Antivirus Android Terbaik 2020 Wajib Install

Advertisement

Antivirus Terbaik Android 2020 – Android sejauh ini merupakan sistem operasi paling populer untuk smartphone maupun tablet. Jadi tidak heran, bahwa smartphone atau tablet Android kamu menjadi target dari virus, adware dan malware, tidak peduli itu hp android 1 jutaan, atau hp android 3 jutaan atau yang paling mahal sekalipun.

Kebanyakan malware di Android bersembunyi dalam aplikasi, oleh karena itu terkadang kita tidak mengetahui bahwasanya ponsel kita sudah terkena malware.

Aplikasi Antivirus terbaik di Android - TutorAplikasi

Kebanyakan aplikasi yang disusupi malware berasal dari aplikasi pihak ketiga yang tidak diinstal lewat Play Store, sedangkan aplikasi dari Play Store sendiri walaupun tidak benar-benar bebas dari malware, resikonya tidak sebesar jika kita menginstal aplikasi dari luar Play Store.

Oleh karena itu, alangkah bijaknya kamu baik itu pengguna smartphone maupun tablet agar menginstal antivirus atau aplikasi sejenisnya di perangkat kamu. Di artikel ini, kamu akan temukan apa anti virus terbaik di Android terbaru.

Aplikasi Antivirus Terbaik Android

1. AVL Pro Antivirus & Security

Antivirus Android Terbaik, AVL

AVL merupakan mantan pemenang AV-Test (organisasi independen yang mengetes antivirus). AVL medapatkan gelar tersebut sebagai antivirus no 1 di dunia untuk mobile.

Fitur dari AVL sendiri tidak hanya database antivirus saja, tetapi juga fitur untuk menscan suatu aplikasi sebelum diinstal sehingga akan mengurangi risiko aplikasi malware terinstal di smartphone kita.

Fitur menarik lainnya diantaranya adalah mencegah nomor rahasia untuk menelfon kamu, sebagai anti pishing dan juga antivirus ini didesain sangat ringan dalam hal daya, yang berarti tidak menimbulkan kebocoran batre yang biasa terjadi pada antivirus lainnya.

NamaAVL Pro Antivirus
Total Download500 Ribu+
Ukuran12 MB
Ditawarkan olehAVL Team
Rating Google Play4.1
HargaGratis

2. Avast Antivirus – Mobile Security

Avast Mobile Security

Tentunya banyak dari kamu yang mengetahui Avast sebagai anti virus yang bisa diandalkan di komputer, bahkan bisa dibilang yang menjadi juara 1. Di sistem operasi Android sendiri, Avast bisa kamu dapatkan secara gratis di Google Play Store, tetapi hadir dengan iklan.

Kamu bisa membayar secara bulanan atau tahunan untuk menghilangkan iklan ini.

Walaupun gratis, tetapi fitur-fitur yang ada di Avast ini terbilang cukup oke, misalnya saja fitur untuk memblok panggilan, memberi firewall serta ada juga fitur anti maling yang berfungsi hampir sama dengan Android Device Manager yang mengunci atau menghapus data Android yang hilang.

Advertisement
NamaAvast Antivirus
Total Download100 Juta+
Ukuran32 MB
Ditawarkan olehAvast Software
Rating Google Play4.7
HargaGratis

3. Bitdefender Antivirus

Bitdefender Antivirus

Bitdefender juga punya nama yang besar di jagat antivirus, terlebih lagi Bitdefender cukup ringan digunakan. Rahasia mengapa antivirus ini begitu ringan adalah antivirus ini tidak berjalan di background smartphonemu.

Yang berarti kamu sendirilah yang harus melakukan scan rutin terhadap ponselmu, tidak seperti anti virus lain yang biasanya melakukan scan secara otomatis.

Keunggulan lainnya dari anti virus ini adalah kamu tidak perlu repot-repot mengatur sesuatu, karena ketika kamu menginstal anti virus ini, maka Bitdefender secara otomatis langsung terkonfigurasi

Jika kamu membutuhkan perlindungan extra, kamu bisa mendaftar agar mendapat akses trial selama 14 hari. Setelah mendaftar, kamu juga akan mendapat real time protection untuk Chrome browser serta fitur anti maling.

NamaBitdefender Antivirus Free
Total Download5 Juta+
Ukuran9.4 MB
Ditawarkan olehBitdefender
Rating Google Play4.6
HargaGratis

4. McAfee Mobile Security

McAfee Security & Power Booster

McAfee juga salah satu antivirus yang mempunyai nama besar di dunia PC dan untuk versi Android ini tidaklah mengecewakan.

Selain antivirus itu sendiri, kamu juga mendapatkan fitur gratis seperti melacak smartphone atau tablet milikmu serta bisa mengunci dan menghapus data yang dimiliki oleh smartphone layaknya Android Device Manager.

Jika perangkat kamu tercuri, McAfee bahkan bisa memotret wajah dari pencurinya. Fitur lainnya dari McAfee termasuk kemampuan dalam menscan aplikasi untuk mengecek suatu informasi yang dimilikinya serta dapat mengkuncinya jika McAfee merasa aplikasi tersebut berbahaya.

McAfee juga akan memblok suatu website jika dirasa cukup membahayakan bagi perangkat kamu dan yang terakhir McAfee bisa memblokir telfon serta sms dari nomor tertentu.

Versi berbayar dari McAfee memberikan kamu kebebasan dalam menghapus iklan di dalm McAfee serta kamu nanti bisa mengirim keluhan atau masukan kepada pihak McAfee.

NamaMcAfee Mobile Security
Total Download50 Juta+
Ukuran35 MB
Ditawarkan olehMcAfee LLC
Rating Google Play4.5
HargaGratis

5. Kaspersky Mobile Antivirus

Kaspersky Mobile Antivirus

Kaspersky mempunyai reputasi yang setara dengan pemain besar dalam dunia anti virus lainnya. Versi gratis dari aplikasi ini mempunyai fitur impresif untuk perangkat kamu dan sangat bagus dalam menghadang malware.

Advertisement

Bahkan fitur dalam menghadang malware ini mempunyai rating 99% dari tes yang dilakukan oleh AV-Test dari bulan November 2019.

Kaspesky Antivirus and Security juga akan memblokir suatu website atau link yang dirasa berbahaya sebelum kamu mengklik link atau website tersebut, mencegah hal buruk menimpa perangkat milikmu.

Saat mendownload salah satu antivirus android terbaik ini, kamu akan mendapatkan 30 hari trial gratis dari Kaspersky Internet Security. Versi premium ini menawarkan fitur untuk memblokir suatu telfon atau sms yang masuk ke dalam perangkat kamu dan berbagai fitur menarik lainnya.

NamaKaspersky Mobile Antivirus
Total Download50 Juta+
Ukuran36 MB
Ditawarkan olehKaspersky Lab
Rating Google Play4.9
HargaGratis

6. Sophos Intercept X for Mobile

sophos antivirus mobile

Sophos Antivirus telah berhasil memenangkan penghargaan sebagai antivirus terbaik oleh AV-Test pada tahun 2015. Tidak seperti anti virus gratis lainnya, Sophos tidak menghadirkan iklan sama sekali di aplikasinya. Bahkan fitur seperti memblok suatu website pun bakalan kamu miliki dari anti virus ini.

Ketika kamu menginstal suatu aplikasi, maka Sophos akan menscan aplikasi tersebut dan akan memberitahumu jika ada sesuatu yang berbahaya dari aplikasi tersebut sehingga kamu bisa menghentikan proses instalasinya.

Kamu juga bisa menjadwal kapan anti virus ini akan menscan seluruh data dalam perangkat yang kamu miliki. Databasenya sendiri akan diupdate setiap hari, jadi perangkat kamu akan tahan dari virus atau malware terbaru sekalipun.

Anti virus ini sendiri sudah tertanam QR scanner yang berfungsi untuk men-setup koneksi Wi-Fi yang aman.

NamaSophos Intercept X for Mobile
Total Download1 Juta+
Ukuran37 MB
Ditawarkan olehSophos Limited
Rating Google Play4.5
HargaGratis

7. Norton Mobile Security and Antivirus

Norton Security and Antivirus

Versi Norton gratis ini berhasil mendeteksi 100% malware pada saat dites oleh pihak AV-Test beberapa bulan lalu. Scanner dari Norton ini diperkuat oleh Norton Mobile Insight yang bisa mendeteksi virus di dalam aplikasi dan file lalu menghapusnya secara otomatis.

Fitur berguna lainnya yang dapat kamu miliki adalah kemampuan untuk mengunci perangkat kamu dengan SMS atau jika SIM-nya dicabut. Sangat berguna bagi kamu yang ingin perngkatnya lebih aman dari keusilan teman atau maling.

Anti virus ini juga menawarkan akses trial gratis selama 30 hari untuk Norton Mobile Security yang menambah fiturnya untuk memblokir suatu website yang berbahaya.

Advertisement
NamaNorton Mobile Security
Total Download10 Juta+
Ukuran26
Ditawarkan olehNortonMobile
Rating Google Play4.7
HargaGratis

8. Trend Micro Mobile Security & Antivirus

Trend Micro Mobile Security & Antivirus

Trend Micro tidak hanya menawarkan fitur untuk menscan aplikasi baru dari malware, tetapi juga memblok aplikasi tersebut dalam mengakses aplikasi lainnya.

Ada juga fitur dalam menscan profil Facebook kamu, jika ada sesuatu yang ditampilkan dalam profil tersebut adalah informasi yang sensitif maka Trend Micro akan memperingatkan kamu untuk menggantinya.

Versi gratisnya juga menawarkan 7 hari trial dari versi premiumnya. Di versi premiumnya sendiri, kamu akan mendapatkan fitur malware scanner untuk menscan aplikasi yang bahkan belum kamu install untuk menghindari potensi berbahaya dari apliasi tersebut serta juga memfilter telfon dan SMS.

NamaTrend Micro Mobile Security
Total Download500 Ribu+
Ukuran16 MB
Ditawarkan olehTrend Micro Incorporated
Rating Google Play4.7
HargaGratis

9. Avira Antivirus

Antivirus Android Terbaik, Avira Antivirus Security

Avira mobile menawarkan scanner yang tidak hanya menscan file yang kamu download, tetapi juga kemampuan untuk menscan external memori seperti SD Card.

Aplikasi yang terinstal juga akan discan dan diberi rating untuk menentukan seberapa bisa dipercayanya aplikasi tersebut dalam mengakses data di perangkat kamu.

Fitur yang sudah tertanam lainnya seperti “Identity Safeguard” yang akan mengecek secara reguler email yang dikirimkan ke kamu.

Versi premiumnya sendiri menawarkan support yang lebih baik, memblok otomatis suatu website serta update yang lebih sering.

NamaAvira Antivirus
Total Download10 Juta+
Ukuran29 MB
Ditawarkan olehAVIRA
Rating Google Play4.6
HargaGratis

Dan itulah Antivirus android terbaik yang bisa dimiliki untuk perangkat Android Samsung, Lenovo, Xiaomi, Asus, Vivo atau Oppo dll milikmu.

Kehadiran virus di dalam perangkat memang sangat dihindari bagi semua orang, oleh karena itu alangkah baiknya kamu menginstal salah satu dari anti virus terbaik dan terbaru di atas. Sampai jumpa di artikel TutorAplikasi.com selanjutnya.

Advertisement

Advertisement
author foto

Penulis di https://tutoraplikasi.com/ dari Lamongan, Jawa Timur

Bagikan :

2 thoughts on “Antivirus Android Terbaik 2020 Wajib Install”

Leave a Comment