Cara Kompres Video Tanpa Mengurangi Kualitasnya Dengan Mudah

Last Updated on

Cara Kompres Video Tanpa Mengurangi Kualitasnya Dengan Mudah

Cara Kompres Video – Saat ini, smartphone, kamera DSLR maupun GoPro dapat merekam video dengan kualitas yang sangat baik serta resolusi yang tinggi, namun dibalik hebatnya kualitas video tadi, ukuran file video menJadi sangat besar. Dan akan menyulitkan sobat untuk menyimpannya maupun membagikan video tersebut secara online. Bahkan video Blue-ray pun dapat mencapai ukuran 10GB atau lebih dikarenakan kualitas dari gambar yang sangat bagus.

Dan bayangkan saja jika kita harus mengupload file video sebesar itu, mungkin bisa seharian baru selesai. Sebenarnya, ada banyak faktor yang mempengaruhi ukuran suatu video seperti bitrate, frame rate dan banyak faktor lainnya. Namun yang tidak kalah penting adalah format dan codec yang digunakan seperti format AVI, MP4, MKV, FLV dan codec H.264 atau H.265 dan lain-lainnya. Setiap format yang digunakan biasanya tergantung pada apa yang diinginkan, namun kebanyakan orang akan menggunakan format MP4 dengan H.264 codec.

Karena kombinasi dari dua hal tersebut memberikan sobat hasil yang paling baik antara hasil kompres dan kualitas video, sehingga sobat bisa mendapatkan video dengan kualitas baik namun masih mempertahankan ukuran video agar tidak membengkak. Jadi jIka sobat ingin membuat video milik sobat menjadi lebih kecil ukurannya, disini saya akan memberikan tutorialnya dengan menggnakan bergaam software yang dengan mudah mengkompres ukuran file video menjadi lebih kecil tanpa mengurangi kualitas videonya.

Aplikasi Kompres Video Gratis dan Terbaik

1. Cara Kompres Video Dengan HanBrake

Handbrake merupakan aplikasi yang memungkinkan sobat untuk memotong, menggabungkan serta mengubah format video dengan mudah. Walaupun aplikasi ini terhitung tua, namun masih tetap pilihan yang bagus serta kompatibel di semua sistem operasi, tidak hanya Windows. Yang menjadi nilai plusnya lagi, yakni Handbrake ini merupakan aplikasi gratis.

  • Pertama download Handbrake di situs resminya.
  • Kemudian setelah selesai mendownload, instal Hanbrake ke dalam sistem, klik Next.
Cara Kompres Video Dengan HanBrake

Install HandBrake

  • Pilih I Agree.
Cara Kompres Video Dengan HanBrake

Pilih I Agree

  • Klik next terus hingga proses instalasi berjalan.
  • Klik Finish jika sudah selesai.
Cara Kompres Video Dengan HanBrake

Install HandBrake selesai

  • Buka Hanbrake, kemudian pertama pilih Add source (nomor 1) untuk memilih video yang akan dikompres.
  • Kemudian pilih format, kualitas, frame-rate dan hal lainnya di nomor 2,3,4 dan 5. Saya sarankan adalah pilih format MP4 dengan H.264 codec serta jangan merubah frame-ratenya dan hal lainnya, biarkan saja seperti semula.
  • Jika sudah selesai, klik tombol Start (nomor 6) dan jika proses kompres telah selesai maka klik tombol Stop (nomor 6) dan video milik sobat sudah berhasil dikompres tanpa mengurangi kualitasnya.
Cara Kompres Video Dengan HanBrake

Proses mengecilkan ukuran video

2. Cara Kompres Video Dengan Movavi Video Converter

Movavi Video Converter merupakan aplikasi yang digunakan untuk merubah video sobat menjadi format yang lainnya tanpa mengubah kualitas video serta dapat mengurangi ukuran video. Movavi ini tersedia untuk Windows dan Mac. Aplikasi ini juga sama terkenalnya seperti Handbrake. Berikut ini cara yang digunakan untuk merubah format video menggunakan Movavi Video Converter.

  • Pertama download Movavi melalui website resminya.
  • Kemudian buka setelah selesai download dan pilih bahasa saat proses instal. Klik Next.
Cara Kompres Video Dengan Movavi Video Converter

Pilih bahasa

  • Pilih I accept the terms of the License Agreement, lalu klik Next.
Cara Kompres Video Dengan Movavi Video Converter

Setujui persyaratannya

  • Pilih tempat Movavi diinstal, lebih baik biarkan saja lalu klik Next.
Cara Kompres Video Dengan Movavi Video Converter

Pilih tempat install

  • Pilih Instal dan proses instal akan berjalan. Klik Finish untuk langsung membuka Movavi atau hilangkan centang di “Run Movavi Video Converter” untuk menjalankannya nanti.
Cara Kompres Video Dengan Movavi Video Converter

Proses instal selesai

  • Buka aplikasinya, kemudian sobat bisa drag video yang akan dikompres (nomor 1). Pilih format yang akan dipakai di nomor 2 dan 3 serta lokasi tempat video setelah dikompres di nomor 4 dan yang terakhir pilih tombol Convert di nomor 5.
Cara Kompres Video Dengan Movavi Video Converter

Proses kompres video

  • Sobat juga bisa memilih ukuran dari video nantinya serta kualitas yang ditampilkan. Bahkan sobat juga bisa menambahkan subtitile didalamnya serta dapat memotong sebagian videonya.
Cara Kompres Video Dengan Movavi Video Converter

Opsi lebih lanjut

3. Cara Kompres Video dengan Video Compressor

Video Compressor adalah aplikasi gratis lainnya yang dapat mengecilkan ukuran video agar harddisk menjadi agak longgar. Jika video milik sobat ada bagian yang tidak dinginkan, aplikasi ini juga dapat memotong bagian itu serta dapat mengatur kontras dan kecerahan dalam video. Langsung saja berikut cara mengecilkan ukuran video dengan Video Compressor.

  • Pertama download Video Compressor dari situs resminya.
  • Instal hingga prosesnya selesai.
  • Setelah itu, buka aplikasi Video Compressor.
  • Pilih video yang akan dikompres melalui tombol di nomor 1 kemudian video yang dipilih akan terlihat di nomor 2 beserta info format dan codec video dan audio yang berada tepat di bawahnya. Kemudian sobat bisa memilih format video yang akan dipakai serta video dan audio codec di nomor 3, sekali lagi saya sarankan untuk menggunakan format MP4 dan H.264 codec. Sobat juga bisa mengedit video seperti memotong atau menggabungkannya di nomor 4. Sementara pilihan nomor 5 hanya digunakan bila sobat sudah mengerti banyak tentang coding video. Setelah semua sudah yakin maka klik tombol nomor 6 untuk memulai proses convert.
Cara Kompres Video dengan Video Compressor

Proses kompres video

Itulah berbagai cara yang digunakan untuk mengecilkan ukran video atau kompres video. Sampai jumpa lagi di artikel saya selanjutnya

Cara Kompres Video Tanpa Mengurangi Kualitasnya Dengan Mudah | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!