Cara Flash Lenovo A6000 Firmware Terbaru (Sukses 100%)

Advertisement

Cara Flash Lenovo A6000 – Lenovo memperkenalkan Lenovo A6000 pada bulan Januari 2015 lalu. Desain pada ponsel Lenovo A6000 sendiri terlihat ramping, dan saat ini Lenovo A6000 menjadi salah satu ponsel jadul paling populer di Indonesia.

Di bagian belakang Lenovo A6000, terdapat kamera dengan resolusi 8 MP didampingi dengan LED Flash di bawahnya. Kemudian di bagian depannya terdapat kamera dengan resolusi 2 MP.

Lenovo A6000 memakai layar berjenis IPS dengan ukuran 5.0 inci dan resolusi 720 x 1280 piksel. Ponsel ini berjalan pada Android 4.4 Kitkat dengan RAM 1 GB dan memori internal 8 GB.

Cara Flash Lenovo A6000 - TutorAplikasi

Beberapa spesifikasi lainnya adalah prosesor Qualcomm Snapdragon 410 dan Adreno 308, baterai Li-Po 2300 mAh, Bluetooth 4.0, Radio FM, Dolby Digital Plus, sensor accelerometer, sensor proximity dan hanya tersedia varian warna black saja.

Sedangkan proses flashing Android sendiri dapat diartikan sebagai install ulang jika diterapkan pada komputer atau laptop. Flashing ini biasa digunakan untuk memperbaiki berbagai masalah Lenovo A6000 seperti :

  • Lenovo A6000 bootloop
  • Lenovo A6000 lupa kata sandi
  • Lenovo A6000 restart sendiri
  • Lenovo A6000 hank

Untuk ponsel Lenovo A6000 yang matot alias hardbrick, sayangnya kami tidak bisa menjamin apakah proses flash ini akan berhasil atau tidak mengatasi masalahmu.

Sebenarnya berbagai masalah di atas bisa disebabkan oleh penggunanya sendiri atau dan sebagian kecil saja karena kesalahan sistem. Dan jika terjadi masalah seperti yang disebutkan di atas, maka flashing diperlukan untuk memperbaikinya.

Selain dapat memperbaiki beragam masalah software dalam ponsel Lenovo A6000, flashing juga dapat digunakan untuk hal lain. Contohnya adalah mengupdate sistem operasi menjadi lebih baru atau sekedar mencoba custom ROM baru yang berbeda dari ROM / Firmware aslinya.

Walaupun sebenarnya proses flashing Lenovo A6000 sendiri tidaklah sulit, kamu yang ingin mencobanya harus lebih teliti lagi karena jika salah memilih firmware bisa jadi ponsel milikmu tidak bisa dinyalakan lagi, atau biasa disebut dengan istilah bootloop.

Sebelum melakukan proses flashing Lenovo A6000, maka perhatikan beberapa persyaratan dibawah ini.

Advertisement
  • Kmi sarankan untuk melakukan proses Backup data terlebih dahulu karena proses ini akan menghilangkan semua data di dalam ponsel
  • Baterai ponsel harus lebih dari 50% agar proses bisa berjalan dengan lancar
  • Cara Install driver Qualcomm di PC
  • Download semua file dibawah ini
Nama FileLink Download
QFILDownload
Firmware Lenovo A6000 TerbaruDownload

Cara Flash Lenovo A6000 dengan QFIL

Jika semua persyaratan diatas berhasil kamu penuhi, sekarang saatnya untuk melakukan proses flashing.

Langkah ke-1. Pastikan driver Qualcomm sudah diapasang, jika belum, maka klik link yang di atas untuk melihat cara install driver Qualcomm di laptop/PC milikmu.

Tidak lupa juga ekstrak file Stock ROM Lenovo A6000.

Langkah ke-2. Ekstrak QFIL Tool dan buka aplikasi QFIL.

Membuka QFIL Tool - TutorAplikasi

Langkah ke-3. Setelah aplikasi terbuka, kamu akan menemui tampilan seperti di bawah ini.

Tampilan QFIL untuk flash Qualcomm - TutorAplikasi

Langkah ke-4. Setelah itu, matikan ponsel Lenovo A6000 milikmu hingga benar-benar mati, lalu tahan tombol Volume Up atau Volume Down sambil colokkan dengan kabel USB ke komputer.

Coba terlebih dahulu tombol Volume Up dan tahan lalu colokkan ke komputer, jika tidak bisa, maka coba tahan tombol Volume Down.

Langkah ke-5. Jika driver sudah terpasang secara benar, maka Port akan muncul seperti gambar di bawah.

HP suskses konek di QFIL - TutorAplikasi

Langkah ke-6. Dalam aplikasi QFIL, pilih Flat Build.

Memilih Flat Build pada aplikasi QFIL Tool - TutorAplikasi

Langkah ke-7. Kemudian pilih Browse dan pilih lokasi file firmware yang sudah diekstrak. Pilih file dengan format (.mbn)

Advertisement
Cara Flash Lenovo di QFIL Tool

Langkah ke-8. Setelah itu pilih Load XML dan arahkan ke folder hasil ekstrak firmware untuk memilih file “rawprogram_unsparse.xml” dan “patch0.xml”

Memilih Load XML QFIL

Langkah ke-9. Klik Download untuk memulai proses flash Lenovo A6000.

Note: Jika tombol Download tidak dapat ditekan, itu menandakan bahwa ponselmu belum terdeteksi. Hal yang bisa kamu coba adalah restart PCmu atau coba untuk mengkoneksikan kembali ponsel dengan cara di atas.

Advertisement

Langkah ke-10. Proses flash ini berlangsung bisa cukup lama, yakni 10 hingga 15 menit.

Setelah proses flash berakhir, ponselmu akan reboot dengan sendirinya dan kamu dapat mencabut kabel USB dari PC milikmu.

Begitulah cara flash Lenovo A6000 via QFIL dengan PC. Baca juga artikel hp lainnya seperti :

Advertisement

author foto

Penulis di https://tutoraplikasi.com/ dari Lamongan, Jawa Timur

Leave a Comment