Home » Cara Flash Xiaomi Redmi 5A “Riva” (Hanya 10 Menit Saja)

Cara Flash Xiaomi Redmi 5A “Riva” (Hanya 10 Menit Saja)

Advertisement

Last Updated on 14 September, 2020 by Firza

Cara Flash Xiaomi Redmi 5A  – Redmi 5A adalah ponsel Xiaomi penerus dari Xiaomi Redmi 4A yang memiliki harga yang murah terjangkau. Namun seperti halnya Xiaomi Redmi 4A, Redmi 5A ini walaupun dipasarkan dengan harga yang terjangkau, spesifikasi ponsel ini bisa dibilang canggih untuk harga yang dipatoknya.

Advertisement

Desain dari Redmi 5A sendiri masih tetap sama seperti Redmi 4A dimana tombol power dan volume terletak di sebelah kanan, sedangkan sebelah kiri diisi dengan dua slot SIM yang salah satu diantaranya merupakan slot hybrid.

Cara Flash Xiaomi Redmi 5A ROM Global - TutorAplikasi

Secara keseluruhan sisi desaon masih sama dengan Redmi 4A, namun yang paling terlihat menonjol adalah material yang sekarang menggunakan material alluminium. Ukuran layar ponsel masih belum berubah, masih sama 5.0 inchi dengan resolusi HD (720p X 1280) dan kepadatan pixelnya mencapai 296 ppi.

Walaupun menggunakan desain yang sama, ponsel Redmi 4A menggunakan baterai yang lebih besar, yakni sebesar 3120 mAh dibandingkan dengan ponsel Redmi 5A yang 3080 mAh, perbedaannya memang sangat kecil hingga kemungkinan besar kamu tidak akan menyadarinya.

Dari segi kamera utama, keduanya masih sama yakni dengan resolusi 13 MP dan bukaan f/2.2 dilengkapi dengan LED Flash, namun Redmi 5A lebih unggul diakibatkan karena kamera belakang Redmi 5A sudah menggunakan PDAF dibandingkan dengan Redmi 4A yang hanya auto focus biasa.

Kamera depannya pun memiliki resolusi yang sama, yakni 5 MP namun Redmi 5A memiliki bukaan yang agak lebih kecil.

Namun sayang, Xiaomi tidak mengupdrade prosesornya sehingga prosesor yang dipakai Redmi 5A masih sama sperti Redmi 4A, yakni Snapdragon 425 Quad-core 1.4 GHz didukung dengan Adreno 308.

Kapasitas RAM yang dipakai juga masih sama, yakni sebesar 2 GB dan memori internal 16 GB, namun Redmi 5A juga mendapatkan versi RAM 3 GB yang masih belum tentu akan dirilis di Indonesia.

Untuk urusan versi Android yang dipakai, Redmi 5A lebih unggul dengan sudah mengadopsi Android 7.1.2 Nougat dan custom UI khas Xiaomi terbaru, yakni MIUI dengan versi 9.

Advertisement

Note: Baca sampai akhir terlebih dahulu setiap kalimat atau setiap cara sebelum menerapkannya di Xiaomi Redmi 5A milikmu karena kami tidak bertanggung jawab atas segala sesuatu yang mungkin terjadi. Do with your own risk.

Hal yang Bisa Diperbaiki Lewat Flash

Sedangkan proses flashing Android sendiri dapat diartikan sebagai install ulang jika diterapkan pada komputer atau laptop. Flashing ini biasa digunakan untuk memperbaiki berbagai masalah seperti:

  • Ponsel Xiaomi Redmi 5A bootloop.
  • Ponsel Xiaomi Redmi 5A lupa kata sandi.
  • Ponsel Xiaomi Redmi 5A restart sendiri.
  • Ponsel Xiaomi Redmi 5A hank atau.

Untuk ponsel Xiaomi Redmi 5A yang mati total, matot alias hardbrick, sayangnya tidak bisa dengan mudah diflash seperti cara di bawah.

Sebenarnya berbagai masalah di atas bisa disebabkan oleh penggunanya sendiri atau dan sebagian kecil saja karena kesalahan sistem. Dan jika terjadi masalah seperti yang disebutkan di atas, maka flashing diperlukan untuk memperbaikinya.

Sebenarnya, selain dapat memperbaiki beragam masalah software dalam ponsel Xiaomi Redmi 5A , flashing juga dapat digunakan untuk hal lain. Contohnya adalah mengupdate sistem operasi menjadi lebih baru atau sekedar mencoba custom ROM baru yang berbeda dari ROM / Firmware aslinya.

Walaupun sebenarnya proses flashing Xiaomi Redmi 5A sendiri tidaklah sulit, kamu yang ingin mencobanya harus lebih teliti lagi karena jika salah memilih firmware bisa jadi ponsel milikmu tidak bisa dinyalakan lagi, atau biasa disebut dengan istilah bootloop.

Download File Untuk Flash Redmi 5a

Sebelum kamu melakukan flashing Xiaomi Redmi 5A , lebih baik siapkan dulu bahan-bahan berikut untuk didownload.

Nama FileLink
Stock ROM MIUI Xiaomi Redmi 5A (MIUI 11)Download
USB Driver Xiaomi Redmi 5A (adb)Download
Mi Flash ToolDownload
Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 5ATutorial

Pilih Stock ROM yang memang ditujukan untuk Xiaomi Redmi 5A versi Global/Indonesia agar terdapat Bahasa Indonesia dalam ROM tersebut. Pastikan juga sudah mem-backup file-file yang penting dalam ponselmu.

Selain bahan-bahan yang harus didownload di atas, agar proses flash dapat berjalan dengan normal dan sukses, ponsel Redmi 5A milikmu harus dalam keadaan Unlock Bootloader.

Kamu dapat mengeceknya dengan cara sangat reboot dan lihat di bawah logo Redmi, jika ada logo kunci terbuka, maka Bootloader juga terbuka dan sebaliknya.

Advertisement

Cara Flash Xiaomi Redmi Redmi 5A (Riva)

Jika sudah yakin akan bootloader yang terbuka, maka kamu dapat mengitkuti langkah-langkah di bawah untuk melakukan proses flashing Xiaomi Redmi 5A .

Langkah #1. Install driver Xiaomi Redmi 5A dan Mi Flash Tool yang sudah didownload tadi.

Langkah #2. Ekstrak file Stock ROM Redmi 5A ke dalam PC. Usahakan membuat folder baru terlebih dahulu sebelum ekstrak untuk tempat hasil ekstrak nantinya.

Langkah #3. Buka MiFlash Tool, lalu pilih lokasi hasil ekstrak ROM dengan cara klik tombol “select” yang berada di bagian kiri aplikasi MiFlash Tool.

Cara Mudah Flash Xiaomi Redmi Note 5A "Ugg Lite" (Sukses 100%)
Memilih folder hasil ekstrak ROM

Langkah #4. Pada bagian kanan bawah aplikasi Mi Flash Tool klik menu dropdown yang terdapat beberapa pilihan tipe flash.

  • Pilih “flash_all” jika kamu ingin proses flash yang clean, alias semua data dan memori internal akan terhapus.
  • Pilih “flash_all_except_data_storage jika kamu ingin melakukan proses flash tanpa menghapus data yang terdapat di memori internal.
  • Pilih “flash_all_lock” jika kamu ingin clean install kemudian bootloader akan terkunci kembali.
Cara Mudah Flash Xiaomi Redmi Note 5A "Ugg Lite" (Sukses 100%)
Memilih tipe flash

Langkah #5. Silahkan pilih salah satu, tapi kami rekomendasikan untuk memilih “flash_all” agar ponsel Xiaomi Redmi 5A kembali bersih seperti waktu pertama kali beli.

Apalagi sebelum melakukan proses flash sudah kami ingatkan agar membackup data penting yang terdapat di dalam ponsel.

Langkah #6. Sekarang untuk ponsel, matikan Xiaomi Redmi 5A milikmu dan masuk ke mode fastboot (tekan dan tahan tombol volume bawah + power) sampai logo fastboot Xiaomi seperti dibawah ini muncul. Jika sudah muncul, maka segera lepaskan tombol tadi.

Cara Mudah Root di Xiaomi Mi A1 (sukses 100%) dan Install TWRP
Logo Fastboot Xiaomi

Langkah #7. Dalam keadaan ponsel di mode fastboot tadi, koneksikan ke PC.

Langkah #8. Kemudian pada aplikasi Mi Flash Tool, klik tombol “refresh” agar aplikasi mendeteksi ponsel Xiaomi Redmi 5A yang sudah terhubung ke PC tadi.

Advertisement
Cara Mudah Flash Xiaomi Redmi Note 5A "Ugg Lite" (Sukses 100%)
Klik “refresh” agar aplikasi mendeteksi ponsel sobat

Langkah #9. Setelah ponsel terdeteksi, klik tombol “flash” untuk memulai proses flashing.

Tunggu hingga proses berakhir dan setelah flashing ROM selesai, maka ponsel Xiaomi Redmi 5A akan restart sendiri.

Cara Mudah Flash Xiaomi Redmi Note 5A "Ugg Lite" (Sukses 100%)
Melakukan proses flash

Langkah #10. Tunggu proses restart ini, biasanya agak lama dari biasanya.

Ponsel Xiaomi Redmi 5A sobat kali ini sudah berhasil diflash dan kamu dapat mencoba untuk melakukan proses root Redmi 5A. Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.

Kamu juga bisa mencoba cara flash untuk ponsel Xiaomi lainnya :

Advertisement

author foto

Penulis di https://tutoraplikasi.com/ dari Lamongan, Jawa Timur

1 thought on “Cara Flash Xiaomi Redmi 5A “Riva” (Hanya 10 Menit Saja)”

  1. Pingback: Cara Mudah Root Xiaomi Redmi 5A "Riva" (Sukses 100%) Dan Install TWRP Recovery

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *