Cara Root Oppo F1s Selfie Expert (A1601) Sukses 100% dan Install TWRP Recovery

Cara Root Oppo F1s Selfie Expert (A1601) Sukses 100% dan Install TWRP Recovery

Cara Root Oppo F1s Selfie Expert (A1601) – Oppo F1s merupakan ponsel dari Oppo yang dirilis pada awal bulan Agustus 2016 lalu. Ponsel ini memiliki embel – embel “Selfie Expert” dan sesuai dengan namanya, ponsel ini memang memiliki keunggulan di bidang selfie.

Oppo F1s sendiri sebenarnya adalah suksesor dari Oppo F1 yang sudah dirilis pada awal tahun 2016. Dari segi desain, tidak banyak yang berubah dari Oppo F1s, dengan unibodinya yang lebih tipis dan lebih seksi serta menggunakan material logam. Dengan ukuran yang pas digenggam, Oppo F1 s menjadi ponsel yang tidak hanya tipis namun juga nyaman digunakan.

Di bagian belakang ponsel terdapat kamera utama yang ditemani flash disebelah kirinya serta terdapat tulisan oppo. Sedangkan di bagian muka atas terdapat kamera depan, speaker dan juga flash. Di bagian bawahnya terdapat tombol Home yang juga diposisikan sebagai fingerprint.

Di sebelah kiri dan kanan tombol Home tersebut terdapat ‘tombol’ untuk mengaktifkan fitur ‘Always On’. Sedangkan speaker, port audio dan port microUSB berada di sisi bawah ponsel, speaker di bagian bawah ini terdapat dua buah yang terletak di samping kanan dan kiri port microUSB.

Sebelah kanan terdapat tombol power, sedangkan sisi kirinya terdapat tombol volume. Oppo F1s memiliki bentang layar 5.5 inch dengan resolusi Full HD dan menggunakan jenis layar IPS yang telah dilapisi Corniing Gorilla Glass 4. Afak disayangkan memamng karena tidak seperti ponsel Oppo F1 sebelumnya yang sudah menggunakan layar berjenis AMOLED.

Dari segi prosesor, ponsel ini dipersenjatai dengan proses MediaTek MT6750 octa-core 1.5 GHz Cortex-A53, GPU Mali T-860MP2, RAM 3 GB dan memori internal sebesar 32 Gb yang masih dapat diekspansi lagi menjadi 256 GB.

Di sektor kamera utama, Oppo membenamkan sensor kamera beresolusi 13 MP dengan bukaan f/2.2 serta dilengkapi dengan fitur phase detection autofocus dan LED Flash. Sedangkan untuk kamera depan yang menjadi keunggulan utama memiliki resolusi sebesar 16 MP dengan bukaan f/2.0 dan ukuran sensornya yang terbilang besar yakni 1/3.1 inch.

Kedua kamera dari ponsel Oppo ini memiliki kualitas yang sama baiknya dengan tingkat detail dan kecerahan yang pas. Sedangkan di kamera depannya, kualitasnya tidak perlu dipertanyakan apalagi jika menggaktifkan fitur Beautification. Apalagi adanya lampu LED Flash akan membantu sobat yang memotret dalam keadaan agak gelap. Disisi baterai, ponsel ini memiliki kapasitas sebesar 3075 mAh yang diklaim dapat tahan seharian.

Sensor yang dimiliki ponsel Oppo F1s ini terbilang standar saja, yakni Distance sensor, G-sensor, Light sensor dan E-compass. Selain itu, ponsel ini juga sudah mendukung penggunakan USB OTG. Di dalam paket penJualannya, Oppo memberikan sebuah soft case gratis bagi sobat.

Note: Baca sampai akhir terlebih dahulu setiap kalimat atau setiap cara sebelum menerapkannya di Oppo F1s (A1601) sobat karena saya tidak bertanggung jawab atas segala sesuatu yang mungkin terjadi di smartphone milik sobat. Do With Your Own Risk.

Cara Install / Flash TWRP Recovery Oppo F1s (A1601)

Cara Mudah Root dan Install TWRP di Xiaomi dan Samsung

Tampilan TWRP

TWRP merupakan suatu custom recovery yang dapat digunakan untuk menginstal custom ROM, melakukan proses root atau melakukan backup ponsel. Dan jika ponsel sobat sudah support TWRP, maka kemungkinan besar dapat dilakukan proses root.

Namun kasus agak unik ditemukan di ponsel Oppo F1s karena walaupun TWRP sudah berhasil diinstal, masih ada kemungkinan bahwa proses root gagal menurut dari pengalaman banyak penggunanya. Oleh karena itu saya sarankan sobat untuk scroll kebawah jika ingin melakukan proses root saja.

Namun jika sobat memilih untuk flash TWRP untuk menginstal Custom ROM atau mencoba root yang kadang gagal ini, sobat dapat lanjutkan membaca di bawah ini.

Sebelum menginstal TWRP ke dalam ponsel Oppo F1s milik sobat, ponsel tersebut harus dalam keadaan ROOT terlebih dahulu, memang sayang masih belum ada metode yang manjur untuk menginstal TWRP dengan PC untuk ponsel Oppo F1s ini. Jadi langsung saja scroll kebawah untuk cara root ponsel Oppo F1s ini.

Setelah proses root selesai, sobat dapat mengikuti langkah dibawah:

1. Download aplikasi flashify dari Google Play Store atau sobat dapat mendownload apk-nya di apkmirror.

2. Download salah satu file TWRP recovery dibawah ini.

  • File TWRP untuk ROM Android 5.1 Lollipop, Download
  • File TWRP untuk ROM Android 6.0 Marshmallow, Download

Sobat dapat melihat versi Android dari Oppo F1s milik sobat di Settings > About Phone.

3. Setelah itu install aplikasi Flashify dan berikan akses root.

4. Pilih ‘recovery image’.

5. Kemudian pilih ‘choose a file’.

Cara Root Oppo F1s Selfie Expert (A1601) Sukses 100% dan Install TWRP Recovery

6. Pilih file TWRP yang sudah didownload tadi

7. Klik yes/yep, tunggu hingga proses flashing selesai kemudian reboot ponsel.

Selamat, ponsel Oppo F1s sobat sudah berhasil diinstal TWRP. Untuk masuk ke mode TWRP Recovery, dalam keadaan ponsel mati, tekan tombol power lalu tekan dan tahan tombol volume keatas dan kebawah secara bersamaan hingga logo Oppo keluar.

Jika logo Oppo sudah muncul, maka segera lepaskan semua tombol dan nantinya ponsel sobat sudah memasuki mode TWRP recovery.

Cara Root Oppo F1s (A1601)

Sebenarnya, untuk melakukan proses root ponsel Oppo ini, caranya sangat mudah. Namun ada syaratnya, yakni ponsel Oppo sobat harus pada ROM dengan firmware A.15, A.19, A.24 atau A.28. Untuk mengeceknya, sobat dapat melihatnya di Settings > About Phone dan cari Build Number.

Di Build Number tersebut coba lihat angka setelah nomor seri ponsel sobat dan jika sobat menggunakan Oppo F1s berarti nomor serinya adalah A1601.  Berarti di Build Number nantinya akan ada angka seperti ini

A1601_031_xxxxx

Di contoh tersebut berarti firmware yang terinstal di ponsel Oppo F1s sobat adalah versi A.31 dan sayang sekali untuk versi firmware selain yang saya sebutkan diatas, tidak dapat dilakukan proses root. Namun sobat masih bisa melakukan prose sroot jika menurunkan versi firmware dengan cara mendownload versi firmware yang sudah dapat diroot.

Namun jika sobat memiliki ponsel Oppo F1s yang memiliki versi firmware yang sesuai dengan persayratan diatas, maka silahkan lanjutkan membaca tutorial di bawah ini.

Untuk melakukan root tanpa menggunakan PC, sobat membutuhkan bantuan aplikasi yang bernama KingRoot. KingRoot ini sudah dipercaya kesuksesannya dalam root beragam perangkat yang sebelumnya gagal di root. Yang lebih penting lagi, sobat dapa mendapatkan aplikasi ini secara gratis.

Untuk menginstal Kingroot, sobat harus mengaktifkan terlebih dahulu “Unknown Source” di pengaturan, caranya yakni buka pengaturan lalu pilih keamanan dan aktifkan unknown source (sumber tidak diketahui).

1. Setelah selesai diaktifkan, maka segera download Kingroot di website resminya.

2. Setelah proses download selesai, install Kingroot seperti biasa lalu buka setelah selesai diinstal.

3. Kemudian tekan “Start root” atau “Fix now” untuk memulai proses root.

Cara Root Samsung Galaxy terbaru

Memulai proses root

4. Tunggu beberapa saat hingga proses untuk root selesai. Jika nantinya berhasil, maka akan ada notifikasi yang menandakan bahwa proses root telah berhasil.

Cara Root Samsung Galaxy terbaru

Root berhasil dilakukan

5. Jika dalam proses melakukan root tadi sobat mengalami kegagalan, maka coba lagi terus karena memang sudah diuji banyak pengguna bahwa Oppo F1s yang memiliki versi firmware A.15, A.19, A.24 atau A.28 sukses diroot dengan menggunakan aplikasi Kingroot

6. Sedangkan jika proses root telah selesai, serta untuk membuat sobat lebih yakin lagi, coba download aplikasi Root Checker di Play Store untuk mengecek kevaliditasan root.

Itulah cara yang bisa sobat lakukan untuk melakukan proses root Oppo F1s tanpa PC, sayang sekali untuk proses root Oppo F1s tanpa PC hingga tulisan ini dibuat masih belum ada, namun jika ada perkembangan lebih jauh maka akan segera saya update. Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.

Cara Root Oppo F1s Selfie Expert (A1601) Sukses 100% dan Install TWRP Recovery | Firza | 4.5
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: