15 Tips Agar Pemula Jago Main Mobile Legends (Update Mei 2018)

Tips Bermain Mobile Legends untuk Pemula

Tips Pemula Bermain Mobile Legends – Game Mobile Legends, siapa yang tidak tahu akan game ini di Indonesia. Tidak cuma sebatas kalangan remaja saja, game ini sudah merambah kalangan dewasa dan juga anak – anak. Dengan popularitas yang begitu besar di Indonesia, tidak heran game ini juga banyak memunculkan pemain – pemain baru tiap harinya.

Pemain – pemain baru ini entah karena cuma sekedar mengikuti tren yang ada atau memang menyukai game dengan genre MOBA seperti Mobile Legends ini. Tentunya jika sudah terjun ke dalam game, semua orang menginginkan posisi yang tinggi atau ingin cepat jago dalam memainkan game.

Walaupun game ini cukup kompleks, sebenarnya tidak terlalu sulit bagi para pemula agar menang atau agar cepat naik level setinggi – tingginya. Sobat sebagai pemain baru cukup perhatikan dengan baik – baik tips – tips berikut agar cepat jago main Mobile Legends bagi para pemain baru.

Tips Bermain Mobile Legends untuk Pemula

1. Pastikan Memiliki Koneksi Lancar

Tips Bermain Mobile Legends untuk Pemula

Poin pertama ini sangat penting untuk diperhatikan bagi para pemain Mobile Legends. Karena game ini berbasis online, maka dibutuhkan juga koneksi internet untuk memainkannya. Terlebih lagi, game ini membutuhkan koneksi yang stabil agar tidak terjadi lag saat bermain nantinya. Namun ada juga tips bermain Mobile Legends agar tidak lag, yakni dengan cara mengaktifkan Speed Mode di Settings.

2. Memahami Peran Tiap Hero

Tips Bermain Mobile Legends untuk Pemula

Karena game ini adalah game online yang dimainkan secara bersama – sama, tiap orang memiliki tugas masing – masing dalam satu pertandingan. Di Mobile Legends sendiri, hero dibagi menjadi 6 jenis yang memiliki peran masing – masing.

  • Tank, hero dengan jenis Tank ini memiliki fungsi sebagai pelindung hero lain, namun beberapa tank juga memiliki kemampuan membunuh hero lain, beberapa juga memiliki fungsi sebagai support. Namun yang pasti, hero Tank banyak diasosiasikan sebagai hero yang berada paling depan pada saat menyerang. Oleh karena itu, agar tidak gampang mati, sobat harus cerdik dalam menggunakan hero jenis Tank ini.
  • Fighter, hero Fighter ini bertugas untuk menghabisi hero atau minion lawan dari jarak dekat. Karena hero bertipe Fighter ini memiliki attack yang cukup tinggi, maka peran sebagai pembunuh sangat cocok dilakukan. Walaupun begitu, kebanyakan hero Fighter memiliki pertahanan yang tidak terlalu tinggi, jadi sangat tidak disarankan untuk terlalu nafsu membunuh hero lawan.
  • Assassin, sama seperti hero bertipe fighter, hero Assassin juga memiliki fungsi untuk menghabisi nyawa hero lawan dari jarak dekat. Hero Assassin ini memiliki attack yang lebih besar daripada Fighter, namun memiliki pertahanan yang lebih kecil.
  • Marksman, berbeda dengan Fighter dan Assassin yang menyerang lawan dari jarak dekat, hero berjenis Marksman menyerang lawan dari jarak jauh. Hal ini tentu saja memberi keuntungan tersendiri bagi hero tipe ini. Akan tetapi, hero jenis Marksman ini terbilang sebagai hero yang memiliki pertahanan paling kecil.
  • Mage, sama halnya dengan Marksman, Mage menyerang lawan dari jarak jauh. Namun bedanya, serangan dari Mage berupa Magic. Selain berfungsi sebagai pembunuh, Mage juga banyak berperan sebagai support dengan cara memberikan status kepada lawan, seperti stun, slow, freeze dan lain – lain.
  • Support, seperti namanya, hero Support berfungsi untuk mensupport rekan satu tim. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, antara lain seperti menjaga nyawa hero lain dengan cara healing dan lain – lain.

3. Memilih Hero yang Cocok

Setelah mengetahui jenis atau role dari masing – masing hero, kini waktunya untuk menentukan role mana yang kiranya paling cocok bagi sobat. Jika sudah, maka saatnya untuk memilih hero yang berperan dalam role tersebut. Contohnya adalah sewaktu di awal permainan, sobat akan diberi kesempatan menggunakan Layla, hero bertipe Marksman.

 

Layla juga merupakan salah satu hero yang direkomendasikan bagi pemula karena cara menggunakan hero ini tidak terlalu sulit. Hero lain yang direkomendasikan untuk pemula adalah Eudora (Mage), Sun (Fighter), Rafela (Support), Tigreal (Tank).

Untuk memilih hero yang cocok dengan sobat, Moonton selaku developer game Mobile Legends ini sudah menyiapkan mode Custom. Di dalam mode ini, terdapat mode lainnya bernama Draft Pick yang dapat digunakan untuk mencoba hero secara gratis.

4. Mengatur Build Gear / Equipment

Tips Bermain Mobile Legends untuk Pemula

Setelah memilih hero yang disukai atau cocok dengan sobat, maka sekarang saatnya untuk mengatur gear atau equipment yang digunakan. Hal ini tidak boleh diremehkan. Sobat dapat mengaturnya di menu Preparation > Gear.

Jika anda bingung mengenai gear apa yang cocok untuk hero pilihan sobat, maka sobat dapat melihat beberapa video pemain pro di YouTube. Namun selain itu, sobat juga dapat mengatur gear ini dengan melakukan berbagai percobaan sendiri dalam pertandingan di mode Classic ataupun Custom.

5. Memilih Battle Spell yang Cocok

Tips Bermain Mobile Legends untuk Pemula

Setelah memilih gear yang cocok, kini saatnya memilih Battle Spell yang cocok sesuai dengan hero masing – masing. Beberapa Battle Spell yang terdapat di game Mobile Legends ini adalah Execute, Retribution, Inspire, Sprint, Healing Spell, Aegis, Petrify, Purify, Weaken, Flicker, Arrival dan Iron Wall.

Battle Spell atau Abilities ini memiliki fungsi masing – masing dan terbuka seiring dengan level akun Mobile Legends kita.

6. Mempelajari Hero Lain

Setelah memilih hero yang cocok dengan kita, tidak boleh ketinggalan juga untuk mempelajari hero – hero lain yang akan menjadi calon lawan sobat nantinya. Karena pastinya sobat perlu mengetahui setiap keunggulan dan kelemahan dari hero lawan agar ingin menang.

7. Selesaikan Tutorial Terlebih Dahulu

Dalam Mobile Legends, terdapat 3 Tutorial, namun pada awal permainan, baru dua tutorial yang terselesaikan. Oleh karena segera cek Tutorial pada menu Preparation > Tutorial.

8. Upgrade Emblem

Tips Bermain Mobile Legends untuk Pemula

Emblem adalah hal yang cukup vital dalam game ini, hal itu karena emblem ini memengaruhi statistik hero kita secara langsung. Emblem dalam Mobile Legends terbagi menjadi Physical, Magical, Assassin, Fighter, Tank, Jungle, Mage, Support dan Marksman. Setiap emblem memiliki statistik tersendiri, contohnya adalah emblem Assassin memiliki statistik untuk menambah Physical ATK, Crit Chance, Physical Penetration, Movement Speed, Cooldown Reduction.

Selain itu juga terdapat talent Bounty Hunter untuk menambah gold tiap kali membunuh lawan, Killing Spree untuk menambah HP saat berhasil mengalahkan lawan dan High and Dry untuk meningkatkan serangan kita saat 1 vs 1 dengan hero lain. Sobat dapat melihat Emblem pada menu Preparation > Emblems.

9. Melihat Map

Tips Bermain Mobile Legends untuk Pemula

Setelah semua hal diatas berhubungan dengan persiapan sebelum melakukan pertandingan, kali ini kita akan masuk ke sesi pertandingan yang sesungguhnya. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah Map yang terdapat pada sisi kiri atas layar.

Disana terdapat beberapa informasi seperti posisi teman dan posisi dari monster jungle serta minion. Dalam map juga terkadang terdapat informasi letak hero lawan jika berada pada jarak yang sudah ditetapkan.

10. Belajar Berkoordinasi

Karena game Mobile Legends ini dimainkan secara bersama – sama, maka koordinasi dari rekan setim sangat penting. Moonton sendiri pastinya sudah menyadarai hal tersebut dengan memeberikan beberapa komunikasi instan seperti perintah untuk menyerang, berkumpul atau mundur yang terdapat pada sebelah kanan layar.

11. Memakai Regen

Regen berfungsi untuk menaikkan nyawa kita secara bertahap, tidak secara instan. Oleh karena itu kita harus bijak dalam menggunakan regen sebab cooldown atau waktu pemakaian kembalinya tergolong lama.

12. Perhatikan Bag / Tas

Tips Bermain Mobile Legends untuk Pemula

Ini hal yang sering terlewat oleh para pemain Mobile Legends. Sebenarnya item – item yang kita dapatkan selama bermain akan langsung masuk ke bag. Namun beberapa item tersebut ada yang tidak bisa langsung digunakan dan harus dibuka terlebih dahulu lewat tas ini.

Beberapa contohnya adalah emblem pack yang harus terbuka terlebih dahulu agar emblem dapat kita dapatkan. Selain itu juga terdapat beberapa Trial Card yang berupa hero maupun skin. Dengan Trial Card, sobat dapat mencoba beberapa hero selama batas waktu yang sudah ditetapkan.

13. Bijak Dalam Menggunakan Battle Points

Tips Bermain Mobile Legends untuk Pemula

Battle Points memiliki banyak kegunaan dalam game ini, contohnya adalah untuk membeli hero dan mengupgrade emblem. Namun Battle Points juga dapat digunakan untuk membeli emblem pack di Shop. Oleh karena itu kita sebagai pemain wajib untuk bijak dalam menggunakannya. Battle Points sendiri dapat didapatkan dengan cara menyelesaikan Quest harian, menyelesaikan sebuah pertandingan atau melalui box.

14. Bijak Dalam Menggunakan Ticket

Selain Battle Points, Ticket juga menjadi “mata uang” penting dalam game Mobile Legends. Dengan ticket, kita dapat membeli beberapa hero, selain itu kita juga dapat judi untuk mendapatkan beberapa item dalam “Lucky Spin”. Ticket juga dapat digunakan untuk membeli emblem pack yang terdapat di Shop.

15. Melihat Pemain Pro Bermain

Selain beberapa hal teknis di atas, melihat pemain pro bermain menjadi salah satu alternatif bagi permula agar cepat jago ranked dan naik ranking ke Elite > Master > Grandmaster > Epic > Legends > Mythic.

Begitulah guide Mobile Legends bagi para pemula agar cepat naik ranking dan bisa selalu menang, semoga beruntung dan sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.

15 Tips Agar Pemula Jago Main Mobile Legends (Update Mei 2018) | Firza | 4.5
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: