Cara Mudah Mengunci Jaringan 4G LTE di Android

Update :

Advertisement

Cara Mengunci Jaringan 4G LTE di Android – Teknologi 5G memang sudah di depan mata, dan pada tahun 2019 teknologi ini mulai dijejalkan kepada khalayak umum. Bahkan pada bulan September 2018 lalu, Lenovo selaku pemilik brand Motorola merilis ponsel 5G pertama yang bernama Moto Z3.

Advertisement

Ponsel ini pun resmi menjadi ponsel yang sanggup menjajal kemampuan jaringan 5G pertama kalinya, sedangkan brand besar lainnya seperti Samsung, Huawei maupun Xiaomi mulai merilis ponsel dengan kemampuan 5G pada akhir tahun 2019.

Para operator di Indonesia juga tak mau kalah untuk segera menerapkan teknologi 5G di tanah air, contohnya adalah PT XL Axiata Tbk bersama dengan Ericsson Indonesia bekerja sama dalam melakukan ujicoba 5G di luar ruangan.

Advertisement
Cara Mengunci Sinyal 4G LTE

Menurut hasil ujicoba tersebut, Direktur Chief Service Management Officer XL mengatakan bahwa teknologi 5G selain dapat menghadirkan kecepatan hingga mencapai 20 Gbps, teknologi ini juga memiliki latency yang rendah sehingga koneksi menjadi lebih lancar lagi.

Namun seperti kebanyakan pengembangan teknologi lainnya, tidak akan semua masyarakat bakal langsung menikmati kelebihan dari teknologi 5G. Seperti halnya saat ini, belum semua masayarakat dapat mengakses jaringan 4G.

Bahkan bagi yang dapat mengakses pun, terkadang jaringan 4G mereka sering turun menjadi 3G karena tidak stabil. Sebenarnya, hal tersebut dapat diatasi dengan cara mengunci atau lock jaringan 4G LTE, terutama di ponsel dengan sistem operasi Android.

Advertisement

Kita juga masih belum tahu nantinya berapa harga yang bakal dipatok untuk paket internet 5G, mengingat paket internet 4G saat ini, contohnya paket internet Telkomsel terbilang cukup mahal.

Cara Lock Sinyal 4G LTE Android

Cara Mengunci Sinyal 4G LTE Android Tanpa Aplikasi

1. Mengunci Sinyal 4G dengan Dial Pad

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah mengakses aplikasi Telepon kemudian ikuti langkah dibawah ini:

  • Ketik kode *#*#4636#*#* di keyboard Android
  • Setelah itu, akan muncul menu “Testing” atau Pengujian dalam bahasa Indonesia
Menu Testing
Menu “Testing”
  • Jika ponsel kamu memakai dual SIM, maka akan ada dua 3 pilihan, yakni “Phone Information 1”, “Phone Information 2” dan “WLAN Information”. Pilihlah SIM mana yang akan dikunci sinyal 4G-nya, jika SIM 1 maka pilih “Phone Information 1”, jika SIM 2 maka pilih yang 2
  • Kemudian pilih “Set Preferred Network Type” dan pilih LTE Only
Pilih Set Preferred Network Type ke LTE Only
Pilih “Set Preferred Network Type” ke LTE Only
  • Tunggu sebentar, ponsel kamu akan segera beralih ke sinyal 4G

2. Mengunci Sinyal 4G di Setting

Pada beberapa ponsel Android, para produsen sudah memberikan setting atau pengaturan untuk mengunci sinyal 4G di dalam menu Settings. Namun sepertinya untuk ponsel keluaran baru dari produsen besar seperti Xiaomi, Samsung, Oppo dan lain – lain tidak lagi memberikan opsi ini.

Cara Mengunci Sinyal 4G LTE Android Dengan Aplikasi

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan cara menginstal aplikasi dari Google Play Store, salah satu aplikasi yang cukup populer digunakan untuk kunci sinyal 4G adalah aplikasi 4G LTE Switch. Cara menggunakannya pun cukup mudah:

Advertisement
Aplikasi 4G LTE Switch
Aplikasi 4G LTE Switch
  • Pertama tentu saja buka aplikasi 4G LTE Switch
  • Kemudian pilih Continue
  • Dan terkahir pilih Change to LTE Only

Namun patut diketahui jika aplikasi ini hanya bekerja untuk SIM 1 saja, jika kamu menggunakan SIM 2 untuk berselanjar di internet, maka saya rekomendasikan untuk memakai cara pertama dengan menggunakan Dial Pad.

Begitulah cara mengunci sinyal atau jaringan 4G LTE di ponsel Android. Cara diatas dapat diterapkan pada semua ponsel Android dari berbagai brand seperti Samsung, Xiaomi, Asus, Lenovo, Realme, Oppo, Vivo, Nokia, Huawei, LG, Evercoss dan lain-lainnya. Sampai jumpa lagi di TutorAplikasi.com

Advertisement

author foto

Penulis di https://tutoraplikasi.com/ dari Lamongan, Jawa Timur

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *