Cara Flash Xiaomi Redmi Note 6 Pro ROM Global

Update :

Advertisement

Cara Flash Xiaomi Redmi Note 6 Pro – Proses flash adalah suatu proses yang biasa dilakukan oleh user / pengguna saat ponsel mereka tidak dapat berjalan sesuai dengan semestinya. Misalnya saja, ponsel yang matot, tidak bisa menyala atau ponsel yang bootloop. Di sini akan kami jelaskan secara rinci langkah-langkah untuk cara flash Xiaomi Redmi Note 6 Pro. Kami juga sudah menyediakan link untuk download ROM serta peralatan untuk flash di bawah.

Advertisement

Akhirnya Xiaomi memperkenalkan generasi selanjutnya dari ponsel Redmi Note 5 dengan nama Redmi Note 6 Pro. Namun sebenarnya kedua ponsel ini tidak begitu memiliki perbedaan yang mencolok.

Layar dari Redmi Note 6 Pro merupakan IPS LCD dengan bentang 6.26 inci dan resolusi 1080 x 2280 piksel, Redmi Note 6 Pro datang dengan OS terbaru dari Xiaomi, yakni MIUI 10.

Advertisement
Cara Flash Xiaomi Redmi Note 6 Pro - TutorAplikasi

Chipsetnya sendiri menggunakan Qualcomm Snapdragon 636 dan didampingi oleh GPU Adreno 509. PIlihan RAM tersedia ada 3 yakni 3/4/6 GB, sedangkan storage yang dipilih ada dua, yakni 32 dan 64 GB. Di sektor kamera, Redmi Note 6 Pro memakai dual camera baik itu di bagian depan maupun belakang.

Pada kamera belakangnya, dual camera tersebut memiliki resolusi 12 MP PDAF dan 5 MP depth sensor, sedangkan untuk kamera selfie menggunakan kamera dengan resolusi 20 MP dan 2 MP depth sensor.

Sedangkan proses flashing Android sendiri dapat diartikan sebagai install ulang jika diterapkan pada komputer atau laptop. Flashing ini biasa digunakan untuk memperbaiki berbagai masalah seperti :

Advertisement
  • Ponsel Xiaomi Redmi Note 6 Pro bootloop
  • Ponsel Xiaomi Redmi Note 6 Pro lupa kata sandi
  • Ponsel Xiaomi Redmi Note 6 Pro restart sendiri
  • Ponsel Xiaomi Redmi Note 6 Pro hank atau
  • Ponsel Xiaomi Redmi Note 6 Pro matot, mati total alias hardbrick

Selain dapat memperbaiki beragam masalah software dalam ponsel Xiaomi Redmi Note 6 Pro, flashing juga dapat digunakan untuk hal lain. Contohnya adalah mengupdate sistem operasi menjadi lebih baru atau sekedar mencoba custom ROM baru yang berbeda dari ROM / Firmware aslinya.

Walaupun sebenarnya cara flash Xiaomi Redmi Note 6 Pro sendiri tidaklah sulit, kamu yang ingin mencobanya harus teliti lagi karena jika salah memilih ROM / firmware, bisa jadi ponsel milikmu tidak bisa dinyalakan lagi.

Sebelum kamu melakukan flash Xiaomi Redmi Note 6 Pro, lebih baik siapkan dulu bahan-bahan berikut untuk didownload.

Nama FileLink
Stock ROM MIUI Xiaomi Redmi Note 6 ProDownload
USB Driver Xiaomi Redmi Note 6 Pro (adb)Download
Mi Flash ToolDownload
Tutorial Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 6 Pro

Pilih Stock ROM yang memang ditujukan untuk Xiaomi Redmi Note 6 Pro versi Global/Indonesia agar terdapat Bahasa Indonesia dalam ROM tersebut. Pastikan juga sudah mem-backup file-file yang penting dalam ponselmu.

Cara Flash Xiaomi Redmi Note 6 Pro

Jika sudah yakin akan bootloader yang terbuka, maka kamu dapat mengikuti langkah-langkah dibawah untuk melakukan proses flashing Xiaomi Redmi Note 6 Pro.

Langkah #1. Install driver Xiaomi Redmi Note 6 Pro dan Mi Flash Tool yang sudah didownload tadi.

Advertisement

Langkah #2. Ekstrak file Stock ROM Redmi Note 6 Pro ke dalam PC. Usahakan membuat folder baru terlebih dahulu sebelum ekstrak untuk tempat hasil ekstrak nantinya.

Langkah #3. Buka Mi Flash Tool, lalu pilih lokasi hasil ekstrak ROM dengan cara klik tombol “select” yang berada di bagian kiri aplikasi Mi Flash Tool.

Cara Flash Xiaomi - Memilih ROM Xiaomi terbaru untuk flash

Langkah #4. Pada bagian kanan bawah aplikasi Mi Flash Tool klik menu dropdown yang terdapat beberapa pilihan tipe flash.

  • Pilih “flash_all” jika ingin proses flash yang clean, alias semua data dan memori internal akan terhapus dan bootloader masih terbuka
  • Pilih “flash_all_except_data_storage jika ingin melakukan proses flash tanpa menghapus data yang terdapat di memori internal dan bootloader masih terbuka
  • Pilih “flash_all_lock” jika ingin clean install kemudian bootloader akan terkunci kembali

Langkah #5. Silahkan pilih salah satu, tapi kami rekomendasikan untuk memilih “flash_all” agar ponsel Xiaomi Redmi Note 6 Pro milikmu kembali bersih seperti waktu pertama kali beli, apalagi sebelum melakukan proses flash sudah kami ingatkan agar membackup data penting yang terdapat di dalam ponsel.

Langkah #6. Sekarang untuk ponsel, matikan Xiaomi Redmi Note 6 Pro dan masuk ke mode fastboot (tekan dan tahan tombol volume bawah + power) sampai logo fastboot Xiaomi muncul. Jika sudah muncul, maka segera lepaskan tombol tadi.

Cara Mudah Root Xiaomi
Logo Fastboot Xiaomi

Langkah #7.  Kemudian koneksikan ponsel ke PC.

Advertisement

Langkah #8. Lalu pada aplikasi Mi Flash Tool, klik tombol “refresh” agar aplikasi mendeteksi ponsel Xiaomi Redmi Note 6 Pro yang sudah terhubung ke PC tadi.

Cara Flash Xiaomi - cek hp xiaomi sudah konek pc

Langkah #9. Setelah ponsel terdeteksi, klik tombol “flash” untuk memulai proses flashing. Tunggu hingga proses berakhir dan setelah flashing ROM selesai, maka ponsel Xiaomi Redmi Note 6 Pro akan restart sendiri.

Cara Flash Xiaomi - Proses flash Xiaomi sukses

Langkah #10. Tunggu proses restart ini, akan agak lama dari biasanya.

Demikianlah cara flash Xiaomi Redmi Note 6 Pro dan kamu dapat mencoba untuk melakukan proses root dengan cara mengikuti cara root Xiaomi Redmi Note 6 Pro. Sampai jumpa di artikel TutorAplikasi selanjutnya.

Advertisement

author foto

Penulis di https://tutoraplikasi.com/ dari Lamongan, Jawa Timur

1 thought on “Cara Flash Xiaomi Redmi Note 6 Pro ROM Global”

  1. Pingback: Cara Install TWRP dan Root Xiaomi Redmi Note 6 Pro • TutorAplikasi.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *