Cara Root Asus Zenfone Live (L1) Dan Install TWRP Recovery

Last Updated on

Cara Root Asus Zenfone Live (L1)

Cara Root Asus Zenfone Live (L1) – Proses Root digunakan bagi pengguna ponsel yang ingin memiliki akses yang lebih pada ponselnya. Dan tentu saja untuk melakukan root ada cara tersendiri yang dilakukan, entah itu dengan PC atau tanpa PC. Di artikel ini sudah saya sediakan tutorial dan download root untuk ASUS Zenfone Live (L1) di bawah.

Selain meluncurkan secara resmi dua ponsel Zenfone 5 dan Zenfone 5Z, Asus juga secara resmi meluncurkan ponsel Android yang menyasar kelas menengah kebawah, yakni Asus Zenfone LIve (L1). Acara peluncuran yang digelar di Jakarta tersebut juga menjadi pengenalan perdana bagi Zenfone Live (L1) secara global.

Asus Zenfone Live (L1) ditargetkan untuk menjadi penantang serius bagi XIaomi Redmi 5A yang memang sudah lama menguasai pasar ANdroid murah, apalagi bandrol yang ditawarkan kedua ponsel juga cukup mirip. Namun Asus Zenfone Live (L1) dinilai lebih unggul, paling tidak dari desain yang sudah kekinian dibandingkan dengan Redmi 5A.

Ya, Zenfone Live (L1) juga mengadopsi layar FullView 18:9 dengan ukuran sebesar 5,5 inci. Layar tersebut memiliki resolusi 720 x 1.440 piksel atau kepadatan piksel sekitar 293 ppi. Ponsel ini juga menandai ASUS ZenUI yang terbaru, yakni di versi 5 yang kali ini hadir dengan basis Android Oreo.

Khusus di Zenfone Live (L1), Android Oreo yang digunakan adalah versi Go Edition yang diklaim lebih enteng daripada Android Oreo murni. Untuk dapur pacunya sendiri, Zenfone Live (L1) menggunakan chipset dari QUalcomm yakni Snapdragon 425 persis seperti Xiaomi Redmi 5A. Chipset ini sendiri berjalan pada CPU quad-core 1,4 GHz dan didukung dengan Adreno 308.

Asus Zenfone Live (L1) hadir dengan dua varian sekaligus saat peluncuran, yakni varian RAM 2GB storage 16GB dan RAM 3GB storage 32GB. Beralih ke sektor kamera, Zenfone Live (L1) menggunakan kamera belakang dengan resolusi 13 MP yang didukung dengan fitur PDAF dan LED flash.

Sedangkan kamera depannya yang memiliki resolusi 5 MP juga sudah dilengkapi dengan LED flash. Ponsel ini hadir dengan baterai berkapasitas 3000 mAh dan tersedia dengan beberapa pilihan warna seperti Space Blue, Shimmer Gold, Midnight Black dan Rose Pink.

Di Indonesia sendiri, Asus Zenfone Live (L1) bakal dibandrol dengan harga Rp 1,2 juta untuk varian RAM 2GB serta Rp 1,7 juta untuk varian RAM 3GB.

Baca Juga :  Cara Root Lenovo A7700 Dengan PC (Sukses 100%) Dan Install TWRP Recovery

Cara Memasang TWRP di Asus Zenfone Live (L1)

Karena Asus Zenfone Live (L1) ini sudah mendukung untuk dapat di buka bootloadernya, akhirnya smartphone ini pun sudah mendapatkan versi TWRP sendiri. Dan versi TWRP ini adalah khusus untuk Asus Zenfone Live (ZA550KL), bukan untuk Zenfone Live (ZB501KL).

TWRP sendiri merupakan custom recovery untuk Android yang dapat digunakan untuk install/flash ROM, boot image dan lain – lainnya ke dalam smartphone sobat, secara sederhananya sobat dapat melakukan modifikasi apapun ke dalam sistem operasi Android.

Sobat juga dapat melakukan proses root lewat TWRP ini, jadi jika smartphone milik sobat sudah mendukung dan diinstal TWRP atau custom recovery lainnya, maka smartphone sobat hampir dipastikan dapat di root.

Namun sebelum flash TWRP, sobat harus membuka bootloader Asus Zenfone 4 Max milik sobat dahulu. Silahkan buka Cara Unlock Bootloader Asus Zenfone Live (L1), kemudian ikuti saja instruksinya. Sobat tidak akan dapat menginstal TWRP jika bootloader masih terkunci.

Setelah bootloader sudah berhasil terbuka, download

Kemudian ikuti langkah – langkah dibawah ini.

Langkah #1. Mengaktifkan USB Debugging di dalam ponsel Asus Zenfone Live (L1), caranya yakni:

  • Pertama, buka Settings > About Phone > kemudian tekan sebanyak tujuh kali pada bagian “Build Number” hingga ada notifikasi bahwa developer option sudah aktif.
  • Kemudian kembali ke Settings, lalu cari menu “Developer Options” dan aktifkan “USB Debugging” serta “OEM Unlocking”.

Langkah #2. Lalu install aplikasi “minimal adb fastboot” yang sudah saya sediakan dalam paket download tadi.

Langkah #3. Copy file TWRP ke dalam folder adb yang terletak di C:Program Files (x86)Minimal ADB and Fastboot. Sedangkan copy file Noverity dan Super SU / Magisk ke dalam memori external sobat atau USB OTG.

Langkah#4. Setelah selesai menginstal, buka C:Program Files (x86)Minimal ADB and Fastboot. Lalu tekan dan tahan tombol Shift di keyboard sembari klik kanan pada area yang kosong di dalam folder, pilih “Open command window here”. Jendela CMD kemudian akan keluar.

cara root

Membuka jendela CMD

Langkah#5. Koneksikan ponsel ke dalam PC, tunggu sebentar. Kemudian di dalam jendela CMD tersebut, ketik:

Baca Juga :  Cara Mudah dan Cepat Flash Infinix Hot S3 X573 (Hanya 10 Menit Saja)

adb device

Kemudian lihat ponsel sobat untuk memberikan ijin mengakses adb.

Langkah#6. Lalu masuk ke mode bootloader dengan cara ketik:

adb reboot bootloader

Cara Unlock Bootloader Semua Tipe Motorola dengan Mudah dan CepatCara Unlock Bootloader Semua Tipe Motorola dengan Mudah dan Cepat

Tampilan Fastboot/Bootloader mode

Langkah#7. Setelah masuk ke mode bootloader, ketik

fastboot flash recovery twrp-zenfonelivel1.img

Langkah #8. Setelah selesai, reboot ke mode recovery dengan cara ketik

fastboot reboot recovery

Namun jika perintah itu gagal, maka gunakan perintah

fastboot boot twrp-zenfonelivel1.img

Ketika sobat pertama kali berada di mode recovery TWRP, maka akan ada TWRP akan menanyakan ijin untuk memodifikasi sistem. Namun sobat jangan pernah memberi ijin hal itu, pilih saja “Keep Read Only“.

Cara Mudah Root Asus Zenfone Live (L1)

Jika sobat mengikuti cara diatas, maka saat ini sudah masuk ke mode TWRP.

Langkah#1. Saat pertama masuk ke mode TWRP, kemungkinan ponsel Asus Zenfone Live (L1) akan meminta password, jangan gelisah terlebih dahulu. Klik saja cancel, nanti TWRP akan membuka secara sendiri.

Langkah#2. Pada saat pertama kali masuk ke mode TWRP, maka TWRP akan meminta ijin untuk memodifikasi sistem, jadi berikan ijin dengan cara swipe layar.

Langkah#3. Kemudian pilih menu “Install”, disana memori internal sobat akan menjadi 0, oleh karena itu pilih “Select Storage” dan pilih memori SD Card sobat. Jika sobat memakai USB OTG, maka masukkan OTG sobat sekarang kemudian kembali ke menu TWRP dan pilih Reboot > Recovery.

Langkah#4. Kemudian pilih file Noverity yang sudah dicopy tadi. Setelah selesai flash file noverity, kembali lagi ke menu awal TWRP dan pilih “Rebbot” > “Recovery”.

Langkah#5. Setelah ponsel reboot dan masuk ke mode TWRP lagi, kali ini coba pilih “Install” dan cek apakah memori internal sobat Lenovo K5 Play sudah kembali normal.

Jika masih 0, maka pilih Wipe > Data untuk menghapus semua data dalam memori internal sobat agar dapat digunakan lagi.

Langkah#6. Setelah memori internal kembali normal, kali ini pilih “Install” dan pilih file SuperSU atau Magisk yang sudah sobat download dan copy di SD Card tadi. Kemudian flash kembali file Noverity.zip jika sebelumnya sobat wipe internal storage.

Setelah proses flash selesai, maka sobat akan diarahkan untuk reboot ponsel. Pilih untuk mereboot atau restart ponsel dan tunggu hingga Asus Zenfone Live (L1) kembali menyala.

Cara Root Asus Zenfone Live (L1) Dan Install TWRP Recovery | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!