Mencari Smartphone Android Yang Hilang Dengan Cepat

Android Device Manager

Android Device Manager

Cara Menggunakan Android Device Manager – Pada jaman yang serba modern ini, kehadiran ponsel memang menjadi prioritas bagi kebanyakan orang yang memilikinya, bisa dibilang ponsel ini sangat melekat pada tangan penggunanya apalagi untuk ponsel yang dibeli dengan hasil menabung uang sendiri, tentu ponsel tersebut akan menjadi barang berharga yang kita punyai.

Oleh karena itu, tentu perasaan yang kita alami akan menjadi tidak karuan jika kita kehilangan benda yang sangat berharga tersebut, entah itu perasaan kesal atau sedih. Sebab – sebab kehilangannya pun bermacam-macam, bisa karena dicuri orang atau karena lupa menaruhnya dimana.

Akan tetapi bagi pengguna Android, ada salah satu aplikasi yang berguna untuk melacak keberadaan ponsel kita yang hilang yaitu bernama Android Device Manager. Kita tidak perlu repot-repot untuk menginstal aplikasi anti maling sejenis yang bertebaran di Google Play Store, karena aplikasi ini sudah built-in maksudnya sudah terinstal secara otomatis di dalam smartphone android kita.

Akan tetapi aplikasi hanya bisa digunakan oleh hp android dengan OS Android 2.2 keatas, untuk yang belum tahu versi OS Android yang kita miliki, bisa melihat di Pengaturan > Tentang Ponsel. Dan kali ini saya akan mengulas apa itu Android Device Manager berserta kegunaannya dan cara mengaktifkannya.

1. Pengertian Android Device Manager

Android Device Manager adalah sebuah software buatan Google yang memberi kita kuasa untuk melacak keberadaan ponsel kita, menghapus data dari jauh ataupun melakukan penguncian pada ponsel kita agar tidak dapat digunakan oleh orang lain

2.Cara Mengaktifkan Android Device Manager

Sebenarnya, secara default Android Device Manager sudah aktif di hp sobat, akan tetapi fungsi yang ditawarkan masih terbatas yaitu hanya untuk melacak lokasi smartphone sobat, sementara fungsi yang lainnya seperti menghapus data atau melakukan penguncian masih belum diaktifkan. Kita sebagai user lah yang harus mengaktifkan fitur itu sendiri.

Android Device Manager

Android Device Manager

Kita bisa mengaktifkan fitur tersebut di aplikasi Google Settings, bila Google Settings tidak ada di hp sobat, kita bisa mendownloadnya langsung di Google Play Store. Dan jIka memang sudah ada, langsung saja buka aplikasi Google Settings lalu pilih Security dan pilih Android Device Manager lalu pastikan “Remotely locate this device” yang berarti mengijinkan Google untuk melacak lokasi dari smartphone sobat dan “Allow remote lock and erase” yang berarti mengijinkan Google untuk mengunci dan menghapus data di dalam hp Android sobat secara jarak jauh, pastikan keduanya sudah benar-benar aktif

Baca Juga :  Lokasi Pendaratan Terbaik PUBG (Update Desember 2018)

3. Hal Yang Dibutuhkan

Ada beberapa persyaratan yang harus dicermati saat akan menggunakan Android Device Manager ini yaitu :

