Cara Mudah Flash Xiaomi Redmi Note 5A “Ugg Lite” (Sukses 100%)

Last Updated on

Cara Mudah Flash Xiaomi Redmi Note 5A "Ugg Lite" (Sukses 100%)

Cara Flash Xiaomi Redmi Note 5A – Xiaomi Redmi Note 5A merupakan ponsel seri redmi terbaru dari Xiaomi yang diluncurkan pada tanggal 21 Agustus 2017 lalu di Tiongkok. Walaupun mengusung nama “Note”, ponsel ini sebenarnya suksesor dari Redmi 4A yang merupakan ponsel dari Xiaomi paling murah.

Karena merupakan suksesor dari Redmi 4A, harga ponsel ini pun murah namun masih menjajikan kualitas yang bagus layaknya Xiaomi Redmi 4A.

Desain dari ponsel ini hampir sama dengan pendahulunya, namun sekarang ukurannya menjadi agak besar mungkin saja menyesuaikan dengan nama “Note” yang disandingnya. Selain itu, kali ini materialnya terbuat dari bahan metal, tidak plastik layaknya Redmi 4A.

Xiaomi meletakkan posisi speaker Redmi Note 5A ini dibagian bawah bodi, yakni di samping port micro USB, sementara itu bagian belakang ponsel terdapat kamera dengan lampu flash LED disebelah kanannya serta sensor fingerprints di sebelah bawah tengah.

Kamera belakangnya memiliki resolusi 13MP dengan beragam fitur menarik seperti PDAF, HDR, dan low light yang dapat meningkatkan hasil kamera walaupun digunakan di tempat yang kurang terdapat cahaya.

Sementara itu, sensor kamera depan menggunakan resolusi 16MP yang disandingkan dengan lampu flash LED, namun kehadiran lampu flash LED ini hanya tersedia untuk varian Redmi Note 5A yang memiliki RAM 3GB dan 4GB.

Sedangkan untuk varian termurah Redmi Note 5A, yakni varian RAM 2GB seperti yang dirilis di Indonesia, kamera depannya hanya memiliki resolusi 5MP tanpa kehadiran lampu flash LED . Jika tadi fitur kamera yang berbeda dari varian satu ke yang lainnya, ukuran maksimal memori eksternal yang dapat digunakan masih tetap sama yakni maksimal 128GB serta ketiganya mendukung dual SIM card.

Namun lain halnya dengan memori internal, ketiga varian Redmi Note 5A memiliki kapasitas memori internal yang berbeda – beda yakni varian Redmi Note 5A global memiliki RAM 2GB dan memori internal 16GB. Sedangkan varian Prime memiliki RAM 3GB serta memori internal 32GB sedangkan yang terakhir, RAM 4GB memiliki memori internal 64GB.

Cara Mudah Root dan Install TWRP di Xiaomi Redmi Note 5A Semua Varian

Xiaomi Redmi Note 5A

Dari sektor prosesor pun ada sedikit perbedaan yakni varian RAM 2GB menggunakan Snapdragon 425, sedangkan varian RAM 3GB dan 4GB menggunakan prosesor yang lebih canggih, yakni Snapdragon 435.

Sedangkan sistem operasi dari ketiga varian Redmi Note 5A ini menggunakan Android 7.1 Nougat dengan antarmuka MIUI 9 yang memiliki banyak fitur yang diunggulkan seperti pencarian gambar, sistem AI dan split-screen.

Namun sayang, untuk versi Global seperti yang dihadirkan di Indonesia, masih menggunakan MIUI 8.  Namun tenang saja, pihak Xiaomi sudah mengumumkan secara resmi bahwa versi global ponsel ini akan mendapatkan update MIUI 9 segera.

Ketiga varian ini juga mengusung layar dengan bentang 5.5 inchi. Ketiganya pun mengusung kapasitas baterai yang sama yakni 3.080 mAh dan juga ponsel ini memiliki beragam pilihan warna untuk dipilih seperti Champagne Gold, Rose Gold dan Platinum Silver Gray.

Baca Juga :  Cara Mudah Root Xiaomi Redmi 4a "Rolex" (Sukses 100%) Dan Install TWRP Recovery

Dari data yang terungkap lewat situs P3DN (Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri) yang dikelola oleh Kementrian Perindustrian Republik Indonesia, disana terdapat pengajuan sertifikat TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) yang telah diterima atau disahkan oleh pemerintah.

