Cara Merekam Layar Komputer Paling Mudah

Last Updated on

Cara Merekam Layar PC atau Laptop Tanpa Aplikasi

Cara Merekam Layar PC atau Laptop Tanpa Aplikasi

Cara Merekam Layar PC atau Laptop Tanpa Aplikasi – Apapun tujuan sobat kenapa merekam layar, entah itu untuk kebutuhan tutorial bagi orang lain, merekam game yang dijalankan untuk dibagikan ke Youtube maupun situs lainnya. Apapun tujuan sobat, merekam layar pc atau laptop bisa dilakukan dengan dua cara yakni dengan memakai aplikasi pihak ketiga ataupun dengan menggunakan fitur terbaru yang ada di Windows.

Dengan adanya aplikasi atau fitur untuk merekam ini, tentu akan sangat memudahkan bagi sobat yang memang membutuhkannya. Apalagi tutorial dengan konten video pastinya lebih membantu daripada yang hanya menggunakan teks. Berikut ini cara yang digunakan untuk merekam layar komputer sobat

Cara Merekam Layar Tanpa Aplikasi

Jika sobat menginginkan cara cepat untuk melakukan screen recording atau merekam layar di pc tanpa aplikasi tambahan alias tidak perlu repot repot dan gratis, sobat bisa menggunakan salah satu fitur terbaru di Windows 10 Creators Update. Fitur itu bernama Game DVR yang memang didesain untuk merekam layar ketika bermain game PC, tetapi sesungguhnya cara ini bisa diterapkan ke semua aplikasi.

Untuk melakukan ini, sobat cukup tekan Windows + G di semua aplikasi yang terinstal di Windows 10. Kemudian Game Bar akan muncul dan sobat pilih “Yes, this is a game” meskipun aplikasi yang sedang berjalan tersebut bukanlah suatu game.

Game DVR

Game DVR

Jika Game Bar tidak muncul, maka kemungkinan sobat pernah menonaktifkannya, untuk meyakinkannya kembali sobat tinggal menuju ke Settings > Gaming > Game Bar lalu sobat pastikan bahwa “Record game clips, screenshot and broadcasting using Game Bar” dalam keadaan aktif. Jika Game Bar sudah aktif dan sudah muncul maka sobat tinggal pilih start recording.

Game DVR

Game DVR

Kemudian ada suatu timer yang melayang di sebelah kanan layar laptop atau PC sobat, itulah tandanya jika Game DVR sedang merekam layar kita. Sobat juga bisa mematikan atau menyalakan microphone dengan mengklik ikon microphone. Game DVR juga merekam semua suara yang berasal dari PC dan memasukkannya ke dalam klip rekaman layar tadi.

Game DVR

Game DVR

Sobat bisa menghentikan proses rekaman dengan mengklik tombol “Stop” yang mempunyai ikon kubus. Rekaman yang tadi akan disimpan oleh Windows di C:UsersNAMEVideosCaptures dengan format MP4.

Cara Merekam Layar Dengan Aplikasi Gratis

Saya merekomendasikan pada sobat salah satu aplikasi gratis yang gratis dan powerful yakni Open Broadcaster Software yang bisa didownload di obsprroject.com. Aplikasi ini bisa sobat download secara gratis dan memungkinkan bagi sobat untuk melakukan live streaming juga. Ada juga aplikasi lainnya seperti menggunakan VLC dan lain-lainnya, berikut ini daftar lengkapnya

Baca Juga :  Cara Mempercepat Laptop yang Lemot di Windows Paling Ampuh

1.  Open Broadcaster

Sobat akan melihat layar berwarna hitam saat pertama kali menjalankan OBS. OBS menggunakan “scene” dan “source” untuk membuat video rekaman sobat. “Scene” sendiri merupakan hasil final dari video rekaman yang sobat buat semntara “source” berarti sumber videonya, apa saja yang akan ditampilkan di video rekaman nantinya.

Open Broadcaster Software

Open Broadcaster Software

Untuk memulai proses perekaman, sobat klik kanan didalam box Source di bagian bawah jendela lalu pilih Add > Display Capture. Namai Source sesuai keinginan sobat lalu klik OK.

Open Broadcaster Software

Open Broadcaster Software

Sobat nanti akan melihat preview dari layar milik sobat. Ada juga opsi untuk menapilkan kuror dari mouse atau tidak, sobat cukup beri centang “Capture Cursor” jika ingin membuat kursor tampil di rekaman layar nantinya atau sobat bisa pilih sebaliknya.

Open Broadcaster SoftwareOpen Broadcaster Software

Open Broadcaster Software

Klik “OK” untuk menambah source dan sobat akan melihat preview dari layar laptop sobat di jendela OBS.

Open Broadcaster Software

Open Broadcaster Software

Jika sobat ingin merekam hanya satu saja aplikasi, bukan full screen, sobat bisa mengaturnya di OBS. Caranya adalah dengan klik kanan di box source lalu pilih Add > Windows Capture.

Open Broadcaster Software

Open Broadcaster Software

Beri nama sesuai keinginan sobat lalu klik “OK” lalu pilih aplikasi mana yang ingin sobat rekam dan sobat juga bisa memilih kursor ditampilkan atau tidak.

Open Broadcaster Software

Open Broadcaster Software

Klik “OK” lalu jendela aplikasi tadi akan muncul di preview. Kemungkinan ukuran dari rekaman aplikasi sobat tidaklah penuh satu layar, tetapi sobat bisa mengganti resolusinya agar bisa tampil full screen.

Open Broadcaster Software

Open Broadcaster Software

Untuk mengubahnya, sobat pilih File > Settings > Video dan pilih resolusi yang diinginkan atau yang pas di layar monitor sobat

Tab mixer di sebelah bawah aplikasi OBS memudahkan sobat untuk memilih sumber audio mana yang akan sobat gunakan sebagai bagian proses perekaman layar PC sobat. Secara default, baik itu Desktop Audio maupun Mic sudah aktif, jadi OBS akan merekam sumber suara baik itu suara dari laptop maupun suara dari microphone milik sobat.

Sobat bisa mengatur volumenya dengan menggeser bar di sebelah bawah nama sumber audio. Serta sobat juga bisa mematikan salah satu sumber audio dengan mengklik ikon sound. Fitur ini sangat berguna jika sobat hanya menginginkan salah satu sumber audio tersebut untuk direkam.

Open Broadcaster Software

Open Broadcaster Software

Setelah sobat sudah selesai menentukan apakah merekam layar penuh atau hanya satu aplikasi, serta sudah mengatur sumber audio, sobat bisa mengklik “Start Recording” untuk mulai proses perekaman.

Open Broadcaster Software

Open Broadcaster Software

OBS kemudian akan menyimpan video perekaman jIka sobat klik Stop. Klik File > Show Recordings untuk membuka folder yang menyimpan file video rekaman sobat.

Baca Juga :  Aplikasi Edit Video Vlog Gratis yang Sering Digunakan Oleh Youtuber

Secara default, OBS menyimpan file sobat dengan format .flv, sobat bisa menggantinya di File > Settings > Output dan mengubah opsinya di bagian Recording.

Open Broadcaster Software

Open Broadcaster Software

Sobat juga bisa menentukan hotkey agar proses ketika merekam dan menghentikan rekaman bisa lebih cepat. Caranya adalah dengan menuju ke File > Hotkeys dan sobat bisa isi sendiri hotkey yang akan digunakan

Open Broadcaster Software

Open Broadcaster Software

Sobat juga bisa menambahkan layar webcam di video rekaman milik sobat, caranya yakni dengan klik kanan di bagian box Source lalu pilih Add > Video Capture Device. Pilih beberapa pengaturan webcam yang sobat inginkan, sobat juga bisa memindah posisi webcam sesuka hati dengan cara mendrag webcam dan sobat juga bisa memperbesar atau memperkecil ukuran webcam dengan cara click and drag di bagian pojok layar webcam.

Open Broadcaster Software

Open Broadcaster Software

Selain itu sobat juga bisa menambahkan watermark, caranya adalah dengan klik kanan di box source lalu pilih Add > Image.

Dengan aplikasi perekam ini, sobat bisa merekam layar pc secara HD. Selain OBS, ada banyak aplikasi sejenis yang tersebar di internet seperti Screencast O Matic, Camstudio, Free Screen Recorder atau jIka sobat mempunyai VLC Media Player, maka sobat bisa melakukan proses rekaman menggunakannya.

2. VLC

VLC ini ibarat pisau Swiss Army tapi dalam hal media players, kegunaannya yang banyak tidak hanya dalam memutar konten video memang patut diacungi jempol, salah satu kegunaan VLC selain memutar video yakni VLC bisa merekam layar PC sobat, caranya pun cukup simple yakni

  • Buka VLC dan klik VIew > Advanced Controls
VLC

VLC

  • Lalu pilih Media > Open Capture Device atau tekan Ctrl + C
VLC

VLC

  • Di jendela Open Capture Device ini, sobat set Capture Device ke “Desktop” lalu pilih frame rate paling tidak 10 fps
VLC

VLC

  • Klik tombol Play lalu VLC akan memulai proses merekam layar, pastikan VLC agar tidak full screen atau sobat nanti akan melihat layar VLC yang diputar terus menerus oleh Windows
  • Klik tombol “Record” untuk emulai proses merekam setelah itu minimize VLC sobat. Setelah proses perekaman selesai, sobat klik tombol record lagi untuk menghentikan prosesnya
VLC

VLC

  • VLC kemudian menyimpannya dalam format AVI

Akan tetapi, terlepas dari kemudahan yang ditawarkan VLC, sobat tidak bisa merekam suaranya sekaligus dan juga terbatas hanya untuk layar penuh, sobat tidak bisa hanya merekam satu aplikasi saja seperti yang OBS lakukan

 

Begitulah cara yang bisa dilakukan untuk merekam layar tanpa aplikasi serta cara merekam layar dengan aplikasi tambahan seperti OBS dan VLC. Sampai jumpa di artikel selanjutnya

Cara Merekam Layar Komputer Paling Mudah | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!