Browser Android Terbaik yang Cepat dan Ringan Digunakan 2018

Last Updated on

Browser Android Terbaik yang Cepat dan Ringan Digunakan 2017

Browser Android Terbaik – Browsing sudah menjadi hal yang wajar dilakukan oleh para pengguna smartphone di seluruh dunia. Banyak tujuan yang dilakukan ketika melakukan browsing ini, ada yang browsing dengan tujuan berbelanJa online di situs ternama seperti Lazada atau Tokopedia.

Ada juga yang browsing untuk menambah ilmu seperti membaca beragam artikel bermanfaat seperti artikel ini, ada pula yang menjadikan browsing sebagai sarana sosial mereka seperti mengakses situs sosial media Facebook, Twitter dan lain sebagainya. Apapun alasannya, setiap kegiatan browsing tentu membutuhkan suatu web sebagai sarananya.

Sistem operasi Android memang sudah menyediakan web browser default di setiap versinya, namun web browser dari Android ini kebanyakan tidak memiliki fitur yang diharapkan oleh pengguna. Fitur – fitur seperti ad-block atau night mode, atau mungkin flash tidak dimiliki oleh browser default dari Android.

Oleh karena itu, di Google Play Store saat initersedia banyak sekali pilihan browser bagi sobat. Dan oleh karena itu, di kesempatan kali ini saya akan memberikan rekomendasi kepada sobat browser Android yang tercepat untuk download serta ringan digunakan.

Browser Android Terbaik

Salah satu syarat menjadi browser yang terbaik adalah browser tersebut sudah memiliki fitur tanpa iklan sehingga pengalaman sobat dalam browsing tidak akan terganggu serta yang paling penting adalah memiliki fitur hemat data untuk lebih menghemat lagi kuota internet sobat.

1. Opera For Android

Browser Android Terbaik yang Cepat dan Ringan Digunakan 2017

“Do more online with Opera for Android” yang dapat diartikan “Online lebih sering dengan Opera untuk Android” adalah slogan dari Opera. Dan dengan 50lebih juta instal dari Play Store, nampaknya orang memang banyak percaya pada slogannya. Opera sendiri sudah berjalan sekitar 20 tahun di komputer dan di versi Androidnya menawarkan fitur yang sama namun dengan beragam ekstra tambahan.

Sinkronasi dari Opera bekerja beriringan di semua perangkat artinya sobat dapat mengakses data browsing dari PC ke Android atau sebaliknya. Namun fitur hemat data dari Opera-lah yang menjadikannya spesial daripada browser di Android lainnya. Opera dapat mengkompres video ketika sobat melihatnya, jadi data yang digunakan dalam streaming video tadi akan berkurang.

Namun walaupun videonya dikompres, kualitas dari video tersebut masih layak ditonton apalagi jika ditonton di layar smartphone. Selain video, halaman web juga dikompres untuk menyimpan beberapa byte dari kuota milik sobat. Namun Opera ini terkadang berjalan sangat lambat apalagi ketika jaringan yang digunakan tidak stabil.

Akan tetapi jika halaman sudah berhasil dibuka, maka keseluruhannya akan tampil sesaat kemudian. Opera untuk Android ini juga memiliki fitur untuk menyimpan halaman agar dapat dibaca secara offline serta private browsing untuk browsing secara diam – diam.

2. Flyperlink

Browser Android Terbaik yang Cepat dan Ringan Digunakan 2017

Ketika pertama kali diinstal, Flyperlink akan berjalan di background hingga saat sobatmenekan link. Sistem sndroid kemudian akan menanyakan kepada sobat untuk memilih membuka link tersebut dengan apa, dan disana akan ada pilihan browser yang sobat instal, salah satunya Flyperlink. Ketika sobat memilih untuk membukanya dengan Flyperlink, maka link tadi akan dimunculkan seakan – akan melayang di layar seboat layaknya gelembung.

Baca Juga :  Cara Mudah Root Samsung Galaxy J5 Prime SM-G570 (Sukses 100%) Dan Install TWRP Recovery

Gelembung link yang muncul tadi bisa sobat besarkan dan kecilkan, dan dapat sobat pindahkan secara bebas di layar sesuai dengan keinginan. Dan setelah sobat selesai untuk membaca web tadi, sobat tinggal menggesernya ke ikon sampah yang berada di bawah layar dan gelembung web tadi akan hilang.

Jadi Flyperlink ini didesain untuk mengoptimalkan multitasking, contohnya adalah sobat dapat membalas pesan selagi membaca web dari Flypetlink, atau mungkin menonton video dan membaca web dengan Flyperlink. Semua hal tersebut bisa sobat lakukan karena Flyperlink dapat berjalan di semua layar aplikasi lain.

Jika sobat merasa bingung dengan penjelasan saya tadi, sobat dapat melihat gambar diatas agar dapat memahaminya lebih lanjut. Flyperlink ini dilepas secara gratis, namun sobat dapat membayar versi premiumnya untuk membuka beragam fitur lain seperti mengubah ukuran gelembung dalam mode pop-up atau hanya sekedar ingin mensupport developer yang sudah mengembangkan aplikasi ini.

3. UC Browser

Browser Android Terbaik yang Cepat dan Ringan Digunakan 2017

UC Browser merupakan web browser buatan perusahaan dari China. Walaupun dari China, web browser ini memilki tingkat kepopuleran yang luar biasa di Android, dibuktikan dengan jumlah unduhan di Google Play Store yang mencapai jutaan. Rahasaia dari popularitas UC Browser ini terletak pada kecepatan browsing yang luar biasa cepat, hampir menyamai Puffin yang notabene merupakan web browser tercepat di Android saat ini.

Kunci dari kecepatannya ini adalah karena UC Browser mengkompres data web yang sedang sobat tuju sehingga membuatnya menJadi lebih cepat dibuka. Sobat juga dapat mensinkronkan data bookmark serta tab menggunakan akun Google atau Facebook sehingga tidak perlu kuatir lagi tentang sinkronisasi.

Browser ini juga memiliki beberapa fitur andalan seperti ad-block yang terinstal secara default, night mode untuk membaca lebih nyaman di malam hari, ukuran font yang dapat diatur sendiri dan beragam fitur lainnya. Namun terkadang iklan yang ditampilkan terasa mengganggu bagi sebagian orang seperti iklan pada saat sobat membuka browser ini.

UC Browser memaksa sobat untuk melihat iklan selama 3 detik sebelum browser dapat digunakan, mungkin 3 detik tidak akan terasa namun bagi sebagian orang tentu saja hal itu akan mengganggu pengalaman browsing mereka.

4. Puffin Browser

Browser Android Terbaik yang Cepat dan Ringan Digunakan 2017

Ketika sobat pertama kali membuka Puffin browser, maka sobat akan diberi pilihan untuk memilih tipe website seperti apa yang lebih sobat sukai apakah itu mobile atau desktop. Yang menarik dari Puffin Browser ini adalah adanya kursor mouse dan trackpad yang membuat pengalaman web browsing sobat menjadi lebih ke desktop daripada mobile.

Puffin Browser ini bekerja dengan cara mentransfer material yang ada di web yang akan dikunjungi ke server cloudnya sebelum ditampilkan di smartphone sobat. Hal ini ditujukan agar loading halaman dengan file yang besar dapat dikecilkan agar lebih menghemat kuota internet sobat.

Walaupun bekerja layaknya Opera, Puffin Browser ini dalam beberapa tes terbukti sebagai web browser dengan kecepatan paling tinggi dalam mengakses suatu halaman. Selain itu Puffin juga menawarkan kustomisasi yang cukup banyak dengan beragam pilihan tema yang bisa sobat pilih sendiri.

Baca Juga :  Cara Root Xiaomi Mi 8 Lite dan Install TWRP Recovery

Selain itu juga terdapat pilihan utnuk mengaktifkan mode malam yang akan membuat mata menjadi lebih nyaman ketika browsing web menggunakan Puffin di waktu malam. Tidak hanya itu, Puffin juga sudah mendukung beragam add-ons yang bisa sobat pilih, namun sayangnya terkadanga akan ada iklan di bagian bawah layar yang tentunya agak mengganggu pengalaman browsing sobat menggunakan Pufiin.

5. Firefox Focus

Browser Android Terbaik yang Cepat dan Ringan Digunakan 2017

Firefox Focus pada awalnya eksklusif untuk perangkat iOS, namun karena permintaan yang besar akhirnya Firefox meluncurkan Firefox Focus ke Android. Ada beberapa perbedaan antara versi iOS dan Android, salah satunya adalah jika di Android, Firefox Focus ini dapat menjadi browser default sobat, tidak seperti versi iOSnya.

Firefox Focus menggunakan software yang dikembangkan oleh “Disconnect” untuk memblokir iklan yang yang memata – matai aktifitas internet sobat, sekaligus mempercepat loading dari halaman web yang dituju. Sobat dapat melihat beragam iklan yang diblokir melalui tombol settings.

Sobat juga dapat menonaktifkan fonts dari web untuk lebih meningkatkan kecepatan loading dan aksesabilitas. Fitur ad-block juga tersedia secara default, walaupun sobat dapat mematikannya secara sementara. History browsing akan terhapus secara otomatis sesaat setelah sobat keluar dari Firefox Focus.

Ukuran dari aplikasi ini pun terlibang sangat kecil, hanya 3.5 MB. Namun untuk saat ini, ada beberapa kekurangan dari Firefox Focus yakni tidak tersedianya add-ons seperti halnya Firefox yang biasa serta sobat juga tidak dapat membuat tab lebih dari satu. Karena Firefox Focus ini ukurannya kecil, cepat dan aman maka sangat layak bahwa aplikasi ini menjadi salah satu browser terbaik yang ada di Android.

6. Dolphin Browser

Browser Android Terbaik yang Cepat dan Ringan Digunakan 2017

Dolphin Browser merupakan browser favorit diantara komunitas Android walaupun sudah diluncurkan lebih dari 4 tahun yang lalu. Rahasia kenapa Dolphin ini masih begitu populer karena ada beragam fitur menarik didalmnya seperti Dolphin Sonar yang memberi kemudahan bagi sobat untuk mencari sesuatu tanpa menulis namun menggunakan suara.

Beragam gesture untuk melakukan beragam kegiatan seperti menyimpan web bookmark dan lainnya. Ada juga Webzine, versi Flipboard dari Dolphin yang mengumpulkan 300 sumber web untuk dijadikan intisari suatu majalah offline. Dolphine juga selayaknya Firefox dan Puffin, support beragam add-ons, dapat membuka banyak tab, browsing secara private, sinkronisasi password dan lain sebagainya.

Proses sinkronisasi tadi berjalan melalui Dolphin Connect, sebuah akun dari Dolphin. Akun ini dapat terhubung dengan akun Google atau Facebook milik sobat. Dengan menginstal ekstensi Dolphin Connect di Google Chrome atau Firefox, maka sobat dapat mensinkronkan history, tab dan bookmark di kedua browser tersebut untuk kemudian disinkronkan ke dalam Dolphin Browser di Android.

Dengan cara itu, sobat tidak perlu kuatir lagi tentang masalah sinkronisasi walaupun menggunakan Dolphin, bukannya Google Chrome atau Firefox.

 

Browser Android Terbaik yang Cepat dan Ringan Digunakan 2018 | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!