Build Kaja Support dan Kaja Tersakit (MLBB Season 19)

Bagikan :
Advertisement

Build Kaja Mobile Legends Terbaru – Setelah mengeluarkan Chang’e di Advanced Server, tidak lama kemudian Moonton selaku pengembang game Mobile Legends kembali mengeluarkan hero baru. Kali ini hero itu bernama Kaja yang memiliki tubuh kurus berperawakan seperti burung.

Jika di versi normal server Moonton akan mengeluarkan Uranus, maka bukan suatu kebetulan Kaja dirilis di Advanced Server. Kedua hero ini ternyata memiliki hubungan dalam latar belakang keduanya.

Build Kaja Terkuat dan tersakit - TutorAplikasi

Jika Uranus adalah pelindung dari tempat keramat bernama Celestial Palace, maka Kaja adalah pelindung dari penguasa Celestial Palace. Diceritakan bahwa Kaja merupakan pemimpin dari pasukan bernama Nazar yang memiliki kekuatan elemen listrik.

Sebelum para penguasa pergi secara tiba-tiba, Kaja diberi perintah untuk mengusir kekuatan jahat dari Celestial Palace demi menyambut kedatangan para penguasa yang bisa saja datang secara tiba-tiba.

Tugasnya di sini agak berbeda dengan Uranus yang bangkit setelah terjadi pertarungan memperebutkan Celestial Palace oleh orang-orang dari Land of Dawn.

Statistik Dasar Kaja :

HP2609Attack Speed0.842
Physical Attack120Movement Speed270
Magic Power0HP Regen10.4
Physical Defense16Mana Regen2.4
Magical Defense10Basic Attack Crit Rate0
Mana400Ability Crit Rate0

Skill Kaja Mobile Legends

Skill Kaja Mobile Legends TutorAplikasi

Skill Pasif Kaja – Wrath Sanction

Skill Pasif Kaja TutorAplikasi

Kaja mencapai Wrath Sanction setiap 6 detik. Basic Attack berikutnya akan memberikan Lightning ke lawan, memberikan Magic Damage yang setara dengan 100(+100% Total Magic Power) 4% Max HP target.

Lightning juga akan mengenai lawan di dekatnya hingga 3 kali.

Skill 1 Kaja – Ring of Order (AoE)

Skill 1 Kaja TutorAplikasi

Kaja akan mengeluarkan cincin di tubuhnya bernama Ring of Electricity, cincin tersebut dapat membesar dan mengecil dengan cepat. Ketika cincin tersebut mengenai lawan, maka lawan akan terkena 135(+70% Total Magic Power) Magic Damage serta efek slow sebesar 30% selama 1 detik.

Selain itu, setiap Damage yang mengenai lawan akan mengurangi cooldown dari skill pasif Kaja sebesar 1 detik.

Lv. 1Lv. 2Lv. 3Lv. 4Lv. 5Lv. 6
Cooldown76.66.25.85.45
Mana505560657075
Damage135165195225255285

Skill 2 Kaja – Lightning Bomb (Blink dan Shield)

Skill 2 Kaja TutorAplikasi

Kaja bergerak dengan cepat ke arah yang sudah ditentukan dan meninggalkan 3 Lightning Bomb di jalurnya. Ketika ada unit lawan yang menyentuhnya, maka mereka akan menerima 200(+120% Total Magic Power) Magic Damage.

Lv. 1Lv. 2Lv. 3Lv. 4Lv. 5Lv. 6
Cooldown1312.612.211.811.411
Mana657075808590
Damage200230260290320350

Skill Ultimate Kaja – Divine Judgement (CC dan Buff)

Skill Ultimate Kaja TutorAplikasi

Kaja memberikan 300(+150% Total Magic Power) Magic Damage pada lawan yang dipilihnya dan memberikan tekanan pada target selama 1.5 detik.

Selama waktu tersebut, Magic Defense lawan berkurang 10, Kaja juga menyerap 2x dari Magic Defense lawan yang hilang tersebut.

Lv. 1Lv. 2Lv. 3
Cooldown606060
Mana150200250
Damage30045`0600
Magic Defense102030

Build Kaja Mobile Legends Season 19

Build Item Kaja Tersakit (Offlane)

Build Kaja Tersakit TutorAplikasi

Pada build kali ini, item yang akan digunakan Kaja berfokus pada Magic Power demi membuat Damage yang dihasilkan Kaja semakin sakit.

Selain itu, penggunaan item dengan Cooldown Reduction juga menjadi prioritas, terutama Fleeting Time.

Arcane Boots

  • Atribut : +15 Magical Penetration, +40 Movement Speed
  • Kemampuan Pasif : –
  • Harga : 690

Jika kamu mengingkan Kaja yang memiliki Damage besar, maka Arcane Boots yang menambah Magical Pentration akan membantu.

Fleeting Time

  • Atribut : +70 Magic Power, +15% Cooldown Reduction
  • Kemampuan Pasif : Mengurangi cooldown skill Ultimate sebesar 35% setelah mendapatkan kill atau assist.
  • Harga : 2050

Daya tarik utama dari Kaja adalah skill Ultimate-nya, namun sayangnya cooldown skill tersebut cukup lama.

Namun dengan Fleeting Time yang mampu mengurangi durasi cooldown skill Ultimate, kamu bisa lebih sering mengeluarkan skill Ultimate ini.

Calamity Reaper

  • Atribut : +70 Magic Power, +100 Mana, +6 Mana Regen, +10% Cooldown Reduction
  • Kemampuan Pasif : Setelah menggunakan skill, Basic Attack selanjutnya akan mendapatkan tambahan bonus True Damage sebesar 120% Magic Power hero kamu. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan tambahan movement speed sebesar 10%. Efek ini memiliki cooldown selama 1,5 detik.
  • Harga : 1950

Selain bisa menambah Damage lewat kemampuan pasifnya, atribut pada item Calamity Reaper yang menambah Mana dan Mana Regen bakal membantu agar Mana dari Kaja tidak cepat habis.

Ice Queen Wand

  • Atribut : +75 Magic Power, +10% Magical Lifesteal, +150 Mana, +7% Movement Speed
  • Kemampuan Pasif : Jika menggunakan skill yang menyebabkan damage, maka lawan juga akan mendapatkan efek slow sebesar 15%. Efek ini bertahan selama 3 detik dan dapat ditumpuk sebanyak 2 kali,
  • Harga : 2240

Holy Crystal

  • Atribut : +100 Magic Power
  • Kemampuan Pasif : 21%-35% Magic Power (tergantung level)
  • Harga : 2180

Tidak perlu dijelaskan panjang lebar, item Holy Crystal menambah atribut Magic Power untuk Kaja yang membuat Damage-nya menjadi lebih sakit.

Genius Wand

  • Atribut : +75 Magic Power, 5% Movement Speed, +15 Magical Penetration
  • Kemampuan Pasif : Setiap memberikan serangan, maka Magic Defense mereka akan berkurang 3 – 10 selama 3 detik, skill ini dapat ditumpuk hingga 3 kali.
  • Harga : 2000

Selain menambah Magical Penetration, Genius Wand juga mengurangi Magic Defense lawan yang membuat Damage dari Kaja dan rekan satu tim menjadi lebih sakit.

Build Item Kaja Support

Build Kaja Support TutorAplikasi

Skill Ultimate Kaja yang merupakan andalanya mengharuskan Kaja untuk mendekati lawan terlebih dahulu, oleh sebab itu dengan item campuran Defense dan Magic Power, Kaja tidak akan mudah mati saat akan menggunakan build ini.

Shadow Mask

  • Atribut : +700 HP, +10% Cooldown Reduction, +25 Movement Speed
  • Kemampuan Aktif : Conceal – Meningkatkan Movement Speed anda dan tim anda sebesar 15% selama 5 detik. Memberikan atau menerima Damage akan mengakhiri Mode Conceal. Efek ini memiliki Cooldown selama 80 detik.
  • Kemampuan Pasif : Devotion – Kamu tidak akan mendapatkan EXP dan Gold dari Minion atau Creep yang dibunuh teman satu tim selama 9 menit pertama.
  • Kemampuan Pasif : Thriving – Mendapatkan tambahan 25% Gold dan EXP dengan Assist. Ketika peringkat Gold dan EXP anda berada di peringkat kelima, anda mendapatkan 12 Gold per 4 detik dan 25 EXP per 4 detik.
  • Advertisement
  • Harga : 1600

Rapid Boots

  • Atribut : +80 Movement Speed
  • Kemampuan Pasif : Menyerang atau terkena damage akan mengurangi Movement Speed sebanyak 40 Poin selama 5 detik
  • Harga : 850

Pemilihan item ini adalah opsional, kamu bisa menggantinya menjadi Warrior Boots atau Tough Boots tergantung lawan yang kamu hadapi.

Fleeting Time

  • Atribut : +70 Magic Power, +15% Cooldown Reduction
  • Kemampuan Pasif : Mengurangi cooldown skill Ultimate sebesar 35% setelah mendapatkan kill atau assist.
  • Harga : 2050

Daya tarik utama dari Kaja adalah skill Ultimate-nya, namun sayangnya cooldown skill tersebut cukup lama.

Namun dengan Fleeting Time yang mampu mengurangi durasi cooldown skill Ultimate, kamu bisa lebih sering mengeluarkan skill Ultimate ini.

Advertisement

Immortality

  • Atribut : +800 HP, +40 Physical Defense
  • Kemampuan Pasif : Menghidupkan kembali hero setelah 2 detik mati dan mengembalikan HPnya sebesar 15% sekaligus memberikan perisai yang dapat menyerap 300 hingga 1000 poin damage. Perisai tersebut dapat bertahan selama 3 detik dan efek keseluruhan ini memiliki cooldown selama 180 detik.
  • Harga : 2120

Secara umum, menggunakan Immortality pada saat late game adalah hal yang bagus demi meningkatkan kemampuan bertahan Kaja.

Brute Force Breastplate

  • Atribut : +770 HP, +45 Physical Defense
  • Kemampuan Pasif : Menambahkan Movement Speed sebanyak 3% dan Physical / Magical Defense sebanyak 4% setelah menyerang lawan. Efek ini dapat ditumpuk sebanyak 5 kali dan dapat bertahan selama 4 detik.
  • Harga : 1870

Dengan kemampuan pasif yang mampu menambah Movement Speed dan Defense saat menyerang, maka item ini cocok dipakai oleh Kaja agar tidak gampang mati saat mendekat ke arah lawan untuk menyerang.

Guardian Helmet

  • Atribut : +1550 HP, +20 HP Regen
  • Kemampuan Pasif : Memulihkan 1.5% HP hero. Jika mendapatkan kill akan meningkatkan Regen HP sebesar 0.4%. Sementara itu jika mendapatkan assist akan menigkatkannya sebesar 0.2%. Efek ini terdapat limit sebesar 3.5% namun setiap kill atau assist sebelum pembelian item ini akan tetap dihitung. Efek ini akan hilang setelah 5 detik ketika hero menerima damage.
  • Harga : 2200

Rekomendasi Spell Terbaik untuk Kaja

spell flicker dan flameshot

Terlepas dari apapun build yang kamu pakai, pilihan Battle Spell yang terbaik bagi Kaja menurut kami adalah Flicker.

Rekomendasi Emblem Terbaik untuk Kaja

Emblem Mage Mobile Legends - TutorAplikasi

Walaupun Kaja seorang hero Fighter, namun semua Damage-nya merupakan Magic sehingga emblem Mage akan lebih cocok untuk memaksimalkan damage dari Kaja.

Rekomendasi talent yang dipakai adalah Mystery Shop yang mengurangi harga beli item.

Masih di emblem Mage, pilih talent Agility yang menambah Movement Speed dan Observation yang menambah Magical Penetration.

Tips Bermain, Keunggulan dan Kekurangan Kaja

Cara bermain, keunggulan dan kekurangan Kaja

Tips bermain dan keunggulan Kaja :

Kaja dulunya merupakan hero dengan role Tank/Support yang saat ini dirubah oleh Moonton menjadi Fighter/Support dan membuat Damage dari Kaja semakin sakit.

Terbukti pada Early hingga Mid game damage dari Kaja ini cukup sangit, apalagi Skill Ultimatenya tidak mampu dicounter oleh hero manapun (paling tidak hingga saat ini).

Dengan skill pasifnya, Kaja juga mampu menyerang lawan hanya yang bersembunyi di semak-semak.

Kekurangan Kaja :

Walaupun skill Ultimate Kaja tidak bisa dihindari oleh lawan, namun Kaja harus berada cukup dekat dengan lawan untuk melepaskan skillnya. Berada cukup dekat dengan lawan tentu cukup beresiko jika tidak dilakukan dengan seksama.

Pada early dan mid game Kaja memang mampu berkuasa, namun pada late game hal itu berubah drastis sebab skill Ultimate Kaja hanya menargetkan satu hero saja, sedangkan pada late game para player biasanya akan berkumpul dalam satu lane.

Baca Juga Build Terbaru Hero Mobile Legends Lainnya :

Itulah build Kaja terbaik versi tim TutorAplikasi.com, build di atas hanyalah rekomendasi saja sehingga potensi savage atau menang dengan menggunakan Kaja tetap berada di skill kamu sendiri. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Advertisement
author foto

Penulis di https://tutoraplikasi.com/ dari Lamongan, Jawa Timur

45 thoughts on “Build Kaja Support dan Kaja Tersakit (MLBB Season 19)”

Leave a Comment