Cara Mempercepat Laptop yang Lemot di Windows Paling Ampuh

Last Updated on

Mempercepat Laptop yang Lemot di Windows Paling Ampuh

Mempercepat Laptop yang Lemot di Windows Paling Ampuh

10 Cara Mempercepat PC yang Lemot di Windows 7, 8 dan 10 – Sobat pasti tidak ingin Windows milik sobat menjadi lemot setiap saat. Terkadang dengan menggunakan restart, PC kita bisa normal lagi. Tapi tentunya sobat juga tidak akan mau melakukan restart setiap saat lemot melanda kan ? karena tentu sobat akan membuang banyak waktu produktif sobat jIka terus melakukan restart.

Maka dari itu, kali ini saya akan memberikan cara untuk mengatasi laptop yang lemot paling ampuh

Cara Mempercepat Laptop yang Lemot

1. Mencari Aplikasi yang Memakan Banyak Memori

Laptop sobat sering lemot mungkin diakibatkan ada suatu aplikasi yang memakan daya terlalu banyak. Jika sobat merasa laptop sobat lemot secara tiba tiba atau misalnya ada proses yang sedang berjalan di CPU menjadi 99% atau mungkin aplikasi yang menggunakan memory RAM terlalu banyak.

Hal ini bisa juga diakibatkan oleh aplikasi yang menggunakan daya harddisk terlalu banyak sehingga menyebabkan aplikasi lain melambat ketika aplikasi itu mencoba mengakses atau menyimpan data dari harddisk. Untuk mencari tahu hal tersebut, sobat bisa membuka Task Manager.

Cara mencari aplikasi yang memakan banyak memori RAM yakni klik kanan pada taskbar lalu pilih “Task Manager” atau sobat bisa tekan tombol Ctrl + Shift + Escape di keyboard sobat. Di seri Windows 8, 8.1 dan 10, Task Manager mengalami perubahan tampilan dengan menampilkan kode warna berbeda untuk aplikasi yang menggunakan sumber daya PC sobat yang berbeda.

Taskbar

Taskbar

Sobat bisa mengklik “CPU”, “Memory” atau “Disk” untuk mengurutkan aplikasi yang menggunakan daya paling banyak. Sobat bisa menutup aplikasi tersebut secara normal atau jika tidak bisa, maka sobat pilih aplikasi yang mau ditutup lalu klik “End Task” untuk menutupnya secara paksa.

Task Manager

Task Manager

2. Menutup Aplikasi yang Berjalan di System Tray

Banyak aplikasi yang berjalan tanpa sepengetahuan kita ada di system tray atau di area notifikasi. Aplikasi ini sering berjalan ketika pc sobat dinyalakan dan tetap berjalan di background namun terlihat bersembunyi dari penglihatan sobat.

Untuk mengetahui aplikasi apa saja yang berjalan di System Tray, sobat bisa mengklik ikon panah keatas di sebelah kanan layar monitor sobat dan bisa menutupnya langsunmg jika aplikasi tersebut memang tidak sobat butuhkan dan dirasa hanay memberatkan pc sobat.

System Tray

System Tray

3. Menonaktifkan Aplikasi yang Berjalan Pada Saat Startup

Mencegah aplikasi yang berjalan saat startup tentu akan meringankan beban laptop sobat saat booting dan juga bisa menghemat memori, bahkan dapat mempercepat proses login pada pc sobat. Dan jika sobat pengguna Windows 8, 8.1 atau 10, maka versi Task Manager punya sobat akan terlihat berbeda dari Windows 7 karena Microsoft telah menambahkan fitur baru di Task Manager untuk mengatur aplikasi yang berjalan saat startup.

Cara menonaktifkan aplikasi yang berjalan yakni klik kanan pada taskbar lalu pilih “Task Manager” atau tekan Ctrl + Shift + Escape di keyboard sobat. Klik pada tab Startup lalu sobat bisa memilih aplikasi mana yang sobat inginkan untuk dinonaktifkan prosesnya. Disana Windows juga akan memberi tahu sobat aplikasi mana saja yang memberatkan proses startup sehingga memudahkan sobat untuk memilihnya.

Aplikasi Startup

Aplikasi Startup

4. Mengurangi Animasi

Windows menggunakan animasi yang cukup banyak dalam sistem operasi kita dan animasi-animasi tersebut bisa membuat PC sobat terasa agak lambat. Misalnya Windows bisa meminimize dan maximize aplikasi sobat secara langsung jika sobat menonaktifkan proses animasinya.

Untuk cara menonaktifkan animasi, tekan Windows Key + X atau klik kanan pada tombol Start dan pilih “Systems” lalu klik “Advanced System Settings” di sebelah kiri lalu klik “Settings” di bawah Performance. Sobat bisa memilih “Adjust for best performance” di bawah Visual Effect untuk menonaktifkan semua animasi atau pilih “Custom” dan pilih animasi mana yang ingin sobat nonaktifkan.

Animasi Windows

Animasi Windows

5. Meringankan Web Browser Sobat

Mungkin banyak dari sobat yang menggunakan internet secara teratur dan sering, jadi kemungkinan web browser milik sobat akan terlihat lebih lamban dari biasanya. Biasanya ini diakibatkan oleh penggunaan plugin yang terlalu banyak. Untuk melihat plugin atau ekstensi apa saja yang ada di browser sobat

Sobat bisa melihatnya di menu (titik dengan jumlah tiga) lalu pilih “More Tools” lalu “Ekstension” di Google Chrome versi terbaru. Sobat juga bisa mempertimbangkan untuk mengaktifkan click-to-play-plug-ins karena dengan cara itu, maka konten yang menggunakan plugins berat terutama Flash tidak akan langsung diaktifkan tapi menuggu persetujuan sobat untuk mengaktifkannya atau tidak.

Ektensi Google Chrome

Ektensi Google Chrome

6. Scan Windows dari Virus Malware dan Adware

Ada kemungkinan pc punya sobat jadi melambat karena ada aplikasi yang terinfeksi malware atau adware berjalan di proses background. Untuk meyakinkan sobat jika ada atau tidaknya aplikasi seperti ini, sobat harus menscannya dengan Malwarebytes.

Malwarebytes sendiri bukanlah anti virus jadi Malwarebytes ini bisa diinstal berdampingan dengan anti virus milik sobat. Salah satu fitur yang penting dari Malwarebytes ini bernama “potentially unwanted programs” (PUPs) yang biasanya tidak dihiraukan oleh kebanyakan anti virus.

Malwarebytes

Malwarebytes

7. Meringankan Harddisk

Jika harddisk milik sobat sudah hampir penuh, maka sobat akan merasakan pc sobat menjadi agak lamban. Sobat diharuskan untuk memberikan beberapa ruang di harddisk untuk membuat komputer bekerja dengan normal. Sobat tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk melakukan ini, karena Windows sudah menyediakan fitur untuk melakukan ini yang bernama Windows Cleanup.

Untuk cara melakukan Disk Cleanup ini sobat harus klik kanan pada drive yang diinginkan lalu pilih Properties, Pilih Disk Cleanup.

Disk Cleanup

Disk Cleanup

Setelah itu Windows akan melakukan proses scan sebentar dan sobat bisa memilih “Clean up system files” untuk memulai proses pembersihan. Selain melakukan Disk Cleanup, sobat juga mesti menghapus file apa saja yang kiranya tidak berguna atau tidak dibutuhkan dan segera menghapusnya secara permanen.

Disk Cleanup

Disk Cleanup

8. Defragment Harddisk

Mendefrag harddisk sebenarnya tidfak terlalu dibutuhkan di versi modern Windows karena Windows sendiri akan mendefrag harddisk secara otomatis di background. Bahkan jika sobat pengguna SSD maka tidak perlu lagi melakukan proses ini, karena Windows sendiri yang akan mengoptimalkannya.

Akan tetapi jika PC sobat masih memakai harddisk tipe lama dan sobat baru saja menaruh banyak file di dalamnya, maka proses defragment ini sangat dibutuhkan karena Windows belum sempat mendefragnya secara otomatis. Untuk cara melakukan proses defrag ini, sobat klik kanan pada salah satu drive lalu pilih “Properties” pilih tab Tool dan klik Optimize.

Defragment Harddisk

Defragment Harddisk

Setelah itu pilih lagi “Optimize” dan Windows akan segera mendefrag harddisk sobat.

Defragment Harddisk

Defragment Harddisk

9. Menghapus Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Terlalu banyak aplikasi yang sobat instal akan menimbulkan beban yang banyak juga untuk laptop atau PC sobat, oleh karena itu sobat harus cermat dalam menentukan aplikasi mana saja yang masih sobat gunakan dan mana yang tidak. Cara menghapus aplikasi sobat yang tidak dibutuhkan adalah dengan cara buka “Settings” lalu “Apps” dan sobat tentukan sendiri mana kiranya aplikasi yang sudah tidak sobat gunakan.

Uninstall Aplikasi

Uninstall Aplikasi

10. Reset atau Instal Ulang Windows

Ini merupakan cara terakhir yang bisa sobat lakukan jika semua cara yang diatas tidak berguna untuk sobat. Di versi modern Windows seperti Windows 8, 8.1 dan 10, ada cara yang mudah untuk mereset Windows agar terasa fresh kembali. Sobat tidak memerlukan media instalasi atau ISO Windows, sobat hanya perlu mengaktifkan fitur “Reset your PC” untuk mendapatkan kembali Windows yang masih fresh.

Proses ini sama seperti instal ulang Windows tetapi dengan cara yang lebih cepat dan mudah. Cara reset laptop adalah sobat harus menuju “Settings” lalu pilih “Update and Security” dan pilih “Get started” dibawah pilihan Reset this PC

Reset your PC

Reset your PC

Begitulah 10 cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat Windows kita agar tidak lemot atau lambat. Sampai jumpa di artikel berikutnya

Cara Mempercepat Laptop yang Lemot di Windows Paling Ampuh | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!