Cara Install Linux di Windows dengan VirtualBox

Update :

Cara Install Linux di Windows – Ada beragam cara untuk menggunakan Linux di PC atau laptop anda, seperti menjadikan Linux satu-satunya Sistem Operasi di PC, atau dual boot Linux dan Window. Anda bahkan sekarang dapat menginstall Linux di Windows lewat Microsoft Store, namun hanya command line versi Linux saja. Jika anda menginginkan pengalaman penuh menggunakan Linux di Windows tanpa mempengaruhi Windows yang sedang anda pakai, maka menggunakan virtual machine merupakan satu-satunya cara.

Menggunakan virtual machine selayaknya kita menggunakan aplikasi lain yang diinstall di Windows. Ketika anda ingin mencoba bagaimana rasanya ketika menggunakan Linux, maka menggunakan virtual machine sangat disarankan daripada menginstall Linux secara langsung dalam PC kita.

Cara Menjalankan Linux di Windows dengan VirtualBox

Ada beberapa pilihan virtual machine di Windows, namun pada kesempatan kali ini kita akan menggunakan VirtualBox dari Oracle. Untuk menggunakan VirtualBox ini, anda membutuhkan beberapa persyaratan seperti sisa harddisk yang kosong paling tidak 12 GB, kemudian 4 GB RAM.

Walaupun sebenarnya VirtualBox dapat diinstall dengan PC yang memiliki RAM 4 GB ke bawah, saya tidak merekemondasikannya sebab berpotensi untuk membuat PC atau laptop anda lag.

  • Setelah persyaratan di atas terpenuhi, kali ini download dan install VirtualBox. Cara install VirtualBox ini cukup sederhana, sama seperti aplikasi-aplikasi Windows lain.
  • Setelah itu pilih distro linux anda, pada kesempatan ini saya menggunakan Ubuntu sebagai distro Linux saya. Anda juga dapat menggunakan Distro Linux ringan, sesuaikan saja dengan keinginan anda.

Saya asumsikan di sini bahwa anda telah selesai install VirtualBox dan telah selesai download salah satu distro Linux.

  • Buka aplikasi VirtualBox dan klik New kemudian ketik nama Ubuntu sehingga akan muncul “Type” Linux serta “Version” Ubuntu”.
cara install linux di windows
  • Pilih berapa RAM yang akan dialokasikan untuk VirtualBox, saat ini saya menggunakan sistem dengan 8 GB RAM, jadinya saya menggunakan 2 GB untuk dialokasikan ke VirtualBox. Jika anda memakai 4 GB RAM, maka direkomendasikan untuk mengalokasikan hanya 1 GB RAM saja agar sistem tidak terlalu lag.
VirtualBox - mengalokasikan jumlah ram
  • Kemudian pilih “Create a virtual hard disk now”, pilihan ini berfungsi untuk membuat tempat penyimpanan bagi sistem Linux.
VirtualBox - pilih create virtual hard disk
  • Pilih “VDI (VirtualBox Disk Image)”.
cara install linux di windows
  • Untuk kali ini, saya rekomendasikan untuk memilih “Dynamically allocated”.
VirtualBox - pilih dynamic allocated
  • VirtualBox merekemondasikan 10 GB untuk dialokasikan sebagai tempat penyimpanan Linux, namun anda dapat memilih sendiri berapa besar harddisk yang akan dialokasikan untuk Linux.
VirtualBox - pilih jumlah hard disk yang akan dipakai
  • Setelah semua hal telah selesai diatur, pilih Start untuk memulai install Linux di Windows.
VirtualBox - memulai menjalankan linux di windows
  • Jika VirtualBox anda tidak secara otomatis mendeteksi file ISO Linux yang telah anda download, maka klik folder kecil yang telah ditunjuk seperti gambar dan arahkan ke tempat anda menyimpan file download distro Linux.
VirtualBox - pilih file iso linux
  • Setelah itu anda akan dihadapkan pada jendela untuk memasang Linux, pilih “Install Ubuntu” jika anda memilih menggunakan Ubuntu. Jika anda memilih menggunakan distro yang lain, jangan kuatir karena proses install Linux biasanya tidak terlalu ribet.
cara install linux di windows
  • Setelah itu pilih keyboard, biarkan saja English (US).
  • Pilih “Erase disk and install Ubuntu”. Jangan khawatir sebab pilihan ini tidak akan menghapus semua data anda karena sebelumnya kita telah membuat virtual harddisk yang dialokasikan untuk Linux. Hal ini tidak akan berakibat sedikitpun pada sistem operasi yang sedang anda gunakan.
VirtualBox - pilih erase disk
  • Pilih “Continue”.
cara install linux di windows
  • Pilih tempat dimana anda tinggal.
cara install linux di windows
  • Masukkan nama dan password yang mudah diingat.
VirtualBox - memasukkan user name dan password di linux
  • Setelah itu, Linux akan mulai dipasang di VirtualBox, waktu yang diperlukan kurang lebih adalah 10-15 menit.
VirtualBox - menunggu proses install ubuntu
  • Setelah proses install selesai, pilih “Restart Now”.
  • Jika setelah restart, VirtualBox hanya menampilkan layar hitam atau stuck di logo seperti di bawah ini, anda cukup menutup jendela VirtualBox dan buka lagi setelahnya.
VirtualBox - stuck logo Ubuntu

Itu dia proses memasang Linux di Windows menggunakan VirtualBox yang cukup mudah dilakukan. Anda dapat menghapus file ISO dari Linux yang didownload setelah proses ini. Dengan Linux yang terpasang di VirtualBox, anda dapat memulai menggunakan Linux tanpa khawatir untuk merusak sitem operasi yang sedang anda pakai saat ini. Sampai jumpa di kesempatan selanjutnya, Terima Kasih.

Note :

Jika anda mengalami Error saat menjalankan Virtual Machine, biasanya error yang terjadi adalah seperti ini :

Not in a hypervisor partition (HVP=0) (VERR_NEM_NOT_AVAILABLE).
AMD-V is disabled in the BIOS (or by the host OS) (VERR_SVM_DISABLED).
Result Code:
E_FAIL (0x80004005)
Component:
ConsoleWrap
Interface:
IConsole {872da645-4a9b-1727-bee2-5585105b9eed}

Error itu terjadi disebabkan virtaulization diblok oleh sistem anda. Anda harus mengaktifkan virtualization di dalam BIOS. Anda dapt mencari info lanjutan tentang cara masuk ke BIOS di Google karena setiap manufaktur memiliki cara yang berbeda untuk masuk ke BIOS.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *