Home » Browser Android Terbaik yang Cepat dan Ringan 2020

Browser Android Terbaik yang Cepat dan Ringan 2020

Advertisement

Browser Android Terbaik – Browsing sudah menjadi hal yang wajar dilakukan oleh para pengguna smartphone di seluruh dunia. Banyak hal yang bisa dilakukan ketika melakukan browsing, seperti membaca artikel atau membuka situs sosial media.

Sistem operasi Android memang sudah menyediakan web browser default di setiap versinya, namun web browser dari Android ini kebanyakan tidak memiliki fitur yang diharapkan oleh pengguna.

Advertisement
Aplikasi Browser Android Terbaik - TutorAplikasi

Fitur-fitur seperti ad-block atau night mode yang jarang dimiliki oleh browser default dari Android.

Di Google Play Store saat ini tersedia banyak sekali pilihan browser bagi kamu. Dan oleh karena itu, di kesempatan kali ini kami akan memberikan rekomendasi kepada kamu browser Android yang tercepat untuk download serta ringan digunakan.

Daftar Browser Android Terbaik

Salah satu syarat menjadi browser yang ringan adalah fitur hemat data untuk lebih menghemat lagi kuota internet kamu. Selain itu, browser yang tidak terlalu menguras baterai hp juga menjadi faktor yang bagus.

1. Opera Browser

browser anti blokir

“Do more online with Opera for Android” adalah slogan dari Opera. Dan dengan 100 juta lebih total install dari Play Store, nampaknya orang memang banyak percaya pada slogannya.

Opera sendiri sudah berjalan sekitar 20 tahun di komputer dan di versi Androidnya menawarkan fitur yang sama namun dengan beragam ekstra tambahan.

Sinkronasi dari Opera bekerja di semua perangkat, artinya kamu dapat mengakses data browsing dari PC ke Android atau sebaliknya. Namun fitur hemat data dari Opera-lah yang menjadikannya spesial daripada browser di Android lainnya. Opera dapat mengkompres video ketika kamu melihatnya, jadi data yang digunakan dalam streaming video tadi akan berkurang.

Selain video, halaman web juga dikompres untuk menyimpan beberapa byte dari kuota milik kamu. Namun Opera ini terkadang berjalan sangat lambat apalagi ketika jaringan yang digunakan tidak stabil.

Terlebih lagi dengan dukungan VPN yang terintegrasi di dalam browser, aplikasi ini dapat membuka situs manapun sehingga bisa disebut browser anti blokir.

Advertisement
NamaOpera Browser
Total Download100 Juta+
Ukuran37 MB
Ditawarkan olehOpera
Rating Google Play4.6
HargaGratis

2. Brave Privacy Browser

browser tercepat

Brave Browser adalah salah satu browser yang masih terhitung muda usianya. Browser ini diluncurkan pada tahun 2016 dilengkapi dengan beragam fitur menarik.

Beberapa diantaranya adalah ad-block yang berguna untuk memblokir iklan yang kadang mengganggu. Selain itu, Brave juga mampu untuk memblokir cookies dan scripts yang merugikan.

Beberapa fitur dasar browser seperti bookmark, history, incognito mode, speed mode juga ada. Brave Browser ini benar-benar gratis digunakan tanpa ada pembelian dalam aplikasi maupun iklan yang mengganggu.

NamaBrave Privacy Browser
Total Download10 Juta+
Ukuran71 MB
Ditawarkan olehBrave Software
Rating Google Play4.3
HargaGratis

3. Via Browser

browser ringan

Via Browser dibangung dengan dasar Chromium WebView yang ringan dijalankan. Kamu jangan berharap terlalu banyak fitur di dalam browser ini karena memang ukurannya yang ringan menjadikannya cocok digunakan untuk hp di bawah 1 jutaan yang kebanyakan memiliki memori internal kecil.

Walaupun tidak dijejali dengan beragam fitur, namun fitur-fitur dasar dalam browser masih tersedia di sini. Fitur seperti Incognito Mode, bookmark, offline dan lain-lain.

Kamu juga dapat mengganti background browser dengan seleramu sendiri, bahkan kamu juga bisa mengganti logo browser.

NamaVia Browser
Total Download5 Juta+
Ukuran538 KB
Ditawarkan olehLakor
Rating Google Play4.3
HargaGratis

4. Monument Browser

browser terbaik

Sama halnya seperti Via Browser, Monument Browser juga dibangun dengan dasar Chromium WebView. Browser ini cukup cepat digunakan dan didesain sebaik mungkin bagi kamu yang suka browsing dan membaca artikel di internet.

Ada lumayan banyak fitur dalam broser Android ringan ini, dinataranya adalah user agent, night mode, reading mode. Kamu bahkan bisa mengambil screenshot dari suatu halaman untuk nantinya dirubah ke format PDF.

Monument Browser ini hadir dengan dukungan download audio, video yang bisa diakses dengan cukup mudah. Selain itu, browser ringan ini juga akan cocok mengatasi masalah Android kamu yang lemot ketika browsing.

NamaMonument Browser
Total Download100 Ribu+
Ukuran1 MB
Ditawarkan olehApps by Marcelo de Souza
Rating Google Play4.1
HargaGratis

5. Dolphin Browser

browser android tercepat

Dolphin Browser merupakan browser favorit diantara komunitas Android walaupun sudah diluncurkan lebih dari 5 tahun yang lalu. Rahasia kenapa Dolphin ini masih begitu populer karena ada beragam fitur menarik didalamnya seperti Dolphin Sonar yang memberi kemudahan bagi kamu untuk mencari sesuatu tanpa menulis namun menggunakan suara.

Advertisement

Beragam gesture untuk melakukan beragam kegiatan seperti menyimpan web bookmark dan lainnya juga tersedia. Ada juga Webzine, versi Flipboard dari Dolphin yang mengumpulkan 300 sumber web untuk dijadikan intisari suatu majalah offline.

Dolphin juga selayaknya Firefox dan Puffin, support beragam add-ons, dapat membuka banyak tab, browsing secara private, sinkronisasi password dan lain sebagainya.

Proses sinkronisasi tadi berjalan melalui Dolphin Connect, sebuah akun dari Dolphin. Akun ini dapat terhubung dengan akun Google atau Facebook milik kamu.

Dengan menginstal ekstensi Dolphin Connect di Google Chrome atau Firefox, maka kamu dapat mensinkronkan history, tab dan bookmark di kedua browser tersebut untuk kemudian disinkronkan ke dalam Dolphin Browser di Android.

NamaDolphin Browser
Total Download50 Juta+
Ukuran25 MB
Ditawarkan olehDolphin Browser
Rating Google Play4.1
HargaGratis

6. Puffin Browser

browser android terbaik

Ketika kamu pertama kali membuka Puffin browser, maka kamu akan diberi pilihan untuk memilih tipe website seperti apa yang lebih kamu sukai apakah itu mobile atau desktop.

Yang menarik dari Puffin Browser ini adalah adanya kursor mouse dan trackpad yang membuat pengalaman web browsing kamu menjadi lebih ke desktop daripada mobile.

Puffin Browser ini bekerja dengan cara mentransfer material yang ada di web yang akan dikunjungi ke server cloudnya sebelum ditampilkan di smartphone kamu. Hal ini ditujukan agar loading halaman dengan file yang besar dapat dikecilkan agar lebih menghemat kuota internet kamu.

Walaupun bekerja layaknya Opera, Puffin Browser ini dalam beberapa tes terbukti sebagai web browser dengan kecepatan paling tinggi dalam mengakses suatu halaman. Selain itu Puffin juga menawarkan kustomisasi yang cukup banyak dengan beragam pilihan tema yang bisa kamu pilih sendiri.

Selain itu juga terdapat pilihan utnuk mengaktifkan mode malam yang akan membuat mata menjadi lebih nyaman ketika browsing web menggunakan Puffin di waktu malam.

Tidak hanya itu, Puffin juga sudah mendukung beragam add-ons yang bisa kamu pilih, namun sayangnya terkadang akan ada iklan di bagian bawah layar yang tentunya agak mengganggu pengalaman browsing kamu menggunakan Puffin.

Advertisement
NamaPuffin Browser
Total Download50 Juta+
Ukuran22 MB
Ditawarkan olehCloudMosa, Inc.
Rating Google Play4.0
HargaGratis

7. Firefox Focus

browser paling aman

Firefox Focus pada awalnya eksklusif untuk perangkat iOS, namun karena permintaan yang besar, akhirnya Firefox meluncurkan Firefox Focus ke Android.

Ada beberapa perbedaan antara versi iOS dan Android, salah satunya adalah jika di Android, Firefox Focus ini dapat menjadi browser default kamu, tidak seperti versi iOSnya.

Firefox Focus menggunakan software yang dikembangkan oleh “Disconnect” untuk memblokir iklan yang memata-matai aktifitas internet kamu, sekaligus mempercepat loading dari halaman web yang dituju. Kamu dapat melihat beragam iklan yang diblokir melalui tombol settings.

Kamu juga dapat menonaktifkan fonts dari web untuk lebih meningkatkan kecepatan loading web. Fitur ad-block juga tersedia secara default, walaupun kamu dapat mematikannya secara sementara. History browsing akan terhapus secara otomatis sesaat setelah kamu keluar dari Firefox Focus.

Ukuran dari aplikasi ini pun terlibang sangat kecil, hanya 3,5 MB. Namun untuk saat ini, ada beberapa kekurangan dari Firefox Focus yakni tidak tersedianya add-ons seperti halnya Firefox yang biasa.

Karena Firefox Focus ini ukurannya kecil, cepat dan aman maka sangat layak bahwa aplikasi ini menjadi salah satu browser terbaik yang ada di Android.

NamaFirefox Focus
Total Download5 Juta+
Ukuran3,5 MB
Ditawarkan olehMozilla
Rating Google Play4.2
HargaGratis

8. UC Browser Mini

browser uc

UC Browser merupakan web browser buatan perusahaan dari China. Walaupun dari China, web browser ini memilki tingkat kepopuleran yang luar biasa di Android, dibuktikan dengan jumlah unduhan di Google Play Store yang mencapai jutaan.

Rahasaia dari popularitas UC Browser ini terletak pada kecepatan browsing yang luar biasa cepat, hampir menyamai Puffin yang notabene merupakan web browser tercepat di Android saat ini.

Kunci dari kecepatannya ini adalah karena UC Browser mengkompres data web yang sedang kamu tuju sehingga membuatnya menjadi lebih cepat dibuka. Kamu juga dapat mensinkronkan data bookmark serta tab menggunakan akun Google atau Facebook sehingga tidak perlu kuatir lagi tentang sinkronisasi.

Browser ini juga memiliki beberapa fitur andalan seperti ad-block yang terinstal secara default, night mode untuk membaca lebih nyaman di malam hari, ukuran font yang dapat diatur sendiri dan beragam fitur lainnya.

Advertisement

Banyak orang yang merasa bahwa versi terbaru dari UC Browser ini terasa kurang karena iklan yang bertaburan di mana-mana dibandingkan dengan UC Browser lama.

Namun UC Browser masih menjadi salah satu browser Android terbaik paling populer di Play Store.

NamaUC Browser Mini
Total Download100 Juta+
Ukuran44 MB
Ditawarkan olehUCWeb Singapore Pte. Ltd.
Rating Google Play4.2
HargaGratis

Itulah daftar aplikasi browser Android terbaik sebagai alternatif browser bawaan dari ponselmu. Sampai jumpa lagi di TutorAplikasi.com.

Advertisement

author foto

Penulis di https://tutoraplikasi.com/ dari Lamongan, Jawa Timur