Cara Mudah Kompres Video di Android Tanpa Mengurangi Kualitasnya

Cara Kompres Video di Android Tanpa Mengurangi Kualitasnya – Pengguna ponsel dari hari ke hari semakin bertambah, hal itu juga merubah kebiasaan orang – orang. Saat ini, perangkat smartphone memiliki hardware yang cukup tinggi hingga hampir berada di titik dimana pekerjaan yang memerlukan PC atau laptop bisa diselesaikan dengan menggunakan perangkat yang lebih mobile seperti smartphone.

Walaupun sebenarnya laptop ataupun PC hingga saat ini masih belum bisa digantikan secara keseluruhan, namun kita sudah mengarah ke arah dimana perangkat smartphone bakal menggantikan fungsi dari PC. Paling tidak saat ini sudah ada beberapa aplikasi di smartphone yang mampu mengganti peran aplikasi di PC.

Cara Kompres Video di Android

Cara Kompres Video di Android

Beberapa diantaranya berkaitan dengan multimedia seperti mengecilkan ukuran video atau kompres video. Setelah sebelumnya sudah ada artikel untuk cara kompres video di PC, maka sekarang ini giliran artikel untuk cara kompres video di Android.

Cara Kompres Video di Android Tanpa Mengurangi Kualitasnya

1. Cara yang pertama adalah download aplikasi Video Compress yang tersedia di Google Play Store. Ukuran dari aplikasi tersebut juga tidak terlalu besar, yakni sekitar 12 MB saja.

2. Setelah itu pilih video yang akan di kompres atau dikecilkan ukurannya.

3. Kemudian kita akan diperlihatkan beberapa pilihan, seperti “Compress Video” untuk mengecilkan ukuran video secara langsung, kita bahkan bisa memotong terlebih dahulu video tersebut lewat opsi “Cut and Compress Video”.

Cara Kompres Video di Android

Beberapa opsi di aplikasi Video Compress

Ada juga opsi lan seperti “Rotate Video” untuk merotasi video, “Fast Forward” untuk mempercepat kecepatan memutar video hingga “Extract MP3” untuk merubah ke mp3 juga “Share Video”. Karena disini tujuannya untuk kompres video di Android, maka kita akan memilih opsi “Compress Video”

4. Setelah opsi “Compress Video” terbuka, kita akan dihadapkan pada beberapa opsi lagi. Disini ada beberapa resolusi yang bisa dipilih dan berapa persen video kita akan dikompres. Terdapat juga pilihan untuk menghilangkan audio lewat “Remove Audio” atau membuatnya video kita menjadi berwarna keabu-abuan lewat opsi “Grayscale”. Pilih saja mana yang sobat perlukan, bahkan hasil size atau ukuran video setelah dikompres pun sudah bisa dilihat.

Cara Kompres Video di Android

Beberapa opsi kompres videdo yang bisa dipilih

5. Untuk sobat yang mengerti tentang video, aplikasi Video Compress juga menyediakan fitur custom dimana sobat dapat mengatur sendiri berapa resolusi yang diinginkan serta bitratenya.

Cara Kompres Video di Android

Mode custom untuk yang lebih tahu

6. Setelah selesai memilih, maka aplikasi Video Compress akan segera memproses permintaan sobat dan lamanya waktu yang dibutuhkan sangat bergantung kepada video dan smartphone Android yang sobat gunakan.

Cara Kompres Video di Android

Proses kompres video

7. Jika sudah selesai, maka video hasil kompres akan disimpan di folder SuperVideoCompressor yang terletak di memori internal.

Cara Kompres Video di Android

Folder hasil kompres video

Itulah cara mudah yang bisa digunakan untuk memperkecil ukuran video atau cara kompres video untuk perangkat smartphone Android. Sampai jumpa lagi di TutorAplikasi.com.

Cara Mudah Kompres Video di Android Tanpa Mengurangi Kualitasnya | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!