Cara Membuka Android Yang Terkunci Dan Lupa Pola

Bagikan :
Advertisement

Cara Membuka Android Yang Terkunci – Alasan utama seseorang untuk mengunci ponsel Android-nya adalah untuk menghindari orang asing atau teman yang jahil dalam mengecek hal yang sensitif di ponsel, seperti isi pesan atau gambar pribadi.

Selain itu, mengunci Android juga untuk menjaga-jaga jika sewaktu waktu saat Android milik kalian hilang, maka si pencuri tidak akan dengan mudah mendapatkan akses ke sesuatu yang penting seperti e-mail, gambar atau data sensitif lainnya.

Cara Membuka Android yang Terkunci - TutorAplikasi

Namun hal yang itu bisa menjadi bumerang tersendiri bagi kalian ketika lupa bagaimana pola kunci atau nomor PIN serta password yang digunakan untuk mengunci ponsel.

Jika kalian mengalami hal tersebut, tenang saja jangan terlalu emosi sampai-sampai membanting ponsel.

Di sini akan kami tunjukkan beberapa cara yang dapat digunakan untuk membuka ponsel Android kalian yang terkunci.

Kami rasa cara berikut sudah terbukti sangat efektif untuk membuka kunci yang lupa dan kami harap ini akan membantu kalian mengatasi masalah yang ada di ponsel Android kalian.

1. Menggunakan Android Device Manager

Yang pertama untuk membuka Android yang terkunci adalah menggunakan Android Device Manager, untuk ponsel atau tablet Android yang baru, menggunakan layanan Android Device Manager merupakan cara terbaik yang bisa kamu pakai.

Asal dengan catatan bahwa Android Device Manager ini sudah aktif di ponsel Android kalian. Jika sudah yakin, maka segera menuju ke sini lewat PC atau browser Android ponsel lain kemudian login menggunakan akun Google yang dipakai oleh ponsel yang terkunci tersebut.

Setelah login berhasil, maka tunggu Android Device Manager untuk mendeteksi ponsel kalian. Setelah itu pilih “Aktifkan Kunci dan Hapus”.

Cara Mudah Membuka Android Yang Terkunci Dan Lupa Pola

Lalu pilih menu kunci dan masukkan email pemulihan atau nomor. Tekan kunci, maka Android kamu akan terkunci.

Cara Mudah Membuka Android Yang Terkunci Dan Lupa Pola

Setelah itu pilih menu kunci lagi . Kali ini masukkan kata sandi yang baru untuk membuka ponsel.

Cara Mudah Membuka Android Yang Terkunci Dan Lupa Pola

Dan selesai, ponsel sudah bisa digunakan lagi.

2. Menggunakan Fitur Forgot Pattern

Mungkin cara ini adalah cara termudah yang bisa kamu lakukan, namun dengan beberapa syarat, yakni Android kamu harus terhubung ke internet, lalu ingat akun google yang dipakai oleh hp android yang terkunci.

Fitur ini tidak muncul begitu saja, kamu mesti memunculkannya dengan cara mencoba membuka pola atau password sebanyak 5 kali, kemudian opsi “Forgot Pattern” atau lupa pola akan muncul di bagian bawah layar.

Cara Mudah Membuka Android Yang Terkunci Dan Lupa Pola

Setelah kamu memilih Forgot pattern, kemudian sistem akan memberikan opsi pemulihan PIN jika sebelumnya kamu suda men-setup terlebih dahulu.

Namun jika belum, maka langsung saja kamu masukkan akun Google serta passwordnya di bagian account unlock, lalu klik Sign In.

Cara Mudah Membuka Android Yang Terkunci Dan Lupa Pola

Jika email dan password yang kamu masukkan sudah benar, maka Android kamu akan membuka kunci pola tadi dan jangan lupa nonaktifkan pola tersebut atau membuatnya kembali dengan pola baru yang lebih mudah diingat di settings.

3. Menggunakan Samsung Find My Mobile

Samsung Find My Mobile ini fungsinya sama dengan Android Device Manager. Namun ini dikhususkan untu pengguna ponsel Samsung saja.

Yang tidak kalah penting juga adalah kamu harus memiliki akun Samsung.

Kami asumsikan kamu sudah memenuhi kedua syarat di atas, maka langkah selanjutnya adalah dengan membuka ini. Kemudian silahkan login dengan menggunakan akun Samsung kamu di Android yang terkunci tadi.

Tunggu hingga sistem mendeteksi ponsel kamu. Kemudian setelah selesai, perhatikan panel di sebelah kiri lalu pilih “Unlock my screen”.

Kemudian pilih “Unlock” dan tunggu beberapa saat hingga proses selesai. Kamu akan mendapatkan notifikasi jika ponsel Android Samsung milikmu sudah sukses untuk dibuka kuncinya.

Cara Mudah Membuka Android Yang Terkunci Dan Lupa Pola

Dan selesai, kamu bisa kembali mengatur kuncinya dengan pola / password yang lebih mudah atau hanya membiarkannya saja tanpa kunci layar lagi.

4. Menggunakan ADB Untuk Menghapus File Password

Cara ini hanya ditujukan bagi kamu yang sudah memiliki pengetahuan lebih tentang ADB Android, namun sebenarnya jika kamu baru ingin mencobanya pun tidak apa-apa.

Akan tetapi opsi ini hanya bisa kamu gunakan jika sebelumnya kamu sudah mengaktifkan USB debugging di developer options, jika belum, maka metode ini tidak akan bekerja.

Advertisement

Selain itu, metode ini juga hanya dapat dilakukan jika kamu menggunakan komputer yang sudah dapat digunakan untuk mengkoneksikan ADB, jIka belum maka kamu bisa googling cara untuk menginstal ADB di komputer.

Advertisement

Namun jika kamu sudah memenuhi persyaratan di atas maka ini merupakan metode paling mudah untuk membuka kunci yang lupa di Android. Pertama download Android SDK di sini.

Kemudian instal Android SDK langsung saja koneksikan Android ke komputer dengan kabel USB kemudian buka folder tempat Android SDK diinstal, lalu cari folder “Tools”.

Kemudian tekan Shift dan klik kanan pada folder tersebut dan pilih “Open command window here” untuk membuka command prompt.

Cara Mudah Membuka Android Yang Terkunci Dan Lupa Pola

Kemudian ketik perintah berikut dan tekan enter.

adb shell rm /data/system/gesture.key
Cara Mudah Membuka Android Yang Terkunci Dan Lupa Pola

Setelah proses selesai, restart ponsel yang terkunci dan tunggu hingga proses restart selesai.

5. Melakukan Factory Reset

Cara ini merupakan langkah pamungkas jika semua cara di atas tidak dapat kamu lakukan, namun sebaiknya kamu hindari cara ini dan mencoba dengan lebih teliti lagi beragam cara diatas.

Karena cara ini akan menghapus semua data di memori internal ponsel Android kamu, mengembalikannya seperti sedia kala sewaktu kamu pertama kali membelinya.

Baiklah kami asumsikan kamu sudah membaca peringatan yang kami tulis dan sudah mengerti resikonya maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mematikan ponsel Android.

Kemudian tekan dan tahan tombol Home, Power dan Volume atas untuk masuk ke mode recovery

Note: tombol bisa berbeda-beda tergantung dari ponselnya dan jika kombinasi ketiga tombol diatas tidak berjalan, maka kamu bisa mencari sendiri di Google cara untuk untuk masuk ke mode recovery untuk masing-masing ponsel.

Tekan dan tahan terus tombol tersebut hingga logo recovery mode muncul.

Setelah masuk ke mode recovery, kamu pilih wipe data / factory reset dengan cara menekan tombol volume atas / bawah, kemudian untuk memilihnya tekan tombol power.

Cara Mudah Membuka Android Yang Terkunci Dan Lupa Pola

Selanjutnya pilih “yes” dan proses factory reset pun dimulai.

Cara Mudah Membuka Android Yang Terkunci Dan Lupa Pola

Tunggu saja hingga selesai kemudian pilih “reboot system now”. Kemudian ponsel akan restart dan biasanya proses restart ini berjalan agak lama jadi tunggu saja hingga sudah berhasil masuk kembali ke homescreen.

6. Flash Ponsel Kamu

Jika factory reset tidak bisa menyelesaikan masalahmu, maka kamu harus flash ponsel Android-mu.

Dalam website ini ada banyak cara flash ponsel seperti :

Kamu bisa mencari cara flash ponsel lain dalam kotak pencarian yang ada di pojok kanan (PC) atau bawah artikel (Ponsel dan Tablet).

Begitulah berbagai cara yang digunaan untuk membuka pola, pin, password yang lupa di Android.

Advertisement
author foto

Penulis di https://tutoraplikasi.com/ dari Lamongan, Jawa Timur

2 thoughts on “Cara Membuka Android Yang Terkunci Dan Lupa Pola”

  1. mas, kemaren hp adek sepupu saya ketinggalan. saya kepo dan buka pola nya hingga salah berkali-kali. trus titik polanya hilang. malah yg keluar silahkan masukin email. gimna ya mas bikin titik polanya keluar lagi. hp nya samsung.. mohon bantuannya ya mas…

    Reply

Leave a Comment