Cara Mengecek Kondisi Hardisk di Windows

Update :

Advertisement

Cara Mengecek Kondisi Hardisk di Windows – Hard drive bisa dikatakan sebagai jiwa dari laptop atau PC kamu, hard drive atau hardisk memang menjadi tempat menyimpan segala file penting yang kamu punya, termasuk Windows milikmu.

Advertisement

Walaupun sebenarnya hampir semua komponen PC itu penting, hardisk masih menjadi yang utama karena data yang kamu miliki tersimpan di dalamnya. Tentu saja kamu tidak akan mau kehilangan data bergiga-giga, misalnya game Horor PC yang telah kamu download sebelumnya.

Jika hampir semua komponen PC dapat diganti ketika rusak, namun lain halnya ketika hardisk yang rusak. Walaupun hardisk-nya sendiri dapat diganti dengan mudah, namun data yang tersimpan di dalamnya pasti akan sulit dikembalikan dan hal itulah yang bisa membuat kepala pusing.

Advertisement
Cara Terbaik Mengecek Kesehatan Harddisk di Windows

Oleh karena itu, kami rekomendasikan untuk segera memulai proses backup file-file penting kamu ke dalam alternatif lain seperti Cloud atau hard drive yang lain. Namun kamu tentu saja dapat menghindari hardisk yang rusak dengan secara rutin mengecek kondisi kesehatan hardisk.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa cara untuk mengecek hardisk, mulai dari metode yang sudah disediakan oleh Windows hingga tool yang disediakan oleh pabrikan dari hardisk kamu.

1. Mengecek Kondisi Hardisk dengan Aplikasi Bawaan

Memakai aplikasi bawaan hardisk untuk mengecek kondisi hardisk
Aplikasi HDD Health Check dari WD

Banyak pabrikan hardisk besar sudah menyediakan tool atau aplikasi secara gratis yang digunakan untuk mengecek kesehatan hardisk. Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja mengetahui pabrikan mana yang membuat HDD dalam PC kamu.

Advertisement

Jika kamu belum tahu, maka caranya adalah tekan tombol Windows kemudian ketik “device manager”, klik atau enter device manager yang muncul dalam hasil pencarian tersebut. Pada Device Manager, klik bagian panah di “Disk drive” dan catat model number dari hasil yang terlihat.

Kemudian cari ke Google model number dari hardisk kamu tersebut, Google akan memberitahu kamu pabrikan mana hardisk dengan nomor model tersebut.

Setelah ketemu pabrikan mana, maka kamu dapat langsung menuju ke website resmi pabrikan tersebut untuk download tool resmi mengecek hardisk dari mereka.

Beberapa pabrikan besar yang sudah kami coba adalah Western Digital, Seagate, Samsung dan Adata. Untuk pabrikan yang lain, kamu coba untuk mencarinya sendiri di website resmi pabrikan terksebut.

2. Menggunakan Tool CHKDSK

Cara mengecek kondisi Hardisk di Windows
Membuka CHKDSK

Jika pada bagian pertama ternyata hardisk yang kamu miliki tidak mempunyai tool sendiri untuk mengecek kesehatan hardisk, kamu tidak perlu cemas.

Windows sebenarnya sudah punya tool sendiri yang dapat digunakan untuk mengecek kondisi hardisk, tool ini bernama CHKDSK yang dapat digunakan untuk menscan hardisk dan mencari sistem yang error serta bad sector dalam hardisk.

Advertisement

Selain melakukan proses scan, tool ini juga akan mencoba untuk memperbaiki error dan bad sector jika memang ditemukan error atau bad sector.

Untuk menggunakan tool CHKDSK ini, kamu cukup klik kanan pada drive yang ingin dicek kondisinya, kemudian pilih “Properties” dan klik tab “Tools” lalu klik tombol “Check now”.

Akan ada dua pilihan untuk langsung mencoba fix jika ditemukan suatu error atau bad sector, lebih baik kamu cek saja keduanya dan klik “Start”. Proses mengecek tergantung dengan banyak faktor seperti kecepatan CPU, ruang kosong dalam hardisk dan lain sebagainya.

3. Menggunakan WMIC dari Command Prompt

Contoh hasil WMIC Windows
Hasil laporan dari WMIC

Perintah WMIC dalam Command Prompt (cmd) memiliki banyak sekali fungsi mendasar, mengecek kesehatan hardisk merupakan salah satunya. Command ini menggunakan fitur S.M.A.R.T (Self-Monitoring, Analysis and Reporting Technology) dari hardisk untuk melihat status dan memberikan kesimpulan yang simpel, seperti “OK”, “Pred Fail” dan lain-lain.

Command atau perintah ini memang hanya memberikan sedikit sekali informasi, namun cukup cepat jika dibandingkan dua opsi di atas. Selain itu, cara ini juga ada di semua Windows, baik itu Windows XP, 7, 8, 8.1 atau 10.

Untuk memulai proses mengecek kesehatan hardisk dengan WMIC, pertama buka CMD dengan cara tekan tombol Windows+R di keyboard. Kemudian ketik “cmd” dan klik OK untuk membuka jendela Command Prompt.

Advertisement

Lalu dalam Command Prompt, ketik:

wmic

Dan tekan enter. Saat WMIC sudah siap, ketik perintah berikut :

diskdrive get status

Dan tekan enter. Tidak lama kemudian kamu akan melihat kondisi dari hardisk kamu.

4. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Mengecek kondisi Hardisk dengan CrystalDiskInfo
Tampilan dari aplikasi CrystalDiskInfo

Walaupun Windows dan pabrikan sudah memiliki tool untuk mengecek hardisk, namun tak bisa dipungkiri bahwa pengembang aplikasi pihak ketiga pun juga memiliki aplikasi serupa.

Advertisement

Aplikasi-aplikasi ini juga menggunakan fitur SMART sama seperti WMIC, namun memberikan kesimpulan yang cukup lengkap, tidak sesimpel WMIC.

CrystalDiskInfo adalah aplikasi yang simpel, namun juga powerful, apalagi aplikasi ini sangat ringan digunakan dan juga gratis. Aplikasi yang memiliki ukuran hanya 4 MB ini memberikan memberikan informasi penting dalam hardisk, seperti suhu, status, tipe hardisk, fitur, write/read error rate, spin-up time dan lain-lain.

Aplikasi ini sebenarnya dibundle dengan iklan, oleh sebab itu kamu harus memastikan untuk tidak menghilangkan centang untuk memasang side tool saat melakukan proses instalasi CrystalDiskInfo.

Aplikasi CrystalDiskInfo ini akan memberikan informasi yang update setiap 10 menit secara default dan akan memberikan peringatan jika ada sesuatu yang salah sedang terjadi.

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi / software sejenis ini seperti Hard Disk Sentinel dan HDDScan. Namun kami rasa CrystalDiskInfo masih menjadi aplikasi pihak ketiga terbaik jika digunakan untuk mengecek kondisi hardisk.

Advertisement

Advertisement

author foto

Penulis di https://tutoraplikasi.com/ dari Lamongan, Jawa Timur

1 thought on “Cara Mengecek Kondisi Hardisk di Windows”

  1. Pingback: Cara Mempercepat Laptop Windows yang Lemot (Update 2019) • TutorAplikasi.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *