Cara Root Oppo A83 (Sukses 100%) Dan Install TWRP Recovery

Cara Root Oppo A83 (Sukses 100%) Dan Install TWRP Recovery

Cara Root Oppo A83 – Proses Root digunakan bagi pengguna ponsel yang ingin memiliki akses yang lebih pada ponselnya. Dan tentu saja untuk melakukan root ada cara tersendiri yang dilakukan, entah itu dengan PC atau tanpa PC. Di artikel ini sudah saya sediakan tutorial dan download root untuk Oppo A57di bawah, jadi tolong baca sampai akhir artikel.

Oppo A83 merupakan salah satu ponsel seri A terbaru yang diluncurkan Oppo pada Desember 2017 lalu di Tiongkok. Ponsel ini memiliki teknologi kekinian layaknya ponsel kelas atas Oppo lainnya seperti F5 yang baru diluncurkan di Indonesia.

Beberapa fitur kekiniannya tersebut antara lain adalah penggunakan layar ponsel yang bezelless alias layar yang hampir memenuhi bagian depan ponsel layaknya iPhone X. Dan seperti halnya iPhone X, Oppo A83 juga tidak memiliki fitur fingerprint, namun menggantinya dengan teknologi facial unlock atau pemindai wajah.

Bahkan Oppo mengklaim bahwa teknologi mereka yang disematkan dalam Oppo A83 ini mampu memindai 128 wajah yang berbeda dan hanya membutuhkan waktu sekitar 0.18 detik untuk melakukan proses scan tersebut. Dari segi desain sendiri, Oppo A83 tidak banyak berbeda dengan Oppo F5, hanya sensor fingerprint di bagian cover belakang saja yang dihilangkan.

Sedangkan material untuk ponsel ini juga sama menggunakan bahan metal alluminium. Layar ponsel ini memiliki ukuran 5.7 inci dengan rasio 18:9 dan resolusi sebesar 720 x 1440 pixel atau kerap disebut HD+. Sedangkan RAM yang dipakai di dalam Oppo A83 ini sebesar 4 GB dilengkapi juga memori internal sebesar 32 Gb serta didukung oleh microSD sampai 256 GB.

Untuk menunjang segala aktifitas dalam ponsel, Oppo A83 menggunakan prosesor MediaTek MT6763T Helio P23 Octa-core 2.5 GHz dan GPU Mali G71 MP2. Sedangkan sektor kamera yang memang diunggulkan oleh ponsel Oppo lainnya adalah sebesar 13 MP pada bagian belakang dengan LED Flash dan bukaan f/2.2.

Pihak Oppo mengklaim bahwa kamera mereka yang 13 MP itu dapat memotret foto setara dengan hasil kamera 50 MP. Sedangkan kamera depan alias kamera selfie yang dibenamkan memiliki resolusi 8 MP dilengkapi juga dengan fitur AI Beauty, kedua kamera ini dapat merekam video hingga resolusi 1080p.

Untuk menunjang aktifitas seharian, Oppo A83 memiliki baterai sebesar 3.180 mAh dan berjalan pada ColorOS 3.2 yang menggunakan Android 7.1 alias Nougat. Ponsel ini memang masih belum resmi diluncurkan untuk pasar Indonesia, namun jika merujuk harga yang dipatok Oppo di Tiongkok, maka ponsel ini dihargai sekitar 2.9 juta rupiah.

Cara Install / Flash TWRP di Oppo A83

TWRP sendiri merupakan custom recovery untuk Android yang dapat digunakan untuk install/flash ROM, boot image dan lain – lainnya ke dalam smartphone sobat, secara sederhananya sobat dapat melakukan modifikasi apapun ke dalam sistem operasi Android.

Sobat juga dapat melakukan proses root lewat TWRP ini, jadi jika smartphone milik sobat sudah mendukung dan diinstal TWRP atau custom recovery lainnya, maka smartphone sobat hampir dipastikan dapat di root.

Namun pertama, download dulu bahan  berikut untuk memasang TWRP Recovery: Download, link akan segera diupdate.

Langkah#1 .Setelah download selesai, ekstrak file tersebut maka sobat akan menemukan dua folder, yakni Root dan Xposed. Buka folder root dan install Mitool.

Langkah#2. Setelah itu, matikan ponsel dan tekan tombol power atas, bawah dan power secara bersamaan lalu koneksikan ponsel ke PC dengan kabel USB (Jika sudah benar, layar ponsel hanya hitam, tidak terjadi apa – apa).

Namun di layar PC, akan ada pemberitahuan bahwa driver Qualcomm sedang diinstal. Klik disini untuk mengetahui cara menginstal driver Qualcomm.

Langkah#3. Jika driver sudah diinstal dan sudah yakin benar – benar terinstal, buka MiFlashtool. Sobat akan melihat JIka ponsel terdeteksi dengan adanya tulisan “com10” atau semacamnya.

Cara Root Oppo A57 (Sukses 100%) Dan Install TWRP Recovery

Terdapat “com10” pada ponsel yang terdeteksi

Langkah#4. Kemudian pilih Browse, dan pilih folder tempat TWRP Oppo A83 Recovery Toolkit berada.

Langkah#5. Klik Flash untuk memulai memasang TWRP dan tunggu hingga proses flash selesai serta sukses.

Cara Mudah Root di Oppo A83

Jika TWRP sudah terinstal dengan benar maka proses root sangat mudah dilakukan. Dan meneruskan tutorial sebelumnya, kali ini sobat seharusnya sudah selesai dalam menginstal atau memasang TWRP. Ikuti langkah – langkah dibawah dengan saksama.

Langkah#1. Jangan nyalakan ponsel, tapi reboot ke mode recovery dengan cara tekan dan tahan tombol volume bawah dan power, TWRP Recovery akan muncul.

Langkah#2. TWRP Recovery ini berbahasa China, namun cara pengoperasiannya masih sama seperti TWRP versi Inggris, hanya bahasa yang berubah. Sobat dapat merubahnya ke bahasa Inggris dengan cara seperti ini.

Cara Root Oppo A57 (Sukses 100%) Dan Install TWRP Recovery

Mengganti bahasa TWRP ke bahasa Inggris

Langkah#3. Pilih Advanced (sebelah kiri paling bawah), lalu SuperSU Root dan swipe slider ke kanan untuk memulainya, tunggu hingga proses selesai.

Langkah#4. Jika ponsel tidak reboot secara otomatis, sobat dapat reboot sendiri dengan memilih opsi “Reboot Now” atau kembali ke menu TWRP dan pilih Reboot (sebelah kanan paling bawah) ke sistem.

Langkah#5. Tunggu hingga proses reboot selesai dan selamat ponsel Oppo A83 sobat sudah berhasil diroot.

Setelah proses root selesai, ponsel sobat akan terdapat pemberitahuan yang menunjukkan bahwa ponsel mendeteksi root, hal itu menunjukkan bahwa proses root sukses alias berhasil.

Notifikasi "Root Detected" yang dirasa mengganggu

Notifikasi “Root Detected” yang dirasa mengganggu

Namun mungkin bagi sebagian dari sobat pasti merasa bahwa pemberitahuan itu cukup mengganggu sehingga disini saya akan memberikan cara agar menghilangkan peringatan “Rooting has been detected” yang berada di sebelah atas layar ponsel Oppo A83 ini.

Langkah#1. Cara yang pertama adalah install Xposed.apk yang sudah saya sediakan dalam file download tadi.

Langkah#2. Kemudian copy file xposed.zip dan matikan ponsel. Lalu masuk ke TWRP dan pilih Flash lalu pilih file xposed.zip yang sudah dicopy ke dalam ponsel tadi..

Langkah#3. Setelah selesai, reboot kembali ponsel dan tunggu hingga Oppo A83 milik sobat menyala.

Langkah#4. Saat ponsel kembali menyala, install ColorOS 3.apk dan buka aplikasi tersebut.

Langkah#5. Pilih semua opsi yang berbau China.

Langkah#6. Lalu buka aplikasi Xposed dan pilih modul ColorOS untuk diaktifkan.

Langkah#7. Reboot ponsel Oppo A83 setelah selesai dan peringatan root akan segera hilang dari layar ponsel sobat.

Untuk membuat sobat lebih yakin lagi, sobat dapat mendownload aplikasi Root Checker di Play Store untuk kembali mengecek apakah Oppo 157 milik sobat sudah berhasil di root. Jika sobat ingin mengembalikan lagi ponsel Oppo seperti dalam keadaan semula, coba ikuti link berikut untuk cara flash Oppo A83.

Cara Root Oppo A83 (Sukses 100%) Dan Install TWRP Recovery | Firza | 4.5
error: Content is protected !!