Cara Flash Samsung Galaxy J7 Prime SM-G610F (Sukses 100%) dan Download Firmware

Last Updated on

Cara flashing Samsung Galaxy terbaru

Cara Flash Samsung Galaxy J7 Prime – Samsung J7 Prime adalah salah satu seri Samsung J Prime yang dirilis di Indonesia bersama dengan Galaxy J2 Prime dan J5 Prime. J7 Prime sendiri merupakan varian paling tinggi diantara ketiga ponsel J Prime ini. Namun desain ponsel ini terlihat sangat mirip dengan desain ponsel pintar Samsung lainnya dan bagi sebagian orang pasti sulit membedakan ponsel ini dengan ponsel Samsung yang lain.

Namun berbeda dengan J2 Prime, J7 Prime ini memiliki desain unibodi yang artinya cover bagian belakang tidak dapat dibuka. Sayangnya bahan yang dipilih Samsung kali ini agak licin saat dipegang. Dan sesuai dengan ciri khas Samsung, sebuah tombol home ditengah dan back serta menu terdapat di bagian depan.

Di sisi kirinya terdapat tombol volume atas / bawah dan terdapat juga dua buah slot SIM. Slot pertama hanya bisa menampung satu SIM sedengkan slot keduanya dapat diisi SIM dan microSD secara terpisah.

Sedangkan di bagian kanannya terdapat tombol power, dan di bagian bawahnya terdapat jack audio 3.5mm dan port micro USB, tidak ada hal yang menarik secara fisik di ponsel ini karena memang dari desainnya, tidak ada perubahan dari seri ponsel lama Samsung.

Untuk bagian layar, Samsung Galaxy J7 Prime memakai layar sebesar 5.5 inci dengan resolusi Full HD (1080p). Namun sayang sekali, layarnya hanya memakai TFT, tidak memakai Super AMOLED yang dapat menampilkan kualitas layar lebih baik lagi.

Dan walaupun ponsel ini mengusung nama Prime, prosesor yang digunakannya masih sama seperti seri J7 biasa, yakni prosesor Exynos 7870 octa-core dengan kecepatan 1.6 GHz. Sementara untuk mendukungnya, terdapat GPU Mali-T830MP2. Sedangkan RAMnya berkapastias 3 GB dan memori internal 32 GB. Kapasitas 3 GB ini dapat dikatakan standar minimal bagi ponsel sekelas Galaxy J7 Prime.

Di sektor kamera belakang, Samsung menanamkan sensor 13 MP dengan bukaan lensa f/1.9 serta LED Flash sedangkan kamera depannya menggunakan sensor 8 MP dengan bukaan lensa yang sama. Baterai ponsel ini berkapasitas 3300 mAh yang dapat digunakan seharian dengan penggunaan standar.

Namun sayangnya, sensor yang dimiliki ponsel ini terbilang minim. Selain fingerprint, cuma ada sensor accelerometer dan proximity sensor yang menemani. Walaupun begitu, ponsel ini masih dapat perhatian dari Samsung terbukti dari dapat diupgradenya sistem operasi ini dari versi 6.0 (Marshmallow) ke versi 7.0 (Nougat).

Baca Juga :  Cara Paling Mudah Install Driver Qualcomm Di Windows 7/8/10 32-bit dan 64-bit

Sedangkan proses flashing Android biasa disebut sebagai instal ulang jika diartikan pada komputer atau laptop. Flashing ini biasa digunakan untuk memperbaiki berbagai masalah seperti smartphone yang bootloop, smartphone yang lupa kata sandi, smartphone yang restart sendiri, smartphone yang hank atau smartphone yang mati total alias hardbrick.

Sebenarnya berbagai masalah diatas bisa disebabkan oleh penggunanya sendiri atau terkadang karena kesalahan sistem. Jika terjadi masalah seperti yang disebutkan diatas, maka flashing diperlukan untuk memperbaikinya.

Sebenarnya, selain dapat memperbaiki beragam masalah software dalam ponsel, flashing juga dapat digunakan untuk hal lain. Contohnya adalah mengupdate sistem operasi menjadi lebih baru atau sekedar mencoba custom ROM baru yang berbeda dari ROM / Firmware aslinya.

Walaupun sebenarnya proses flashing sendiri tidaklah sulit, sobat yang ingin mencobanya harus lebih teliti lagi karena jika salah memilih firmware bisa jadi ponsel sobat tidak bisa dinyalakan lagi, atau biasa disebut dengan istilah bootloop.

Untuk itulah, sobat harus teliti dalam memilih firmware, perhatikan tipe hp milik sobat dan sesuaikan dengan firmware yang akan didownload untuk diflash. Serta jika sobat mencoba custom ROM, maka perhatikan dulu komentar orang – orang di forum yang sudah mencobanya, apakah komentarnya positif atau malah negatif.

Sebelum sobat melakukan flashing Samsung Galaxy J7 Prime, lebih baik siapkan dulu bahan – bahan berikut untuk didownload

Cara Flash Samsung Galaxy J7 Prime SM-G610F dengan Odin Terbaru

1. Masuk ke Downloading Mode

Pertama, sobat harus masuk ke download mode caranya yakni:

  • Matikan ponsel Samsung Galaxy J7 Prime milik sobat terlebih dahulu.
  • Kemudian tekan dan tahan tombol home + power + volume kebawah secara bersamaan hingga muncul tampilan mode downloading seperti di bawah ini.
Cara Mudah Root Samsung Galaxy terbaru

Tampilan download mode

  • Kemudian tekan tombol volume keatas untuk masuk kedalam downloading mode.
Baca Juga :  Cara Flash Xiaomi Mi A2 Lite (Hanya 10 Menit) Sukses 100%

2. Flash File Fimrware / ROM Terbaru

Setelah masuk ke mode downloading, colokkan ponsel Samsung Galaxy J7 Prime sobat yang sudah masuk ke mode downloading tadi ke komputer dengan menggunakan kabel USB. Kemudian ikuti langkah – langkah berikut:

  • Ekstrak file Odin yang sudah didownload jika belum dan buka Odin dengan klik kanan kemudian pilih “Run Administrator”.
  • Setelah Odin terbuka, tunggu sebentar hingga Odin mengenali ponsel Samsung Galaxy J7 Prime milik sobat. Coba lihat dibagian kiri Odin, jika terdapat tulisan “Added” berarti Galaxy J7 Prime sobat sudah terbaca dengan benar.
  • Namun jika tidak ada, maka kemungkinan besar Samsung driver tidak terinstall dengan baik atau yang lebih parahnya sobat lupa belum menginstalnya.

Ponsel berhasil dideteksi oleh Odin

  • Ekstrak file firmware yang sudah didownload. Kemudian masukkan filenya ke dalam Odin dengan cara mencocokkan nama file dengan tombol yang ada di aplikasi Odin. Contohnya:
    • Klik BL kemudian pilih file dengan awalan nama BL.
    • Klik AP kemudian pilih file dengan awalan nama AP.
    • Klik CP kemudian pilih file dengan awalan nama CP.
    • Klik CSC kemudian pilih file dengan awalan nama CSC. Pilih yang CSC saja, jangan yang HOME CSC.
    • Jika masih bingung, coba sobat perhatikan gambar berikut, pasti langsung paham.
Cara flashing Samsung Galaxy Terbaru

Contoh cara memasukkan file firmware ke aplikasi Odin

  • Pastikan re-partition tidak tercentang.
  • Setelah itu klik Start untuk memulai proses flash ROM ke dalam Samsung Galaxy J7 Prime.
  • Tunggu sebentar, jika semua sudah berhasil maka akan ada pesan “PASS” di Odin dan jika gagal ada pesan “Failed”. Jika sobat gagal, maka kemungkinan besar file firmware yang didownload tadi korup, maka coba download lagi dan ulangi langkah – langkah seperti diatas sekali lagi.
Cara Root Samsung Galaxy

Proses flash sukses

Jika pada saat selesai flash, sobat mengalami bootloop maka coba untuk melakukan factory reset di recovery mode. Caranya pertama buka recovery mode (matikan ponsel lalu tekan dan tahan tombol Home + Power + Volume ke atas). Kemudian setelah memasuki recovery mode, pilih Wipe Data / Factory Reset. Lalu restart ponsel Galaxy J7 Prime sobat dan tunggu.

Itulah cara untuk flashing Samsung Galaxy J7 Prime terbaru dan mudah dilakukan bahkan bagi sobat yang belum memiliki pengalaman dalam flash pun. Serta jika sobat sudah selesai flash, maka bisa mencoba untuk root Galaxy J7 Prime disini. Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.

Cara Flash Samsung Galaxy J7 Prime SM-G610F (Sukses 100%) dan Download Firmware | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!