  • Pastikan GPS aktif, Android telah menyediakan sebuah fitur yang memungkinkan kita mengatur GPS pada setiap aplikasi yang berarti kita bisa memberikan ijin menggunakan ataupun memblok akses GPS pada setiap aplikasi. Untuk mengaktifkan GPS, bisa kita aktifkan dari toogle statusbar (tergantung smartphone yang digunakan) dan bisa juga melalui menu pengaturan
  • Hp aktif dan sudah login ke akun Google, jIka smartphone sobat belum punya atau belum login ke Google, maka segeralah melakukannya. Toh, proses pembuatannya sangat simple dan mudah dipahami semua orang. Bagi belum tahu, caranya adalah kita buka Pengaturan > Akun > Add > Pilih google > Pilih New > Isi nama depan dan belakang > Isi nama yang ingin kita jadikan email, lalu Google akan memeriksa apakah nama email yang kita ketik tadi bisa digunakan atau tidak, jika tidak maka kita harus memasukkan nama lain yang telah disediakan Google atau bisa mengetik alternatif nama email sendiri > Isi password, usahakan menggunakan kombinasi huruf besar dan kecil, kalau mau bisa juga ditambah dengan angka untuk lebih memprotect akun yang kita miliki > jika semua sudah seperti yang kita inginkan, tinggal tekan finish atau jIka masih ingin merubah sesuatu tinggal pilih icon kembali hingga ke tempat yang ingin dirubah, setelah kita sudah yakin semuanya benar dan menekan finish maka akun kita pun sudah selesai dibuat
  • Koneksi internet aktif, baik menggunakan paket data ataupun dengan wifi

4. Mulai Menggunakan Android Device Manager

Untuk melacak keberadaan hp yang hilang, kita bisa menggunkan browser dari komputer ataupun dari smartphone, cukup kunjungi https://www.google.com/android/devicemanager lalu masuk dengan menggunakan akun Google yang digunakan pada smartphone yang hilang.

Baca Juga :  Cara Flash Samsung Galaxy J2 Pro 2018 (Sukses 100%) Hanya 10 Menit Saja

Seperti inilah tampilan terbaru web Android Device Manager, jika kita berhasil masuk ke webnya dan login menggunakan akun gmail yang sama dengan hp sobat. Disitu kita bisa memilih perangkat mana yang akan dilacak lokasinya. Secara default, Google akan memilih perangkat yang terakhir kali kita gunakan dan menampilkan lokasi dimana smartphone sobat berada serta opsi – opsi yang bisa kita lakukan. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa kita lakukan lewat laman web Android Device Manager

Android Device Manager

Android Device Manager

  • Putar Suara, kita dapat membunyikan smartphone Android tersebut, seperti ketika seseorang sedang menelpon. Suara telepon tersebut akan berbunyi dengan volume maksimal selama 5 menit walaupun hp Android sobat dalam keadaan silent. Delay sekitar 5 – 10 detik akan terjadi antara waktu kita memilih opsi ini dan suara telepon berbunyi tergantung koneksi yang kita gunakan saat itu.
  • Kunci, kita juga dapat mengunci smartphone Android yang hilang dengan password, walaupun sebelumnya kita tidak memberikan password sama sekali. Dengan password yang dibuat secara darurat ini, setidaknya pencuri tidak bisa menggunakan atau melihat data yang ada pada smartphone sobat. Sehingga mengurangi resiko disalahgunakan.
  • Hapus, dengan mengambil opsi ini berarti kita akan menghapus semua data pada smartphone Android yang hilang, termasuk foto, video, pengaturan, aplikasi dan lainnya. Jika pilihan hapus ini diambil, kita tidak bisa lagi melacak lokasinya menggunakan Android Device Manager, yang berarti kita sudah ikhlas ponsel tersebut hilang. Tetapi setidaknya data-data yang tersimpan akan aman tidak disalah gunakan karena terhapus.

Begitulah penjelasan tentang Android Device Manager yang berfungsi untuk melacak keberadaan ponsel kita yang hilang, akan tetapi walaupun kita sudah mempersiapkan segala yang dibutuhkan untuk menggunakan Android Device Manager ini, tetap opsi yang paling baik adalah tetap berhati-hati ketika kita menggunakan perangkat kita karena pencurian terkadang tidak dilakukan secara terencana terlebih dahulu akan tetapi karena ada kesempatan dalam melakukannya.

 

Mencari Smartphone Android Yang Hilang Dengan Cepat | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!