Cara Menampilkan Kecepatan Internet di Semua Windows (Update 2019)

Update :

Cara Menampilkan Kecepatan Internet di Windows – Ketika komputer anda sedang lambat saat digunakan berselancar di internet, tentunya anda ingin tahu apakah yang menjadi sebabnya. Banyak faktor yang mempengaruhi memang, seperti aplikasi background yang sedang berjalan atau ternyata kecepatan internet anda yang memang lambat.

Pada kasus pertama, Windows sudah memberikan kita opsi untuk melihat aplikasi mana saja yang berjalan di background dan dapat membuat komputer kita lambat dan kita dapat mencoba untuk mengatasi dengan meningkatkan kinerja laptop atau komputer kita. Namun beda halnya dengan yang kasus kedua sebab Windows tidak memberikan kita opsi untuk menampilkan kecepatan internet kita secara default.

Untuk dapat melihat kecepatan internet kita, kita diharuskan untuk menginstal aplikasi lain seperti NetSpeedMonitor yang terbukti efektif dan gratis.

Cara Menampilkan Kecepatan Internet di Windows 7, 8 dan 10

Untuk dapat menggunakan NetSpeedMonitor, anda harus memiliki komputer atau laptop yang memakai Windows XP atau di atasnya. Jika anda menggunakan Windows 10 ke bawah, seperti Windows XP, 7 atau 8, anda harus memastikan dahulu versi Windows, apakah menggunakan 64-bit atau 32-bit

Caranya cukup mudah, yakni tekan tombol Start > Performance and Maintenance > System > lihat pada bagian “System type”, di situ anda akan mengetahui tipe sistem yang sedang dipakai di Windows anda. Jika anda pengguna Windows 10, hal itu tidak diperlukan karena hanya NetSpeedMonitor 64 bit yang bisa berjalan di Windows 10.

1. Pertama, download NetSpeedMonitor sesuai tipe sistem anda, 32 bit atau 64 bit, Windows 10 wajib mendownload NetSpeedMonitor 64 bit.

2. Kemudian install seperti kebanyakan aplikasi lain. Bila anda pengguna Windows 10 dan pada waktu menginstal ada pesan error “Operating system not supported error”, maka anda harus menjalankan aplikasi ke compatibility mode.

Error install netspeedmonitor di Windows 10

3. Cara menjalankan ke compatibility mode cukup mudah, yakni klik kanan pada aplikasi NetSpeedMonitor kemudian pilih “Properties” dan cari tab “Compatibility” dan klik box di samping “Run this program in compatibility mode for” lalu pilih “Previous Version of Windows”. Klik Apply dan OK untuk menyelesaikannya.

cara menampilkan kecepatan internet windows

4. Setelah itu anda coba untuk menginstal NetSpeedMonitor lagi.

5. Ketika proses install sudah selesai, maka terdapat peringatan yang menanyakan untuk menambah toolbar NetSpeedMonitor ke taskbar. Klik “Yes” untuk melanjutkan.

menambah netspeedmonitor ke taskbar

6. Setelah itu akan muncul jendela konfigurasi seperti pemilihan bahasa, pemilihan jaringan yang digunakan dan log aplikasi. Jika anda merasa sudah melengkapinya, klik “Save”.

konfigurasi awal netspeedmonitor

7. Ketika anda selesai mengklik tombol “Save”, kini perhatikan bagian Taskbar sebelah kanan di Windows. Di sana akan muncul kecepatan internet anda.

8. Pada keadaan default, NetSpeedMonitor akan menampilkan kecepatan internet anda dalam satuan Kbit (Kilobits), anda dapat mengubah settingan ini menjadi Mbit (Megabits) dengan cara masuk ke setting.

9. Pertama klik kanan pada toolbar NetSpeedMonitor anda di taskbar kemudian pilih “Configuration”, setelah itu pada bagian “Bitrate”, pilih Mbit/s dan tekan Apply. Selain mengubah Bitrate, di sini anda juga dapat mengubah font, ukuran dan posisi toolbar.

merubah bitrate netspeedmonitor

Sebenarnya aplikasi NetSpeedMonitor tidak memiliki banyak fitur ekstra, namun hal itu juga yang membuatnya bagus sebab lebih memudahkan untuk digunakan bahkan untuk pemula. Terlebih lagi, aplikasi ini tidak memunculkan iklan sama sekali.

Meskipun NetSpeedMonitor ini aplikasi yang cukup sederhana, namun fungsinya sangat efektif dan berjalan dengan baik selama ini untuk melihat kecepatan internet di semua versi Windows. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, Terima Kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *