Cara Flash ASUS Zenfone 4 Selfie Pro (ZD552KL) Sukses 100% dan Download Firmware

Last Updated on

Cara flash, root ASUS Zenfone terbaru

Cara Flash ASUS Zenfone 4 Selfie Pro – ASUS sudah memperkenalkan Zenfone 4 Selfie Pro ini pada bulan Agustus lalu, bahkan pada kesempatan itu ASUS mengumumkan 6 tipe Zenfone 4 sekaligus, namun tidak semua langsung diperkenalkan di Indonesia. Secara bergiliran, ASUS mengenalkan Zenfone 4 Max dan Zenfone 4 Max Pro pada awal bulan September lalu di Indonesia.

Kemudian di bulan Oktober ini, giliran Zenfone 4 Selfie dan Zenfone 4 Selfie Pro yang diperkenalkan. Desain padaponsel ASUS Zenfone 4 Selfie Pro sendiri terlihat ramping, bahkan akan terlihat lebih menarik lagi jika warna yang digunakan berwarna merah.

Di bagian belakang ponsel, terdapat kamera yang memiliki frame kotak dengan lampu LED Flash di sampingnya. Kemudian di bagian depannya terdapat kamera ganda yang dilengkapi dengan flash juga. Di bagian depan ini pula terdapat layar 5.5 inci Full HD dari ASUS Zenfone 4 Selfie Pro yang terlihat tanpa memakai bezel walaupun hanya sebelah sampingnya saja, karena bagian atas dan bawahnya masih terlihat tebal.

Di bagian depan bawah terdapat tombol Home yang juga digunakan sebagai sensor fingerprint, sedangkan di sebelahnya terdapat tombol untuk Recent Apps dan Back. Di bagian kanan ponsel terdapat tombol power serta tepat diatasnya terdapat tombol volume.

Sementara itu jack audio, port charger dan lubang speaker terdapat di bagian bawah ponsel. Ponsel ASUS ini memakai antarmuka ZenUI versi 4.0, sedangkan versi Androidnya sudah menggunakan Android 7.1.1 Nougat.

Ada beberapa hal menarik yang terdapat di ZenUI, salah satunya adalah kebebasan kustomisasi, sobat tidak hanya dimudahkan untuk mengubah jenis wallpaper atau tema, namun sobat juga dapat mengubah ukuran dari ikon suatu aplikasi, mengubah ukuran font dan banyak hal lain lagi.

Hal yang paling menarik dari ASUS Zenfone 4 Selfie Pro adalah kamera ganda di bagian depannya, tidak seperti kebanyakan ponsel yang menggunakan kamera ganda di bagian belakang. Salah satu lensa dari kamera ganda tersebut bertujuan untuk memotret foto secara wide-angle 120 derajat, sehingga memudahkan untuk memotret group selfie tanpa bantuan tongsis.

Selain wide-angle, lensa tersebut juga dapat digunakan untuk membuat efek bokeh dan menurut klaim dari ASUS, kamera depan dari ASUS Zenfone 4 Selfie Pro ini memiliki resolusi 24 MP. Sedangkan untuk kamera utamanya di belakang juga tidak kalah, yakni menggunakan resolusinya 16 MP dengan wide-angle 80 derajat.

Beberapa teknologi terbaru juga disematkan kepada kamera ASUS ini, seperti teknologi PDAF yang membuat kamera dapat menemukan fokus hanya dalam waktu 0.03 detik, ada juga fitur super low light HDR yang diklaim dapat mengambil foto HDR dalam keadaan yang minim cahaya.

Serta kemampuan merekam video beresolusi 4K baik menggunakan kamera depan maupun belakang. Untuk mendukung sektor kameranya, ASUS juga membenamkan beragam aplikasi, salah satunya adalah Selfie Master. Di dalam aplikasi ini, ada beragam fitur menarik, contohnya adalah BeautyLive yang memungkinkan sobat untuk mengaktifkan Beautification ketika melakukan live streaming di Facebook, YouTube dan Instagram.

Selain BeautyLive, ada juga fitur Collage yang memungkinkan sobat untuk menggabungkan beberapa foto menjadi satu gambar. Untuk dapur pacunya, ASUS Zenfone 4 Selfie Pro menggunakan prosesor dari Qualcomm Snapdragon 625 dan RAM jumbo sebesar 4 GB, sedangkan kapasitas baterainya sebesar 3000 mAh.

Sedangkan proses flashing Android sendiri dapat diartikan sebagai install ulang jika diterapkan pada komputer atau laptop. Flashing ini biasa digunakan untuk memperbaiki berbagai masalah seperti

  • Ponsel ASUS Zenfone 4 Selfie Pro (ZD552KL) yang bootloop.
  • Ponsel ASUS Zenfone 4 Selfie Pro (ZD552KL) yang lupa kata sandi.
  • Ponsel ASUS Zenfone 4 Selfie Pro (ZD552KL) yang restart sendiri.
  • Ponsel ASUS Zenfone 4 Selfie Pro (ZD552KL) yang hank atau
  • Ponsel ASUS Zenfone 4 Selfie Pro (ZD552KL) yang mati total alias hardbrick.

