Cara Mematikan Update Windows 10 Dengan Mudah

Update :

Advertisement

Cara Mematikan Auto Update Windows 10– Windows 10 secara otomatis akan mengecek setiap update yang tersedia untuk didownload. Anda memang bisa mengontrol update ini di control panel, akan tetapi opsi tersebut masih tersembunyi.

Advertisement

Microsoft memang menginginkan Windows milik kita agar terus update demi masalah keamanan serta fitur-fitur terbaru yang ditawarkan Windows.

Cara Mematikan Windows update

Tidak semua tipe windows 10 bisa anda cegah atau hentikan update otomatisnya, hanya Windows edisi Professional, Enterprise dan Education yang mempunyai akses ke group policy dan registry setting yang bisa melakukan ini.

Advertisement

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mematikan atau menghentikan proses update otomatis ini.

Cara Mematikan Windows 10 Update

1. Cara Mematikan Update Otomatis di Koneksi yang Ditentukan Dengan Memberi “Metered”

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan mematikan proses update otomatis di koneksi tertentu, misalnya sobat bisa mencegah update otomatis di koneksi wifi rumah dan hanya akan mendownload update di koneksi wifi kantor.

Khusus untuk koneksi seluler, Windows 10 secara otomatis akan meberi label “metered”, maksudnya koneksi tersebut tidak akan digunakan untuk update windows secara otomatis.

Advertisement

Jadi jika anda ingin mematikan proses otomatis update windows, cara pertama adalah dengan memberi label “metered” ke koneksi tersebut.

Windows 10 akan melakukan update otomatis ketika anda menggunakan koneksi yang tidak diset ke “metered”.

Dan juga windows akan mengingat semua setting koneksi anda, jadi anda tidak perlu melakukan setting ulang saat mengaktifkan suatu koneksi lagi.

Untuk memberikan setting “metered” ke koneksi anda, ikuti langkah berikut ini:

  • Buka Settings
  • Network & Internet, pilih Wi-Fi
  • Pilih Advanced Options atau Change Connections Properties untuk windows terbaru
  • Pilih koneksi wifi yang ingin sobat atur ke metered lalu klik properties
  • Klik “set as metered connection”
  • Jika sudah on, maka tandanya sobat sudah berhasil
Cara Mematikan Windows update

Opsi ini tidak tersedia untuk koneksi yang menggunakan kabel Ethernet, tetapi anda bisa menjadikan koneksi Ethernet sebagai “metered” dengan menggunakan registry hack yang akan dibahas di bawah.

Setelah mengaktifkan suatu koneksi ke metered, maka Windows Update akan selalu memberikan notifikasi jika ada update yang tersedia akan tetapi tidak akan pernah mendownloadnya. Jikapun anda ingin mendownload update, maka tinggal mengklik tombol download tersebut.

Advertisement

2. Menggunakan “Group Policy” untuk Menghentikan Proses Update Otomatis

Sepertinya opsi ini tidak bisa digunakan lagi untuk windows yang sudah terupdate ke Anniversary Update atau versi 1607, tapi untuk yang menggunkan versi sebelumnya masih bisa menggunakan cara ini.

Update Otomatis memang masih dibutuhkan untuk alasan keamanan, akan tetapi banyak orang yang mempunyai keterbatasan kuota internet tidak akan memperdulikan lagi hal tersebut.

Tetapi ada juga opsi yang bisa digunakan oleh anda untuk mengatur kebebasan dalam melakukan update, sayangnya hal itu tersembunyi di “Group Policy” dan hanya Windows 10 versi Professional, Enterprise dan Education yang mempunyai akses mengedit Group Policy. Berikut inilah caranya

  • Tekan tombol Windows Key + R di keyboard untuk membuka “Run”
  • Lalu ketik gpedit.msc dan tekan Enter
  • Pilih Computer Configuration
  • Pilih Administrative Templates
  • Lalu Windows Component > Windows Update
Group Policy
Group Policy
  • Cari “Configure Automatic Updates” setting di panel sebelah kanan dan double klik disitu atau klik policy setting
  • Atur ke “Enable” lalu pilih setting yang diinginkan
  • Pilih “Notify for download and notify for install” untuk mematikan download update secara otomatis
  • Save
Windows Update
Windows Update

Untuk bisa melihat apakah anda sudah benar-benar berhasil mematikan update otomatis, buka Settings > Update & Security > Windows Update lalu pilih advanced updates.

Anda nanti akan melihat notifikasi yang mengatakan “Some settings are managed by your organization”, yang berarti sudah berhasil mematikan update otomatis windows dan hanya bisa dirubah di Group Policy.

Windows Update Advanced Options
Windows Update Advanced Options

Untuk mengatur ulang lagi ini nanti, anda bisa kembali ke Group Policy untuk mengeditnya, prosesnya hampir sama yang membedakan hanyalah kali ini kita mengatur “Configure Automatic Updates” dari “Enable” ke “Not Configure” dan save.

Advertisement

Ketika anda akan mengecek kembali di windows update lalu advanced options maka semuanya akan nampak kembali normal seperti biasanya. Jika masih belum kembali normal, maka klik “Check for updates”.

3. Menggunakan Registry untuk Mematikan Update Otomatis (Hanya Untuk Windows Professional Saja)

Sepertinya opsi ini tidak bisa digunakan lagi untuk windows yang sudah terupdate ke Anniversary Update atau versi 1607, tapi untuk yang menggunkan versi sebelumnya masih bisa menggunakan cara ini

Setiing ini (mematikan otomatis update) juga bisa dilakukan dari registry juga dan metode ini sebenarnya menghasilkan hasil yang sama persis seperti yang dilakukan dengan cara Group Policy diatas, hanya metodenya saja yang berbeda.

Akan tetapi sepertinya metode ini hanya bisa berjalan di Windows 10 edisi Professional saja.

Download ini dan double klik di salah satu file yang terdapat di dalamnya. Pilihan yang tersedia ada 4 macam yaitu

  • Auto download and notify for install, maknanya adalah windows akan melakukan proses download update secara otomatis, tapi sobat bisa menentukan apakah update yang didownload akan diinstal atau tidak.
  • Auto download and schedule install, maknanya adalah windows akan melakukan proses download update secara otomatis, dan akan melakukan proses install sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.
  • Notify for download and notify for install, maknanya adalah windows akan memberi notifikasi kepada sobat apabila ada update yang tersedia dan menyarankan sobat untuk mendownloadnya, akan tetapi kebebasan penuh ada di sobat untuk mendownload update tersebut atau tidak, begitu pula untuk proses instal updatenya.
  • Remove this settings and use the default, berguna untuk menghapus salah satu registry yang pernah sobat gunakan sebelumnya, menjadikan proses update windows kembali ke normal.

Setelah anda mencoba salah satu registry diatas, anda bisa mengecek di panel Windows Update > Advanced Options untuk melihat apakah registry yang dicoba tadi berhasil atau tidak.

Advertisement
Windows Update Advanced Options
Windows Update Advanced Options

Dan begitulah berbagai cara yang bisa digunakan untuk mematikan atau menonaktifkan windows update, akan tetapi patut digaris bawahi juga bahwa terkadang update sangat diperlukan demi faktor keamanan windows milik sobat sendiri. Bonus dibawah, cara mematikan reboot otomatis setelah update.

4. Menghentikan Reboot Otomatis Saat Selesai Melakukan Windows Update

Mungkin ada dari anda yang tidak terlalu memperdulikan update secara otomatis tapi hanya tidak menginginkan windows untuk melakukan reboot saat andasedang mengerjakan sesuatu dengan PC atau laptop.

Untuk yang satu ini Windows 10 memberikan kita opsi untuk mencegah reboot otomatis selama 12 jam kedepan yang disebut “Active Hours”.

Untuk mensetting “Active Hours” ini, caranya:

  • Buka Settings
  • Update & Security
  • Windows Update
  • Lalu klik “Change Active Hours” di Update Settings, dari sana anda dapat mengatur waktu yang bisa mencegah windows untuk melakukan reboot otomatis
Cara Mematikan Windows update

Jika anda ragu untuk update, maka anda dapat membuat System Restore Point terlebih dahulu agar nantinya Windows dapat dikembalikan ke keadaan sebelum anda update. Sampai jumpa di artikel TutorAplikasi.com selanjutnya.

Advertisement

Advertisement

author foto

Penulis di https://tutoraplikasi.com/ dari Lamongan, Jawa Timur

1 thought on “Cara Mematikan Update Windows 10 Dengan Mudah”

  1. Pingback: Cara Mematikan User Account Control (UAC) Semua Windows • TutorAplikasi.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *