Cara Kalibrasi Baterai Android Yang Benar dan Sangat Mudah

Last Updated on

Cara Kalibrasi Baterai Android – Permasalahan baterai merupakan masalah terbesar yang pasti dialami oleh sobat pengguna smartphone Android. jika sobat merasa bahwa performa baterai serta durasi pemakaian yang berkurang, maka mungkin ini waktunya bagi sobat untuk melakukan kalibrasi baterai.

Namun sebelumnya, sobat harus mengetahui penyebab kenapa performa dari baterai menurun. Apakah karena kesalahan sistem kalibarasi Android atau mungkin baterai milik sobat yang sudah rusak. Sobat harus mengecek suatu hal ini sebelum melakukan kalibrasi baterai. Jika sobat memiliki smartphone

Android yang memiliki penutup belakang bisa dilepas, maka matikan smartphone sobat, buka tutp belakangnya dan lihat keadaan dari baterai di dalamnya. Sangat mudah untuk mengetahui apakah baterai milik sobat sudah rusak atau belum.

Jika baterai milik sobat sudah agak membesar dari keadaan normalnya, kemungkinan besar baterai itu sudah rusak dan kalibrasi tidak akan pernah membantu sobat menyelesaikan masalah baterai Android sobat.

Cara Kalibrasi Baterai Android Yang Benar dan Sangat MudahCara Kalibrasi Baterai Android Yang Benar dan Sangat Mudah

Perbandingan baterai normal dan yang rusak

Jika sobat sudah yakin bukan baterai yang rusak penyebab masalah sobat, maka sobat dapat meneruskan membaca artikel ini, namun jika ternyata baterai yang sobat miliki rusak, maka sebaiknya segera ganti dengan yang baru.

Pastikan sobat membeli baterai dengan tipe yang sesuai dengan Android milik sobat atau yang lebih serahkan saja smartphone milik sobat itu ke service centre resminya.

Namun sebenarnya, masalah baterai yang cepat habis ini dapat diakibatkan oleh banyak hal. Seperti saat sobat baru saja mengupdate sistem operasi Android milik sobat, masalah baterai yang cepat habis ini sudah biasa terjadi, solusinya cukup mudah yakni dengan cara clear cache di Android sobat.

Apa Itu Kalibrasi Baterai ?

Sistem operasi Android memiliki fitur yang disebut Battery Stats yang melacak secara terus menerus kapasitas dari baterai ketika penuh sampai habis.

Baca Juga :  10 Game Balap Offline Terbaik di Android (Update September 2018)

Namun terkadang, fitur ini mengalami gangguan fungsi dan akhirnya menampilkan data yang salah, misalnya kapasitas baterai aslinya adalah 30% namun oleh Battery Stats ditampilkan 0% yang tentu saja secara otomatis mengakibatkan smartphone Android untuk mati secara mendadak.

Dan kalibrasi baterai ini bertujuan untuk memperbaiki fitur Battery Stats tadi agar menampilkan keadaan baterai yang sesungguhnya.

Cara Kalibrasi Baterai Android Tanpa Root

Cara pertama yang direkomedasikan oleh tim TutorAplikasi.com adalah tanpa root, atau dengan cara manual. Cara ini sebenarnya cukup simpel yakni dengan cara mencharge baterai sampai penuh dan memakainya sampai habis. Berikut ini langkah – langkah lengkapnya yang harus sobat jalani untuk kalibrasi baterai Android secara benar.

  1. Charge sampai penuh lalu pakai smartphone sobat sampai baterai benar – benar habis.
  2. Nyalakan lagi Android yang mati itu dan biarkan hingga mati lagi.
  3. Kemudian charge Android dan tanpa menyalakannya sama sekali, biarkan hingga benar – benar baterai terisi 100%.
  4. Cabut charger jika sudah 100%.
  5. Nyalakan Android, ketika suda masuk homescreen, kemungkinan besar indikator baterai tidak mencapai 100%, jadi charge lagi Android yang kali ini dalam keadaan menyala hingga indikator baterai di Android menandakan 100%.
  6. Cabut charger jika sudah mencapai 100% dan kembali restart Android.
  7. Kali ini lihat kembali apakah indikator baterai sudah 100% atau sedekat mungkin dengan 100% (98 atau 99), jika belum mendekati, maka lakukan proses nomor 5 dan 6 hingga angka indikator baterai setelah restart adalah 100% atau mendekatinya.
  8. Ketika setelah restart baterai sudah 100% atau mendekatinya, pakai Android hingga mati sendiri lagi.
  9. Kemudian charge Android hingga penuh sekali lagi tanpa digunakan sama sekali.

Dan dengan cara tersebut seharusnya sobat sudah dapat mereset fitur Battery Stats agar dapat kembali normal lagi. Namun patut sobat ketahui bahwa tidak direkomendasikan melakukan proses ini secara reguler.

Baca Juga :  Cara Flash Xiaomi Mi Mix 2S (Hanya 10 Menit) Sukses 100%

Paling tidak lakukan cara ini sekali dalam tiga bulan, jangan sekalipun sobat melakukannya lebih dari sekali dalam tiga bulan tadi.

Patut diketahui lagi bahwa membuat Android mati sepenuhnya merupakan hal buruk bagi baterai, begitu pula dengan charge Android sampai penuh namun tidak dicabu – cabut chargernya.

Namun berita baiknya, walaupun tidak dicabut pun proses charging akan dimatikan sesaat setelah sistem mendetteksi proses charger yang telah melebihi batas.

Sekali lagi, lakukan hal ini jika sobat merasa benar – benar membutuhkannya, karena bagaimanapun proses ini menimbulkan efek negatif bagi Android milik sobat.

Cara Kalibrasi Baterai Android Dengan Root

Untuk cara kedua ini, bisa dibilang lebih mudah daripada cara yang manual tanpa root tadi, yang sobat butuhkan adalah aplikasi Battery Calibration yang bisa didownload secara gratis lewat Play Store dan tentu saja smartphone Android yang sudah di root.

 

Cara Kalibrasi Baterai Android Yang Benar dan Sangat Mudah

Aplikasi untuk Kalibrasi Baterai

Jika sobat belum yakin apakah smartphone yang digunakan sudah root apa belum, silahkan download Root Checker yang juga tersedia secara gratis di Google Play Store.

Jika sudah yakin, maka silahkan ikuti langkah – langkah berikut.

  1. Yang pertama, download aplikasi Battery Calibration terlebih dahulu.
  2. Pastikan baterai dari Android milik sobat sudah penuh alias 100%.
  3. Kemudian restart, dan langsung buka aplikasinya sesaat setelah proses restart selesai.
  4. Klik Calibrate.
  5. Setelah itu, gunakan Android hingga mati sendiri.
  6. Charge kembali hingga penuh 100% dalam keadaan mati dan kemudian Android sobat dapat digunakan setelah proses charge selesai.

Dengan cara itu sobat telah berhasil kalibrasi baterai Android yang benar dengan mudah, baik itu dengan root ataupun tanpa root. Dan yang penting, cara ini bisa diterapkan di semua smartphone Android baik itu Xiaomi, Samsung, Lenovo, Asus dan lain – lainnya. Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.

Cara Kalibrasi Baterai Android Yang Benar dan Sangat Mudah | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!