Aplikasi Edit Foto Terbaik di Linux dan Cara Menginstalnya

Update :

Advertisement

Aplikasi Edit Foto Terbaik di Linux – Bagi sobat yang suka edit foto maupun bekerja dengan menggunakan aplikasi vektor dan lainnya. Mungkin akan menemukan sebuah fakta bahwa Linux tidak mempunyai aplikasi terbaik yang biasanya digunakan di Windows, seperti Adobe yang sudah terkenal di dunia sebagai developer aplikasi grafik tidak pernah memporting satupun produknya ke Linux, begitupun Corel dengan aplikasi desain vektornya.

Advertisement

Namun sistem operasi Linux ini masih bisa menangani berbagai macam kegiatan yang berbuhungan dengan edit foto walaupun tanpa menggunakan aplikasi yang terkenal semacam Adobe dengan Photoshopnya. Mungkin satu-satunya keunggulan dari aplikasi edit foto di Linux ini adalah semuanya dilepas secara gratis, sangat berbeda dengan software edit foto di Windows yang dibandrol cukup mahal.

Aplikasi Edit Foto Terbaik di Linux dan Cara Menginstalnya

Walaupun dilepas secara gratis, proses pengembangan dari aplikasi-aplikasi ini tetaplah terjaga dan masih aktif sampai sekarang karena banyak pihak yang terkait selain developernya, yakni komunitas besar dari Linux. Berikut ini 5 aplikasi alternatif yang bisa sobat gunakan untuk melakukan edit foto di semua distro Linux.

Advertisement

Aplikasi Image Editor Terbaik di Linux

1. GIMP

Alternatif Aplikasi Edit Foto Terbaik di Linux
GIMP

GIMP sudah lama menjadi solusi standart bagi orang yang ingin melakukan proses edit foto di Linux. Program ini memang ditujukan untuk bisa setara dengan Photoshop, namun di sistem operasi Linux. GIMP memang bukanlah Photoshop, bahkan sebenarnya lebih simple dari Photoshop.

Mungkin para edit foto profesional akan mengatakan bahwa GIMP memilki kemampuan yang masih terbatas, namun pengguna pemula akan menemukan fakta bahwa GIMP sangat mudah digunakan dan kemungkinan para pengguna ini tidak akan pernah mencapai level limit dari GIMP.

GIMP sangatlah bagus untuk urusan mengedit dan memanipulasi foto, banyak sekali opsi yang tersdia di dalamnya. Yang tidak kalah penting juga, GIMP ini dapat menangani file dengan format apapun, bahkan GIMP dapat menangani file PSD dari Photoshop juga, dan kemampuan eksport gambar ke dalam format yang banyak diketahui orang hingga yang sedikit orang tahu juga.

Advertisement

Cara Install GIMP di Linux Ubuntu dan Debian

Untuk cara install GIMP ini, sangat mudah dilakukan, terutama di distro Linux dengan Ubuntu sebagai basisnya seperti Xubuntu, Lubuntu atau Linux Mint dll. Cukup ketik perintah berikut di terminal

 apt -get install gimp

2. Krita

Alternatif Aplikasi Edit Foto Terbaik di Linux
Krita

Krita ialah program melukis digital yang memudahkan pelukis untuk melukis dengan menggunakan tangan (di touchscreen pastinya) maupun menggunakan mouse dan keyboard. Krita mulanya salah satu bagian dari proyek KDE, namun saat ini sudah tumbuh melebihi hal itu. Krita saat ini bisa menjadi pesaing yang serius di sektor digital painting.

Proses pengembangan dari Krita sangat intensif di beberapa tahun belakangan dan terlihat hanya akan meneruskan momentumnya, jadi sobat bisa mengharapkan sesuatu yang lebih jika menggunakan Krita yang sudah dilengkapi dengan tool yang sangat banyak ini. Krita juga support file PSD dan bisa membuka file dengan berbagai format termasuk gambar / file RAW dengan resolusi yang tinggi.

Cara Install Krita di Linux Ubuntu dan Lainnya

  • Pertama buka terminal ( Ctrl+Alt+T) lalu ketik
sudo add-apt-repository ppa:kritalime/ppa
  • Kemudian update package, caranya:
sudo apt update
  • Terakhir, install Krita.
sudo apt install krita

3. Inkscape

Alternatif Aplikasi Edit Foto Terbaik di Linux
Inkspace

Inkscape merupakan aplikasi vektor graphic yang luar biasa, biasanya digunakan untuk membuat pamflet, poster, logo dan lain-lainnya. Banyak orang menganggap bahwa Inkscape ini adalah CorelDraw-nya Linux.

Advertisement

Dan seperti halnya CorelDraw, Inkscape juga memiliki fitur seperti menggambar dengan pensil maupun menambahkan teks dan membuat berbagai macam bentuk. Bahkan tampilan dari Inkspace ini banyak mengingatkan saya akan CorelDraw namun terlihat lebih sederhana lagi.

Walaupun banyak orang menyandingkan Inkspace dengan CorelDraw, sebenarnya kedua aplikasi ini sangatlah berbeda dalam hal segalanya karena CorelDraw secara jelas menang dalam hal segalanya kecuali masalah harga.

Walaupun begitu, proses pengembangan Inkspace pastinya terus berlanjut demi dapat menyetarakan atau bahkan lebih baik lagi dari CorelDraw. Salah satu keunggulan terkuat dari Inkspace ialah, Inkspace ini dapat menangani file dengan format SVG secara luar biasa, bahkan melebihi dari aplikasi manapun di Linux.

Cara Install Inkscape di Linux Ubuntu dan Lainnya

  • Pertama buka terminal ( Ctrl+Alt+T) lalu ketik
sudo add-apt-repository ppa:inkscape.dev/stable
  • Kemudian update package, caranya ketik
sudo apt update
  •  Terakhir, install Inkscape
sudo apt install inkscape

4. Raw Therapee

Tampilan Raw Therapee, Alternatif Aplikasi Edit Foto Terbaik di Linux
Raw Therapee

Raw Therapee adalah aplikasi yang digunakan oleh fotografer untuk menangani file dengan format raw seperti .arw, .crw, .dng, .mdc dan lain-lainnya. Kebanayakan fotografer lebih menyukai foto raw karena foto tersebut masih belum terkompres dan terkena efek digital seminimal mungkin. Aplikasi ini menawarkan para fotografer untuk mengedit filenya dengan cara memperkuat warnanya, menajamkan fokus dan lainnya.

Raw Therapee memiliki performa yang sangat bagus karena dapat memaksimalkan fitur di CPU modern untuk mempercepat proses render gambar dengan resolusi tinggi. Raw Therapee ini dapat mengeksport file sobat ke dalam format JPG, PNG dan TIFF.

Advertisement

Cara Install Raw Therapee di Linux Ubuntu dan Lainnya

  • Pertama buka terminal ( Ctrl+Alt+T) lalu ketik
sudo add-apt-repository ppa:dhor/myway
  • Kemudian update package, caranya ketik
sudo apt update
  • Terakhir, install Raw Therapee
sudo apt install rawtherapee

5. Darktable

Alternatif Aplikasi Edit Foto Terbaik di Linux
Darktable

Darktable juga salah satu aplikasi populer bagi para fotografer. Salah satu keunggulan utamanya ialah aplikasi ini bisa mengedit foto milik sobat tanpa merusak foto aslinya. Darktable juga memiliki fitur yang dapat memaksimalkan GPU agar mempercepat proses editing. Bisa disebut Darktable ini bersaing secara langsung dengan Raw Therapee dalam hal menangani foto mentah / RAW.

Dan keduanya juga dapat melakukan banyak hal seperti menajamkan fokus, mengatur warna dan lainnya. Namun selain menangani file RAW, Darktable juga dapat menangani file yang sudah jadi dengan format JPG juga untuk memfilter maupun memodifikasi foto.

Cara Install Darktable di Linux Ubuntu dan Lainnya

  • Pertama buka terminal ( Ctrl+Alt+T) lalu ketik
sudo add-apt-repository ppa:pmjdebruijn/darktable-release
  •  Kemudian update package, caranya ketik
 sudo apt update
  • Terakhir, install Darktable
sudo apt install darktable

Begitulah aplikasi atau software terbaik yang bisa sobat gunakan untuk edit foto di Linux, dan dilengkapi juga cara menginstalnya. Agak sulit jika harus memilih cuma satu yang terbaik, apalagi daftar diatas tidak hanya tentang foto, tapi juga bisa dikatakan daftar aplikasi pengolah grafis terbaik di Linux.

Jika anda merasa tidak menyukai salah satu aplikasi diatas, anda bisa menghapus aplikasi di Linux. Sampai jumpa di artikel TutorAplikasi selanjutnya.

Advertisement
Advertisement

author foto

Penulis di https://tutoraplikasi.com/ dari Lamongan, Jawa Timur

1 thought on “Aplikasi Edit Foto Terbaik di Linux dan Cara Menginstalnya”

  1. Pingback: Aplikasi Edit Foto Android Keren dan Kelebihan serta Kekurangannya • TutorAplikasi.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *