Cara Cepat dan Mudah Flash Moto M XT1663 (Hanya 10 Menit Saja!)

Last Updated on

Cara Cepat dan Mudah Flash Moto M (Hanya 10 Menit Saja!)

Cara Flash Moto M (XT1663) – Motorola atau disingkat Moto, mengeluarkan produk terbaru untuk konsumen menengah yakni Moto M setelah mereka mengeluarkan produk untuk konsumen kelas atas dalam diri Moto Z dan Moto Z Play. Moto M ini mengutamakan penampilan yang stylish dengan balutan material metal unibodi dan warna yang berkilau.

Desain dari Moto M memiliki kesan yang menunjukkan ponsel mahal tanpa meniru desain dari ponsel lain. Desain dari Moto M ini terlihat solid dengan sudut yang agak lebar yang juga menandakan bahwa produk ini tidak mirip seperti kebanyakan ponsel lain dari Apple dan Samsung misalnya.

Motorola sepertinya cukup berhasil dalam mengeksekusi desain dari ponsel ini, selain tampilannya yang elegan, Moto M juga nyaman untuk digenggam dan terasa kokoh. Apalagi bodi Moto M juga dilapisi dengan nano coating yang membuat ponsel ini cukup aman dari cipratan air ataupun noda lain.

Bagian bawah ponsel diisi dengan speaker yang mengapit lubang konektor USB tipe C seperti kebanyakan ponsel sekarang. Sedangkan bagian atasnya hanya terdapat lubang jack 3.5mm. Tombol volume dan powernya sendiri terdapat di bagian kanan ponsel, sedangkan bagian kiri terdapat slot SIM dan MicroSD yang salah satunya adalah slot hybrid.

Di bagian belakang ponsel terdapat sensor fingerprint yang berada tepat dibawah kamera dan lampu LED Flash. Terdapat juga logo M khas Motorola disebelah bawahnya. Motorola memberikan layar bertipe IPS selebar 5.5 inci dengan resolusi Full HD (1080p) pada ponsel Moto M ini.

Layarnya pun dilapisi dengan kaca 2.5D yang memiliki kecerahan cukup baik saat berada di dalam maupun di luar ruangan. Untuk prosesor yang dipakai, Moto M menggunakan prosesor MediaTek Helio P15 Octa-Core 2.2 GHz dilengkapi dengan GPU Mali T860 MP2.

Sebenarnya di Indonesia ini, sama seperti India, prosesor yang digunakan agak lebih modern karena versi lain dari ponsel ini masih menggunakan Helio P10. Dari segi RAM, Moto M menggunakan RAM sebesar 4GB dan memori internal sebesar 32GB.

Baca Juga :  Cara Mudah Flash Lenovo K5 Play Hanya 10 Menit

Pada sisi kamera utama, ponsel Moto M dibekali kamera yang mempunyai resolusi 16Mp f/2.0, kamera ini dilengkapi juga dengan phase detection auto foucus dan lampu LED Flash. Sementara itu kamera depannya menggunakan sensor kamera sebesar 8MP tanpa adanya LED Flash.

Sensor yang terdapat dalam ponsel ini juga lumayan lengkap seperti Proximity, Compass, Accelerometer, Gyroscope dan Ambience. Moto M juga dibekali baterai dengan kapasitas yang cukup yakni 3050 mAh dan juga mendukung semua jaringan 4G LTE untuk semua operator di Indonesia.

Walaupun menggunakan USB Type-C, Moto M juga sudah mendukung USB OTG. Pada awalnya, Moto M masih menggunakan Android 6.0 Marshmallow, namun pihak Motoroloa akhirnya meuncurkan update untuk Moto M ke Android 7.0 Nougat.

Moto M ini dijual di Indonesia dengan rentang harga 2 Jutaan dan dijual di banyak toko – toko online.

