Cara Mengaktifkan Dark Mode Windows 10 (Update 2020)

Advertisement

Cara Mengaktifkan Dark Mode Windows 10 – Dark mode atau night mode atau mode malam akhir-akhir ini populer digunakan di berbagai perangkat keseharian kita, seperti smartphone ataupun PC.

Google sendiri sudah menghadirkan Dark Mode untuk Android versi Q yang sudah hadir di banyak perangkat mulai awal tahun 2020.

Cara Mengaktifkan Dark Mode Windows 10 - TutorAplikasi

Pengguna Mac OS juga sudah mendapatkan dark mode ini pada update MacOS Mojave yang dirilis pada September 2018 lalu. Bagaimana dengan Windows 10?

Sebenarnya Microsoft juga sudah menambahkan fitur dark mode ini pada Windows 10 Anniversary Update pada bulan Oktober 2018 lalu.

Ini dia cara mencoba dark mode tersebut.

Cara Mengaktifkan Mode Malam (Dark Mode) Windows 10

1. Buka Settings

Cara Mengaktifkan Dark Mode Windows 10

Pertama, anda harus memiliki akses ke settings. Ada dua cara yang bisa digunakan, yakni dengan menahan tombol Windows + i atau dengan cara klik ikon Windows di taskbar dan klik ikon Settings.

2. Cek Versi Windows 10

Cara Mengaktifkan Dark Mode Windows 10

Setelah masuk ke Settings, pastikan Windows anda paling tidak memiliki versi 1607 (Anniversary Update) atau di atasnya.

Cara untuk mengeceknya cukup mudah, saat masuk ke Settings, pilih System lalu About kemudian scroll kebawah pada bagian Windows specifications.

Di sana akan terdapat info mengenai OS yang kita pakai, jika Windows anda masih di versi dibawah 1607, alangkah baiknya untuk segera update ke versi terbaru.

Cara update Windows juga cukup mudah, yakni dengan cara buka kembali Settings, lalu pilih Update and Security dan pilih Windows Update.

Jika sudah yakin bahwa Windows anda berada di versi 1607 keatas, maka lanjutkan membaca langkah selanjutnya.

3. Buka Personalization

Cara Mengaktifkan Dark Mode Windows 10

Saat berada di Settings, pilih Personalization kemudian pilih Colors. Scroll kebawah hingga anda menemukan “Choose your default app mode”, di sana akan terdapat opsi Light dan Dark.

Cukup pilih saja Dark dan selamat anda sudah memakai mode malam (Dark Mode) di Windows 10

Advertisement
.

Pada saat pertama kali dirilis di Anniversary Update, Dark Mode ini tidak bekerja di File Explorer hingga akhirnya pada update versi 1809, Microsoft menghadirkan Dark Mode di File Explorer.

Selain menggunakan fitur Dark Mode, kamu juga bisa mencoba tema Windows 10 dengan mode gelap sebagai basisnya. Selamat mencobanya dan sampai jumpa lagi di TutorAplikasi.com.

Advertisement

author foto

Penulis di https://tutoraplikasi.com/ dari Lamongan, Jawa Timur

Bagikan :

1 thought on “Cara Mengaktifkan Dark Mode Windows 10 (Update 2020)”

Leave a Comment