Cara Flash Samsung Galaxy J7+ (SM-C710F) Firmware Terbaru

Bagikan :
Advertisement

Cara Flash Samsung Galaxy J7+ SM-C710 – Samsung Galaxy J7 Plus merupakan ponsel baru dari seri Galaxy J milik Samsung. Untuk melakukan flash Samsung Galaxy J7+, silakan baca artikel ini dan download firmware untuk Samsung Galaxy J7 Plus di bawah.

Ponsel ini merupakan ponsel dengan dual kamera “termurah” Samsung saat itu. Definisi termurah ini mungkin masih terbilang mahal bagi sebagian orang karena masih menyentuh angka kurang lebih 5 juta.

Cara Flash Samsung Galaxy J7 Plus - TutorAplikasi

Apalagi saat itu Samsung baru punya dua ponsel dengan kamera ganda, dan satunya adalah Galaxy Note 8. Ponsel Galaxy J7 Plus ini dibekali dengan prosesor octa-core MediaTek Helio P20 dengan RAM sebesar 4GB serta memori internal sebesar 32GB.

Ponsel ini memiliki bodi metal yang yang nyaman serta kokoh saat digenggam. Tampilannya yang berbalut full metal menjadikannya enak dipandang dan terlihat mewah.

Layarnya sendiri menggunakan Super Amoled 5.5 inci yang dapat menampilkan warna serta kualitas gambar menjadi lebih hidup lagi sehingga ketika menikmati foto atau menonton video, hasilnya akan lebih menyenangkan dan lebih enak dilihat.

Sedangkan dual kamera yang menjadi senjata utamanya menggunakan sensor dengan resolusi 13MP f/1.7 dan 5MP f/1.9 dan dilengkapi dengan flash.

Samsung mengklaim bahwa hasil foto dan video yang diambil dari dua lensa kamera Galaxy J7 Plus ini akan menjadi lebih terang walaupun dipotret dalam keadaan minim cahaya.

Untuk lebih memikat penggunanya, dual lens camera Galaxy J7 Plus memiliki efek Bokeh. Dengan efek Bokeh, anda dapat menangkap gambar yang lebih detail lagi dengan background yang blur dan diklaim hasil gambarnya selayaknya menggunakan kamera canggih milik fotografer profesional.

Untuk lebih memanjakan penggunanya, Samsung juga memberikan ditur Live Focus layaknya di Note 8, dengan fitur Live Focus anda dapat menyesuaikan tingkat blur pada saat sebelum atau sesaat memotret. Selain kamera belakang, kamera depannya juga tidak kalah canggih.

Kamera depan menggunakan sensor kamera beresolusi 16MP dengan bukaan f/1.9 serta tidak ketinggalan juga LED Flash yang dapat digunakan untuk selfie dalam kondisi minim cahaya.

Untuk lebih menghemat penggunaan data, Samsung menyediakan fitur Ultra Data Saving yang diklaim dapat mengirit penggunaan data sebanyak 50%.

Serta tidak ketinggalan juga fitur Signal Max yang berguna untuk lebih mengoptimalkan lagi sinyal yang masuk sehingga tidak perlu kuatir lagi kehilangan sinyal. Ponsel Galaxy J7 Plus hadir dengan baterai yang berukuran hanya 3000 mAh namun didukung dengan fitur keamanan finger print dan Secure Folder.

Selain itu, Samsung juga membenamkan beberapa fitur unggulan dalam ponsel ini, seperti multi Window yang memungkinkan untuk membuka dua layar sekaligus. Serta ada pula Popup Window yang dapat digunakan untuk membuka hingga 5 jendela aplikasi sekaligus.

Serta yang tidak ketinggalan, ponsel yang menjalankan Android 7.0 Nougat ini memiliki fitur dual messenger yang memungkinkan pengguna memiliki dua akun sekaligus dalam satu aplikasi messenger seperti WhatsApp, Telegram dan lainnya.

Sedangkan proses flashing Android sendiri dapat diartikan sebagai install ulang jika diterapkan pada komputer atau laptop. Flashing ini biasa digunakan untuk memperbaiki berbagai masalah seperti

  • Ponsel Galaxy J7 Plus yang bootloop.
  • Ponsel Galaxy J7 Plus yang lupa kata sandi.
  • Ponsel Galaxy J7 Plus yang restart sendiri.
  • Ponsel Galaxy J7 Plus yang hank atau.

Untuk ponsel Samsung J7 Plus yang mati total, matot alias hardbrick, sayangnya tidak bisa dengan mudah diflash seperti cara di bawah.

Sebenarnya berbagai masalah di atas bisa disebabkan oleh penggunanya sendiri atau dan sebagian kecil saja karena kesalahan sistem. Dan jika terjadi masalah seperti yang disebutkan diatas, maka flashing diperlukan untuk memperbaikinya.

Sebenarnya, selain dapat memperbaiki beragam masalah software dalam ponsel Samsung Galaxy J7+, flashing juga dapat digunakan untuk hal lain. Contohnya adalah mengupdate sistem operasi menjadi lebih baru atau sekedar mencoba custom ROM baru yang berbeda dari ROM/Firmware aslinya.

Walaupun sebenarnya proses flashing Galaxy J7+ sendiri tidaklah sulit, anda yang ingin mencobanya harus lebih teliti lagi karena jika salah memilih firmware bisa jadi ponsel anda mungkin tidak bisa dinyalakan lagi, atau biasa disebut dengan istilah bootloop.

Sebelum melakukan flashing Samsung Galaxy J7+, lebih baik siapkan dulu bahan-bahan berikut untuk didownload.

Cara Flash Samsung Galaxy J7 Plus SM-C710F dengan Odin

1. Masuk ke Downloading Mode

Pertama, anda harus masuk ke download mode Samsung, caranya yakni:

  • Matikan ponsel Samsung Galaxy J7 Plus milik anda terlebih dahulu.
  • Kemudian tekan dan tahan tombol home + power + volume ke bawah secara bersamaan hingga muncul tampilan mode downloading seperti di bawah ini.
  • Advertisement
Download Mode Samsung
  • Kemudian tekan tombol volume keatas untuk masuk kedalam downloading mode.

2. Flash File Fimrware / ROM Terbaru

Setelah masuk ke mode downloading, colokkan ponsel Samsung Galaxy J7 Plus anda yang sudah masuk ke mode downloading tadi ke komputer dengan menggunakan kabel USB. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut:

  • Ekstrak file Odin yang sudah didownload jika belum dan buka Odin dengan klik kanan kemudian pilih “Run Administrator”.
  • Setelah Odin terbuka, tunggu sebentar hingga Odin mengenali ponsel Samsung Galaxy J7 Plus milik anda. Coba lihat dibagian kiri Odin, jika terdapat tulisan “Added” berarti Galaxy J7 Plus anda sudah terbaca dengan benar.
  • Namun jika tidak ada, maka kemungkinan besar Samsung driver tidak terinstall dengan baik atau yang lebih parahnya anda lupa belum menginstalnya.
Ponsel samsung terdeteksi odin
  • Ekstrak file firmware Samsung Galaxy J7 Plus yang sudah didownload. Kemudian masukkan filenya ke dalam Odin dengan cara mencocokkan nama file dengan tombol yang ada di aplikasi Odin. Contohnya:
    • Klik BL kemudian pilih file dengan awalan nama BL.
    • Klik AP kemudian pilih file dengan awalan nama AP.
    • Klik CP kemudian pilih file dengan awalan nama CP.
    • Klik CSC kemudian pilih file dengan awalan nama CSC. Pilih yang CSC saja, jangan yang HOME CSC.
    • Jika masih bingung, coba anda perhatikan gambar berikut, pasti langsung paham.
File yang harus dimasukkan ke Odin
  • Pastikan re-partition tidak tercentang.
  • Setelah itu klik Start untuk memulai proses flash ROM ke dalam Samsung Galaxy J7 Plus.
  • Tunggu sebentar, jika semua sudah berhasil maka akan ada pesan “PASS” di Odin dan jika gagal ada pesan “Failed”. Jika anda gagal, maka kemungkinan besar file firmware yang didownload tadi korup, maka coba download lagi dan ulangi langkah – langkah seperti diatas sekali lagi.
Proses flash samsung sukses

Jika pada saat selesai flash, ponsel Samsung Galaxy J7 Plus anda mengalami bootloop, maka coba untuk melakukan factory reset di recovery mode. Caranya pertama buka recovery mode (matikan ponsel lalu tekan dan tahan tombol Home + Power + Volume ke atas).

Kemudian setelah memasuki recovery mode, pilih Wipe Data / Factory Reset. Lalu restart ponsel Galaxy J7 Plus milik anda dan tunggu.

Itulah cara untuk flashing Samsung Galaxy J7 Plus terbaru dan mudah dilakukan bahkan bagi anda yang belum memiliki pengalaman dalam flash sekalipun.

Advertisement

Serta jika anda sudah selesai flash, maka bisa mencoba untuk root Galaxy J7 Plus atau jika ternyata ponsel anda terkunci, maka ikuti cara unlock FRP Samsung Galaxy J7 Plus . Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.

Baca juga cara flash untuk ponsel Samsung lainnya :

Advertisement
author foto

Penulis di https://tutoraplikasi.com/ dari Lamongan, Jawa Timur