Sebenarnya berbagai masalah diatas bisa disebabkan oleh penggunanya sendiri atau dan sebagian kecil saja karena kesalahan sistem. Dan jika terjadi masalah seperti yang disebutkan diatas, maka flashing diperlukan untuk memperbaikinya.

Sebenarnya, selain dapat memperbaiki beragam masalah software dalam ponsel ASUS Zenfone 4 Selfie Pro (ZD552KL), flashing juga dapat digunakan untuk hal lain. Contohnya adalah mengupdate sistem operasi menjadi lebih baru atau sekedar mencoba custom ROM baru yang berbeda dari ROM / Firmware aslinya.

Walaupun sebenarnya proses flashingASUS Zenfone 4 Selfie Pro (ZD552KL) sendiri tidaklah sulit, sobat yang ingin mencobanya harus lebih teliti lagi karena jika salah memilih firmware bisa jadi ponsel sobat tidak bisa dinyalakan lagi, atau biasa disebut dengan istilah bootloop.

Untuk itulah, sobat harus teliti dalam memilih firmware, perhatikan tipe ponsel milik sobat dan sesuaikan dengan firmware yang akan didownload untuk diflash. Serta jika sobat mencoba custom ROM, maka perhatikan dulu komentar orang – orang di dalam forum yang sudah mencobanya, apakah komentarnya positif atau justru negatif.

Sebelum melakukan proses flashing ASUS Zenfone 4 Selfie Pro, maka perhatikan beberapa persyaratan dibawah ini.

  • Saya sarankan untuk melakukan proses Backup data terlebih dahulu karena proses ini akan menghilangkan semua data di dalam ponsel.
  • Baterai ponsel harus lebih dari 50% agar proses bisa berjalan dengan lancar.
  • Download semua file dibawah ini.
Nama File Link Download
ASUS Zenfone FlashTool Download
ROM Zenfone 4 Selfie Pro (ZD552KL) Android 7 Nougat Download
ASUS Zenfone 4 Selfie Pro (ZD552KL) USB driver Download

Jika semua persyaratan dan semua file diatas sudah dipenuhi dan didownload, maka sobat dapat melanjutkan membaca cara root ini.

Langkah ke-1. Install driver ASUS dan FlashTool dan buka aplikasi ASUS Zenfone FlashTool.

Cara Flash ASUS Zenfone 4 Selfie Pro (ZD552KL) Sukses 100% dan Download Firmware

Langkah ke-2. Kemudian koneksikan ponsel ASUS Zenfone 4 Selfie Pro milik sobat ke dalam PC dan klik tombol ‘Disconnect’ lalu tunggu hingga muncul ‘Connected’ yang menandakan bahwa ponsel sudah berhasil dikenali oleh komputer. Jika belum, maka coba tutup aplikasi flashtool dan install kembali drivernya.

Cara Flash ASUS Zenfone 4 Selfie Pro (ZD552KL) Sukses 100% dan Download Firmware

Langkah ke-3. Setelah ponsel sudah berhasil konek, klik ‘Browse’ kemudian cara dan pilih file ROM yang sudah didownload.

Cara Flash ASUS Zenfone 4 Selfie Pro (ZD552KL) Sukses 100% dan Download Firmware

Langkah ke-4. Tunggu sebentar hingga file selesai discan. Jika sudah maka tekan ‘Flash’ atau ‘Start’ untuk memulai proses flashing. Ponsel ASUS Zenfone 4 Selfie Pro milik sobat nantinya akan restart sendiri. Pada saat restart ini, tekan dan tahan tombol volume kebawah dan keatas secara bersamaan untuk memasuki mode Recovery.

Cara Flash ASUS Zenfone 4 Selfie Pro (ZD552KL) Sukses 100% dan Download Firmware

Langkah ke-5. Setelah mode Recovery muncul, pilih Apply Update from ADB dan klik ‘Resume’ di aplikasi FlashTool untuk melanjutkan prose flashing. Sesaat setelah proses flash selesai, maka ponsel ASUS Zenfone 4 Selfie Pro akan restart dan cabut dari PC.

Cara Flash ASUS Zenfone 4 Selfie Pro (ZD552KL) Sukses 100% dan Download Firmware

Setelah sobat melakukan proses flashing ASUS Zenfone 4 Selfie Pro ini, sobat juga dapat melakukan proses root dengan tutorial root ASUS Zenfone 4 Selfie Pro (ZD552KL) disini. Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.

Cara Flash ASUS Zenfone 4 Selfie Pro (ZD552KL) Sukses 100% dan Download Firmware | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!