Cara Install uGet (Alternatif IDM) Versi Terbaru di Linux

Update :

Advertisement

Cara Install uGet (Alternatif IDM) – Mungkin bagi anda yang baru beralih ke Linux, akan kesulitan untuk memilih download manager yang paling cepat, stabil dan dapat diandalkan. Apalagi download manager populer untuk Windows seperti Internet Download Manager (IDM) tidak tersedia untuk pengguna Linux.

Advertisement

Sedangkan para pengguna linux yang sudah veteran mungkin menggunakan aplikasi seperti wget atau aria2 yang berjalan di terminal dan kedua aplikasi tersebut memang bekerja secara luar biasa. Keduanya menawarkan banyak fitur download dan juga resume support.

Cara Install uGet (Alternatif IDM) Versi Terbaru di Semua Distro Linux

Dan keduanya juga sudah ada di Linux untuk waktu yang lama, sehingga sudah dipercaya oleh banyak pengguna. Namun bukan berarti anda tidak dapat menemukan download manager lainnya selain keduanya yang memiliki kualitas sama atau bahkan lebih baik lagi.

Advertisement

Ada banyak pilihan download manager untuk Linux di luar sana, namun untuk download manager yang dapat dikatakan terbaik dari segi tampilan maupun fiturnya, maka pilihan akan jatuh ke uGet.

uGet ini dilepas secara gratis dan sampai saat ini developernya masih aktif untuk terus memberikan pembaharuan di uGet agar pengguna uGet di Linux dapat merasa puas. Ada beragam fitur kunci yang ada di uGet ini seperti:

  • Auto Catch URL From Clipboard, uGet akan mendownload file dari URL yang sudah anda copy sebelumnya secara otomatis.
  • Resume downloads, memudahkan anda untuk menunda sebentar proses download dan dapat dilanjutkan lagi ketika ingin.
  • Download queue, fitur ini berfungi untuk mendownload file dalam jumlah banyak, namun anda dapat mendownloadnya satu persatu agar tidak mengganggu proses download yang lain.
  • Speed Limit, fitur ini berfungsi untuk membatasi kecepatan download, cocok bagi anda yang memiliki koneksi yang digunakan banyak orang.
  • Multi Connection, salah satu fitur unggulan dari uGet selayaknya yang dipunyai IDM, fitur ini dapat membuat banyak koneksi sekaligus dalam satu file unduhan anda.

Selain itu uGet juga sudah support torrent dan magnet links, yang berarti anda tidak membutuhkan aplikasi yang lain lagi untuk mendownload file torrent. Dan ada banyak fitur-fitur lainnya yang bisa anda baca sendiri di situs resmi uGet yakni di:

Advertisement
 http://ugetdm.com/features
Cara Install uGet (Alternatif IDM) Versi Terbaru di Semua Distro Linux
Tampilan uGet di Linux Lubuntu

Cara Install uGet (Alternatif IDM) di Linux

Cara install uGet versi terbaru ini pun tidak susah, jika anda memiliki sistem operasi Arch Linux, kemungkinan uGet ini sudah terinstal secara otomatis. Namun jika anda memiliki distro Linux lainnya seperti Ubuntu, maka anda harus menambah PPA (repository) pihak ketiga dan caranya sangat mudah.

1. Cara instal uGet di Linux Ubuntu atau Linux Mint atau Elementary OS

Pertama buka terminal (Ctrl + Alt + T) kemudian ketik perintah berikut untuk menambah PPA.

sudo add-apt-repository ppa:plushuang-tw/uget-stable

Masukkan passwod, memang kelihatannya anda tidak mengetik apa – apa namun sesungguhnya password telah terketik namun disembunyikan oleh sistem, jika sudah selesai tekan Enter.

Ketik lagi perintah berikut:

sudo apt-get update

Advertisement

Kemudian install uGet dengan perintah:

sudo apt-get install uget

Lalu install aria2:

sudo apt-get install aria2

Menginstal aria2 ini sebenarnya hanya opsional saja, uGet masih dapat berjalan tanpa aria2 namun jIka disandingkan dengan aria2, maka anda akan mendapatkan kekuatan yang sebenarnya dari uGet ini.

2. Cara instal uGet di Linux Debian

Untuk saat ini, uGet versi terbaru belum tersedia untuk Debian, namun sang developer berkata bahwa versi terbaru akan segera datang untuk Debian.

Advertisement

sudo apt update

Kemudian install uGet:

sudo apt install uget

3. Cara instal uGet di Linux Fedora

Untuk memasang uGet di Fedora, anda cukup ketik perintah berikut:

sudo yum install uget

4. Cara instal uGet di Arch Linux

Untuk memasang uGet di Arch Linux, anda cukup ketik perintah berikut:

Advertisement

sudo pacman -S uget

Mungkin beberapa dari anda tidak terlalu membutuhkan aplikasi download manager. Dan memang di beberapa kesempatan, kecepatan dari aplikasi download manager ini hampir sama atau bahkan sama dengan download manager dari browser.

Namun ketika menggunakan uGet, ada satu fitur dari IDM yang kami rindukan, yakni opsi untuk otomatis shutdown setelah unduhan selesai.

Namun jika anda mendownload file dengan ukuran yang besar, tentunya download manager ini akan sangat dibutuhkan karena adanya fitur resume download. Tapi jangan lupa untuk selalu scan virus dengan AntiVirus Linux sebelum mulai membuka file anda. Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.

Advertisement

author foto

Penulis di https://tutoraplikasi.com/ dari Lamongan, Jawa Timur

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *