Cara Mudah Merekam Layar iPhone dan iPad Tanpa Aplikasi, Tanpa Jailbreak

iOS

Last Updated on

Cara Mudah Merekam Layar iPhone dan iPad Tanpa Aplikasi, Tanpa Jailbreak

Cara Merekam Layar iPhone dan iPad – Sebelumnya, satu – satunya cara untuk merekam layar iPhone adalah dengan menggunakan Mac dan aplikasi QuickTime Player. Dan jika sobat mau merekam layar iPhone tanpa menggunakan komputer, sobat dapat menggunakan aplikasi AirShou.

Namun proses instalasi dari AirShou ini terbilang agak sulit. Akan tetapi, jika sobat menggunakan iOS 11, maka ada cara yang jauh lebih mudah. Karena saat ini, Apple sudah membenamkan fitur untuk merekam layar dari iPhone yang memakai sistem operasi iOS 11.

Tidak hanya merekam layar, fitur tersebut juga dapat merekam suara dan setelah proses perekaman selesai, maka hasilnya akan ditransfer ke dalam aplikasi foto, disana sobat dapat mengedit videonya seperti memotong beberapa bagian yang tidak diperlukan.

Baiklah langsung saja begini cara merekam layar iPhone dengan mudah. Pertama tama sobat perlu untuk menambahkan shorcut “Screen Recording”, karena fitur ini tidak memiliki aplikasinya sendiri dan tidak diaktifkan secara default oleh Aplle, sehingga sobat harus mengaktifkannya sendiri.

Caranya yakni buka “Settings” lalu pilih “Control Settings”.

Dari sana, pilih “Customize Controls” lalu scroll kebawah hingga sobat menemukan “Screen Recording” dan tekan ikon plus warna hijau di sebelah sampingnya untuk menambahkannya ke Control Center.

Cara Mudah Merekam Layar iPhone dan iPad Tanpa Aplikasi, Tanpa JailbreakCara Mudah Merekam Layar iPhone dan iPad Tanpa Aplikasi, Tanpa Jailbreak

Menambahakan “Screen Recording” ke Control Center

Setelah sobat berhasil menambahkan tombol Screen Recording ke dalam Control Center, sobat akan melihat ikonnya ketika membuka Control Center.

Jika sobat menginginkan video milik sobat memiliki audio, sobat hanya perlu menahan ikon screen recording atau tekan dengan 3D Touch untuk membuka jendela Screen Recording.

Kemudian tekan ikon mic untuk mengaktifkan audio. Sobat juga dapat menekan “Start Recording” dari jendela ini untuk memulainya secara langsung.

Cara Mudah Merekam Layar iPhone dan iPad Tanpa Aplikasi, Tanpa JailbreakCara Mudah Merekam Layar iPhone dan iPad Tanpa Aplikasi, Tanpa Jailbreak

Ikon Screen Recording

Sobat nantinya memiliki waktu jeda selama 3 detik sebelum proses perekaman dimulai. Ketika proses merekam layar berlangsung, maka status bar iPhone akan berubah warna menjadi merah dan akan terus seperti itu hingga sobat memutuskan untuk menghentikan proses perekaman.

Baca Juga :  Cara Merekam Telepon di Android dan iPhone Dengan Mudah

Dan warna merah di status bar ini akan terlihat dimanapun status bar terlihat dan tidak ada cara apapun untuk menonaktifkannya.

Namun hal itu tentunya tidak menjadi masalah sebab hal itu mempermudah sobat untuk mengenali apakah sedang melakukan proses perekaman atau tidak.

Untuk menghentikan proses perekaman, sobat dapat membuka Control Center lagi dan tekan ikon Screen Recording atau tekan dan tahan secara lama ikon Screen Recording dan pilih “Stop Recording”.

Cara alternatif lainnya, sobat dapat menekan indikator perekaman berwarna merah di status bar, jika sobat dapat melihatnya, tekan “Stop”.

Ketika sobat memberhentikan proses perekaman, sebuah notifikasi akan muncul untuk menandakan bahwa proses perekaman selesai dan sobat dapat menekannya untuk langsung melihat video di aplikasi Photo.

Cara Mudah Merekam Layar iPhone dan iPad Tanpa Aplikasi, Tanpa Jailbreak

Menghentikan proses perekaman

Sobat juga dapat langsung menuju ke aplikasi Photo untuk mencari hasil videonya di kategori “Camera Roll” dan “Video”.

Dan di aplikasi Photo ini, sobat juga dapat langsung mengedit video hasil rekaman tadi dengan cara tekan “Edit”.

Untuk memotong video, cukup tekan dan tahan salah satu arah panah berwarna hitam di kedua sisi video. Sobat juga dapat melakukan preview terlebih dahulu sebelum mengakhiri sesi pemotongan video dengan cara menekan tombol Play yang berada di bagian bawah sebelah tengah.

Ketika sobat sudah selesai dalam proses edit, cukup tekan “Done” di sebelah kanan bawah dan pilih “Save as New Clip”.

Cara Mudah Merekam Layar iPhone dan iPad Tanpa Aplikasi, Tanpa Jailbreak

Mengedit video di aplikasi Photos

Dengan cara ini, video akan disimpan berbeda dari yang original jadi sobat tidak perlu kuatir video original tadi akan terhapus.

Fitur merekam layar ini memang masih baru di iOS 11, dan tentunya kita dapat berharap bahwa Aplle akan terus meningkatkannya dengan memberi fitur yang baru.

Cara Mudah Merekam Layar iPhone dan iPad Tanpa Aplikasi, Tanpa Jailbreak | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!