Cara Root dan Install TWRP di Xiaomi Redmi Note 5A Prime “ugg”

Last Updated on

Cara Root dan Install TWRP di Xiaomi Redmi Note 5A Prime "ugg"

Cara Root dan Install TWRP di Xiaomi Redmi Note 5A Prime “ugg” – Proses Root digunakan bagi pengguna ponsel yang ingin memiliki akses yang lebih pada ponselnya. Dan tentu saja untuk melakukan root ada cara tersendiri yang dilakukan, entah itu dengan PC atau tanpa PC. Di artikel ini sudah saya sediakan tutorial dan download root untuk Xiaomi Redmi Note 5a Prime di bawah.

Xiaomi Redmi Note 5a Prime merupakan ponsel upgrade dari Xiaomi Redmi Note 5a yang sudah dirilis oleh Xiaomi di tahun 2017 lalu. Tentunya dengan mengusung nama Prime, ponsel ini mendapatkan beberapa peningkatan daripada pendahulunya.

Sebut saja dari sektor kamera depan yang kali ini lebih memanjakan pengguna yang suka dengan aktifitas selfie ataupun vlog. Jika di Note 5a menggunakan resolusi 5MP, maka versi Prime ini menggunakan kamera depan dengan resolusi sebesar 16MP.

Untuk mendukung aktifitas selfie, kamera depan Xiaomi Redmi Note 5a Prime ini memiliki fitur seperti Soft-toned selfie-light yang diklaim membuat kualitas foto selfie menjadi lebih “bersih”. Namun peningkatan tidak berlaku untuk kamera belakang, karena versi Prime masih menggunakan resolusi sebesar 13MP.

Peningkatan lainnya terdapat pada besar RAM yang ditingkatkan menjadi 3GB dari sebelumnya sebesar 2GB. Pun halnya memori internal yang sekarang memiliki kapasitas 32GB. Prosesor yang dipakai Redmi Note 5a Prime ini menggunakan chipset dari Snapdragon seri 435 yang berjalan secara octa-core dengan kecepatan maksimal 1.4 GHz.

Ponsel ini masih menggunakan layar yang sama dengan versi Note 5a biasa, yakni sebesar 5.5 inci dan resolusi HD. Sobat dapat membeli secara resmi Xiaomi Redmi Note 5a Prime secara online di Shopee dengan harga Rp 1.999.000 mulai 22 Januari 2018.

Note: Baca sampai akhir terlebih dahulu setiap kalimat atau setiap cara sebelum menerapkannya di Xiaomi Redmi Note 5A Prime sobat karena saya tidak bertanggung jawab atas segala sesuatu yang mungkin terjadi di smartphone milik sobat. Do with your own risk.

Note 2: Cara ini hanya untuk XIaomi Redmi Note 5a Prime “ugg”. Jika sobat memiliki Redmi Note 5a, silahkan klik untuk cara root Xiaomi Redmi Note 5a “ugglite”.

Cara Memasang / Install TWRP di Xiaomi Redmi Note 5A Prime

Karena Redmi Note 5A Prime ini sudah mendukung untuk dapat di buka bootloadernya, akhirnya smartphone ini pun sudah mendapatkan versi TWRP sendiri. Walaupun TWRP ini belum resmi, namun menurut berbagai tes pengguna di forum XDA dan miui, TWRP ini sudah berjalan dengan baik dan lancar.

Baca Juga :  Cara Root Samsung Galaxy J2 Prime SM-G532 (Sukses 100%) Dan Install TWRP Recovery

TWRP sendiri merupakan custom recovery untuk Android yang dapat digunakan untuk install/flash ROM, boot image dan lain – lainnya ke dalam smartphone sobat, secara sederhananya sobat dapat melakukan modifikasi apapun ke dalam sistem operasi Android.

Sobat juga dapat melakukan proses root lewat TWRP ini, jadi jika smartphone milik sobat sudah mendukung dan diinstal TWRP atau custom recovery lainnya, maka smartphone sobat hampir dipastikan dapat di root.

Namun sebelum flash TWRP, sobat harus membuka bootloader Redmi Note 5a Prime milik sobat dahulu. Silahkan buka Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 5a, kemudian ikuti saja instruksinya. Sobat tidak akan dapat menginstal TWRP jika bootloader masih terkunci.

Setelah bootloader sudah berhasil terbuka, download

Kemudian ikuti langkah – langkah dibawah ini.

Langkah #1. Mengaktifkan USB Debugging di dalam ponsel Redmi Note 5a Prime, caranya yakni:

  • Buka Settings, dan didalam Settings, scroll kebawah hingga menemukan “About Device (Tentang Ponsel)”.
  • Kemudian cari “MIUI Version” dan tekan sebanyak 7 kali hingga ada notifikasi yang menandakan bahwa Developer mode telah aktif.
  • Kembali lagi ke Settings.
  • Kali ini di dalam Settings, pilih “Additional Settings” dan cari “Developer mode”.
  • Kemudian centang / aktifkan “USB Debugging Mode”.

Langkah #2. Copy file recovery.img (TWRP Redmi Note 5A Prime) ke dalam folder hasil instal aplikasi Minimal ADB Fastboot yang biasanya terletak di C:Program FIles (x86)MInimal ADB and Fastboot.

Langkah #3. Sekarang reboot Redmi Note 5A Prime milik sobat ke mode fastboot, caranya yakni pertama matikan ponsel sobat lalu tekan dan tahan tombol volume kebawah dan power selama kurang lebih 7 detik, nanti akan muncul logo fastboot.

cara root xiaomi

Logo Fastboot Xiaomi

Langkah #4. Jika sudah masuk mode fastboot, maka colokkan Redmi Note 5 Prime sobat ke PC menggunakan kabel USB, usahakan memakai kabel USB original atau kabel USB yang masih bagus kualitasnya.

Baca Juga :  Cara Mudah Unlock Bootloader Lenovo A7700 (Sukses 100%)

Langkah #5. Selanjutnya sobat install TWRPnya dengan cara buka aplikasi Minimal ADB Fastboot dan ketik perintah berikut di dalam jendela cmd yang terbuka.

fastboot flash recovery twrp-ugg.img
Langkah #6. Setelah selesai, cabut kabel dari ponsel dan matikan ponsel sobat. Kemudian restart Redmi Note 5A Prime ke mode recovery sobat dengan cara tekan dan tahan tombol volume keatas dan power.

Selamat, anda sekarang sudah sukses memasang TWRP di Xiaomi Redmi Note 5A Prime .

Cara Mudah Root Xiaomi Redmi  Note 5A Prime

Saya asumsikan saat ini sobat sudah selesai atau sukses memasang TWRP dan ponsel dalam keadaan masih di TWRP. Maka ikuti langkah – langkah berikut ini.

Langkah#1. Ketika sobat pertama kali berada di mode recovery TWRP, maka akan TWRP akan menanyakan ijin untuk memodifikasi sistem. Namun sobat jangan pernah memberi ijin hal itu, pilih saja “Keep Read Only“.

Langkah#2. Pilih “Wipe”, kemudian “Format data”. Ketik yes untuk mengkonfirmasi menghapus semua data pada ponsel.

Langkah#3. Setelah itu, kembali ke menu TWRP dan pilih “Reboot” > “Recovery”. Cara ini akan membuat ponsel restart ke mode recovery lagi.

Langkah#4. Setelah kembali ke TWRP, pilih “Mount” dan pilih “Enable MTP”.

Langkah#5. Koneksikan ponsel ke PC menggunakan kabel USB dan copy file SuperSU.zip dan noverity ke dalam ponsel

Langkah#6. Setelah itu, kembali ke menu TWRP dan pilih “Install” kemudian pilih file SuperSU.zip yang sudah dimasukkan ke dalam ponsel tadi, Swipe layar untuk memulai proses flash.

Langkah#7. Setelah selesai, kembali ke menu “Install” dan kali ini flash file noverity. File ini wajIb hukumnya untuk diflash terlebih dahulu sebelum memasuki sistem karena jika tidak, maka kemungkinan ponsel tidak akan bisa masuk ke sistem alias bootloop.

cara root xiaomi

Flash file Noverity.zip

Langkah#8. Setelah proses flash selesai, pilih “Wipe cache / dalvik”, kemudian yang terakhir pilih “Reboot System”

Untuk membuat sobat lebih yakin lagi, sobat dapat mendownload aplikasi Root Checker di Play Store untuk kembali mengecek apakah Redmi Note 5A Prime milik sobat sudah berhasil di root.

Namun jika ternyata ponsel Redmi Note 5A Prime sobat mengalami bootloop, coba klik untuk cara flash Xiaomi Redmi Note 5a Prime “ugg” dengan sukses dan terdapat bahasa Indonesia di dalamnya.

Cara Root dan Install TWRP di Xiaomi Redmi Note 5A Prime “ugg” | Firza | 4.5
/* */
error: Content is protected !!