Cara Mudah Flash Lenovo Z5 Hanya 10 Menit

Last Updated on

Cara Mudah Flash Lenovo Z5

Cara Flash Lenovo Z5 – Sebenarnya, selain dapat memperbaiki beragam masalah software dalam smartphone Lenovo Z5, flashing juga dapat digunakan untuk hal lain. Contohnya adalah mengupdate sistem operasi menjadi lebih baru atau sekedar mencoba custom ROM baru yang berbeda dari ROM / Firmware aslinya. Disini juga sudah saya sediakan link download untuk ROM / firmware Lenovo Z5 yang terdapat dibawah ini.

Lenovo Z5 adalah seri smartphone Z terbaru dari Lenovo yang baru diumumkan di China pada bulan Juni 2018 ini. Pada awal perkenalannya, Lenovo sempat sesumbar bahwa smartphone ini akan memiliki desain yang bersih, yang berarti bezel tipis. Namun sepertinya, hal itu tidak urung terjadi sebab bezel dari smartphone ini masih terlihat cukup besar.

Masih dalam kategori layar, Lenovo Z5 sudah mengadopsi rasio layar 18:9 dengan resolusi FHD atau 2246 x 1080 piksel. Bentang layar sendiri terkesan jumbo, sebab memiliki lebar 6,2 inci. Layar ini diklaim sudah terdapat perlindungan Corning Gorilla Glass, namun masih belum jelas versi berapa.

Selain melindungi layar, Corning Gorilla Glass juga dikabarkan terdapat di sisi belakang smartphone alias bagian cover belakang. Untuk mengakomodasi kebutuhan konsumen, Lenovo Z5 menggunakan prosesor dari Qualcomm yakni seri Snapdragon 636 yang berjalan pada Octa-core 1.8 GHz Kyro 260.

Untuk mendukung kinerja grafisnya, prosesor ini dilengkapi dengan GPU Adreno 509. Sementara ini, Lenovo Z5 hanya memiliki dua varian, yakni versi RAM 6GB dengan storage 64 GB dan 128 GB. Sedangkan untuk mendukung aktifitas fotografi, Lenovo Z5 menggunakan dual camera di bagian belakang.

Dua kamera tersebut memiliki resolusi 16 MP dan 8 MP serta dilengkapi dengan dual-LED Flash. Untuk kamera depannya sendiri, Lenovo Z5 memiliki kamera dengan resolusi 8 MP. Lenovo kembali mengklaim bahwa kamera yang dimiliki Z5 mampu merekam video dengan resolusi 4K dan dilengkapi dengan AI seperti kebanyakan smartphone fotografi lainnya.

Baca Juga :  Cara Root Samsung Galaxy S9 Dan Install TWRP Recovery

Lenovo Z5 sendiri dibekali dengan baterai berukuran 3.300 mAh dan berjalan pada ZUI 4.0 yang berbasis pada Android 8.1 Oreo. Smartphone ini terdiri dari 3 pilihan warna, yakni Black, Blue dan Aurora serta dijual pada rentang harga 2,8 juta Rupiah untuk varian terendahnya.

Selain itu, tidak seperti smartphone dengan rentang harga 2 jutaan lainnya, Lenovo Z5 sudah menggunakan USB dengan Type-C seperti kebanyakan smartphone flagship vendor lain.

Sedangkan proses flashing Android sendiri dapat diartikan sebagai install ulang jika diterapkan pada komputer atau laptop. Flashing ini biasa digunakan untuk memperbaiki berbagai masalah seperti :

  • Ponsel Lenovo Z5 yang bootloop.
  • Ponsel Lenovo Z5 yang lupa kata sandi.
  • Ponsel Lenovo Z5 yang restart sendiri.
  • Ponsel Lenovo Z5 yang hank atau
  • Ponsel Lenovo Z5 yang mati total alias hardbrick.

Sebenarnya berbagai masalah diatas bisa disebabkan oleh penggunanya sendiri atau dan sebagian kecil saja karena kesalahan sistem. Dan jika terjadi masalah seperti yang disebutkan diatas, maka flashing diperlukan untuk memperbaikinya.

Sebelum melakukan proses flashing Lenovo Z5, maka perhatikan beberapa persyaratan dibawah ini.

  • Saya sarankan untuk melakukan proses Backup data terlebih dahulu karena proses ini akan menghilangkan semua data di dalam ponsel.
  • Baterai ponsel harus lebih dari 50% agar proses bisa berjalan dengan lancar.
  • Download semua file dibawah ini.
Nama File Link Download
Lenovo Driver Download
Lenovo Downloader Download
Stock ROM Lenovo Z5 Terbaru Download

ROM diatas merupakan ROM versi global, jadi sudah terdapat Bahasa Indonesia di dalamnya.

Jika semua persyaratan diatas berhasil sobat penuhi, sekarang saatnya untuk melakukan proses flashing.

Langkah ke-1. Ektrak file yang sudah didownload diatas dan install USB Drivernya ke dalam komputer sobat.

Baca Juga :  Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 6 Pro (Sukses 100%)

Langkah ke-2. Buka aplikasi Lenovo Downloader dengan cara klik kanan QcomDLoader.exe dan pilih Run As Administrator.

Langkah ke-3. Setelah aplikasi terbuka, pilih “Browse” atau klik pada gambar gear seperti di gambar.

Cara Mudah Flash Lenovo

Langkah ke-4. Kemudian arahkan ke dalam folder hasil ekstrak firmware yang sudah di download tadi.

Langkah ke-5. Setelah itu klik tombol Play seperti di gambar.

Cara Mudah Flash Lenovo

Langkah ke-6. Sekarang, matikan ponsel Lenovo Z5 sobat dan hubungkan ke dalam PC.

Langkah ke-7. Tunggu sebentar, nanti proses flash akan berjalan secara otomatis. Proses ini berjalan kurang lebih 5 hingga 10 menit.

Langkah ke-8. Proses flash dikatakan sudah sukses jika ada pesan “Passed” pada kolom Progress. Jika sudah terdapat pesan tersebut, maka sobat dapat melepaskan ponsel Lenovo Z5.

Langkah ke-9. Cabut ponsel setelah proses flashing selesai dan tunggu ponsel Lenovo Z5 milik sobat untuk menyala kembali. Sewaktu menyalakan ini, biasanya agak lama, jadi mohon bersabar sejenak.

Setelah sobat selesai melakukan proses flashing, maka sobat dapat mencoba melakukan proses root Lenovo Z5 ini disini. Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.

Cara Mudah Flash Lenovo Z5 Hanya 10 Menit | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!