Dan dari data tersebut, terlihat ada dua model ponsel Xiaomi yang sudah mendapatkan sertifikat TKDN yakni ponsel Xiaomi dengan model MI MDG6 dan MI MDG2, kedua data tersebut terlihat sudah disahkan sejak tanggal 5 dan 6 September 2017. Diduga, ponsel tersebut adalah Mi A1 dan Redmi Note 5A

Dan pada akhirnya pihak Xiaomi telah memperkenalkan secara resmi Xiaomi Redmi Note 5A di Indonesia sejak awal November 2017 dengan harga yang murah, yakni sekitar 1.5 juta Rupiah. Dengan harga seperti itu, yang dipasarkan di Indonesia adalah Redmi Note 5A dengan varian RAM 2GB dan memori internal 16GB.

Cara Flash Xiaomi Redmi Note 5A (Ugg Lite)

Untuk melakukan proses flash, dibutuhkan beberapa bahan dan persyaratan agar proses ini terlaksana dengan baik. Berikut ini bahan – bahan dan persyaratan yang harus sobat penuhi sebelumnya.

Nama File Link
Stock ROM MIUI Xiaomi Redmi Note 5A (Ugg Lite) Global Download
USB Driver Xiaomi Redmi Note 5A Download
Mi Flash Tool Download
Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 5A (Ugg Lite)

Pilih Stock ROM yang memang ditujukan untuk Xiaomi Redmi Note 5A versi Global agar terdapat Bahasa Indonesia dalam ROM tersebut.

Selain bahan – bahan yang harus didownload di atas, agar proses flash dapat berjalan dengan normal dan sukses, ponsel Redmi Note 5A sobat harus dalam keadaan Unlock Bootloader. Sobat dapat mengeceknya dengan cara sangat mudah jika saat ini berada di MIUI 8.

Caranya adalah dengan membuka Settings terlebih dahulu lalu buka About Phone. Di dalam About Phone, tekan sebanyak tujuh kali pada MIUI version hingga muncul notifikasi yang menandakan bahwa sobat sekarang menjadi Developer dan berhasil membuka Developers options.

Cara Flash Xiaomi Terbaru

Mengaktifkan Developer options

Kemudian kembali lagi ke Setting dan pilih Additional settings lalu pilih Developer options. Di dalam Developer options, pilih Mi Unlock status, jika ada notifikasi bahwa “This device is locked” dan ditandai dengan gembok, maka ponsel Redmi Note 5A milik sobat masih terkunci bootloadernya, begitupun sebaliknya.

Cara Flash Xiaomi Terbaru

Mengecek status bootloader

Namun jika ponsel sobat tidak menggunakan MIUI 8, maka cara untuk mengecek status bootloader harus menggunakan bantuan PC. Yakni dengan menginstal terlebih dahulu ADB Installer yang dapat didownload di atas.

Setelah terinstal, buka c:adb kemudian tekan dan tahan tombol SHIFT + Klik Kanan pada bagian yang kosong dalam folder adb tersebut dan pilih “Open command window here”.

Cara Flash Xiaomi Terbaru

Membuka CMD dari folder adb

Sesaat kemudian jendela CMD akan muncul dan matikan ponsel Xiaomi Redmi Note 5A sobat lalu masuk ke mode fastboot (tekan dan tahan tombol volume kebawah + power). Tahan hingga muncul logo fastboot mode Xiaomi dan lepaskan.

Cara Mudah Root di Xiaomi Mi A1 (sukses 100%) dan Install TWRP

Logo Fastboot Xiaomi

Setelah masuk ke dalam fastboot mode, koneksikan ponsel Xiaomi Redmi Note 5A dan ketik perintah berikut dalam jendela CMD.

fastboot oem device-info

Kemudian lihat hasil yang tertera di CMD, jika Device unlocked: true maka bootloader sudah terbuka, namun jika hasilnya false, maka bootloader Xiaomi Redmi Note 5A masih terkunci.

Cara flash xiaomi terbaru

Mengecek status bootloader dengan PC

Dan seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, jika akan melakukan proses flash, maka bootloader harus dibuka. Bagi sobat pemilik ponsel yang mau membuka / unlock bootloader Xiaomi Redmi Note 5A, dapat dilihat cara membuka bootloader melalui link di tabel diatas.

Ada baiknya sebelum melakukan prose flash untuk membackup data penting yang terdapat di dalam ponsel.

Jika sudah yakin akan bootloader yang terbuka, maka sobat dapat mengikuti langkah – langkah dibawah untuk melakukan proses flashing Xiaomi Redmi Note 5A (Ugglite).

Baca Juga :  Cara Mudah Root Xiaomi Mi A1 "Tisson" (Sukses 100%) dan Install TWRP Recovery

Langkah #1. Install driver Xiaomi Redmi Note 5A dan Mi Flash Tool yang sudah didownload tadi.

Langkah #2. Ekstrak file Stock ROM Redmi Note 5A ke dalam PC. Usahakan membuat folder baru terlebih dahulu sebelum ekstrak untuk tempat hasil ekstrak nantinya.

Langkah #3. Buka Mi Flash Tool, lalu pilih lokasi hasil ekstrak ROM dengan cara klik tombol “select” yang berada di bagian kiri aplikasi Mi Flash Tool.

Cara Mudah Flash Xiaomi Redmi Note 5A "Ugg Lite" (Sukses 100%)

Memilih folder hasil ekstrak ROM

Langkah #4. Pada bagian kanan bawah aplikasi Mi Flash Tool klik menu dropdown yang terdapat beberapa pilihan tipe flash.

  • Pilih “flash_all” jika sobat ingin proses flash yang clean, alias semua data dan memori internal akan terhapus.
  • Pilih “flash_all_except_data_storage jika sobat ingin melakukan proses flash tanpa menghapus data yang terdapat di memori internal.
  • Pilih “flash_all_lock” jika sobat ingin clean install kemudian bootloader akan terkunci kembali.
Cara Mudah Flash Xiaomi Redmi Note 5A "Ugg Lite" (Sukses 100%)

Memilih tipe flash

Langkah #5. Silahkan pilih salah satu, tapi saya rekomendasikan untuk memilih “flash_all” agar ponsel Xiaomi Redmi Note 5A sobat kembali bersih seperti waktu pertama kali beli, apalagi sebelum melakukan proses flash sudah saya ingatkan agar membackup data penting yang terdapat di dalam ponsel.

Langkah #6. Sekarang untuk ponsel, matikan Xiaomi Redmi Note 5A sobat dan masuk ke mode fastboot (tekan dan tahan tombol volume bawah + power) sampai logo fastboot Xiaomi seperti dibawah ini muncul. Jika sudah muncul, maka segera lepaskan tombol tadi.

Cara Mudah Root di Xiaomi Mi A1 (sukses 100%) dan Install TWRP

Logo Fastboot Xiaomi

Langkah #7. Dalam keadaan ponsel di mode fastboot tadi, koneksikan ke PC.

Langkah #8. Kemudian pada aplikasi Mi Flash Tool, klik tombol “refresh” agar aplikasi mendeteksi ponsel Xiaomi Redmi Note 5A sobat yang sudah terhubung ke PC tadi.

Cara Mudah Flash Xiaomi Redmi Note 5A "Ugg Lite" (Sukses 100%)

Klik “refresh” agar aplikasi mendeteksi ponsel sobat

Langkah #9. Setelah ponsel terdeteksi, klik tombol “flash” untuk memulai proses flashing Redmi Note 5A.
Tunggu hingga proses berakhir dan setelah flashing ROM selesai, maka ponsel Xiaomi Redmi Note 5A akan restart sendiri.

Cara Mudah Flash Xiaomi Redmi Note 5A "Ugg Lite" (Sukses 100%)

Melakukan proses flash

Langkah #10. Tunggu proses restart ini, biasanya agak lama dari biasanya.

Ponsel Xiaomi Redmi Note 5A sobat kali ini sudah berhasil diflash dan sobat dapat mencoba untuk melakukan proses root dengan cara mengikuti cara root Xiaomi Redmi Note 5a. Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.

Cara Mudah Flash Xiaomi Redmi Note 5A “Ugg Lite” (Sukses 100%) | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!