5 Alternatif Aplikasi Pengganti Microsoft Office Gratis Terbaik

Last Updated on

Alternatif Aplikasi Pengganti Microsoft Office Gratis Terbaik

Alternatif Aplikasi Pengganti Microsoft Office Gratis Terbaik

5 Alternatif Microsoft Office Gratis Terbaik – Tidak perlu dipertanyakan lagi bahwa Microsoft Office menjadi raja di bidang produktifikas dalam komputer. Akan tetapi akhir akhir ini ada banyak pesaing yang perkembangannya sangat pesat di bidang satu ini, terutama yang menawarkan harga gratis bagi para penggunanya.

Beberapa orang mungkin akan lebih memilih untuk menggunakan versi bajakan dari Microsoft Office agar lebih mudah menggunakannya daripada membeli yang original. Padahal dengan membeli yang original, kita bisa lebih mensupport Microsoft agar memberikan peningkatan fitur di setiap seri baru yang keluar

Untungnya saat ini ada banyak opsi yang bisa dapatkan dalam memilih aplikasi sejenis Microsoft Office yang memiliki kualitas bagus, namun dilepas secara gratis. Berikut ini adalah beberapa alternatif pengganti Microsoft Office terbaik

Aplikasi Pengganti Microsoft Office Terbaik

1. SoftMaker FreeOffice

SoftMaker FreeOffice

SoftMaker FreeOffice

Versi terakhir dari SoftMaker FreeOffice keluar dengan kemampuan mengeksekusi semua format DOC, DOCX, XLS, XLSX, PPT dan PPTX dengan sangat baik sehingga memungkinkan bagi sobat yang masih bekerja dengan Microsoft Office dapat berganti dengan FreeOffice tanpa kuatir kehilangan sesuatu darinya.

FreeOffice juga sangat nyaman dipandang di mata dan terasa sangat familiar dengan pengguna Microsoft Office. Bagian Toolbar serta Document dibuat sangat mirip dengan Microsoft Office dan di update terakhirnya, SoftMaker membuat FreeOffice menjadi lebih cepat hingga ke titik tanpa loading time.

Bahkan PlanMaker (alternatif Excel) menawarkan tampilan serta fitur yang terlihat sangat mirip sehingga jika sobat adalah pengguna Excel sebelumnya, maka sobat tidak perlu mempelajari ini lagi.

FreeOffice bisa juga menjadi pilihan yang terbaik untuk para profesional. Tidak hanya mensupport file yang diproteksi dengan password, tapi FreeOffice juga dapat membantu sobat dalam membuat file PDF atau ePUB, mengecek perubahan editing di dalam dokumen serta dapat berganti bahasa sesuka sobat kapanpun.

Beberapa fitur yang biasa seperti spellcek dan smart typing juga tersedia di dalamnya agar sobat tidak melewatkan segalanya tentang Microsoft Office.

Selain untuk Wondows dan Linux yang bisa didownload, ada juga versi portable yang bisa diinstal ke USB agar bisa sobat pakai di komputer lain. Android pun tidak ketinggalan mendapatkan alternatif office terbaik ini.

Baca Juga :  Cara Paling Mudah Memberi Password USB Flashdisk

2. WPS Office Free

WPS Office Free

WPS Office Free

Alternatif office dari WPS bernama Writer, Presentation dan Spreadsheet, kesemua dari mereka sangatlah mirip Microsoft Office, bahkan bisa dibilang WPS Office adalah klonning dari Microsoft Office.

Semua file yang sobat buat dari aplikasi ini bisa dibuka kembali di Microsoft Office dan juga ada fitur ekstra yakni PDF conversion yang barangkali berguna bagi sobat yang ingin mengkonversi DOC dll ke PDF ataupun sebaliknya.

Kelebihan terbesar yang dimiliki WPS adalah kemiripannya dengan Office, sehingga sobat tidak perlu belajar lagi dalam menggunakannya karena sobat mungkin akan merasa seperti menjalankan Office itu sendiri. WPS juga menyediakan template yang digunakan untuk membantu dalam mengerjakan dokumen baru.

Akan tetapi tidak semua hal di WPS adalah copy paste dari Office, ada beberapa tool yang berbeda seperti cara mengganti posisi paragraph dengan mouse dan tab dokumen yang memudahkan dalam pengerjaan dokumen yang banyak.

Selain di Windows, WPS juga tersedia untuk Linux dan Android. WPS juga menawarkan versi premiumnya yakni WPS Office Personal and Home yang membawa fitur untuk memecah atau menggabungkan file PDF dan support lewat email yang lebih baik. Tetapi versi gratisnya pun saya rasa sudah cukup baik untuk sobat miliki.

3. LibreOffice

LibreOffice

LibreOffice

Kreator dari LibreOffice pernah berkata “Let’s make sure we can do everything Office can’t” yang bermakna bahwa sang kreaor dari LibreOffice ingin membuat sesuatu yang Office tidak dapat lakukan.

Untuk mendukung perkataanya ini, LibreOffice menunjukkan perbedaan serta ekstra fitur yang didapat dari LibreOffice dibandingkan dengan Office, daftar tersebut bisa sobat lihat di website resmi mereka. Dari daftar tersebut mungkin yang paling penting adalah support dalam import dan ekspor dokumen dan grafik yang banyak antara Windows dan Mac.

Komunitas pengembang dari LibreOffice sendiri masih aktif dan tetap mensupport LibreOffice. Di update terakhir, sobat bisa mendapatkan kemampuan untuk mengklasifikasikan dokumen ke bebarapa kategori, toolbar yang lebih minimal, extra fitur untuk spreadsheet dan tool untuk menyimpan lebih cepat. Sobat juga bisa melihat perkembangan dari LibreOffice itu sendiri lewat Fresh and Bug Hunting modes.

Jika sobat mencari alternatif dari Office yang dapat diperbanyak lagi fungsinya, LibreOffice lah pilihannya. Tetapi sobat juga mesti mempelajari kembali fitur fitur dari LibreOffice ini.

Baca Juga :  Game RPG Ringan dan Offline Intel HD 3000 RAM 2GB (Update November 2018)

4. Google Docs

Google Docs

Google Docs

Google Docs adalah alternatif bagi sobat yang membutuhkan pekerjaan office dari mana saja dan kepada siapa saja. Dengan menggunakan Google Docs ini sobat dapat menshare hasil kerja sobat untuk sekedar dilihat orang, menyuruh orang lain untuk meneruskannya bahkan bisa bekerja bersama untuk menyelesaikannya.

Untuk saat ini Google Docs support file dengan format PDF dan DOC, sebagai tambahan Google Docs Juga terintegrasi dengan Gmail, Calendar dan Google Plus.

Tampilan dari Google Docs sangat minimalis dan terkadang membingunkan, beberapa tool bahkan tersembunyi dibalik menu atau tidak tersedia untuk alasan yang tidak diketahui. Hal itu membuat pengguna baru mungkin terasa kebingungan.

Tetapi kemampuannya dalam mengedit dokumen dan mendiskusikannya dengan orang lain yang sedang bekerja dengan file yang sama menjadi nilai yang sangat berharga dari Google Docs. Ini merupakan pilihan yang sangat bagus bagi sobat yang memiliki komputer dengan memori yang sedikit seperti Chromebook karena segala sesuatunya dapat dilakukan di browser milik sobat.

5. iWork

iWork

iWork

iWork merupakan aplikasi yang dikhususkan untuk pengguna MacOS, sebenarnya aplikasi secara awal tidak didesain untuk kompatibel dengan format dari Office, tetapi dengan berjalannya waktu Apple telah menambah fungsinya. Bahkan sobat sekarang bisa mengimport file dari Office dan mengeditnya di Pages, Number atau Keynote, alternatif yang sangat dibutuhkan jika sobat pengguna Mac dan Windows.

Tampilan dari iWork tentunya berbeda dengan Microsoft Office, tools yang berada di tempat yang berbeda dan lain lain. Jika sobat pertama kali menggunakannya, pasti sobat bakal merasa kebingungan karenanya.

 

Itulah beberapa alternatif dari office yang perlu sobat ketahui, tapi saat ini saya akan merangkum semuanya dari tulisan saya diatas untuk memudahkan sobat dalam memilih alternatif dari Office yang terbaik dan terbaru

  • Jika sobat memilih yang terbaik, pilihlah SoftMaker FreeOffice
  • Jika sobat memilih yang paling banayak fiturnya, pilihlah LibreOffice
  • Jika sobat memilih yang paling mirip dengan Microsoft Office, pilihlah WPS Office
  • Jika sobat memilih yang paling mudah dalam kolaborasi lewat internet, pilihlah Google Docs
  • Jika sobat memilih yang paling terbaik untuk MacOS, pilihlah iWork

Sampai jumpa di artikel selanjutnya

5 Alternatif Aplikasi Pengganti Microsoft Office Gratis Terbaik | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!