Cara Flash ASUS Zenfone C (Z007) Sukses 100% dan Download Firmware

Update :

Cara Flash ASUS Zenfone C – ASUS sudah memperkenalkan Zenfone C ini pada bulan Februari 2015 lalu, bersamaan dengan Zenfone 4 Selfie. Desain padaponsel ASUS Zenfone C sendiri terlihat ramping, bahkan akan terlihat lebih menarik lagi jika warna yang digunakan berwarna merah. Pada saat itu, ponsel ASUS Zenfone memang merajai penjualan smartphone di Indonesia.

Di bagian belakang Zenfone C, terdapat kamera dengan resolusi 5 MP didampingi dengan LED Flash di bawahnya. Kemudian di bagian depannya terdapat kamera dengan resolusi VGA saja. ASUS Zenfone C memakai layar berjenis IPS dengan ukuran 4.5 inci dan resolusi 480 x 854 piksel. Ponsel ini berjalan pada Android 4.4 Kitkat dengan RAM 1 GB dan memori internal 8 GB.

Cara Flash ASUS Zenfone C

Beberapa spesifikasi lainnya adalah penggunaan baterai Li-Ion 2000 mAh yang dapat dicabut pasang, Bluetooth 4.0, Radio FM, sensor accelerometer, sensor proximity dan terdapat berbagai varian warna seperti Charcoal Black, Pearl White dan Cherry Red.

Sedangkan proses flashing Android sendiri dapat diartikan sebagai install ulang jika diterapkan pada komputer atau laptop. Flashing ini biasa digunakan untuk memperbaiki berbagai masalah ASUS Zenfone C seperti:

  • ASUS Zenfone C (Z007) yang bootloop.
  • ASUS Zenfone C (Z007) yang lupa kata sandi.
  • ASUS Zenfone C (Z007) yang restart sendiri.
  • ASUS Zenfone C (Z007) yang hank atau
  • ASUS Zenfone C (Z007) yang mati total alias hardbrick.

Sebenarnya berbagai masalah diatas bisa disebabkan oleh penggunanya sendiri atau dan sebagian kecil saja karena kesalahan sistem. Dan jika terjadi masalah seperti yang disebutkan diatas, maka flashing diperlukan untuk memperbaikinya.

Sebenarnya, selain dapat memperbaiki beragam masalah software dalam ponsel ASUS Zenfone C (Z007), flashing juga dapat digunakan untuk hal lain. Contohnya adalah mengupdate sistem operasi menjadi lebih baru atau sekedar mencoba custom ROM baru yang berbeda dari ROM / Firmware aslinya.

Walaupun sebenarnya proses flashing ASUS Zenfone C (Z007) sendiri tidaklah sulit, sobat yang ingin mencobanya harus lebih teliti lagi karena jika salah memilih firmware bisa jadi ponsel sobat tidak bisa dinyalakan lagi, atau biasa disebut dengan istilah bootloop. Pada kesempatan kali ini, ada dua cara yang akan saya gunakan yakni, flash dengan PC dan tanpa PC.

Sebelum melakukan proses flashing ASUS Zenfone C, maka perhatikan beberapa persyaratan dibawah ini.

  • Saya sarankan untuk melakukan proses Backup data terlebih dahulu karena proses ini akan menghilangkan semua data di dalam ponsel.
  • Baterai ponsel harus lebih dari 50% agar proses bisa berjalan dengan lancar.
  • Download semua file dibawah ini.
Nama FileLink Download
ASUS Zenfone FlashToolDownload
Firmware Zenfone C (Z007) TerbaruDownload
ASUS Zenfone C (Z007) USB driverDownload

Cara Flash ASUS Zenfone C (Z007) via ASUS Flash Tool

Jika semua persyaratan dan semua file diatas sudah dipenuhi dan didownload, maka sobat dapat melanjutkan membaca cara flash ASUS Zenfone C dengan PC ini:

1. Install driver ASUS dan Flash Tool, lalu buka aplikasi ASUS Zenfone Flash Tool.

Cara Flash ASUS Zenfone

2. Masuk ke Download Mode terlebih dahulu dengan cara matikan ponsel, lalu tekan dan tahan secara bersamaan tombol Volume Up + Power. Tahan hingga muncul layar download mode ASUS.

3. Kemudian koneksikan ponsel ASUS Zenfone C milik sobat ke dalam PC dan klik tombol ‘Disconnect’ lalu tunggu hingga muncul ‘Connected’ yang menandakan bahwa ponsel sudah berhasil dikenali oleh komputer. Jika belum, maka coba tutup aplikasi flashtool dan install kembali drivernya.

Cara Flash ASUS Zenfone

4. Setelah ponsel sudah berhasil konek, klik ‘Browse’ kemudian pilih file ROM yang sudah didownload.

Cara Flash ASUS Zenfone

5. Tunggu sebentar hingga file selesai discan. Jika sudah maka tekan ‘Flash’ atau ‘Start’ untuk memulai proses flashing. Ponsel ASUS Zenfone C milik sobat nantinya akan restart sendiri. Pada saat restart ini, tekan dan tahan tombol volume kebawah dan keatas secara bersamaan untuk memasuki mode Recovery.

Cara Flash ASUS Zenfone

6. Setelah mode Recovery muncul, pilih Apply Update from ADB dan klik ‘Resume’ di aplikasi FlashTool untuk melanjutkan prose flashing. Sesaat setelah proses flash selesai, maka ponsel ASUS Zenfone C akan restart dan cabut dari PC.

Cara Flash ASUS Zenfone

Cara Flash ASUS Zenfone C (Z007) via SD Card

Cara kedua yang bisa digunakan ialah dengan hanya menggunakan ponsel serta SD Card, cara ini cukup praktis karena bisa dilakukan tanpa PC.

1. Pertama download terlebih dahulu firmware terbaru Zenfone C lewat link ini.

2. Copy file firmware yang sudah didownload ke dalam SD Card.

3. Kemudian pasang SD Card ke dalam ponsel.

4. Matikan ponsel dan masuk ke mode Recovery, caranya yakni tekan dan tahan secara bersamaan tombol Volume Bawah + Power hingga layar berubah ke mode Recovery seperti di bawah.

Mode recovery asus

5. Setelah itu, pilih “apply update from sdcard” dan pilih file firmware yang sudah di copy tadi.

6. Setelah itu proses flash akan berlangsung selama kurang lebih 5 hingga 10 menit.

7. Jika proses flash sudah selesai, maka sobat dapat memilih “Reboot now”, proses restart ini biasanya cukup lama.

8. Ponsel nantinya akan seperti baru seperti sedia kala dan selesai.

Setelah sobat melakukan proses flashing ASUS Zenfone C ini, sobat juga dapat melakukan proses root dengan tutorial root ASUS Zenfone C (ZD552KL) disini. Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.

Baca juga artikel hp ASUS lainnya seperti :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *