Home » Cara Menghapus Atau Uninstall Aplikasi di Linux

Cara Menghapus Atau Uninstall Aplikasi di Linux

Advertisement

Last Updated on 26 May, 2020 by Firza

Cara Menghapus/Uninstall Aplikasi di Linux – Linux menggunakan metode berbeda dari Windows dalam hal menginstal ataupun menguninstal / menghapus aplikasi tertentu.

Advertisement

Kamu bisa menginstal aplikasi / software menggunakan Software Center di Ubuntu misalnya atau mungkin dengan mengcompile source code dari aplikasi yang tertentu.

Akan tetapi bagaimana dengan cara menghapus aplikasi tersebut? Jika kamu memakai Ubuntu dan menginstal aplikasi lewat Ubuntu Software Center maka kamu bisa menghapus aplikasi tersebut dengan mudah.

Namun jika kamu menginstal aplikasi menggunakan perintah di terminal misalnya, maka di sini saya akan memberikan cara menghapusnya.

Cara Terbaru Menghapus Atau Uninstall Aplikasi di Linux

Pertama kamu harus mencari nama aplikasi yang akan diuninstal dengan nama yang tepat. Kamu bisa menggunakan perintah “dpkg” di terminal, cukup tekan “Ctrl + Alt + T” untuk membuka terminal. Kemudian ketik perintah berikut dan tekan Enter

dpkg --list

Kemudian scroll ke atas/bawah untuk mencari nama yang tepat untuk aplikasi yang ingin dihapus di jendela terminal. Perhatikan dengan seksama nama aplikasi tersebut.

Untuk melakukan proses uninstall, kamu bisa menggunakan perintah “apt-get” yang merupakan perintah normal untuk menginstal atau memanipulasi suatu aplikasi.

Sebagai contoh, perintah di bawah ini digunakan untuk menghapus VLC serta semua file konfigurasinya menggunakan perintah “–purge”.

Lalu masukkan password, password yang kamu ketik tidak akan muncul di tampilan terminal linux, namun tetap dibaca oleh sistem dan jika sudah selesai tekan Enter.

Advertisement
sudo apt-get --purge remove vlc

Proses menghapus segera dimulai dan ketika kamu diberi pertanyaan untuk melanjutkan, maka ketik “y” lalu Enter. Ketika prosesnya sudah selesai, kamu bisa langsung menutup jendela terminalnya.

Jika kamu tidak ingin menghapus file konfigurasinya, maka hilangkan perintah –purge menjadi

sudo apt-get remove vlc

Namun kemungkinan ada berkas yang masih  tertinggal jika menggunakan cara uninstall seperti tadi karena jika software atau aplikasi yang terinstal di Linux menggunakan metode instalasi yang berbeda-beda maka kemungkinan ada berkas yang tidak terpakai tidak ikut di proses uninstall.

Untuk menghapus berkas yang tidak berguna tadi, kamu bisa menggunakan perintah “autoremove” seperti contoh di bawah

sudo apt-get autoremove

Kamu bahkan bisa menggabungkan kedua perintah diatas untuk menghapus aplikasi serta berkasnya sekaligus di satu kalimat perintah seperti contoh dibawah

 sudo apt-get purge --auto-remove vlc

Perintah “clean” juga bisa kamu gunakan untuk membersihkan file yang ada di “/var/cache/apt/archives”.

Karena setiap kamu menginstal suatu program atau aplikasi maka berkas aplikasi tersebut akan tersimpan di direktori tadi dan tentunya akan menumpuk hardisk jika tetap dibiarkan, apalagi jika berkas tadi berisi aplikasi yang sudah tidak dibutuhkan oleh kamu.

Maka gunakanlah perintah ini untuk menghapusnya.

sudo apt-get clean

Perintah “apt-get” merupakan perintah yang membuat download, instal atau uninstall suatu aplikasi menjadi lebih mudah dan cepat. Jika kamu ingin tahu secara lengkap apa saja yang bisa dilakukan dengan perintah “apt-get” ini, cukup ketik “apt-get” di terminal lalu tekan enter.

Begitulah cara menghapus atau uninstall aplikasi di Linux. Sampai jumpa kembali di TutorAplikasi.com

Advertisement

Baca juga artikel Linux laiinya :

Advertisement

author foto

Penulis di https://tutoraplikasi.com/ dari Lamongan, Jawa Timur

1 thought on “Cara Menghapus Atau Uninstall Aplikasi di Linux”

  1. Pingback: Aplikasi Edit Foto Terbaik di Linux dan Cara Menginstalnya • TutorAplikasi.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *