Cara Menjalankan Android di PC Komputer Dengan Mudah

Cara Menjalankan Android di PC Komputer

Cara Menjalankan Android di PC Komputer

Cara menjalankan Android di komputer – Sistem Android sendiri merupakan sistem operasi berbasis Linux yang awalnya dikembangkan oleh Android Inc. buatan Andy Rubin, kemudian pada tanggal 17 Agustus 2005 Google mengakuisi perusahaan ini dan dijadikan sebagai anak perusahaan dari Google

Pada akhirnya pada 22 Oktober 2008 ponsel pertama dengan sistem operasi Android lahir yakni HTC Dream. Sejak ini pula Google terus membenahi Android mulai dari membenahi bug dari versi sebelumnya sampai menambahkan fitur fitur baru hingga mencapai kesuksesan pada saat ini.

Seperti itulah sejarah singkat dari Android. Android memang tidak didesain untuk digunakan di pc komputer, namun apabila sobat ingin mencobanya atau penasaran dengan cara kerja Android itu sendiri, sobat bisa menjalankannya lewat komputer atau laptop milik sendiri dengan beberapa cara berikut ini.

Cara Menjalankan Android di PC Komputer dengan Flashdisk

Untuk cara satu ini, sobat membutuhkan flashdisk minimal 2GB. Pastikan juga flashdisk yang akan sobat gunakan sudah bersih dari semua file karena nanti kita akan memformatnya sebagai bagian dari proses. jadi lebih baik pindahkan dulu semua file yang ada di flashdisk sobat.

Setelah file dalam flashdisk sudah tidak ada, sobat mesti download dulu Android x86 dari website resminya yakni www.android-x86.org/download. Saya disini akan mencoba mendownload Android 6.0 versi 64bit.

Android x86

Android x86

Sobat bisa memilih sendiri versi mana yang akan sobat gunakan. Setelah sobat memilih, klik tombol “view” untuk memulai proses download, lamanya download tergantung dari kecepatan internet yang sobat miliki.

Selain Android x-86, sobat juga membutuhkan aplikasi yang bernama rufus, sobat bisa mendownloadnya di https://rufus.akeo.ie/. Rufus merupakan aplikasi gratis yang berguna untuk menginstal Android ke flashdisk sobat, Rufus sendiri merupakan aplikasi portable, jadi sobat tidak perlu menginstalnya.

Setelah semua download sudah beres, sobat langsung buka rufus, klik “Yes” jika Windows memberi peringatan bahwa rufus ingin mengganti sesuatu di perangkat kita.

Rufus

Rufus

Setelah Rufus terbuka, maka sobat harus memilih flashdisk yang ingin diisi dengan Android, pastikan sobat memilih flashdisk yang benar benar akan digunakan instal Android.

Rufus

Rufus

Selanjutnya pilih “FAT32” di pilihan File System

Rufus

Pastikan “Create bootable disc using” sudah tercentang. Lalu pilih ISO Image

Rufus

Rufus

Klik icon yang mirip dengan CD Drive, lalu pilih file ISO dari Android x86 yang sudah sobat download tadi

Rufus

Rufus

Rufus akan mengecek file yang sobat pilih, untuk memastikan bahwa semuanya sudah baik. Setelah proses pengecekan sudah selesai, sobat tinggal pilih “Start” untuk memulainya.

Rufus

Rufus

Box dialog akan muncul untuk memberitahu sobat jIka file yang dipilih tadi merupakan ISOHybrid, yang bisa diinstal ke flashdisk dengan dua cara yakni ISO dan DD. Sobat pilih yang ISO Image. Lalu klik “OK” untuk konfirmasi.

Rufus

Rufus

Kemudian ada peringatan lainnya yaitu flashdisk yang akan sobat gunakan akan diformat, karena sobat sudah memindahkan semua filenya, jadi sobat tinggal klik “OK”

Rufus

Rufus

Proses penginstalan ISO ke flashdisk seharusnya tidak berlangsung begitu lama. Bar berwarna hijau akan muncul di sebelah bawah untuk menandakan bahwa proses instalasi sudah selesai. Setelah itu sobat bisa menutup Rufus dan mencabut flashdisk sobat.

Rufus

Rufus

Selanjutnya sobat akan membuat komputer milik sobat untuk boot melalui USB. Sobat membutuhkan akses ke BIOS untuk melakukan ini tetapi kebanyakan komputer akan melakukan booting lewat USB secara otomatis ketika USB ditancapkan, tetapi jika komputer sobat tidak melakukan boot lewat USB secara otomatis maka

  • Pertama matikan komputer sobat lalu ketika menyalakannya tekan tombol ESC, F1, F2, F8, F10 atau F12 tergantung komputer milik sobat, lebih baik sobat googling sendiri tombol apa yang digunakan untuk masuk ke BIOS masing masing
  • Setelah berhasil masuk ke BIOS, sobat pilih tab BOOT, disini sobat harus memilih USB sebagai prioritas nomor satu menggantikan hard drive, caranya tergantung ke komputer milik sobat, ada yang menggunakan tombol arah, ada yang memakai tombol F5 dan F6. Sobat bisa melihatnya sendiri di bagian bawah BIOS milik sobat
BIOS Boot Menu

BIOS Boot Menu

  • Setelah selesai, save dan restart maka komputer akan restart dan melakukan boot dari USB, jIka sudah berhasil boot lewat USB maka akan ada menu yang muncul meminta sobat untuk memilih salah satu opsi yang ada seperti Live CD mode atau menginstalnya di harddisk sobat. Karena saya pribadi hanya ingin mengetesnya, maka saya akan memilih Live CD, jika sobat ingin menginstalnya ke harddisk sobat bisa pilih “Install Android x-86 to Harddisk”
Install Android x86

Install Android x86

  • Setelah sobat memilih, dalam hal ini saya memilih Live CD maka animasi boot dari Android akan muncul, jIka sobat memilih untuk menginstalnya di harddisk, maka sobat harus menunggu proses instalasi agar selesai terlebih dahulu. Setelah animasi Android muncul, sobat tinggal tunggu sebentar lagi lalu menu setup akan muncul.
  • Di menu setup ini, sobat tinggal mengikuti instruksi yang disediakan seperti mesti log in ke akun Google dan lain lain. Hal yang sama persis seperti menggunakan smartphone atau tablet Android.
Android x86

Android x86

Jika sobat pernah menggunakan Android sebelumnya, maka sobat akan menemui bahwasanya Android x86 memiliki tampilan yang sama persis dengan tablet atau smartphone Android milik sobat. Keyboard dan mouse terlihat bekerja seperti selayaknya.

Walaupun menggunakan sistem operasi yang didesain untuk touch seperti Android ini terasa aneh jika sobat menggunakan mouse. Jika sobat menggunakan laptop dengan touch screen, maka pengalaman yang sobat rasakan akan terasa lebih natural.

Android x86 Homescreen

Android x86 Homescreen

Beberapa catatan yang bisa saya dapatkan dari sistem operasi Android x86 ini adalah

  • Klik kanan tidak bisa berfungsi, jadi sobat cuma bisa menggunakan klik kiri, entah itu untuk satu klik atau klik tahan.
  • Tombol Windows di keyboard berfungsi seperti tombol Home di Android, membuat sobat kembali ke homescreen
  • Untuk mematikan Android x86 ini, sobat perlu menekan tombol power dari komputer lalu dialog “Power Off” akan muncul, tekan itu untuk mematikan komputer sobat lalu sobat bisa mencabut flashdisknya, lalu nyalakan komputer seperti biasa untuk bisa masuk ke sistem operasi Windows lagi.

Cara Menjalankan Android dengan Emulator di Windows

Di tutorial kali ini, saya menggunakan BlueStacks sebagai contoh. Sebenarnya banyak sekali emulator ringan lainnya di luar sana seperti Memu atau Nox, tapi yang paling populer diantara mereka adalah Bluestacks.

Bluestacks

Bluestacks

Bluestacks sendiri merupakan tool yang mirip seperti aplikasi virtual machine dan didesain untuk menjalankan Android di Windows maupun Mac. Dengan Play Store yang sudah terinstal meudahkan sobat untuk menginstal aplikasi lain dari Play Store.

Sobat bisa download Bluestacks di situs reminya secara gratis, saat ini Blustacks sudah sangat modern dibanding versi alphanya dulu, dengan berhasil menjalankan aplikasi yang membutuhkan akses ke web cam atau GPS dengan sangat lancar.

Mungkin hanya ada dua kelemahan kecil di BlueStacks ini, seperti Android yang dijalankan hanay sebatas versi 4.4.2 Kitkat, jadi sobat membutuhkan sesuatu yang disebut Android SDK untuk menjalankan versi lebih baru. Kelemahan kecil lainnya adalah sobat tidak bisa menggunakan fitur multitouch kecuali jika PC sobat menggunakan touch screen.

Sekilas tadi merupakan pengenalan terhadap BlueStacks, kini saatnya sobat menginstalnya jika sudah selesai mendownloadnya. Setelah selesai, buka installernya dan sobat akan diberi notifikasi kalau BlueStacks membutuhkan akses ke App Store dan Application Communication. Pastikan keduanya sudah tercentang.

Bluestacks

Bluestacks

Selanjutnya sobat akan membuat akun BlueStacks menggunakan akun Google untuk masuk. Akun BlueStacks sendiri memberi sobat fitur untuk chatting dengan orang lain yang menggunakan akun BlueStacks juga. Juga ada fitur sinkronisasi antar perangkat, jadi jika sobat mempunyai dua komputer yang diinstal BlueStacks, maka sobat tidak perlu repot melakukan setting lagi di komputer lainnya.

Bluestacks

Bluestacks

Setelah sobat selesai membuat akun, maka BlueStacks sudah siap digunakan untuk segala sesuatu yang diinginkan sobat dengan Android. Sobat tinggal menuju ke Play Store untuk mendownload aplikasi atau game yang ingin dimainkan lewat BlueStacks ini.

Bluestacks

Bluestacks

Sebagai catatan, performa BlueStacks di setiap komputer akan berbeda beda tergantung hardware yang dimiliki oleh komputer atau laptop sobat.

 

Dengan Android yang berada di pc atau laptop sobat, maka sobat bisa memainkan game atau menjalankan aplikasi Android walaupun tidak mempunyai gadget Android. Begittulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk menjalankan Android di komputer atau laptop, selamat mencobanya dan bersenang senang dengan Android di komputer sobat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya

Cara Menjalankan Android di PC Komputer Dengan Mudah | Firza | 4.5
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: