Cara Flash Oppo F1s Selfie Expert (A1601) Sukses 100% dan Download Firmware

Last Updated on

Cara Flash Oppo F1s Selfie Expert (A1601) Sukses 100% dan Download Firmware

Cara Flash Oppo F1s Selfie Expert (A1601) – Oppo F1s adalah ponsel dari Oppo yang dirilis pada awal bulan Agustus 2016 lalu. Ponsel ini memiliki nama belakang “Selfie Expert” dan sesuai dengan namanya, ponsel ini memang memiliki keunggulan di sektor selfie.

Oppo F1s sendiri sebenarnya suksesor dari Oppo F1 yang sudah dirilis pada awal tahun 2016. Dari segi desain, tidak banyak yang berubah dari Oppo F1s, masih dengan desain unibodinya yang tipis dan seksi serta menggunakan material logam. Dengan ukuran yang pas digenggam, Oppo F1 s menjadi ponsel yang tidak hanya slim namun juga nyaman ketika digunakan.

Di bagian ponsel belakang terdapat kamera yang ditemani dengan flash disebelah kirinya serta terdapat tulisan oppo sebelah bawahnya. Sedangkan di bagian depan atas terdapat kamera depan, speaker dan juga LED flash. Di bagian bawah, terdapat tombol Home yang juga difungsikan sebagai fingerprint.

Di sebelah kiri dan kanan tombol Home tersebut terdapat ‘tombol’ untuk mengaktifkan fitur ‘Always On’ yang memungkinkan sobat untuk melihat notofikasi, jadwal dan jam tanpa menyalakan ponsel. Sedangkan di sisi bawah ponsel terdapat speaker, port audio dan port microUSB, speaker di bagian bawah ini terdapat dua buah yang terletak di samping kiri dan kanan port microUSB.

Sebelah kanan ponsel terdapat tombol power, sedangkan sisi kirinya terdapat tombol volume. Oppo F1s memiliki bentang layar selebar 5.5 inch dengan resolusi Full HD dan menggunakan jenis layar IPS yang telah dilapisi Corniing Gorilla Glass 4. Afak disayangkan memamng karena tidak seperti ponsel Oppo F1 sebelumnya yang sudah menggunakan layar berjenis AMOLED.

Dari segi prosesor, ponsel ini dipersenjatai dengan proses MediaTek MT6750 octa-core 1.5 GHz Cortex-A53, GPU Mali T-860MP2, RAM 3 GB dan memori internal sebesar 32 Gb yang masih dapat diekspansi lagi menjadi 256 GB.

Di sektor kamera utama, Oppo membenamkan sensor kamera beresolusi 13 MP dengan bukaan f/2.2 serta dilengkapi dengan fitur phase detection autofocus dan LED Flash. Sedangkan untuk kamera depan yang menjadi keunggulan utama memiliki resolusi sebesar 16 MP dengan bukaan f/2.0 dan ukuran sensornya yang terbilang besar yakni 1/3.1 inch.

Kedua kamera dari ponsel Oppo ini memiliki kualitas yang sama baiknya dengan tingkat detail dan kecerahan yang pas. Sedangkan di kamera depannya, kualitasnya tidak perlu dipertanyakan apalagi jika menggaktifkan fitur Beautification. Apalagi adanya lampu LED Flash akan membantu sobat yang memotret dalam keadaan agak gelap. Disisi baterai, ponsel ini memiliki kapasitas sebesar 3075 mAh yang diklaim dapat tahan seharian.

Sensor yang dimiliki ponsel Oppo F1s ini terbilang standar saja, yakni Distance sensor, G-sensor, Light sensor dan E-compass. Selain itu, ponsel ini juga sudah mendukung penggunakan USB OTG. Di dalam paket penJualannya, Oppo memberikan sebuah soft case gratis bagi sobat.

Sedangkan proses flashing Android sendiri dapat diartikan sebagai install ulang jika diterapkan pada komputer atau laptop. Flashing ini biasa digunakan untuk memperbaiki berbagai masalah seperti

  • Ponsel Oppo F1s Selfie Expert (A1601) yang bootloop.
  • Ponsel Oppo F1s Selfie Expert (A1601) yang lupa kata sandi.
  • Ponsel Oppo F1s Selfie Expert (A1601) yang restart sendiri.
  • Ponsel Oppo F1s Selfie Expert (A1601) yang hank atau
  • Ponsel Oppo F1s Selfie Expert (A1601) yang mati total alias hardbrick.

Sebenarnya berbagai masalah diatas bisa disebabkan oleh penggunanya sendiri atau dan sebagian kecil saja karena kesalahan sistem. Dan jika terjadi masalah seperti yang disebutkan diatas, maka flashing diperlukan untuk memperbaikinya.

Sebenarnya, selain dapat memperbaiki beragam masalah software dalam ponsel Oppo F1s Selfie Expert (A1601), flashing juga dapat digunakan untuk hal lain. Contohnya adalah mengupdate sistem operasi menjadi lebih baru atau sekedar mencoba custom ROM baru yang berbeda dari ROM / Firmware aslinya.

Walaupun sebenarnya proses flashing Oppo F1s Selfie Expert (A1601) sendiri tidaklah sulit, sobat yang ingin mencobanya harus lebih teliti lagi karena jika salah memilih firmware bisa jadi ponsel sobat tidak bisa dinyalakan lagi, atau biasa disebut dengan istilah bootloop.

Untuk itulah, sobat harus teliti dalam memilih firmware, perhatikan tipe ponsel milik sobat dan sesuaikan dengan firmware yang akan didownload untuk diflash. Serta jika sobat mencoba custom ROM, maka perhatikan dulu komentar orang – orang di dalam forum yang sudah mencobanya, apakah komentarnya positif atau justru negatif.

Sebelum melakukan proses flashing Oppo F1s Selfie Expert (A1601), maka perhatikan beberapa persyaratan dibawah ini.

  • Saya sarankan untuk melakukan proses Backup data terlebih dahulu karena proses ini akan menghilangkan semua data di dalam ponsel.
  • Baterai ponsel harus lebih dari 50% agar proses bisa berjalan dengan lancar.
  • Download semua file dibawah ini kecuali RStock ROM, pilih satu saja. Sobat dapat memilih ROM terbaru yang sudah versi 7.0 alias Nougat namun belum dapat diroot atau ROM A.24 yang dapat diroot.
Nama File Link Download
MTK USB Driver Download
SP Flashtool Download
Stock ROM Oppo F1s (A1601) Terbaru Download
Stock ROM Oppo F1s (A1601) A.24 Download

Jika semua persyaratan diatas berhasil sobat penuhi, sekarang saatnya untuk melakukan proses flashing.

Langkah ke-1. Ektrak file yang sudah didownload diatas dan install USB Drivernya ke dalam komputer sobat.

Langkah ke-2. Buka aplikasi SP Flashtool dengan cara klik kanan flashtool.exe dan pilih Run As Administrator.

Langkah ke-3. Setelah aplikasi terbuka, pilih scatter loading dan pilih file firmware yang sudah didownload dan diekstrak tadi.

Cara Flash Oppo F1s Selfie Expert (A1601) Sukses 100% dan Download Firmware

Memilih Firmware

Langkah ke-4. Kemudian di mode ‘Download’, pilih yang Download Only dan klik ikon Download.

Cara Flash Oppo F1s Selfie Expert (A1601) Sukses 100% dan Download Firmware

Memilih mode ‘Download Only’

Langkah ke-5. Seteelah itu, matikan ponsel Oppo F1s milik sobat dan colokkan dengan kabel USB ke komputer.

Langkah ke-6. Ponsel Oppo sobat secara otomatis akan terdeteksi jika sobat melakukan tutorial ini dengan benar dan SP Flashtool secara otomatis juga melakukan proses flashing.

Langkah ke-7. Setelah proses flashing selesai dan sukses, maka akan ada notifikasi ‘Download OK’ seperti yang nampak di gambar bawah ini.

Cara Flash Oppo F1s Selfie Expert (A1601) Sukses 100% dan Download Firmware

Proses flashing sukses

Langkah ke-8. Cabut ponsel setelah proses flashing selesai dan tunggu ponsel Oppo F1s milik sobat untuk menyala kembali. Sewaktu menyalakan ini, biasanya agak lama, jadi mohon bersabar sejenak.

Setelah sobat selesai melakukan proses flashing, terutama untuk ROM A.64, maka sobat dapat mencoba melakukan proses root Oppo F1s. Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.

Cara Flash Oppo F1s Selfie Expert (A1601) Sukses 100% dan Download Firmware | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!