Cara Mudah Flash Moto G5s Plus (Sukses 100%) Hanya 10 Menit Saja

Last Updated on

Cara Flash Motorola Moto G5s Plus (Sukses 100%) Hanya 10 Menit Saja

Cara Flash Motorola Moto G5s Plus (Sanders) – Sebenarnya, selain dapat memperbaiki beragam masalah software dalam ponsel Moto G5s Plus (Sanders), flashing juga dapat digunakan untuk hal lain. Contohnya adalah mengupdate sistem operasi menjadi lebih baru atau sekedar mencoba custom ROM baru yang berbeda dari ROM / Firmware aslinya. Dibawah ini sudah saya sediakan link download untuk ROM / firmware versi Global Moto G5s Plus (Sanders).

Moto G5s Plus merupakan smartphone Android yang memiliki spesifikasi mirip dengan smartphone terbaru Xiaomi, yakni Mi A1. Keudanya memang mengandalkan kamera ganda sebagai nilai jual utamanya. Seperti halnya smartphone Motorola lainnya, desain dari Moto G5s Plus ini terlihat menawan dengan bodi yang terbuat dari bahan metal dan kamera yang sedikit menonjol keluar khas  smartphone Motorola lainnya.

Selain kamera, bagian belakang dari smartphone ini cenderung polos, karena hanya terdapat logo Motorola di bagian tengahnya, sedangkan di bagian depan hanya ada tombol home yang juga berfungsi ganda sebgai sensor fingerprint atau sidik jari.

Layar Moto G5s Plus mengusung resolusi FHD dengan bentang 5.5 inchi dan berat yang cukup ringan, yakni 155 gram. Namun sayang, tidak seperti smartphone lainnya yang saat ini sudah menggunakan port USB tipe C, Moto G5s Plus masih menggunakan port microUSB, namun Motorola juga membenamkan fitur NFC di dalamnya.

Di Indonesia sendiri, Moto G5s Plus tersedia dalam dua pilihan warna yaitu Fine Gold dan Lunar Grey. Kamera ganda di belakang yang menjadi senjata smartphone ini memiliki resolusi masing – masing 13 megapixel yang dapat menghasilkan foto kualitas jempolan.

Bahkan, efek blur dan fokus dapat diatur setelah foto dijepret dan sobat juga dapat mengganti background foto sesuai dengan keinginan. Sedangkan kamera depannya menggunakan resolusi 8 megapixel dilengkapi flash serta modus Panoramic Selfie.

Baca Juga :  Cara Root Xiaomi Mi 8 dan Install TWRP Recovery

Untuk jeroannya, Moto G5s Plus dilengkapi juga dengan RAM sebesar 4 GB dan memori internal 64 GB serta prosesor Snapdragon 625 dan Android 7.1.1 Nougat. Motorola juga membenamkan baterai yang cukup besar yakni 3.000 mAh dan pastinya sudah support 4G LTE di Indonesia.

Smartphone ini dibandrol sebesar Rp 2.999.000 secara online dan retail. Dan selama 5 hari, ribuan smartphone ini sudah ludes terjual menunjukkan minat besar masyarakat Indonesia.

Sedangkan proses flashing Android sendiri dapat diartikan sebagai install ulang jika diterapkan pada komputer atau laptop. Flashing ini biasa digunakan untuk memperbaiki berbagai masalah seperti

  • Ponsel Moto G5s Plus (Sanders) yang bootloop.
  • Ponsel Moto G5s Plus (Sanders) yang lupa kata sandi.
  • Ponsel Moto G5s Plus (Sanders) yang restart sendiri.
  • Ponsel Moto G5s Plus (Sanders) yang hank atau
  • Ponsel Moto G5s Plus (Sanders) yang matot / mati total alias hardbrick.

Sebenarnya berbagai masalah diatas bisa disebabkan oleh penggunanya sendiri atau dan sebagian kecil saja karena kesalahan sistem. Dan jika terjadi masalah seperti yang disebutkan diatas, maka flashing diperlukan untuk memperbaikinya.

Sebelum melakukan proses flashing Moto G5s Plus (Sanders), maka perhatikan beberapa persyaratan dibawah ini.

  • Saya sarankan untuk melakukan proses Backup data terlebih dahulu karena proses ini akan menghilangkan semua data di dalam ponsel.
  • Baterai ponsel harus lebih dari 50% agar proses bisa berjalan dengan lancar.
  • Download semua file dibawah ini.
Nama File Link Download
Minimal ADB Fastboot Download
Stock ROM Moto G5s Plus (Sanders) Terbaru DownloadMirror 1

ROM diatas merupakan ROM versi global, jadi sudah terdapat Bahasa Indonesia di dalamnya.

Jika semua persyaratan diatas berhasil sobat penuhi, sekarang saatnya untuk melakukan proses flashing. Perhatikan baik – baik tutorial di bawah ini dengan seksama.

Langkah#1. Install Minimal ADB Driver ke dalam PC.

Baca Juga :  Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 6 Pro (Sukses 100%)

Langkah#2. Ekstrak file ROM yang sudah di download ke dalam folder tempat Minimal ADB diinstal. Biasanya terletak di C:/Program Files(x86)/Minimal ADB and Fastboot.

Langkah#3. Dalam folder tersebut, tahan tombol SHIFT dan klik kanan pada area yang kosong dan pilih “open command window here”. Jendela CMD akan muncul setelahnya.

Langkah#4. Kemudian reboot ponsel ke mode fastboot dengan cara tekan dan tahan tombol volume kebawah dan power secara bersamaan. Setelah itu koneksikan ponsel ke PC.

Langkah#5. Untuk mengetes apakah ponsel sobat sudah benar – benar terdeteksi oleh PC dalam keadaan fastboot, coba ketik perintah berikut di dalam jendela CMD tadi.

fastboot devices

cek status bootloader

Ponsel terdeteksi jika ada angka dan huruf random muncul di dalam jendela cmd seperti gambar diatas.

Langkah#6. Setelah memastikan bahwa ponsel sudah terhubung, maka ketik perintah berikut satu persatu, ketik secara teliti setiap perintahnya, jangan ada yang salah.

fastboot oem fb_mode_set
fastboot flash partition gpt.bin
fastboot flash bootloader bootloader.img
fastboot flash logo logo.bin
fastboot flash boot boot.img
fastboot flash recovery recovery.img
fastboot flash dsp adspso.bin
fastboot flash oem oem.img
fastboot flash system system.img_sparsechunk.0
fastboot flash system system.img_sparsechunk.1
fastboot flash system system.img_sparsechunk.2
fastboot flash system system.img_sparsechunk.3
fastboot flash system system.img_sparsechunk.4
fastboot flash modem NON-HLOS.bin
fastboot erase modemst1
fastboot erase modemst2
fastboot flash fsg fsg.mbn
fastboot erase cache
fastboot erase userdata
fastboot erase customize
fastboot erase clogo
fastboot oem fb_mode_clear
fastboot reboot

Setelah semua perintah diketik dengan teliti, maka ponsel Motorola G5s sobat akan reboot sendiri dan berhasil mengatasi apapun masalah yang sebelumnya terjadi pada ponsel sobat. Ingat, proses reboot ini akan memakan waktu yang lumayan lama, jadi mohon bersabar.

Jika sobat menginginkan untuk root ponsel ini, maka klik untuk melihat tutorial root Moto G5s Plus dan juga tidak ketinggalan untuk cara unlock bootloader Moto G5s Plus. Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.

Cara Mudah Flash Moto G5s Plus (Sukses 100%) Hanya 10 Menit Saja | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!