Cara Cepat Menghilangkan Iklan Di Android Yang Mengganggu

Last Updated on

CaraMenghilangkan Iklan Android

Cara Menghilangkan Iklan Android

Cara Menghilangkan Iklan Di Android – Menampilkan iklan di website atau di dalam aplikasi merupakan cara paling populer bagi pemilik website atau pengembang aplikasi dalam menghasilkan uang. Namun ada juga orang yang sangat kesal karenanya.

Untuk yang kesal ini mungkin mereka terganggu dengan iklan popup dimana saat kita mengklik suatu website tiba-tiba ada jendela baru yang muncul dan biasanya itu berisi iklan yang berbau sensual atau jebakan, tentunya sangat mengganggu kita.

Selain karena iklannya yang berbau sensual dan menjebak, dengan dibukanya jendela baru berarti akan membebani Android milik sobat, apalagi di Indonesia ini smartphone Android yang banyak terjual ialah smartphone dengan rentang harga 1 jutaan dan dengan harga segitu tentunya spesifikasi smartphone yang kita dapat pun tidak terlalu “wah”.

Sehingga sewaktu iklan popup muncul biasanya Android kita pun menjadi lemot. Oleh karena itu di kesempatan kali ini saya akan memberikan cara cepat menghilangkan iklan di Android baik itu di web browser maupun di aplikasi milik sobat.

Metode di bawah ini bisa digunakan bagi sobat pemilik Android yang sudah root ataupun belum root.

Cara Menghilangkan Iklan di Android Tanpa Root

Selain mengganggu dan membuat Android sobat menjadi lemot, iklan juga menguras paket data milik sobat jadi dengan tiadanya iklan maka browsing kita akan terasa nyaman tanpa gangguan dan juga tidak perlu kuatir kuota sobat akan tersedot karena iklan

Apalagi saat ini harga paket data internet tidak ada yang benar-benar murah. Baiklah berikut ini cara yang digunakan untuk menghilangkan iklan tanpa root pilihan tim TutorAplikasi.com

Memblokir Iklan di Web Browser Android Tanpa Root

1. UC Browser

Aplikasi UC Browser ini memiliki ad-blocker yang sudah tertanam di dalamnya, sobat bisa mendownloadnya langsung lewat Google Playstore atau toko aplikasi lainnya. Ikuti langkah-langkah berikut untuk memastikan bahwa iklan popup tidak akan muncul di hape sobat.

  • Pertama buka Settings, caranya buka Menu (garis vertikal 3 buah)
  • Buka Settings (lambang gear)
Setting UC Browser

Setting UC Browser

  • Pilih Ad Block
  • Pastikan Ad Blocker serta Powerful Ad Blocker sudah aktif
Mengaktifkan Ad Blocker

Mengaktifkan Ad Blocker

  • Dengan cara itu, iklan popup maupun iklan biasa tidak akan muncul lagi di UC Browser milik sobat

2. Google Chrome

Jika sobat menggunakan Google Chrome sebagai web browser sehari-hari, maka iklan popup juga bisa sobat hindari dengan cara berikut

  • Buka Menu (3 titik vertikal) lalu Settings
  • Pilih Site Settings (Setelan Situs)
  • Pilih Pop-ups (Munculan)
Google Chrome

Google Chrome

  • Pastikan Pop-ups dalam status “Blocked”
Baca Juga :  Cara Mengembalikan File atau Foto Terhapus di Semua Android

Jika sobat menginginkan semua iklan agar tidak muncul di Google Chrome, maka sobat juga harus mematikan JavaScript di Site Settings (Setelan Situs) tadi.

Jika semua sudah benar, maka sobat tidak akan menemui iklan lagi di browser Google Chrome milik sobat, terutama iklan pop up.

Memblokir Iklan di Aplikasi Android Tanpa Root

Terkadang, iklan tidak hanya ada di web browser sobat, tapi ada juga yang berasal dari aplikasi. Biasanya iklan dari aplikasi inilah yang membuat sobat merasa sangat terganggu karena iklannya berada di tempat yang tidak tepat serta terkadang menutupi seluruh layar.

Di kesempatan kali ini saya akan membagikan cara menghilangkan iklan di Android tanpa root dengan menggunakan aplikasi DNS66.

Sebelumnya patut sobat perhatikan, bahwa jika menggunakan DNS66 ini diharuskan memakai minimal Android 5.0 dan jika Android sobat memiliki versi dibawahnya, maka sobat bisa lanjutkan terus membaca dibawah untuk mengetahui solusinya.

DNS66 dapat menghilangkan iklan di Android sobat tanpa perlu akses root dan aplikasi ini bisa sobat download gratis di situs resminya yakni https://f-droid.org/packages/org.jak_linux.dns66/ 

Sobat scroll kebawah sampai menemukan pilihan “download apk”, jangan download f-droid. Tunggu hingga proses download selesai lalu instal. Jika sobat tidak bisa menginstalnya, kemungkinan “unknown source” belum sobat aktifkan, sobat bisa mengeceknya di Settings.

Selanjutnya, jika sobat sudah selesai mendownload dan menginstalnya, kali ini buka aplikasinya. Sobat akan disuguhi dengan setup guide, hiraukan saja tidak masalah.

Untuk memulai memblokir iklan, pilih tab “Domain Filter” yang letaknya ada di bagian bawah.  Kemudian pilih salah satu host yang tersedia, saya sarankan sobat hanya memilih “Adaway host file”.

Lalu sobat tekan bulatan merah di sebelah “Adaway host file” dan tunggu hingga berubah ke hijau. Jika sudah berubah itu tandanya bahwa sobat sudah berhasil.

Mengaktifkan Host

Mengaktifkan Host

Setelah itu, sobat buka lagi tab “Start/Stop” lalu tekan tombol refresh di sebelah kanan layar, kemudian aplikasi DNS66 akan memberi tahu sobat untuk mendownload file host yang dipilih tadi. Jadi tunggu sebentar sampai selesai.

Ketika sudah selesai, tekan ikon power besar di layar sobat untuk mengaktifkan VPN yang memblokir iklan, lalu tekan OK dan selesai.

Mengaktifkan DNS66

Mengaktifkan DNS66

DNS66 ini tidak hanya memblokir iklan di aplikasi, tapi bisa juga untuk memblokir iklan di web browser sobat. Berbeda dengan aplikasi ad-blocker lainnya yang juga menggunakan VPN, DNS66 ini memblokir iklan ke level DNS. Yang artinya aplikasi ini hanya memblokir iklan di aplikasi beriklan tidak seperti aplikasi lain yang juga memblokir semua koneksi ke aplikasi beriklan.

Baca Juga :  Cara Mudah Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 6 (Sukses 100%)

Selain itu, DNS66 juga lebih hemat dalam penggunaan daya baterai dibandingkan aplikasi sejenis. Dalam hal ini aplikasi Adguard yang menjadi contoh.

Sobat bisa melihat bahwa DNS66 tidak muncul sama sekali di statistik baterai, sangat jauh berbeda dibandingkan Adguard yang menghuni pos pertama dalam hal pemborosan baterai.

Perbandingan Adguard dengan DNS66

Perbandingan Adguard dengan DNS66

Jika tadi sobat memiliki Android namun bukan versi 5.0 (Marsmallow) keatas, maka sobat bisa menggunakan aplikasi Adblock plus.

Cara Menghilangkan Iklan di Android Root

Jika sobat memiliki smartphone Android yang sudah root, maka tutorial ini tidak perlu lagi saya pisahkan antara menghilangkan iklan di web browser dan menghilangkan iklan di aplikasi. Karena jika sudah root, maka aplikasi yang digunakan untuk blokir iklan ini sangatlah powerful, mulai dari iklan di dalam aplikasi sampai di web browser akan dibabat habis

Di kesempatan kali ini saya akan menggunakan AdAway sebagai contohnya. Langsung saja langkah pertama download AdAway di https://f-droid.org/packages/org.adaway/ . Pilih “download apk” jangan download f-droid.

Setelah selesai instal seperti biasa dan jika sobat tidak bisa menginstalnya maka aktifkan dulu “Unknown Source” di Settings. Setelah selesai menginstal, sobat langsung buka aplikasi AdAway. Ketika pertama kali membuka AdAway, sobat akan dimintai ijin root terlebih dahulu, pilih “Grant” untuk memberi ijin

Memberi Ijin Root

Memberi Ijin Root

Selanjutnya sobat pilih “Download files and apply blocking” artinya AdAway akan mendownload file host untuk memblokir iklan di Android sobat

Mendownload File Host

Mendownload File Host

Tunggu hingga proses selesai, setelah selesai AdAway akan meminta sobat untuk merestart Android, sobat pilih Yes agar proses reboot dijalankan dan setelah kembali menyala Android sobat akan bebas dari iklan selama AdAway masih ada.

Proses untuk menghilangkan iklan di Android atau memblokir iklan di Android yang sudah root memang sangat mudah dan simple tetapi jika Android sobat belum di root maka tidak perlu kecewa karena proses yang dijalankan tidak terlalu berbeda.

Bahkan, sebenarnya metode yang dipakai sama namun bagi pemilik Android root jalan yang dipakai lebih pendek daripada yang belum. Sekian dan sampai jumpa di artikel selanjutnya di TutorAplikasi.com.

Cara Cepat Menghilangkan Iklan Di Android Yang Mengganggu | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!