsel ini menggunakan kapasitas sebesar 32 GB dan dukungan microSD hingga 256 GB. Dari segi antarmuka, Oppo A57 menggunakan custom OS miliknya sendiri yang bernama ColorOS versi 3.0 dengan basis Android 6.0 Marsmallow.

Ada beragam fitur yang tersedia dalam ColorOS ini, seperti Security yang sudah terinstal AntiVirus secara otomatis. Baterai dari Oppo A57 ini tergolong biasa saja, hanya sebesar 2900 mAh. Selain itu, ponsel ini juga tidak mendukung teknologi fast charging.

Cara Memasang TWRP di Oppo A57

TWRP sendiri merupakan custom recovery untuk Android yang dapat digunakan untuk install/flash ROM, boot image dan lain – lainnya ke dalam smartphone sobat, secara sederhananya sobat dapat melakukan modifikasi apapun ke dalam sistem operasi Android.

Sobat juga dapat melakukan proses root lewat TWRP ini, jadi jika smartphone milik sobat sudah mendukung dan diinstal TWRP atau custom recovery lainnya, maka smartphone sobat hampir dipastikan dapat di root.

Namun pertama, download dulu bahan  berikut untuk memasang TWRP Recovery: Download

Langkah#1 .Setelah download selesai, ekstrak file tersebut maka sobat akan menemukan dua folder, yakni Root dan Xposed. Buka folder root dan install Mitool.

Langkah#2. Setelah itu, matikan ponsel dan tekan tombol power atas, bawah dan power secara bersamaan lalu koneksikan ponsel ke PC dengan kabel USB (Jika sudah benar, layar ponsel hanya hitam, tidak terjadi apa – apa).

Namun di layar PC, akan ada pemberitahuan bahwa driver Qualcomm sedang diinstal. Klik disini untuk mengetahui cara menginstal driver Qualcomm.

Langkah#3. Jika driver sudah diinstal dan sudah yakin benar – benar terinstal, buka MiFlashtool. Sobat akan melihat JIka ponsel terdeteksi dengan adanya tulisan “com10” atau semacamnya.

Cara Root Oppo A57 (Sukses 100%) Dan Install TWRP Recovery

Terdapat “com10” pada ponsel yang terdeteksi

Langkah#4. Kemudian pilih Browse, dan pilih folder tempat TWRP Oppo A57 Recovery Toolkit berada.

Langkah#5. Klik Flash untuk memulai memasang TWRP dan tunggu hingga proses flash selesai serta sukses.

Cara Root di Oppo A57

Jika TWRP sudah terinstal dengan benar maka proses root sangat mudah dilakukan. Dan meneruskan tutorial sebelumnya, kali ini sobat seharusnya sudah selesai dalam menginstal atau memasang TWRP. Ikuti langkah – langkah dibawah dengan saksama.

Langkah#1. Jangan nyalakan ponsel, tapi reboot ke mode recovery dengan cara tekan dan tahan tombol volume bawah dan power, TWRP Recovery akan muncul.

Langkah#2. TWRP Recovery ini berbahasa China, namun cara pengoperasiannya masih sama seperti TWRP versi Inggris, hanya bahasa yang berubah. Sobat dapat merubahnya ke bahasa Inggris dengan cara seperti ini.

Cara Root Oppo A57 (Sukses 100%) Dan Install TWRP Recovery

Mengganti bahasa TWRP ke bahasa Inggris

Langkah#3. Pilih Advanced (sebelah kiri paling bawah), lalu SuperSU Root dan swipe slider ke kanan untuk memulainya, tunggu hingga proses selesai.

Langkah#4. Jika ponsel tidak reboot secara otomatis, sobat dapat reboot sendiri dengan memilih opsi “Reboot Now” atau kembali ke menu TWRP dan pilih Reboot (sebelah kanan paling bawah) ke sistem.

Langkah#5. Tunggu hingga proses reboot selesai dan selamat ponsel Oppo A57 sobat sudah berhasil diroot.

Setelah proses root selesai, ponsel sobat akan terdapat pemberitahuan yang menunjukkan bahwa ponsel mendeteksi root, hal itu menunjukkan bahwa proses root sukses alias berhasil.

Notifikasi "Root Detected" yang dirasa mengganggu

Notifikasi “Root Detected” yang dirasa mengganggu

Namun mungkin bagi sebagian dari sobat pasti merasa bahwa pemberitahuan itu cukup mengganggu sehingga disini saya akan memberikan cara agar menghilangkan warning / peringatan root yang berada di sebelah atas layar ponsel Oppo A57 ini.

Langkah#1. Cara yang pertama adalah install Xposed.apk yang sudah saya sediakan dalam file download tadi.

Langkah#2. Kemudian copy file xposed.zip dan matikan ponsel. Lalu masuk ke TWRP dan pilih Flash lalu pilih file xposed.zip yang sudah dicopy ke dalam ponsel tadi..

Langkah#3. Setelah selesai, reboot kembali ponsel dan tunggu hingga Oppo A57 milik sobat menyala.

Langkah#4. Saat ponsel kembali menyala, install ColorOS 3.apk dan buka aplikasi tersebut.

Langkah#5. Pilih semua opsi yang berbau China.

Langkah#6. Lalu buka aplikasi Xposed dan pilih modul ColorOS untuk diaktifkan.

Langkah#7. Reboot ponsel Oppo A57 setelah selesai dan peringatan root akan segera hilang dari layar ponsel sobat.

Untuk membuat sobat lebih yakin lagi, sobat dapat mendownload aplikasi Root Checker di Play Store untuk kembali mengecek apakah Oppo A57 milik sobat sudah berhasil di root. Jika sobat menginginkan ponsel kembali seperti semula, sobat dapat mengikuti link berikut untuk cara flash Oppo A57.

Cara Root Oppo A57 (Sukses 100%) Dan Install TWRP Recovery | Firza | 4.5
error: Content is protected !!