Cara Flash Motorola Moto M XT1663

Sedangkan proses flashing Android sendiri dapat diartikan sebagai install ulang jika diterapkan pada komputer atau laptop. Flashing ini biasa digunakan untuk memperbaiki berbagai masalah seperti

  • Ponsel Moto M XT1663 yang bootloop.
  • Ponsel Moto M XT1663 yang lupa kata sandi.
  • Ponsel Moto M XT1663 yang restart sendiri.
  • Ponsel Moto M XT1663 yang hank atau
  • Ponsel Moto M XT1663 yang mati total alias hardbrick.

Sebenarnya berbagai masalah diatas bisa disebabkan oleh penggunanya sendiri atau dan sebagian kecil saja karena kesalahan sistem. Dan jika terjadi masalah seperti yang disebutkan diatas, maka flashing diperlukan untuk memperbaikinya.

Sebenarnya, selain dapat memperbaiki beragam masalah software dalam ponsel Moto M XT1663, flashing juga dapat digunakan untuk hal lain. Contohnya adalah mengupdate sistem operasi menjadi lebih baru atau sekedar mencoba custom ROM baru yang berbeda dari ROM / Firmware aslinya.

Walaupun sebenarnya proses flashing Moto M XT1663 sendiri tidaklah sulit, sobat yang ingin mencobanya harus lebih teliti lagi karena jika salah memilih firmware bisa jadi ponsel sobat tidak bisa dinyalakan lagi, atau biasa disebut dengan istilah bootloop.

Untuk itulah, sobat harus teliti dalam memilih firmware, perhatikan tipe ponsel milik sobat dan sesuaikan dengan firmware yang akan didownload untuk diflash. Serta jika sobat mencoba custom ROM, maka perhatikan dulu komentar orang – orang di dalam forum yang sudah mencobanya, apakah komentarnya positif atau justru negatif.

Baca Juga :  Cara Mudah Root Xiaomi Redmi 4a "Rolex" (Sukses 100%) Dan Install TWRP Recovery

ROM yang saya sediakan disini merupakan ROM versi global, jadi kemungkinan besar terdapat Bahasa Indonesia. Sebelum melakukan proses flashing Moto M XT1663, maka perhatikan beberapa persyaratan dibawah ini.

Jika semua persyaratan diatas berhasil sobat penuhi, sekarang saatnya untuk melakukan proses flashing.

Langkah ke-1. Ektrak file yang sudah didownload diatas dan install MTK Drivernya ke dalam komputer sobat.

Langkah ke-2. Buka aplikasi SP Flashtool dengan cara klik kanan flashtool.exe dan pilih Run As Administrator.

Langkah ke-3. Setelah aplikasi terbuka, pilih scatter loading dan pilih file firmware yang sudah didownload dan diekstrak tadi.

Cara Flash Oppo F1s Selfie Expert (A1601) Sukses 100% dan Download Firmware

Memilih Firmware

Langkah ke-4. Kemudian di mode ‘Download’, pilih yang Download Only dan klik ikon Download.

Cara Flash Oppo F1s Selfie Expert (A1601) Sukses 100% dan Download Firmware

Memilih mode ‘Download Only’

Langkah ke-5. Seteelah itu, matikan ponsel Moto M milik sobat dan colokkan dengan kabel USB ke komputer.

Langkah ke-6. Ponsel Moto M sobat secara otomatis akan terdeteksi jika sobat melakukan tutorial ini dengan benar dan SP Flashtool secara otomatis juga melakukan proses flashing.

Langkah ke-7. Setelah proses flashing selesai dan sukses, maka akan ada notifikasi ‘Download OK’ seperti yang nampak di gambar bawah ini.

Cara Flash Oppo F1s Selfie Expert (A1601) Sukses 100% dan Download Firmware

Proses flashing sukses

Langkah ke-8. Cabut ponsel setelah proses flashing selesai dan tunggu ponsel Moto M milik sobat untuk menyala kembali. Sewaktu menyalakan ini, biasanya agak lama, jadi mohon bersabar sejenak.

Setelah sobat selesai melakukan proses flashing, terutama untuk ROM A.64, maka sobat dapat mencoba melakukan proses root Moto M. Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.

Cara Cepat dan Mudah Flash Moto M XT1663 (Hanya 10 Menit Saja!) | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!