Aplikasi Edit Video Vlog Gratis yang Sering Digunakan Oleh Youtuber

Last Updated on

Aplikasi Edit Video Vlog Gratis yang Sering Digunakan Oleh Youtuber

Aplikasi Edit Video Youtuber – Di zaman sekarang, konten video semakin berkembang dan akan terus berkembang. Karena ketersediaan koneksi internet cepat sperti 4G yang semakin luas di Indonesia, streaming video saat ini tidak perlu kuatir akan buffering. Oleh karena itu,. orang yang mengakses konten video terus meningkat, terutama di Youtube.

Oleh karena penikmat video Youtube yang meningkat, Youtube pun dapat dijadikan lahan pencari uang bagi sobat yang kreatif dalam memberikan tontonan video yang menarik. Karena dengan konten video yang menarik, para penonton pun akan puas dan sobat menjadi lebih terkenal lagi. Dan untuk menciptakan konten video yang bagus tadi, selain tema yang banyak dinikmati, proses edit video pun menjadi hal yang patut sobat perhatikan.

Karena walaupun sobat memiliki ide luar biasa inspiratif pun jika tidak diimbangi dengan penyampaian konten yang menarik maka hal tersebut akan menjadi sia-sia. Oleh karena itu disini saya akan memberikan sobat pilihan aplikasi yang digunakan untuk mengedit video bagi youtuber agar dapat memberikan konten yang menarik.

Dan yang lebih penting lagi, semua aplikasi disini dilepas secara gratis dan mudah digunakan bagi pemula. Namun bagi para professional pun tidak ada salahnya menggunakan aplikasi berikut.

Aplikasi Edit Video Gratis

1. Wondershare Filmora

Aplikasi Edit Video Vlog Gratis yang Sering Digunakan Oleh Youtuber

Wondershare terlebih dahulu terkenal di Apple Mac sebelum akhirnya mengepakkan sayapnya ke Windows. Salah satu produknya adalah Filmora yang merupakan software edit video. Aplikasi ini menawarkan fitur standart edit video seperti memotong, menambah, transisi dan berbagam efek dan bergam fitur lainnya yang ada di semua aplikasi edit video sejenis.

Filmora ini memiliki tampilan yang sederhana dan mudah dipahami oleh penguna. Ketika sobat pertama kali membuka Filmora, maka akan ada empat pilihan mode editing yang bisa sobat gunakan yakni mode Action Cam, Full Feature, Instant Cutter dan Easy Mode.

Setiap mode tentunya bekerja dengan cara yang berbeda beda seperti contohnya Ction Cam memberikan kemudahan pada sobat untuk mengedit video dari kamera action seperti video dari GoPro Hero dan beragam action cam lainnya. Sementara itu, mode Full Editor hanya dapat digunakan ketika sobat sudah membeli Wondershare Filmora ini secara penuh dan di mode ini sobat akan mendapatkan kurang lebih 100 efek transisi yang dipecah menjadi dua kategori yakni Basic dan Fancy.

Filmora juga memiliki segudang filter efek yang sekilas memiliki nama seperti filter di Instagaram yakni Amaro, Brannon dan Hefe. Sementara itu filter warna disini juga tersedia banyak sekali dengan beragam nama populer seperti B&W FIlm, Batmaan, Cool Fil, Walking Dead dan 007.

Filmora juga mendukung efek text dengan pilihan yang banyak serta template yang didesain indah serta animasi yang keren. Walaupun sudah disediakan efek text secara default, sobat masih dapat mengeditnya sesuai dengan kreatifitas dari sobat sendiri. Filmora ini menyediakan 22 pilihan untuk musik background, ke-22 musik ini dipecah lagi menjadi beberapa kategori seperti Young & Bright dan Tender & Sentimental.

Untuk performanya sendiri, FIlmora ini tidak bisa dianggap buruk karena masih dapat menampilkan performa yang bagus jika disandingkan dengan hardware yang juga bagus tentunya. Dengan kemudahan dan beragam mode yang bisa digunakan sesuai dengan kemampuan sobat, Filmora ini menjadi salah satu video editor yang bagus untuk para vlog atau youtubers.

2. Windows Movie Maker

Aplikasi Edit Video Vlog Gratis yang Sering Digunakan Oleh Youtuber

Windows Movie Maker pertama kali diperkenalkan pada tahun 2000 bersamaan dengan Windows Me, namun pada saat itu baik Windows Me dan Windows Movie Maker tidak begitu di terima di masyarakat karena kurtangnya fitur yang tersedia. Namun Microsoft tidak menyerah dengan terus mengembangkan Windows Movie Maker dan merilis versi keduanya bersamaan dengan Windows XP dan berhasil memperbaharui persepsi masyarkat terhadap aplikasi ini menjadi lebih baik.

Ketik sobat menginginkan cara mengkombinasikan video dengan beragam musik, gambar background, transisi dan efek animasi, Windows Movie Maker merupakan pilihan teratas untuk melakukannya. Walaupun sebenarnya Windows Movie Maker ini masih memiliki jumlah efek transisi dan tools yang bisa dibilang dibawah video editor lain, namun sudah cukup bagi sobat yang hanya menggunakan untuk edit video youtube.

Movie Maker ini menggunakan tampilan yang simpel, standart dari video editor. Sobat dapat mematikan suara atau malah mengeraskannya di beberapa bagian video, sobat juga dapat dengan mudah memotong dan menambah video menggunakan kursor yang dikombinasikan dengan tombol edit.

Selain itu, sobat dapat memulai video atau menghentikannya dengan hanya menekan tombol space di keyboard. Fitur yang menarik disini ialah Movie Maker akan melakukan preview secara otomatis di kebanyakan efek transisi, tema dan lainnya dengan hanya sobat mengarahkan mouse ke tombolnya tanpa mengklik tombol efek transisi dan lain sebagainya tadi.

Kesimpulannya, jika sobat ingin mencari video editor yang memiliki fitur standart serta cara tercepat untuk mengedit viVideo Editor deo bagi pemula, maka Windows Movie Maker merupakan software yang sobat pilih. Namun jika sobat membutuhkan fitur edit video yang lebih banyak serta efek animasi dan transisi yang lebih luas lagi pilihannya, maka saya sarankan untuk memakai video editor yang lain karena kemampuan dari Movie Maker ini memang masih terbatas.

Dengan harga yang gratis serta kemudahan operasionalnya, Windows Movie Maker ini menjadi salah satu aplikasi terbaik yang dapat sobat gunakan untuk edit video youtube.

3. Shotcut

Aplikasi Edit Video Vlog Gratis yang Sering Digunakan Oleh Youtuber

Shotcut membuktikan bahwa aplikasi video editor dengan kualitas jempolan tidak melulu dibandrol harga yang mahal. Karena Shotcut yang hadir di Windows, Linux dan Mac ini dilepas secara gratis, tanpa iklan satupun dan tanpa fitur yang terkunci sekalipun.

Jika sobat mencari aplikasi edit video gratis selain Windows Movie Maker, maka Shotcut merupakan pilihan yang sangat bagus. Aplikasi ini memiliki tool yang sudah sobat kenal dari Movie Maker serta ada beberapa tambahan extra fitur yang embuatnya tidak ketinggalan dari aplikasi sejenis.

Dan layaknya Movie Maker, Shotcut ini sangat mudah dioperasionalkan, sobat juga dapat mengedit video dengan menambahkan beragam filter dan efek yang sudah disediakan. Shotcut juga memiliki fungsi untuk merekam melalui webcam laptop/komputer dan dapat menyimpannya langsung.

Serta Shotcut juga dapat menangani video streaming di HTTP, RTMP, RTSP, MMS, HLS dan lainnya. Tampilannya yang sederhana juga memberikan kemudahan bagi sobat seperti proses memasukkan video, audia atau gambar yang terasa familiar, sobat dapat memilihnya lewat add media atau drag & drop media yang akan digunakan untuk edit video.

Memecah video pun sangat mudah, sobat hanya perlu menaruh kursor di bagian video yang akan dipecah lalu klik tombolnya. Hal yang sama mudahnya juga digunakan dalam proses memotong video, Shotcut bahkan memberikan tombol copy dan paste untuk memudahkannya.

Adanya timeline history juga mempermudah sobat untuk melacak perubahan apa saja yang telah sobat lakukan di dalam video, sobat bahkan bisa meng-undo-kan perubahan tersebut dengan cara menekan tombol delete di keyboard. Fitur terkeren dari Shotcut kemungkinan adalah kemampuannya untuk memberikan filter pada video dan audio secara terpish dan sobat dapat melakukan proses filter sekreatif mungkin tanpa ada batasan.

Namun sayangnya tidak ada preview dalam proses filter seperti layaknya yang Movie Maker miliki, namun menghapus filter juga tidak ribet jadi tidak ada maslah yang berarti walaupun tidak ada preview filter terlebih dahulu.

4. VSDC Free Video Editor 

Aplikasi Edit Video Vlog Gratis yang Sering Digunakan Oleh Youtuber

VSDC Free Video Editor adalah aplikasi video editor gratis yang dapat sobat sandingkan dengan aplikasi video editor mahal. Dengan VSDC Free Video Editor, sobat dapat membuat proyek video dari kombinasi beragam klip video, gambar dan musik hingga resolusi full HD (1.980 x 1080) dan mframerate maksimal 30fps.

Bahkan VSDC juga menyediakan fitur untuk merekam video atau mengambil screenshot dari layar komputer sobat. VSDC Free Video Editor juga menawarkan beragam pilihan efek fiter video dan audio, dan tidak ketinggalan juga efek transisi. Video yang sobat export ke dalam VSDC Free Video Editor terpecah menjadi beberapa bagian yakni klip video, gambar, audio, animasi serta banyak elemen lainnya.

Dengan terpisahnya bagian – bagian tersebut, memudahkan sobat untuk melakukan proses editing yang sesuai dengan bagian mana yang ingin diedit. Bagian audio dan klip video layak untuk sobat telusuri lebih lanjut karena disana ada banyak filter yang menyerupai filter dari instagram.

Sobat juga dapat menambahkan chart dan text yang akan membuat VSDC Free Video Editor ini aplikasi yang lebih bagus untuk membuat presentasi daripada standar slideshow. Yang menjadi nilai plusnya lagi, VSDC ini menerima update konstan yang membnerikan fitur baru setiap updatenya.

Jika tidak memberikan fitur baru, biasanya update akan menigkatkan performa dari aplikasi. Sewperti halnya yang terjadi pada update terakhir yang diberikan meningkatkan performa secara keselurahan aplikasi dan juga fitur yang memberikan opsi bagi sobat untuk mengupload file video lebih dari satu secara sekaligus ke Youtube.

Namun versi preium yang ditawarkan oleh VSDC ini pastinya lebih cepat lagi dari versi gratisannya. Karena di versi premium, VSDC menggunakan fitur hardware acceleration yang tidak terdapt di versi gratisnya. Walaupun seperti itu, tetap saja performa dari VSDC versi gratis masih layak digunakan bagi sobat yang ingin mengedit video untuk vlog ataupun Youtube.

Namun selain untuk Youtube, aplikasi ini juga layak digunakan untuk proses edit video sehari-hari karena dapat menyimpan hasil edit video di berbagai format, bahkan sobat dapat memburning video hasil edit langsung kie dalam DVD.

5. Lightworks

Aplikasi Edit Video Vlog Gratis yang Sering Digunakan Oleh YoutuberAplikasi Edit Video Vlog Gratis yang Sering Digunakan Oleh Youtuber

Lightworks adalah aplikasi edit video professional yang dihargai secara gratis. Lightworks ini memiliki tool yang powerful untuk dapat menJangkau sobat pemula maupun yang hobi dalam edit video. Performanya juga cepat, fleksibel dan memiliki beragam efek dan fitur yang dapat membuat video hasil editan menjadi lebih luar biasa lagi.

Apapun proyek video yang sedang sobat lakukan, Lightworks mampu melakukannya untuk sobat, seperti memotong video atau menggabungkan video sebelum diupload ke Youtube. Lightworks memiliki tampilan yang desain untuk membantu menyelesaikan proyek sobat secepat mungkin.

Dan setelah sobat selesai melakukan proses editing, Lightworks akan secara otomatis memilih format akhir video sesuai dengan situs yang akan sobat pakai untuk mengupload video hasil edit. Lightworks ini dilengkapi dengan semua yang sobat butuhkan untuk membuat kualitas visual dan suara dari video sobat menjadi lebih baik.

Fitur preview efek secara real time dan koreksi warna secara otomatis sangat membantu video milik sobat menJadi lebih indah lagi untuk dilihat. Sedangkan proses rendering yang terjadi di background memberikan sobat keleluasaan untuk terus melakukan proses edit selagi menunggu proses renderingnya selesai.

Namun dibutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk mengetahui seluk beluk dari Lightworks ini karena banyaknya tool yang dapat sobat pakai. Sobat dapat merekam video langsung melalui webcam ataupun import video dari dalam harddisk. Bahkan beragam film box office pun pernah diedit menggunakan versi professional Lightworks ini seperti Pulp Fiction, The Departed, Shutter Island, 28 Days Later dan Mission Impossible.

Bisa dibilang Lightworks ini adalah pilihan nomor satu dalam memilih aplikasi edit video terbaik baik itu untuk Youtube maupun untuk keperluan lainnya. Namun hal itu hanya terjadi jIka sobat sudah menguasai secara betul cara kerja dari Lightworks dan mengetahui segala macam seluk beluknya yang kelihatan agak kompleks dibandingkan dengan aplikasi edit video gratis lainnya dalam daftar ini.

6. VideoPad Video Editor

Aplikasi Edit Video Vlog Gratis yang Sering Digunakan Oleh Youtuber

VideoPad Video Editor adalah aplikasi edit video yang ditujukan untuk pemula yang baru mengenal dunia edit video. Hanya dalam beberapa menit, saya rasa sobat sudah menguasai desain tampilan dari beragam fitur didalamnya dan sudah siap untuk mengedit video untuk diupload di Youtube, Facebook atau hanya sekedar disimpan dengan beragam format dalam harddisk.

VideoPad Video Editor ini bisa didapatkan secara gratis untuk penggunaan non-comersial. Dan tidak seperti aplikasi edit video lainnya, hasil video dari VideoPad tidak terdapat watermark ketika sobat selesai mengeditnya. Tampilan dari VideoPad ini terasa mirip dengan Windows Movie Maker, oleh karena itu

Jika sobat sebelumnya sudah pernah menggunakan Windows Movie Maker maka sobat tidak kesulitan dalam mengoperasionalkan VideoPad ini. Ada beragam pilihan yang luas untuk efek transisi antara gambar plus beragam koleksi filter untuk memberikan tampilan yang berbeda dari originalnya.

Sobat dapat melakukan preview dari filter itu dengan cara mengkliknya, bahkan dapat mengkombinasikannya agar mendapatkan efek baru yang belum ada. Disana juga ada pengaturan manual untuk kecerahan, saturasi dan warna.

Pengaturan – pengaturan tersebut sangat ideal jika video milik sobat direkam di kondisi cahaya yang berbeda dan mengingnkan agar kondisi cahayanya konsisten, tidak berbeda – beda. Sobat dapat langsung memburning video hasil edit ke dalam DVD atau menyimpannya dengan beragam format dalam harddisk atau mungkin langsung menguploadnya ke Youtube.

Bahkan ada juga format yang dikhususkan untuk beberapa smartphone dan video player. Versi terbaru dari VideoPad ini memberikan beberapa peningkatan di mode video 360-derajat, diantaranya adalah kemapuan untuk menambahkan gambar atau video 2D untuk dikombinasikan di video 360 derajat dan menyesuaikan parameternya untuk video 360 derajat.

VideoPad Video Editor ini cocok bagi sobat yang baru terjun di dunia edit video karena tampilannya yang sederhana dan fitur – fiutr di dalamnya yang mudah dipahami.

Aplikasi Edit Video Vlog Gratis yang Sering Digunakan Oleh Youtuber | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!